koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

marmut wrote: Sun Jul 05, 2020 14:36 baru inget ada ini di kotak perkakas rumah, sedari saya SD ya begini ini kondisinya nggak berubah. sering dipake waktu tahun 90an ;



20200705_211558.jpg


20200705_211613.jpg

werus. sila search sendiri di google.


20200705_212531.jpg


heil hitler


20200705_211645.jpg


20200705_211705.jpg


mur sudah pernah beberapa kali diganti.
ah sy punya yg mirip gini merk ktc, favorit utk ngelepas klem selang sama buat uget2in selangnya spy mudah dilepas. :big_exellent:
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

henbob wrote: Mon Jul 06, 2020 4:34 update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?

ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

henbob wrote: Mon Jul 06, 2020 4:34 update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..

nah, ini inceran sedari dulu tapi belon kesampean karena mikir-mikir bakal jarang banget kepake. dulu rencananya buat serpis radiator yang masih bahan tembaga.
kadang kalo ke spesialis radiator suka keki liat caranya kerja....
suatu waktu musti punya ini.
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

Omnibus wrote: Mon Jul 06, 2020 4:57
henbob wrote: Mon Jul 06, 2020 4:34 update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?

ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
beli ditoko ijo om. gpp om, kan pake alat safety yg bagus om sama APAR udah siaga. Gw pakenya jg ga lama2, jadi bentar aja trs stop. Itu aja udah panas banget dlm itungan detik. :big_exellent: Soalnya panasnya udah turun pelan2 kearah tabung.
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

marmut wrote: Mon Jul 06, 2020 5:46
henbob wrote: Mon Jul 06, 2020 4:34 update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..

nah, ini inceran sedari dulu tapi belon kesampean karena mikir-mikir bakal jarang banget kepake. dulu rencananya buat serpis radiator yang masih bahan tembaga.
kadang kalo ke spesialis radiator suka keki liat caranya kerja....
suatu waktu musti punya ini.
Persis om, gw pake ngelas diradiator tembaga jg om hehe.. tp ngelasnya pake timah buat nyolder elektronika. kwwkwk. Yg blom nyoba tuh utk ngelas pake bahan perak. Gatau bagusan mana, ini lg buka2 buku IPA SMA ttg tembaga. wkwkwkw :mky_01:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 06, 2020 2:44
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:12
saya malah kpikiran cara gampangnya gini aj om

pas cold start, buka baut fill, trus nyalain mesin, masukin gigi ke N, trus buka baut cek (kl ternyata ATF Ngocor deras, stop smua prosedur, matiin mesin, selsaii) , trus melalui baut fill isi ampe atf kluar dr baut cek, ga usa tunggu ATF memuai di 45 derajat sgala.. selsai

toh cara ini paling bikin kelebihan beberapa ratus CC atf di pan doank, drpd kekurangan
sptnya kl begitu caranya bakal miss banyak om.

- pas cold start idle dibuka, ini kan belum memuai udah ngocor banyak, berarti waktu itu overfill.

- pas dimatiin semua oil balik ke pan, trus dibuka, pasti ngocor banyak. stlh berhenti ngocor ditambahin lagi sampai ngocor dikit. walhasil ini bakal underfill.

mungkin ya kl emang mau tebak2 dr cold start yg paling mendekati begini om:

- jika suhu udara 25°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 10 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.

- jika suhu udara 30°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 5 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.

semuanya pas refill awal harus dilebihkan 200-300 mL dr jumlah yg keluar spy yakin pas check bolt dibuka kondisi awalnya kita sengaja overfill.
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:19
ahh my bad..

pantesan kluar nya ampe 3.5 liter, ternyata om pake scanner buat trigger test solenoid valve nya.. makanya bsa sgitu banyak kluarnya.. bearti kira2 kl cuman ngandelin drain dr pan doank mirip2 sama saya kmaren ini, 2.5 literan +/-
* utk yg keluarin dr solenoid cara lainnya bisa dgn pindahkan ke R (atau D) ketika posisi KOEO (kontak on engine off)

sama aja kok, saya kemarin experiment cara dua2nya. hehehe makanya jd lama kerjanya.
Ilmu baru setiap ari

