Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Need info dari yg jago electrical nih.
Gw pasang klakson stable nautilus di GL, pakai jalur kabel sendiri dg tombol tersendiri, sudah pakai kabel kasar dan isinya banyak, relay, posisi horn sudah nyumput dan ga akan kemasukan air ..etc etc... udah bener semua. Kondisi Accu sehat, air aki ga tekor.
Pasagnya sdh hampir 1thn ... sebelumnya ga ada masalah... eh tapi belakangan ini aneh.. kadang dipencet mau, ... kada kaga .. dan makin belakangan ini lebih banyak kaga maunya .. spt udah ill feel sama jempol gw
Ada yg bisa kasih input?.. why?
note: Kalo ngasih inputnya >> bawa aja ke bengkel / teknisi << ga usah di suruh gw juga sdh tau
Yup ane hadir, tapi bukan sbg jago elektrical, cuma sedikit tau aja.
Begini urutan2nya:
1. Coba dengerin rly nya bekerja apa tidak pada saat switch klakson dipencet. Biasanya akan terdengar bunyi ctek...ctek... . Ini menandakan klo rly nya bekerja. Klo dah kaga bunyi, maka rly perlu diganti ato diperiksa apakah ada kabel yg lepas.
2. Klo rly bekerja, diperiksa apakah pada saat rly bekerja apakah kabel mengeluarkan arus pos di terminal 87. Klo kaga ada arus mungkin sikiringnya putus ato terminalnya kotor shg arus yg keluar kadang ada kadang tidak.
3. klo no 1 & 2 dah bagus, tinggal diperiksa apakah klaksonnya maseh bagus ato tidak. Caranya adalah kasih stroom langsung ke klakson, jangan lupa pula groundnya. Klo klakson dah kaga bunyi, bearti mesti ganti klakson ato di serpis klaksonnye.
Ane lupa apakah pada tipe klakson ini ada lubang untuk melumasi klakson apa tidak. Waktu itu ane pake jenis ini (lupa merknya), di bagian bawah klakson ada tempat untuk meneteskan oli. Klo ada dicoba untuk diteteskan oli, siapa tau aja bisa idup.
Klo dah dicoba maseh tdk bisa juga, coba posting lagi permasalahannya, ntar ane coba analisa lagi. ok
sjamsul wrote:Yup ane hadir, tapi bukan sbg jago elektrical, cuma sedikit tau aja.
Begini urutan2nya:
1. Coba dengerin rly nya bekerja apa tidak pada saat switch klakson dipencet. Biasanya akan terdengar bunyi ctek...ctek... . Ini menandakan klo rly nya bekerja. Klo dah kaga bunyi, maka rly perlu diganti ato diperiksa apakah ada kabel yg lepas.
2. Klo rly bekerja, diperiksa apakah pada saat rly bekerja apakah kabel mengeluarkan arus pos di terminal 87. Klo kaga ada arus mungkin sikiringnya putus ato terminalnya kotor shg arus yg keluar kadang ada kadang tidak.
3. klo no 1 & 2 dah bagus, tinggal diperiksa apakah klaksonnya maseh bagus ato tidak. Caranya adalah kasih stroom langsung ke klakson, jangan lupa pula groundnya. Klo klakson dah kaga bunyi, bearti mesti ganti klakson ato di serpis klaksonnye.
Ane lupa apakah pada tipe klakson ini ada lubang untuk melumasi klakson apa tidak. Waktu itu ane pake jenis ini (lupa merknya), di bagian bawah klakson ada tempat untuk meneteskan oli. Klo ada dicoba untuk diteteskan oli, siapa tau aja bisa idup.
Klo dah dicoba maseh tdk bisa juga, coba posting lagi permasalahannya, ntar ane coba analisa lagi. ok
Ato nt tlp ane di no tlp yg wkt itu.
1. relay berfungsi normal, kabel ga ada yg lepas
2. no problem .. terminal bersih
3. Horn no prob.. kalo di langsungin pasti bunyi.
masalah sudah di posting tuh diatas... ini horn bukannya mati total ... tp kadang mau kadang kaga, ini yg bikin sebel.
hmm klo gitu coba liat itu switch buat klakson +an pada saat on trus digoyang2in kabelnya, trus diliat apakah di rly 87 arusnya jadi terganggu apa kaga. relay pake merk apa n klo boleh tau di mobil apa yah bro?.
sekedar usulan aja nih bro:
mending pake tombol original boil, trus pake switch on/off/on, gunanya untuk memilih klakson yg akan dipake, jadi tidak ribet wkt mo pake klakson.
Tapi switch nya cari yg bagus yah. ok
di Mobil GL
Pakai horn button nya bagus kok.. bukan yg abal2.
Tar di cek deh sambungan di tombol hornnya bagian belakang ada yg kendor ga, agak ribet juga nih nyopotinnya
@maxx:
bro nt kaga usah copotin dulu switchnye, tinggal liat di rly aja apakah arus dari switch itu lancar apa kaga. Klo arusnya lancar bearti switch kaga apa2. Tapi periksanye pake testpen dc. ok.
sjamsul wrote:@maxx:
bro nt kaga usah copotin dulu switchnye, tinggal liat di rly aja apakah arus dari switch itu lancar apa kaga. Klo arusnya lancar bearti switch kaga apa2. Tapi periksanye pake testpen dc. ok.
sjamsul wrote:bedanya cuma kekuatan rly nya aja, tapi klo untuk klakson kaga perlu pake yg 40 amper. cukup yg 30 amp aja, tapi jangan rly yg abal2 yah.
