INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

bodhi
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49

INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by bodhi »

Hai Bro ! Salam kenal....mohon bantuannya yach...
Gue lagi bingung mau pilih inova diesel V MT atau AT ya ? Kalo buat tarikan dan konsumsi BBM yang friendly kata orang mendingan yang MT,padahal bokin maunya yang AT biar gak pegel...tapi denger-denger tarikannya berat dan BBMnya gak seirit yang MT. :e-doh:
please sarannya donk....trims ! :thanks:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

bodhi wrote: Gue lagi bingung mau pilih inova diesel V MT atau AT ya ? Kalo buat tarikan dan konsumsi BBM yang friendly kata orang mendingan yang MT,padahal bokin maunya yang AT biar gak pegel...tapi denger-denger tarikannya berat dan BBMnya gak seirit yang MT. :e-doh:
please sarannya donk....trims ! :thanks:
Buat pake sendiri atau supir yg pake ?

Buat city driving aja atau kadang dipake keluar kota juga ?

Kalo buat pake sendiri & kadang ke luar kota juga maka ane sgt. saranin yg A/T.

A/T tarikan berat ? D4 D A/T Torsi mesin 60 Nm lebih besar drpd yg M/T

Yg A/T kombinasi gigi2 nya lebih oke drpd yg M/T, saat lari 100 km/jam RPM nya lebih rendah.

Versi A/T mampu mencapai Top speed yg lebih tinggi, apalagi kalau mesin udah di tune & ban ganti diameter lebih besar (225 / 70 R 16).............benar benar mantap !!
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
flexiblebil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 243
Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
Location: Java

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by flexiblebil »

Bro, menurut gue sih antara matik atau manual itu tergantung keperluan. Susah dibandingin mana yang lebih baik karena demand tiap orang pun beda2
Ibarat orang milih antara sepatu kets atau sepatu pantofel. Masing2 punya kelebihan dan kekurangan, tergantung kita sendiri lebih perlu yang mana. Gue sendiri prefer matik dengan pertimbangan lebih praktis, mesin kerja lebih smooth, plus segala kekurangan2nya.

Selisih harga antara matik dengan manual yang 10-15 juta itu bukan for nothing.. ada sesuatu yang dibeli di situ.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by AD74YA »

yang innova diesel a/t konsumsi BBM nya boros banget!...

torsi lebih gede? tetep aja tarikan nya lambat. udah pernah nyoba belum? saya sudah..

tadinya mau ganti innova 2.7 bensin a/t ke diesel a/t.. emang sih dieselnya senyap, mesin kalo udah di gas baru respon jadi ada jeda, nggak tau juga apa itu efek mobil baru yang dipajang di showroom atau emang gitu.. begitu tanya konsumsi BBM dan tes jalan ee buset.. boros amat.. jadi ngerasa nggak worthed mo ganti ke diesel..

pertimbangan ekonomis pilih manual.. wong sales nya nyaranin yang manual aja daripada matik..

pertimbangan nyaman pilih yang a/t tapi boros bensin.. err... diesel..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Profith83 »

ini juga bingung kok bisa yah yang A/T bisa lebih kenceng ?
Apa bener ?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by AD74YA »

kalo lebih kenceng sih 'sepertinya' benar.. soalnya ketika saya coba performanya emang bagus.. kerasa kurang lebih seperti 2.7 bensin nya, well at least di dalam kota, kalau m/t belum nyoba, waktu itu nggak ready stock.. tapi dari spec nya emang yang a/t lbh tinggi kalau nggak salah..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

AD74YA wrote:yang innova diesel a/t konsumsi BBM nya boros banget!...

torsi lebih gede? tetep aja tarikan nya lambat. udah pernah nyoba belum? saya sudah..
Sudah doonkk.....secara saya pakai dr Juni 2006...... :mrgreen:

Boros / enggak sih tergantung gimana bawanya yach , mobil saya (D4 D G A/T) FC nya :

Dalkot = terbaik 1:11,3 (terburuk 1:9,8)

Luar kota = terbaik 1:15,2 (kalo nyetirnya ngebut masih masuk 1:14 an)

Hasil pengukuran di atas dimana mobil sudah full peredam & ban 215 / 65 R 16, test dgn isi solar sampe "ceklek" saat berangkat & isi lagi sampe "ceklek" saat balik, speedo & odometer mobil di-benchmarking dgn GPS Nusamap & Garmin Nuvi 200Wi.

