

Buat yg uda punya KenMot (Kendaraan Bermotor gitu...

Terus klo ada kasih alasan ya kenapa pada make Premium Biasa atau Pertamax???


Thanx


Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
note:
here, let's do a little math:
isi premium >> avg FC 1:7 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 57.15 ltr >>> Rp. 343 rb
isi P92 (atau P95) >> avg FC 1:10 >>> utk bergerak sejauh 400 km (rata2 seminggu) kita perlu 40.00 ltr >>> Rp. 318 rb (P95 = Rp. 334 rb)
*) P92 = Rp 7950 .....&..... P95 = Rp 8350
hehehe.....ya mungkin juga sih, tapi kan itu nyobanya pake fortuner, kalo corolla/civic kemungkinan beda 3 kmpl gimana?andy1800 wrote:utk kaki yg sama... yes, selisih FC nya antara 2.5 - 3.5 kmpl
isi di pom bensin yg Pertamaxnya bisa bikin engine menjadi dua ribu tujuh ratus cubic centimeter !Risol1 wrote:hehehe.....ya mungkin juga sih, tapi kan itu nyobanya pake fortuner, kalo corolla/civic kemungkinan beda 3 kmpl gimana?andy1800 wrote:utk kaki yg sama... yes, selisih FC nya antara 2.5 - 3.5 kmpl
gw belum pernah cobain Dex atau racun2 rutinnya diesel, ..hanya LiquiMoly purging aja, juragan.sjamsul wrote:OOT neh, klo boil solar gimana yah?.![]()
![]()
Barangkali ada nyang bisa kasih masukan buat ane. tengkyu.
tapi the million dollar questionnya: Apakah pemakaian pertamax dan premium FCnya bisa beda 3km/liter?
Kalo menurut saya rekomendasi besaran RON yang dikeluarkan pabrikan untuk mobilnya itu memang dari kompresi.andy1800 wrote:sedangkan yg lbh menjadi miliyen dular question buat gw adalah:
apakah rekomendasi pabrikan dlm hal besaran RON yg dibutuhkan itu selalu bisa jadi pegangan atau nggak...
dg kata lain, pertanyaanya: sebenarnya rekomendasi besaran RON tu hanya dan hanya berdasar kompresi saja kah ?
atau..... ?
Bettttuullll...ddaru wrote:Kalo menurut saya rekomendasi besaran RON yang dikeluarkan pabrikan untuk mobilnya itu memang dari kompresi.andy1800 wrote:sedangkan yg lbh menjadi miliyen dular question buat gw adalah:
apakah rekomendasi pabrikan dlm hal besaran RON yg dibutuhkan itu selalu bisa jadi pegangan atau nggak...
dg kata lain, pertanyaanya: sebenarnya rekomendasi besaran RON tu hanya dan hanya berdasar kompresi saja kah ?
atau..... ?
Misalnya disebut bahwa dengan kompresi sekian, sebuah mobil membutuhkan bbm oktan 90, nah dengan memberi oktan 90 itu tenaga mobil bisa keluar dengan optimal.
Mobil sekarang udah ada knocking sensor, jadi kalo misalnya tu mobil diisi oktan 88, ga masalah, cuma tenaga mobil tidak bisa keluar dengan optimal. Kalo dipaksakan untuk mengail tenaga, hasilnya bbm yang jadi lebih boros. Simpel khan logikanya?
Karena saya pernah ngerasain bedanya Yaris full Pertamax dan Yaris full Premium, kalo akselerasi mendadak memang tenaganya beda. Kalo cuma pemakaian dalam kota yang syarat kemacetan mah ga kerasa.
Nah, kalo sebuah mobil sesuai kompresinya emang rekomendasinya pake oktan 88, mau dikasih oktan 92 ato 95 mah percuma, buang-buang duit aja, tenaga juga ga dapet.
