Seputar Sepull dan permasalahannya..

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by neo88 »

Aloww... bro SM'ers
neo mo crita dikit niih,
Kemarin waktu neo pulang, kebetulan hari lagi hujan.., trus tiba2 tuhh motor mati.. awalnya siih sulit distarter aja truss kalo dah bisa digas besaran dikit aja langsung KO.. naahh padahal 2 minggu sebelumnya dah diservis rutin n ganti busi baru lhoo.. setelah besoknya dibawa kebengkel org bengkel bil katanya sih karbunya kemasukan air.. ???
A. pa bener nee karbu bisa kemasukan air? lewat mana...??? :e-think:
B. truss apa mungkin jg spull bisa konslet kemasukan air ?? :e-doh:
nahh bro skalian pernah ngak ngalamin tiba2 tuh motor mati mendadak..?? biasanyaa orang langsung curiga :
1. BUSI truss stelah diotak atik tuh busi (dibersihkan n dipasang lagi ato ganti baru) tetep aja ga hidup...
2. Stelan klep..
3. CDI
4. Spull.. (bener ga nee urutannyaa hehehee Image ? CMIIW)
naaa.. yg mo neo share... n tanyakan Image (termasuk A n B yooo..)
1. kira2 napa sihh kok sampai spull bisa tiba2 mati mendadak..?
2. apa ada gejalanyaa.. sebelumnyaa...?
3. gimana cara menjaga ato antisipasi agar tidak mati mendadak?
4. adakah perawatan tuk spull?
5. kalo mati mendingan beli baru ato digulung ulang? alasannya apa?
6. bisanya berapa lama sihh umur pake spull itu..?

ayoo.. share yachh... .mohon petunjuk n pencerahannya...
:thanks: :big_peace:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by andy1800 »

motor bakar, hanya ada dua unsur yg membuatnya bisa bekerja (nyala).
-API, dan
-BAHAN BAKAR
udah itu doang.
biasa jg disebut dg trilogi EARTH, WIND, & FIRE
(sebenarnya cuma dua....earth & wind adlh udah jadi satu kesatuan = supply BBM....& fire = api).


jadi, kalau gak nyala, analisa & troubleshoot aawal nya ya cuma di dua hal itu.
-check API nya
-check supply BBM nya

tentu saja, stlh dr langkah lokalisir utama itu bisa ditarik kesimpulan awal, maka lalu dilakukanlah pengurutan unsur yg bermasalah itu.
pengrunutannya harus dilakukan (ditekuni) pada satu sistem-unsur itu saja...
dilarang loncat2, misalnya: sdg ngerunut sistem api...tp blm ketemu masalahnya, udah lsg loncat ke sistem BBM... belum tuntas, udah loncat lg ngurusi sistem api..
itu troubleshootng yg tidak terstruktur... (terstruktur/sistematis. ini kekalahan mendasar kita dr bangsa barat)...hehe, mlh ngomongin itu.

pengrunutannya bisa dari ujung, bisa dari pangkal...
- utk trouble ringan atau mati total, gw ndiri prefer dr ujung.
- sedangkan utk trouble yg kira2 berat atau nyala tp gak enak, gw akan lakukan dr sistem minimal (pangkal).

kalau peng-runutan-nya step by step, maka akan sampailah kita pada suatu titik, dimana masalahnya berasal.
done.
:off_ladies:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by sandosicora »

T: A. pa bener nee karbu bisa kemasukan air? lewat mana...???
J: bisa, yang gw tau ada 2 kemungkinannya, bisa lewat jalur kabel choke yang di bagian atas karbunya, mungkin hasil dari nerabas genangan air, atau lebih parah lagi nerabas banjir, kemungkinan yang ke-2 pas lagi ngisi bensin ada tetesan hujan yang masuk (pernah terjadi di motor temen gw), atau pas nyuci motor ke steam tuh karbu, posisi lagi open (maksa) :mrgreen:

T: B. truss apa mungkin jg spull bisa konslet kemasukan air ??
J: belum pernah ngalamin :e-think:

T: 1. kira2 napa sihh kok sampai spull bisa tiba2 mati mendadak..?
J: mungkin sebagian gulungan dah ada yang angus kebakar (pernah terjadi di motor gw), tapi penyebabnya ga tau :shrug: dibawa ngebut gituh?? :mrgreen:

