Masalah Wheel Alignment & Chamber
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Masalah Wheel Alignment & Chamber
Saya hari ini melakukan wheel alignment di Shop & Drive. Sebenarnya saya tidak merasa ada keluhan apa-apa, tapi saya merasa perlu melakukan wheel alignment karena belum lama ini saya memendekkan mobil saya (Yaris E), nah, tadi saya perhatikan di alat spooring, untuk sudut chamber roda depan, kok normalnya beda ya antara kanan dan kiri? Untuk kiri -0.25 dan untuk kanan -0.35, tapi disebutnya normal. Nggak harus sama persis ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Betul bro, itu namanya masih masuk dalam toleransi. Lagian pebedaan itu sedikit sekali jadi boleh diabaikan. 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Istilahnya "camber", bukan "chamber".
-0.25 dan -0.35 sedikit sekali perbedaannya (0.1 degree). Kalau bedanya 0.5 degree atau lebih besar, baru panik
Kecil amat ya negative camber-nya. Ban depan gak abis duluan luarnya ?
-0.25 dan -0.35 sedikit sekali perbedaannya (0.1 degree). Kalau bedanya 0.5 degree atau lebih besar, baru panik

Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Yang menjadi pertanyaan saya adalah, kalau bisa exactly sama mengapa kok dibiarkan ada perbedaan walaupun masih dalam batas toleransi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Karena butuh wkt yg cukup lama untuk menyamakannya, jadi klo dah masuk toleransi biasanya dianggap dah bagus.esh wrote:Yang menjadi pertanyaan saya adalah, kalau bisa exactly sama mengapa kok dibiarkan ada perbedaan walaupun masih dalam batas toleransi.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Thanks for the correction bro.POS VETT wrote:Istilahnya "camber", bukan "chamber".
-0.25 dan -0.35 sedikit sekali perbedaannya (0.1 degree). Kalau bedanya 0.5 degree atau lebih besar, baru panikKecil amat ya negative camber-nya. Ban depan gak abis duluan luarnya ?
Ga tau tuh, itu udah sesuai dengan spec yang ada di komputer alatnya, untuk Toyota Yaris & Vitz emang segitu.
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
yah baru mau jawab udah pada dijawab.. hwe hehehe...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
^ cuek aja Djay...meskipun udah dijawab...kalau kita mau jawab, jawab aje.....
kekekkeeeke
btw, elo pas liburan lebaran kemaren gw tlp gak diangkat... kirain liburan ke solo, kan bisa wedangan bareng dulu... eh, ternyata malah ngabur singapur...
anyway,
yg paling penting dlm wheel aligmnment ini adalah:
alat alignmentnya telah dikalibrasi dengan benar lbh dulu.
disinyalir, lbh banyak alat spooring yg kalibrasi nya tidak bagus.
yg paling baik, adalah: pilih bengkel spooring terpercaya... yg secara berkala (cukup sering) mengkalibrasi alatnya.
* posting angka cukup cantik: 2626 *
kekekkeeeke
btw, elo pas liburan lebaran kemaren gw tlp gak diangkat... kirain liburan ke solo, kan bisa wedangan bareng dulu... eh, ternyata malah ngabur singapur...

anyway,
yg paling penting dlm wheel aligmnment ini adalah:
alat alignmentnya telah dikalibrasi dengan benar lbh dulu.
disinyalir, lbh banyak alat spooring yg kalibrasi nya tidak bagus.
yg paling baik, adalah: pilih bengkel spooring terpercaya... yg secara berkala (cukup sering) mengkalibrasi alatnya.
* posting angka cukup cantik: 2626 *
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
wah dapet nomer dari mana tuh ko bisa beredar??....
perasaan nggak nyimpen di SM deh..
lha wong kulo neng solo cuman telung ndino e mas.. sisane neng singapur.. kan ada F1 night ma automotive show.. wekekek...
mas, PM lah aku nomernya mas.. jadi mw kontek2 gampang kita.. apa di PMWorks udah ada nomernya? jadi tinggal nanya sepuh penunggu tu garasi?
maaf ya OOT
perasaan nggak nyimpen di SM deh..
lha wong kulo neng solo cuman telung ndino e mas.. sisane neng singapur.. kan ada F1 night ma automotive show.. wekekek...
mas, PM lah aku nomernya mas.. jadi mw kontek2 gampang kita.. apa di PMWorks udah ada nomernya? jadi tinggal nanya sepuh penunggu tu garasi?
maaf ya OOT
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
waaa lha mulanya.... lha wong malah nge-F1 gitu kok...
...
kekekkeeke
iyo, di PMworks yo wis ono kok...