Menurut saya, rekomendasi RON dari pabrikan (harusnya) bisa jadi pegangan, pegangan seberapa tinggi RON yang dibutuhkan mobil agar tenaganya keluar optimal. Mobil sekarang yang udah pake knocking sensor ga bakal jebol dikasih Premium, kalaupun jebol pasti dalam jangka waktu yang sangat lama. Jadi sbenernya dikasih Premium juga ga masalah, cuma khan jadi tau, oh mobil saya rekomendasinya pake oktan 90, trus kalo misalnya kita isi Premium jangan harap tenaganya bisa keluar optimal.nescafe wrote:tp sepertinya, rata2 mobil sekarang berkompresi tinggi, sehingga membutuhkan pertamax... or more...
@andy1800: bisa dijadikan pegangan atau tidak? balik lg kepada diri sendiri sebagai pengguna kendaraan bermotor, apakah menurut anda rekomendasi RON yg diberikan oleh pabrikan sdh match untuk dijadikan suatu pegangan?
so ane pilih solar biasa aja dah, lebih ekonomis.....andy1800 wrote:gw belum pernah cobain Dex atau racun2 rutinnya diesel, ..hanya LiquiMoly purging aja, juragan.sjamsul wrote:OOT neh, klo boil solar gimana yah?.![]()
![]()
Barangkali ada nyang bisa kasih masukan buat ane. tengkyu.
nah, nampaknya, utk diesel konvensional, FC nya nggak akan beda signifikan, bila kita pake solar dg sulfur 3500 ataupun yg 300.
padahal disisi lain, harga Dex dan kawan2 yg sekitar 10rb an ya (?) ...tentu saja selisih harganya dg diesel5500 sangatlah berasa.
Biasanya kalo buku manual gak "bohong" atau kasi pernyataan yg misleading. Makanya banyak orang yg walaupun sales mobil bilang boleh premium, tetep berpatokan pada buku manual kalo mo isi bensinandy1800 wrote:jadi maksudnya, ingin tau, apakah ada buku manual yg menyebutkan, misalnya:
merekomendasikan RON88 ...pdhal mesin baru, let's say kompresinya 1 : 9.65
(manual mobil apa saja ya, yg jg menyebutkan rasio kompresi dlm spec nya ?)
kalau memang semua buku manual gak ada yg "salah ketik" begtu, ya sukurlah.
kalau omongan sales sih (utk menarik minat calon konsumen 'premium'), memang byk yg melenceng dr buku manual:
misalnya manual nulis RON90...sdgkan salesman nya bilang: mobilnya diisi premium saja mbak !
heheh..
Bro klo GL 1,5 dan 1,8 Raiso Kompresinya brapa???maxx wrote:Sebaiknya mengisi bensin dg RON yg sesuai dg kompresi mesin
Rasio Kompresi >> Angka oktan >> Jenis Bensin
7:1 - 9:1 >> 88 >> Premium
9:1 - 10:1 >> 92 >> Pertamax
10:1 - 11:1 >> 95 >> Pertamax Plus
siaaaaaap !!!Risol1 wrote:Biasanya kalo buku manual gak "bohong"...
.....tetep berpatokan pada buku manual kalo mo isi bensin
maxx wrote: Yg gw baca .. lupa link-nya, tp bisa gw cari lagi linknya kalo memang perlu dibuktikan
Kompresi <9 -> Premium (RON 88)
Kompresi 9-10 -> Pertamax (RON 92)
Kompresi 10-11 -> Pertamax Plus (RON 95)
Dilihat dari kompresi mesin GL HR15DE (1.5L) 10.5:1 harusnya pakai Pertamax Plus dan mesin GL MR18DE (1.8L) kompresinya 9.9:1 harusnya pakai Pertamax.Alexander wrote:......bahan bakar untuk GL 1.5, Mengingat kompresi GL 1.5 adalah 10,2 : 1 ........
GL 1.5 >> 10.5:1 >> Pertamax+jksc wrote:Bro klo GL 1,5 dan 1,8 Raiso Kompresinya brapa???maxx wrote:Sebaiknya mengisi bensin dg RON yg sesuai dg kompresi mesin
Rasio Kompresi >> Angka oktan >> Jenis Bensin
7:1 - 9:1 >> 88 >> Premium
9:1 - 10:1 >> 92 >> Pertamax
10:1 - 11:1 >> 95 >> Pertamax Plus
Thanx (^.^)