Makasi sabda nya om, nanti saya coba deh

Ini atf ud jalan 10 rebu sjak trakir ganti, nanti 5 rebu lg mau saya coba kuras lg
Omnibus wrote: Mon Jul 06, 2020 2:58
yanuarra wrote: Sun Jul 05, 2020 16:00
Jangan lupa brand Toptul... Toptull memang mantap betull... :big_biglaugh:
:big_biglaugh:

ngecek gap busi pake feeler gauge ane om ..... wkwkwk
Wuihh toptul, d malon tengtools toptul lmayan gampang d cari, ga kaya dsini, tekiro mulu ampe bosen

Btw toptul lmayan jg kayanya ya, buat balap2 kejurnas d malon sana, beberapa tim balap pake (atau d sponsorin) ama ini merk

Btw kl tengtools jg lmayan tu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
henbob
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Thu Sep 26, 2019 7:33
Location: BSD-SBY

Re: koleksi hand tools........

Post by henbob »

ini wkt bongkar manifold n selang radiator bekas dikerjain bengkel. Setelah bongkar itu, gw mbersihin sealant2, mbersihin intakenya n ganti gasket intakenya. gambar berikut beforenya yak. hehehe. :mky_04:
Image
slang radiator

Image
intakenya
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon Jul 06, 2020 4:57
henbob wrote: Mon Jul 06, 2020 4:34 update maenan baru, las tabung kecil..

Image

kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. :big_grin: sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?

ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
Kl kpikiran nambah tools buat ngelas, kontek saya om, nanti ta arahin ke merk gloor , 20 taon djamin masi awet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:23
Kl kpikiran nambah tools buat ngelas, kontek saya om, nanti ta arahin ke merk gloor , 20 taon djamin masi awet
siap mbah! skrg sih msh belum ada, msh bisa pake heat gun krn ane beli juga corong kit nya spy fleksibel :big_smoking:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 07, 2020 9:31
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:23
Kl kpikiran nambah tools buat ngelas, kontek saya om, nanti ta arahin ke merk gloor , 20 taon djamin masi awet
siap mbah! skrg sih msh belum ada, msh bisa pake heat gun krn ane beli juga corong kit nya spy fleksibel :big_smoking:
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.

om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...

IMG_20200707_165020~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue Jul 07, 2020 9:56
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.

om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...


IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh

Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru

Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut

Ud ad rencana mau turun tangki sehh

Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 10:18
Omnibus wrote: Tue Jul 07, 2020 9:56
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.

om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...


IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh

Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru

Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut

Ud ad rencana mau turun tangki sehh

Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
memang in-tank, posisi di bawah rem tangan. jadi hrs lepas console yg rem tangan itu, aksesnya dr dalam kabin. mungkin jok penumpang kiri bisa diturunkan utk mempermudah akses. kl mau ngerjain enaknya pas tanki 1/4 atau kurang, kl penuh selain bau juga bisa tumpah bensin dlm kabin and jadi mabok/merinding disko.

atau alternatif kedua, diemin aja sampai mokat itu fuel pump trus gantinya sekalian filter + pump. kan itu udah 100K ga pernah ganti filter, mungkin pumpnya jg udah ga bersih2 amat :big_grin:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue Jul 07, 2020 11:13
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 10:18
Omnibus wrote: Tue Jul 07, 2020 9:56

hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.

om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...


IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh

Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru

Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut

Ud ad rencana mau turun tangki sehh

Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
memang in-tank, posisi di bawah rem tangan. jadi hrs lepas console yg rem tangan itu, aksesnya dr dalam kabin. mungkin jok penumpang kiri bisa diturunkan utk mempermudah akses. kl mau ngerjain enaknya pas tanki 1/4 atau kurang, kl penuh selain bau juga bisa tumpah bensin dlm kabin and jadi mabok/merinding disko.

atau alternatif kedua, diemin aja sampai mokat itu fuel pump trus gantinya sekalian filter + pump. kan itu udah 100K ga pernah ganti filter, mungkin pumpnya jg udah ga bersih2 amat :big_grin:

kalo intank, ga usah pusing selama isi bahan bakar nggak jorok atau ngasal dicampur bumbu pecel.
itu panjang kok umurnya. karena filter screen kasar nggak seperti filter yang dipasang setelah tengki bensin yang rapet banget screen-nya
jadi kotoran halus pasti lewat lah, paling numpuk di injektor....
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: koleksi hand tools........