kekekkeeke
iyo, di PMworks yo wis ono kok...
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 171
- Joined: Fri Oct 24, 2008 19:09
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
mungkin sewkt spooring, permukaan bannya ga sama antara kiri dan kanan, jadi perlu penyesuaian di masing2 ban2.
soal itu mah ente ga usah pusinging. yg penting chamber nya jgn jadi positif, soalnye yg ada ntar bahaya klo nikung.
Biasanya klo dispooring, sebisa mungkin posisi ban itu dalam posisi tegak, tp masih menyudut ke dlm dikit.
Pokoknya kalo stir nya lurus, mobil jg jalan nya lurus alias kaga narik ke kanan atau ke kiri, ya udah sip gitu.
klo ban mo abis nya rata selain dispooring, 6 bulan sekali ban nya di rotasi aja coi...1bln 1x cek angin dah...
soal itu mah ente ga usah pusinging. yg penting chamber nya jgn jadi positif, soalnye yg ada ntar bahaya klo nikung.
Biasanya klo dispooring, sebisa mungkin posisi ban itu dalam posisi tegak, tp masih menyudut ke dlm dikit.
Pokoknya kalo stir nya lurus, mobil jg jalan nya lurus alias kaga narik ke kanan atau ke kiri, ya udah sip gitu.
klo ban mo abis nya rata selain dispooring, 6 bulan sekali ban nya di rotasi aja coi...1bln 1x cek angin dah...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Tapi kalu jalannya miring tetep aja stir belok sendiri khan? Kyk di toll, pasti rada2 miring ke kiri. Jadi jangan kaget kalu di toll biar baru spooring, stir bisa ke kiri sendiri.
Btw kalu di BeRes ada spooring juga ga sih? Soalnya khan musti pasang baut spooring biar bisa distel. Padahal baut gituan bukan sparepart standard khan?
Btw kalu di BeRes ada spooring juga ga sih? Soalnya khan musti pasang baut spooring biar bisa distel. Padahal baut gituan bukan sparepart standard khan?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Yg nt maksud dg baut spooring itu apa yah bro?.y_anjasrana wrote:Btw kalu di BeRes ada spooring juga ga sih? Soalnya khan musti pasang baut spooring biar bisa distel. Padahal baut gituan bukan sparepart standard khan?


Setau ane klo beres dah berani terima spooring, bearti peralatan spooringnye dah pasti disiapkan. Mungkin juga dah termasuk alat yg nt maksud, wlp bukan sparepart std.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
alat spooring, sepasang slave-nya dipasang di velg...
sepasang slave ini lah yg dimonitor "kelurusannya" (atau kemiringannya), antara roda depan-belkng dan kiri-kanan.
utk melakukan adjustment, krn ada 3 parameter wheel aligment spt disebutkan di atas, maka, juga akan ada 3 baut setelan di kaki2 mobil....itu utk mobil yg memang dirancang utk adjustable secara "lengkap" loh ya.
soalnya, ada mobil2 yg dirancang utk bisa disetel cuma 2, atau bahkan 1 parameter aligmentnya.
baut2 setelan tsb memang udah nature nya bawaan mobil, yaitu baut2 di sistem arm roda (terutama depan) (termasuk tie-rod).
jadi bukan baut yg dipasang belakangan deh, kayaknya...
gitu kali'.......

sepasang slave ini lah yg dimonitor "kelurusannya" (atau kemiringannya), antara roda depan-belkng dan kiri-kanan.
utk melakukan adjustment, krn ada 3 parameter wheel aligment spt disebutkan di atas, maka, juga akan ada 3 baut setelan di kaki2 mobil....itu utk mobil yg memang dirancang utk adjustable secara "lengkap" loh ya.
soalnya, ada mobil2 yg dirancang utk bisa disetel cuma 2, atau bahkan 1 parameter aligmentnya.
baut2 setelan tsb memang udah nature nya bawaan mobil, yaitu baut2 di sistem arm roda (terutama depan) (termasuk tie-rod).
jadi bukan baut yg dipasang belakangan deh, kayaknya...
gitu kali'.......

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
ooo gitu toh, mungkin maksudnya setelan spooring itu ada 3 yaitu: camber, caster n toe in ato toe out. Itu yg ane tau. cmiiw.
Pada boil panther yg ada cuma 2 setelan aja, yaitu caster ama toe in / out, sedangkan cambernya kaga ada setelan. Coba deh perhatikan klo di boil panther keluaran th yg lama rata2 pada makan bannya sebelah alias tidak rata makan bannya. Tapi ane lupa neh yg bagian luar ato dalam yah.
Pada boil panther yg ada cuma 2 setelan aja, yaitu caster ama toe in / out, sedangkan cambernya kaga ada setelan. Coba deh perhatikan klo di boil panther keluaran th yg lama rata2 pada makan bannya sebelah alias tidak rata makan bannya. Tapi ane lupa neh yg bagian luar ato dalam yah.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
sistem strut (konvensional) malah kadang ga ada setelan camber, harus modif ringan dgn ganti 2 baut di bawah dudukan shockabsorber biar ada "jarak main/setelan", spt pd xeniavanza.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
x-trail sampe gimana pun dispooring tetep ada narik ke kiri alus..dikit aza sih..katanya dari design drive shaft yg ga sama panjang..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Masalah Wheel Alignment & Chamber
Klo tukang spooringnye jago mungkin bisa diakalin dari toe in / outnya. cmiiw.ZombiEE wrote:x-trail sampe gimana pun dispooring tetep ada narik ke kiri alus..dikit aza sih..katanya dari design drive shaft yg ga sama panjang..