So kalo InnovaCommunity ada gath. ikut join aja pak, mau test drive mobil nubie boleh, atau mau coba test drive maskotnya IC yaitu si Moncong Merah (D4 D V A/T) juga boleh.

Monggo....... :mrgreen:
Last edited by Turboman on Mon Oct 20, 2008 3:21, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

Profith83 wrote:ini juga bingung kok bisa yah yang A/T bisa lebih kenceng ?
Apa bener ?
Kombinasi rasio gigi2 nya pak.

D4 D manual rasio giginya sedikit bergaya Kijang kapsul Diesel, walau enggak separah kapsul, lari cepek RPM nya dah tinggi.
* Bukan ajakan Beli *
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4593
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Profith83 »

Berarti kalau ratio gigi,

Untuk tanjakan lebih enak yang M/T yah ?
Soalnya posisi saya di Surabaya, dan setahun 1 atau 2 kali dibawa ke Trawas dengan tanjakan curam lebih dari 30 derajat.
nah terkadang pas tanjakan itu ada mobil yang berhenti ada yang beriringan

Kalau harga jual kembali bagus mana yah ? untuk Surabaya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

Profith83 wrote:Berarti kalau ratio gigi,
Untuk tanjakan lebih enak yang M/T yah ?
Soalnya posisi saya di Surabaya, dan setahun 1 atau 2 kali dibawa ke Trawas dengan tanjakan curam lebih dari 30 derajat.
nah terkadang pas tanjakan itu ada mobil yang berhenti ada yang beriringan
Rasio gigi yg M/T memang lebih ke arah utk hauling

Tapi yg A/T Torsi lebih besar 60 Nm, ini mengkompensasi Power loss di Torq Conv. & juga ratio yg "closer to 1"

Nah kalau utk hauling / climbing lebih baik gunakan ban standard / diamaternya jgn diubah, agar kerja mesin saat menanjak jadi lebih ringan.

D4 D G A/T saya sih pernah test nanjak di tanjakan the Valley yg sgt curam (tanjakan keluar dr parkiran), mobil dinaekkin total 5 orang, tapi MAP di Dastek set ke Max. Power, mobil nanjak dgn santai.

Tapi kalau anda sering melalui jalanan yg tanjakannya extrim & kondisi mesin relatif standard maka lebih enak yg M/T.
* Bukan ajakan Beli *
endy_en
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Fri Nov 10, 2006 9:48

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by endy_en »

maaf oot dikit..
bung turboman, bagaimana dengan panther capsul a/t ? apakah segarang m/t ?

trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

endy_en wrote: bagaimana dengan panther capsul a/t ? apakah segarang m/t ?
Wah kalo LS AT mah dlm kondisi standard performanya memble, nubie bisa komen krn sebelumnya pernah pake LS AT selama 5 tahun.

Tapi no worries, mesin 4JA1-T kalo modifnya bener resultnya juga bisa galak. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
bodhi
Newbie
Newbie
Posts: 11
Joined: Sat Oct 18, 2008 16:49

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by bodhi »

Trims atas tanggapan anda semua.
Btw bung Turbo,kalo mau permak D4D biar yahud kayak ente musti keluar duit berapa lagi emangnya ? Apa ada referensi bengkel di daerah Serpong,Tangerang ? Bisa bikinin resepnya sekalian biar ntar tinggal di racik di sana...maklum ogud taunya cuma mbejek gas doang....
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by AD74YA »

wah2... iya gimana caranya ikut innova club bung turbo? kasian nih si 2.7 ga ada temen nya...

btw emang segitu awetnya? saya coba waktu di solo, dalkot, rata2 cuma 1:9-1:10 lah.. AC nyala, jalanan agak padat (waktu lebaran).. makanya dalam hati saya;

"ini mah sama aja sama 2.7"

gak jadi ganti deh ngerasa nggak worthed...

Secara teori kalo tanjakan harusnya menang yang A/T dong kan torsi lebih besar.. yah apapun Innova emang lumayan sih buat nanjak full cabin juga santai aja kayak di pantai...


Tapi kalo mau beli baru: saya bisa bilang recommend deh .. Diesel nya emang mantep kok...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

AD74YA wrote:wah2... iya gimana caranya ikut innova club bung turbo? kasian nih si 2.7 ga ada temen nya...
[email protected] atau www.innovacommunity.org

Monggo bro...... :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21999
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Turboman »

bodhi wrote:,kalo mau permak D4D biar yahud musti keluar duit berapa lagi emangnya ? Apa ada referensi bengkel di daerah Serpong,Tangerang ? Bisa bikinin resepnya sekalian biar ntar tinggal di racik di sana...maklum ogud taunya cuma mbejek gas doang....
Kalo tuning2 kecil spt tuning TPS / setel posisi TBW / ganti selang wastegate / poles TB & pipa Turbo DC nya sih relatif kecil, AAI DC nya menengah (bbrp ratus ribu), Free flow air filter start dari 350 rb. (JFC export class / Simota).