Post by coklatMetalik »

Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31 Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?

mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.

jadi menurut saya mending ganti aja filternya.




:ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: koleksi hand tools........

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Tue Jul 07, 2020 15:09
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31 Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?

mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.

jadi menurut saya mending ganti aja filternya.




:ngacir:
Tp filter bensinnya jg 500rebu :big_slap:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 15:20
marmut wrote: Tue Jul 07, 2020 15:09
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31 Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?

mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.

jadi menurut saya mending ganti aja filternya.




:ngacir:
Tp filter bensinnya jg 500rebu :big_slap:
kalo mbah udah bersabda udah turutin aja .... salah2 kena bully (lagi) nanti. sy aja disuruh kungkum semaleman pake air kembang sm menyan gara2 nanyain part number minyak kopling utk njess cvt sy.

....... :wkkk:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

bentar2..

sejak kapan filter bensin utk kasta kijang ampe 500 rebu..

filter bensin ori kijang AN140 vvti dua biji bbm pertalite always so far so good aj aj cuman 200an rebu

kl ampe 500 rebu itu bearti ptinggi tam minta di kurung satu kamar ama igun + saipul semaleman
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11039
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 15:20

Tp filter bensinnya jg 500rebu :big_slap:

lapis emas?

tahun lalu saya beli kalo nggak salah 125rb. barusan liat di tokped banyak yang 75-95rb.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11336
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 15:20
bener kan apa kata ane ...... :big_weee:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1498
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: koleksi hand tools........

Post by MSU »

coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 15:20
marmut wrote: Tue Jul 07, 2020 15:09
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31 Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?

mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.

jadi menurut saya mending ganti aja filternya.




:ngacir:
Tp filter bensinnya jg 500rebu :big_slap:
sakura kayaknya udh cukup bagus om
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: koleksi hand tools........

Post by coklatMetalik »

marmut wrote: Tue Jul 07, 2020 16:19
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 15:20

Tp filter bensinnya jg 500rebu :big_slap:

lapis emas?

tahun lalu saya beli kalo nggak salah 125rb. barusan liat di tokped banyak yang 75-95rb.
Yg genuine om
Mbuh lapis emas apa embak
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Cara ini cocok juga nggak om buat cvt nga ahond?
Omnibus wrote:
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:12
saya malah kpikiran cara gampangnya gini aj om

pas cold start, buka baut fill, trus nyalain mesin, masukin gigi ke N, trus buka baut cek (kl ternyata ATF Ngocor deras, stop smua prosedur, matiin mesin, selsaii) , trus melalui baut fill isi ampe atf kluar dr baut cek, ga usa tunggu ATF memuai di 45 derajat sgala.. selsai

toh cara ini paling bikin kelebihan beberapa ratus CC atf di pan doank, drpd kekurangan
sptnya kl begitu caranya bakal miss banyak om.

- pas cold start idle dibuka, ini kan belum memuai udah ngocor banyak, berarti waktu itu overfill.

- pas dimatiin semua oil balik ke pan, trus dibuka, pasti ngocor banyak. stlh berhenti ngocor ditambahin lagi sampai ngocor dikit. walhasil ini bakal underfill.

mungkin ya kl emang mau tebak2 dr cold start yg paling mendekati begini om:

- jika suhu udara 25°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 10 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.

- jika suhu udara 30°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 5 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.

semuanya pas refill awal harus dilebihkan 200-300 mL dr jumlah yg keluar spy yakin pas check bolt dibuka kondisi awalnya kita sengaja overfill.
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:19
ahh my bad..

pantesan kluar nya ampe 3.5 liter, ternyata om pake scanner buat trigger test solenoid valve nya.. makanya bsa sgitu banyak kluarnya.. bearti kira2 kl cuman ngandelin drain dr pan doank mirip2 sama saya kmaren ini, 2.5 literan +/-
* utk yg keluarin dr solenoid cara lainnya bisa dgn pindahkan ke R (atau D) ketika posisi KOEO (kontak on engine off)

sama aja kok, saya kemarin experiment cara dua2nya. hehehe makanya jd lama kerjanya.