T: 2. apa ada gejalanyaa.. sebelumnyaa...?
J: waktu itu aki gw tekor, ga bisa ke isi, sampe sebulan 3x beli aki :frm_bang_head: motor sih tetep bisa hidup, pas ke bengkel ternyata spull magnetnya angus :e-doh:

T: 3. gimana cara menjaga ato antisipasi agar tidak mati mendadak?
J: maap gw belum tau :mrgreen:

T: 4. adakah perawatan tuk spull?
J: :e-whistle:

T: 5. kalo mati mendingan beli baru ato digulung ulang? alasannya apa?
J: waktu itu sih gw digulung ulang, alasannya biaya lebih murah, gulung ulang waktu itu 150rb, beli baru 300-400 cmiiw, tapi harus gulung ke spull yang asli loh bro, kalo engga ga akan bisa berhasil / rusak rusak lagi.

T: 6. bisanya berapa lama sihh umur pake spull itu..?
J: :ngacir:

semua jawaban di atas afaik dari pengalaman gw yah bro, kalo salah cmiiw :e-whistle:
rise of the SP
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by avansa »

Nah kita tungggu pencerahan dari Pak Prop bro Sjam..keman yah...?
Bro Andi wekeke..penjelasanya filosopis pisan..salut salut. :frm_salut:
Image
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by sjamsul »

avansa wrote:Nah kita tungggu pencerahan dari Pak Prop bro Sjam..keman yah...?
Yup, ane terbit lagi neh...

Mohon maap ane kaga bisa kasih penjelasan secara detail, krn belon pernah mengalami hal yg spt dialami dik neo. Tapi ane ada sedikit saran neh, klo spul dah hangus ato rusak mendingan diganti ama yg baru aja dah, krn bisa dipastikan klo umur pakenya akan lebih lama dibandingkan jika digulung. Krn gulungan pabrik dg bukan pabrik berbeda jauh kali yah (kualitasnya). :mrgreen:
User avatar
neo88
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 343
Joined: Mon Sep 17, 2007 7:20
Location: didepanmu gitu lhoo

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by neo88 »


mm.mmm denger2 sihh (dr mekanik n temen) lebih baik digulung ulang dr Originalnya.. katanya lebih awet ketimbang beli baru tp yg abal2.. Rp.55.000) but... setelah neo coba gulung ulang.. entah ditukerin ato ngak tp nyatanyaa baru pake 3 bln dahh koit (ntah kena air hujan ato mang gulungannnya jelek :e-wall: ) :frm_bang_head: daripade digulung lagi... neo coba beli yg abal2 ajeee selain lebih murah... dulu pernah pake tahannyaa memang sihh ga smpai 1 taon... tapi... yaaaaa daripd digulung lagi kalo gulungnyaa ga bener.. bisa tambah bolong nihh kantongg

bener sial dehhh kaloo dah kenal spull artinyaaa sewaktu2 neee motor bisa mati lagi mendadak.. :frm_bang_head: :twisted: :twisted: :frm_bang_head: .... sooo mohon pencerahan n jalan keluarnyaaa.. mungkn broo SMres yg laen pernah ngalamin... bantuin dunkk... plissss.... :e-pray: :e-pray: :e-pray:
Maximum speed ......................... Setting ON
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by avansa »

Nah loh..Benar kan saran Pak Prof...jangan di gulung ulang beli ajah yang baru.Sya juga pernah mendengar sendiri dari ahli servis dinamo yang kebetulan teman sendiri,kalau menggulung ulang dan ternyata baru sebulan udah putus lagi,itu menandakan tukang gulungya yang amtiran.
Image
User avatar
sandosicora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29

Re: Seputar Sepull dan permasalahannya..

Post by sandosicora »

tapi punya gw masih awet tuh bro :mrgreen: kira-kira dah 7 bulanan nih, mungkin emang orang yang gulungnya aja yang amatir bro, gw waktu itu gulung di depannya rajawali kebayoran baru, yang deket rel, waktu sih gw sempet liat ada mekanik pake seragam beres juga sih dateng kesitu, dari bengkel lain juga ada.. tapi kalo ada uang tuk beli baru, ya mending beli baru aja bro, waktu itu gw lagi cekak :mrgreen:
rise of the SP