Mungkin maksudnye dik doq itu lain hari X, krn sekarang dah malem.......... huehehehehe.............................. .....doq wrote: blom sempet nge cek spt petunjuk oom sjamsul d atas seh.....tar lah
Klakson kadang nyala kadang kaga
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
coba cek relaynya dari info disini :
http://saft7.com/?p=193
dan rangkaian:
http://saft7.com/?p=192
btw, klakson yg problem ini modelnya yg keong apa yg biasa yah?
http://saft7.com/?p=193
dan rangkaian:
http://saft7.com/?p=192
btw, klakson yg problem ini modelnya yg keong apa yg biasa yah?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
tanpa mengurangi rasa hormat kepada penulis di forum tsb, ane mo kasih sedikit masukan ato ulasan sehubungan dg rangkaian yg dimaksud.GTR wrote:coba cek relaynya dari info disini :
rangkaian:
http://saft7.com/?p=192
btw, klakson yg problem ini modelnya yg keong apa yg biasa yah?
Di forum tsb ditulis "kabel tebal serabut diameter 5 m/m". Disini tidak jelas apa yg dimaksud beliau. Apakah diameter luarnya ato isi kabelnya (tembaganye) yg berdiameter 5 m/m, ato bisa juga kabel banci yg diameter luarnya 5 m/m, sedangkan isinye kaga ampe segitu.
Klo yg dimaksud beliau itu diameter luarnye yg 5 m/m, maka terminal yg diusulkan beliau itu tidak cocok dg kabel tsb, sedangkan klo yg dimaksud beliau itu isinye aja yg 5 m/m, maka terminal yg diusulkan beliau juga tidak cocok, krn diameter luar kabel tsb pasti lbh besar lagi. Jadi usulan tsb adalah NGACO.
Selain itu tertulis juga " Terminal ring 10 m/m ". Di tulisan ini juga kaga jelas apa yg dimaksud beliau.
Klo yg dimaksud beliau terminal ring dg lubang 10 m/m, maka ngaco juga. Mungkin yg dimaksud beliau adalah terminal ring 6 m/m, yg bearti adalah lubang terminal tsb adalah 6 m/m n memakai kunci no : 10 untuk memasang terminalnya (biasanye).
Tapi klo yg dimaksud adalah benar2 lubangnya 10 m/m, maka kunci pas yg harus dipake adalah no: 14.
So dari sini dah ketauan klo beliau itu kaga benar2 ngarti mengenai hal yg ditulisnye ato memang sumber yg diambil dari dia itu kaga benar ato kurang ngarti secara detail, pokoknye yg penting tulisannye bisa dibaca ama banyak orang.
Ane dah pernah tulis di forum tsb yg intinya memberitahukan kepada beliau klo tulisannye ada sedikit kekeliruan, tapi rupa2nya beliau merasa (mungkin) tulisannye dah benar.
Ane mo tambain sedikit lagi (sorry agak sedikit OOT).
Waktu itu beliau menulis tentang umur bohlam halogen H4 100/90 watt yg menyatakan klo bohlam tsb umurnye bisa ampe 4000 (empat ribu) jam. Trus ane kasih tau beliau, tapi ama beliau bukannye berterima kasih krn telah dikoreksi, tapi malah dibalikkin ama beliau sumber yg diambilnye (ane dikasih tau linknye). Trus ane baca link tsb n ternyata emang benar sih umurnye tuh bohlam kaga ampe 4000 (empat ribu) jam, melainkan hanya sekitar 200 jam aja.
Beberapa hari kemudian ane datang kembali ke forum tsb n ane mendapatkan klo tulisan yg ngaco tsb dah ilang. Bearti sdh dikoreksi secara diam2.
Nah dari sini aja dah kebaca klo penulis tsb itu picik yg bearti tidak mau mengakui kesalahan ato kekeliruan yg dah ditulisnye. Padahal khan tinggal tulis aja, yg kayak gini" Sorry ada sedikit kekeliruan dlm menyadur, terima kasih".
Klo aja beliau menulis begitu khan menunjukkan klo beliau berjiwa besar n ane juga salut, tapi dg tindakan begitu ane jadi kurang suka dg sikapnye.
Sekali lagi sorry negh agak sedikit OOT. Tapi dlm hal ini ane mo kasih sedikit ulasan aja sih, kaga ada maksud yg kaga2 n mudah2an tulisan ini bisa terbaca ama beliau di forum sebelah sanaaaaa..............