Klo nt perlu testpen dc, nanti ane pinjemin dah pas ada rute kesana. ok
Thank U bos... ga usah repot khususkan mampir .. kecuali bos sjamsul sekalian mo wujudkan niatan yg kemarin sekalian main2 hari sabtu (*) ... boleh deh sekalian dicheck-up
sjamsul wrote:waktu itu dah mampir tapi bro maxx kaga ada, jadi saya langsung pergi lagi.
Klo sabtu ini saya akan usahakan, klo saya tidak jadi pergi ke senayan. ok
Thank UUUUuuuuu.....
Prediksi sementara sptnya sih Relay yg ga bener, krn saat tombol horn di pencet .. tuh relay ga bunyi ctek ctek
Nanti I coba ganti relay sendiri dulu, kalo berhasil sebelum sabtu ini i report.. jadi bos sjamsul ga perlu gulung lengan tangan .. he he he...
rly kaga bunyi ctek...ctek... pada saat switch ditekan ada 2 kemungkinan:
1. Memang benar rly nya dah rusak.
2. Arus dari switch horn kaga sampai ke rly, shg rly tidak bekerja padahal rly tidak mati.
Untuk memastikan hal ini diperlukan alat yg bernama testpen dc.
Nah drpd cuma tebak2an aja, mendingan nanti saya pinjamkan testpen dc, krn dl minggu ini anak buah ada jadwal ke daerah sana. ok
Gue sih gak ngerti yg beginian, tapi mau berbagi cerita saat pasang klakson yg sama.
Ini klakson yg bisa mindahin bajaj itu kan?
Saat itu montirnya ngabisin waktu 3 jam buat pasang.
Kebanyakan error, kadang bunyi, kadang nggak.
Hasilnya :
- ngabisin 8 biji sekring ==> bukan pake 8 sekring, tapi 8x putus
- 2x rusak relay (kok bisa?)
- skarang normal, bunyi dgn pasti setiap di pencet. Dan gak perlu lagi pake pikiran buat geser bajaj, cukup pake jempol.
Jadi kesalahan yg gue hadapi saat instalasi yaitu sekring yg dikit2 putus.
Entah kenapa, yg pasti ini adalah rahasia montir, karena itu aib mereka, makanya gak mau kasih tau kenapa, hehehehe
Mungkin aja bisa jadi masukan.
sjamsul wrote:rly kaga bunyi ctek...ctek... pada saat switch ditekan ada 2 kemungkinan:
1. Memang benar rly nya dah rusak.
2. Arus dari switch horn kaga sampai ke rly, shg rly tidak bekerja padahal rly tidak mati.
Untuk memastikan hal ini diperlukan alat yg bernama testpen dc.
Nah drpd cuma tebak2an aja, mendingan nanti saya pinjamkan testpen dc, krn dl minggu ini anak buah ada jadwal ke daerah sana. ok
Owww.. gitu
Wahh... thank U banget bos bila memang anak buahnya ada jadwal ke gading dan bisa mampir u/ pinjamkan testpen DC, jadi ga tebak2an lagi mana yg error
Btw, mungkin agar pasti mobilnya pasti ada di workshop ... maka pas hari sabtu aja dan bila itu juga memang teknisi ada jadwal ke gading jadi ga ngerepotin
Cepek wrote:Gue sih gak ngerti yg beginian, tapi mau berbagi cerita saat pasang klakson yg sama.
Ini klakson yg bisa mindahin bajaj itu kan?
Saat itu montirnya ngabisin waktu 3 jam buat pasang.
Kebanyakan error, kadang bunyi, kadang nggak.
Hasilnya :
- ngabisin 8 biji sekring ==> bukan pake 8 sekring, tapi 8x putus
- 2x rusak relay (kok bisa?)
- skarang normal, bunyi dgn pasti setiap di pencet. Dan gak perlu lagi pake pikiran buat geser bajaj, cukup pake jempol.
Jadi kesalahan yg gue hadapi saat instalasi yaitu sekring yg dikit2 putus.
Entah kenapa, yg pasti ini adalah rahasia montir, karena itu aib mereka, makanya gak mau kasih tau kenapa, hehehehe
Mungkin aja bisa jadi masukan.
Kalo relay putus sih pasti ga bisa bunyi lagi,... tp ini kadang mau kadang kaga... entah errornya dimana, yg pasti relay ga bunyi ctek ctek saat tombol horn dipencet.
Udah coba2.. tp krn bingung yg mana errornya... akhirnya main2 ke inspire .. he he he... minta teknisi electrical ngecek.. ternyata oh ternyata .. masalah ada di tombol-nya... tepatnya kaki tombol lepas satu ... pantes ga mo bunyi he he he...
Special thx 4 bos sjamsul, ... trus barang yg dipenjemin mo di balikin kemana nih? atau kapan aja teknisi lewat gading silakan mampir deh.... ato bos-nya lagi mo main2 ke workshop juga bolehhh..
SIAPPP... kalo mampir mo ketemu i hari sabtu deh.. pasti nge-tem std by trus.. kalo hari2 lain... i musti muter2 ke workshop yg lain (yg bukan di gading)
huehehehehehehehe....................sekarang kejadian d apv sy ney, primary suspect: relay yg mereknya busch bwakakakakakakaka kerjaan nya ade sy ganti2 klakson bgini mah
blom sempet nge cek spt petunjuk oom sjamsul d atas seh.....tar lah
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam WE are watching