Utk Down Pipe DC nya lumayan, di atas 1 jeti. (Budi knalpot). Tapi kalo pesen ke Budi minta yg custom, modelnya benar2 rounding, tekukan dalamnya hrs melengkung mulus.

Utk Dastek Q costnya memang agak besar, tapi piggyback enggak melulu berorientasi ke Power, kita bisa set utk efisiensi BBM juga.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by AD74YA »

pak turbo.. udAh kepenuhan belum ya inova community?

wah saya telat banget dong baru masuk sekarang ga enak ni... cupu sendiri soalnya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by piterr »

new member nya juga banyak kan bro, yang pensiun jual innova trus ganti fortuner/ LC juga banyak.... so tidak ada kata terlambat buat join laaaah.... bisa berguru ke sesepuh di sana hehehehehe
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by nugroho bagor »

Turboman wrote:
AD74YA wrote:yang innova diesel a/t konsumsi BBM nya boros banget!...

torsi lebih gede? tetep aja tarikan nya lambat. udah pernah nyoba belum? saya sudah..
Sudah doonkk.....secara saya pakai dr Juni 2006...... :mrgreen:

Boros / enggak sih tergantung gimana bawanya yach , mobil saya (D4 D G A/T) FC nya :

Dalkot = terbaik 1:11,3 (terburuk 1:9,8)

Luar kota = terbaik 1:15,2 (kalo nyetirnya ngebut masih masuk 1:14 an)

Hasil pengukuran di atas dimana mobil sudah full peredam & ban 215 / 65 R 16, test dgn isi solar sampe "ceklek" saat berangkat & isi lagi sampe "ceklek" saat balik, speedo & odometer mobil di-benchmarking dgn GPS Nusamap & Garmin Nuvi 200Wi.

So kalo InnovaCommunity ada gath. ikut join aja pak, mau test drive mobil nubie boleh, atau mau coba test drive maskotnya IC yaitu si Moncong Merah (D4 D V A/T) juga boleh.

Monggo....... :mrgreen:
itu mah irit om.................... :ngacir:
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by tesna »

ipah d4d m/t rasio gigi nya salah tuh.. coba aja liat brosur nya... masa rasio gigi antara ipah d4d m/t sama ipah vvti m/t sama! jelas2 power band nya dah beda.. koq masih bisa pake gearbox ratio yang sama.. memang sih untuk efesiensi biaya.. tapi ga segininya juga kali.. cmonn toyota!

yang a/t vvti sama a/t d4d aja beda koq gear ratio nya.. ini baru bener... jadi menurut gw d4d m/t = FAIL.. dulu saya pernah pakai D4D m/t.. konsumsi BBM dalam kota yg macet ini 1:8 pernah juga (macet berat!!) tp klo macetnya normal sih 1:9-10 lah.. luar kota full toll 1:10-11 doang.... padahal tol nya LANCAR bgt dan lurus2 aja, ga ada tanjakan (tol jakarta merak).. kecepatan 100kph... mesinnya dah berisik bener...

sekarang pake vvti a/t.. dalam kota sih emang boros daripada d4d m/t gue.. (klo macet parah 1:6.. tp klo traffic rada normal 1:7-8).. trus kmaren dipake kluar kota tol jakarta merak dapet 1:12.... pdhl itu kaki jg ga sekolah.. lha lebih irit vvti a/t daripada d4d m/t :hammer:
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Penikmat_Kopi »

bodhi wrote:Hai Bro ! Salam kenal....mohon bantuannya yach...
Gue lagi bingung mau pilih inova diesel V MT atau AT ya ? Kalo buat tarikan dan konsumsi BBM yang friendly kata orang mendingan yang MT,padahal bokin maunya yang AT biar gak pegel...tapi denger-denger tarikannya berat dan BBMnya gak seirit yang MT. :e-doh:
please sarannya donk....trims ! :thanks:
Sesuai dengan kebutuhan dan selera Om aja. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya

Misalnya gaya nyetir . Kalau suka nyalip-nyalip bersaing sama angkot dan bis kota pakai m/t aja, kalau yg jalannya suka stabil-stabil aja ya pakai a/t. Kalau sering kena macet dan males pakai kopling di kaki kebanyakan pakai a/t, cuman ya pasti lebih boros dibanding m/t. Kalau soal kenyamanan, a/t pasti lebih nyaman dong krn ngga perlu pakai nginjek kopling, kalau soal fun dalam mengemudi m/t lebih fun karena pengemudi yg ngatur tuh mobil
Gue pakai fortie vnt yg m/t karena kalau dengan gaya nyetir gue, gue nggak tega pakai a/t kalau diperlakukan kayak m/t :wkkk: Dan hasilnya...... bini gue protes karena repot pakai m/t :wkkk: . Trus gue bilang, yg bikin repot bukan m/t atau a/t, tapi bodynya yg bongsor, tapi cuma seminggu bawa tuh mobil skr dia udah lancar sih menyesuaikan dg body bongsor.
FYI, gue dulu malah sebelum beli mobil ini, test drivenya pakai a/t di 2 dealer, nah pas kebetulan mau deal eh ada m/t nongkrong di dealer itu, trus gue coba TD, dan ternyata sodara sodara.........akhirnya gue ambil m/t, jauh banget rasa tarikannya (menurut gue lho) kalau buat nyalip-nyalip di dalam kota. Tapi kalau Om orangnya sabaran artinya nggak grasa-grusu, dan sering kena macet, a/t adalah pilihan yg bagus, dengan catatan konsekuensinya dengan bbm lebih boros. Tapi tentunya keborosan itu sebandinglah dengan kenyamanan yg didapat. Begitu juga dengan m/t, effort nginjek kopling juga sebandinglah dengan konsumsi bbm dan fun dalam mengemudi.
tesna
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 699
Joined: Thu Mar 17, 2005 9:01
Location: Jakarta

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by tesna »

klo sering2 naik tol kondisi lancar d4d m/t ga akan lebih irit daripada vvt-i a/t...... dikarenakan rasio gigi d4d m/t kurang cocok buat rute tol... klo sering2 naik gunung.. atau macet2 ria.. baru deh d4d m/t bisa lebih maknyus dan irit daripada vvti...

sumber: ex pengguna d4d m/t yang beralih ke vvti a/t...

yang paling maknyus emang d4d a/t.. irit dapet.. torsi gede juga dapet... gear ratio nya lebih cocok karena emang gearboxnya didesain untuk d4d.. ga kaya d4d m/t yang make gearbox sama persis sama vvti manteb deh itu...
W212 E300 '10
Kijang 2GD '18
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Penikmat_Kopi »

tesna wrote:klo sering2 naik tol kondisi lancar d4d m/t ga akan lebih irit daripada vvt-i a/t...... dikarenakan rasio gigi d4d m/t kurang cocok buat rute tol... klo sering2 naik gunung.. atau macet2 ria.. baru deh d4d m/t bisa lebih maknyus dan irit daripada vvti...

sumber: ex pengguna d4d m/t yang beralih ke vvti a/t...

yang paling maknyus emang d4d a/t.. irit dapet.. torsi gede juga dapet... gear ratio nya lebih cocok karena emang gearboxnya didesain untuk d4d.. ga kaya d4d m/t yang make gearbox sama persis sama vvti manteb deh itu...
Ini udah ada testi dari ex usernya, dan memang kalau nggak salah sih torsi innova m/t kalah gede dibanding a/t-nya, jadi bisa dipertimbangkan untuk ambil innova diesel a/t aja Om.
Penikmat_Kopi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1371
Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by Penikmat_Kopi »

Btw, innova diesel a/t yg 2012 masih ada nggak? Kalau ada diskon brp skr ya?
amd
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 205
Joined: Thu Jun 03, 2010 3:43
Location: Kodya Tangerang

Re: INOVA DIESEL V MT OR AT ??

Post by amd »

Dear All,
Ijin nimbrung dan numpang lapor. Ane pengguna GNKI 2011 2.5M/T beli Dec/2011 posisi km saat ini 30rb an, FC sekarang 570-600 km/ 45liter atau 12,5 - 13 km / ltr (rute CimoneTangerang-Tol Bandara-Pluit-Tg Priok-Sunter pp).
Keadaan Kendaraan masih standard, hanya sedikit ubahan al. Ground Cable, EGR delete, dan OCT.
BBM pakai Bio solar + redline 85+ (dosis maintenance), Olie mesin Mobil delvax 15w-40, bersihkan filter udara per 2 bulan.