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
hmm.. iya2 masalha perkabelan ini lg yah..
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
hooh, sebetulnye ane kaga mo tulis, tapi drpd drpd, mendingan ane tulis juga dah..........nescafe wrote:hmm.. iya2 masalha perkabelan ini lg yah..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
kalo soal kabel banci or "sejati", yah dia belum bikin ulasan "Tips Kabel 'sejati' - bukan 'banci' " seperti yg ulasan dia di "Tips relay bocsh asli" tadi, gitu bro...
soal terminal ring 10m/m kan udah bahasa umum bro...
misalnya coba aja tes puter2 di kemayoran mau beli terminal ring 10m/m, yah udah tau kan bakal dapet yg kaya apa.
soal terminal ring 10m/m kan udah bahasa umum bro...
misalnya coba aja tes puter2 di kemayoran mau beli terminal ring 10m/m, yah udah tau kan bakal dapet yg kaya apa.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
naah, mgkin bisa menjadi ide utk ada yg jualan disini: kabel, sepatukabel, dan lain2 yg tidak banci... he3x
jadi, bisa menjamin bhw SMers supaya mendapatkan kualitas terbaik utk cabling mobilnya..
jadi, bisa menjamin bhw SMers supaya mendapatkan kualitas terbaik utk cabling mobilnya..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
Mengkenye tuh maksud ane klo belon bisa bikin tulisan yg baik n benar, jangan ditulis sekalian biar kaga menyesatkan orang awam, krn dah banyak makan korban. Maksudnye krn kaga tau, maka orang awam akan berpikiran klo kabel yg baik itu yg luarnye gede ato besar tanpa mengetahui isi dari kabel tsb.GTR wrote:kalo soal kabel banci or "sejati", yah dia belum bikin ulasan "Tips Kabel 'sejati' - bukan 'banci' " seperti yg ulasan dia di "Tips relay bocsh asli" tadi, gitu bro...
soal terminal ring 10m/m kan udah bahasa umum bro...
misalnya coba aja tes puter2 di kemayoran mau beli terminal ring 10m/m, yah udah tau kan bakal dapet yg kaya apa.
Satu lagi neh mengenai kabel yg beliau tulis, klo kabel mobil yg menurut beliau disebut "auto cable" itu ada yg dari alumunium. Nah dasar beliau tulis itu apa?. Ampe saat ini (ga tau nantinye yah) kabel yg dipake di automotive dasarnye itu adalah tembaga bukan alumunium. NO CMIIW.
memang dah bahasa umum, tapi yg ane mo tanya neh (misalkan aja) klo ane benar2 butuh terminal ring yg lubangnye benar2 10 m/m n ane suruh org lain yg beliin, trus dikasih terminal yg nt maksud gimana jadinye?. hayoooo................
Dalam hal ini ane mencoba memberikan pengertian yg baik n benar n kaga ngaco, agar supaya tulisan ane ini bisa berguna buat orang lain yg mungkin awam akan terminal tsb bukan menyesatkan ato kurang jelas spt tulisan di forum tsb.
btw saat nt baca tulisan ini jangan pake emosi yah, krn disini ane cuma coba kasih masukan aja agar nt juga bisa tau mana yg benar n mana yg ngaco n mana yg hrs diketahui. Gitu aja sih. Trus ane juga kaga mau klo kita ada sedikit perbedaan pendapat trus besok2nye nt jadi ngambek neh ama ane.
So mendingan klo masih ada yg kurang berkenan ato kurang jelas silahkan aja tanya lagi, ane dg senang hati akan mencoba menjawab neh. ok.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
mungkin yg dimaksud mas bro andy1800 dg sepatu kabel adalah terminal, misalkan terminal untuk lampu, terminal untuk relay dll bukan terminal bis kota yah........... hehehe........andy1800 wrote:naah, mgkin bisa menjadi ide utk ada yg jualan disini: kabel, sepatukabel, dan lain2 yg tidak banci... he3x
jadi, bisa menjamin bhw SMers supaya mendapatkan kualitas terbaik utk cabling mobilnya..
Sebetulnya kualitas terminal yg baik juga harus didukung dg tool yg baik pula, krn klo kaga didukung dg tool yg baik maka terminal yg paling baguspun tidak bisa optimal kerjanye.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
Nah.. kalo kasus di mobil saya tadi pagi.. klakson tiba2 bunyi sendiri..
kaget dong.. mobil masih terkunci.. klakson lantang non stop.. akhirnya saya copot kabel ke soket klakson supaya hening dulu..
Lalu saya cek switch di setir.. kabel switch saya copot dari soket di setir.. tes sambung kabel di klakson..masih bunyi...
Curiga ada short di relay... atau apa lagi ya kemungkinannya?
Relay yang bagus tapi berharga relatif murah, yang mana ya?
kaget dong.. mobil masih terkunci.. klakson lantang non stop.. akhirnya saya copot kabel ke soket klakson supaya hening dulu..
Lalu saya cek switch di setir.. kabel switch saya copot dari soket di setir.. tes sambung kabel di klakson..masih bunyi...
Curiga ada short di relay... atau apa lagi ya kemungkinannya?
Relay yang bagus tapi berharga relatif murah, yang mana ya?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
Udah nyopot cover stir kok gak sekalian coba tes relay nya om?
Atau udah? Dan mmg yakin masalah relaynya?
Klo gak terbiasa dg AVO meter, ya troubleshoot pk cara "live" aja.
Cabut relaynya, lalu disenggol2in ke soketnya, ada bunyi cetrek2 gak.
Yg lbh meyakinkan, tuker itu relay dg yg ada disitu. misal relay lampu atau relay apalah yg ada. Yg ptg tipenya nampak sama, terliht dr diagram yg tercetak di bodynya: ada pin2/kaki 85 & 86, 15 & 87 gitu.
Klo ane relay2an dulu suka Bosch. atau jg Hella. tp pilih2 yg bikinannya halus. Ada emboss2nya gitu. Selama pk itu, no complain. Harga terjangkau. Klo Bosch kayaknya gak murah2 amat, tp msh dbwh 50rb. klo Hella kdg ada sih yg jual 20rban..yg ptg penjualnya bs dipercaya klo itu relay resmi bukan abal2.
Atau udah? Dan mmg yakin masalah relaynya?
Klo gak terbiasa dg AVO meter, ya troubleshoot pk cara "live" aja.
Cabut relaynya, lalu disenggol2in ke soketnya, ada bunyi cetrek2 gak.
Yg lbh meyakinkan, tuker itu relay dg yg ada disitu. misal relay lampu atau relay apalah yg ada. Yg ptg tipenya nampak sama, terliht dr diagram yg tercetak di bodynya: ada pin2/kaki 85 & 86, 15 & 87 gitu.
Klo ane relay2an dulu suka Bosch. atau jg Hella. tp pilih2 yg bikinannya halus. Ada emboss2nya gitu. Selama pk itu, no complain. Harga terjangkau. Klo Bosch kayaknya gak murah2 amat, tp msh dbwh 50rb. klo Hella kdg ada sih yg jual 20rban..yg ptg penjualnya bs dipercaya klo itu relay resmi bukan abal2.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
^ Eitss...ralat, kakinya (feednya) bukan 15 & 87...tp 30 & 87
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
Halah, dah lama ga maen relay jd lupa2 mulu.
Ralat lg. Bener 30 & 87 cm itu bukan feed/triggernya...tp justru itu kaki switched pass-thru nya.
Ralat lg. Bener 30 & 87 cm itu bukan feed/triggernya...tp justru itu kaki switched pass-thru nya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Klakson kadang nyala kadang kaga
Gak keburu Om.. tadi pagi dah harus siap2 berangkat kerja.. tadi aja dah telat..andy1800 wrote:Udah nyopot cover stir kok gak sekalian coba tes relay nya om?
Atau udah? Dan mmg yakin masalah relaynya?
Klo gak terbiasa dg AVO meter, ya troubleshoot pk cara "live" aja.
Cabut relaynya, lalu disenggol2in ke soketnya, ada bunyi cetrek2 gak.
Yg lbh meyakinkan, tuker itu relay dg yg ada disitu. misal relay lampu atau relay apalah yg ada. Yg ptg tipenya nampak sama, terliht dr diagram yg tercetak di bodynya: ada pin2/kaki 85 & 86, 15 & 87 gitu.
Klo ane relay2an dulu suka Bosch. atau jg Hella. tp pilih2 yg bikinannya halus. Ada emboss2nya gitu. Selama pk itu, no complain. Harga terjangkau. Klo Bosch kayaknya gak murah2 amat, tp msh dbwh 50rb. klo Hella kdg ada sih yg jual 20rban..yg ptg penjualnya bs dipercaya klo itu relay resmi bukan abal2.
Trims sarannya.. ntar sore saya cek relaynya..