Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
marmut wrote: Sun Jul 05, 2020 14:36
baru inget ada ini di kotak perkakas rumah, sedari saya SD ya begini ini kondisinya nggak berubah. sering dipake waktu tahun 90an ;
20200705_211558.jpg
20200705_211613.jpg
werus. sila search sendiri di google.
20200705_212531.jpg
heil hitler
20200705_211645.jpg
20200705_211705.jpg
mur sudah pernah beberapa kali diganti.
ah sy punya yg mirip gini merk ktc, favorit utk ngelepas klem selang sama buat uget2in selangnya spy mudah dilepas.
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?
ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
nah, ini inceran sedari dulu tapi belon kesampean karena mikir-mikir bakal jarang banget kepake. dulu rencananya buat serpis radiator yang masih bahan tembaga.
kadang kalo ke spesialis radiator suka keki liat caranya kerja....
suatu waktu musti punya ini.
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?
ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
beli ditoko ijo om. gpp om, kan pake alat safety yg bagus om sama APAR udah siaga. Gw pakenya jg ga lama2, jadi bentar aja trs stop. Itu aja udah panas banget dlm itungan detik. Soalnya panasnya udah turun pelan2 kearah tabung.
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
nah, ini inceran sedari dulu tapi belon kesampean karena mikir-mikir bakal jarang banget kepake. dulu rencananya buat serpis radiator yang masih bahan tembaga.
kadang kalo ke spesialis radiator suka keki liat caranya kerja....
suatu waktu musti punya ini.
Persis om, gw pake ngelas diradiator tembaga jg om hehe.. tp ngelasnya pake timah buat nyolder elektronika. kwwkwk. Yg blom nyoba tuh utk ngelas pake bahan perak. Gatau bagusan mana, ini lg buka2 buku IPA SMA ttg tembaga. wkwkwkw
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:12
saya malah kpikiran cara gampangnya gini aj om
pas cold start, buka baut fill, trus nyalain mesin, masukin gigi ke N, trus buka baut cek (kl ternyata ATF Ngocor deras, stop smua prosedur, matiin mesin, selsaii) , trus melalui baut fill isi ampe atf kluar dr baut cek, ga usa tunggu ATF memuai di 45 derajat sgala.. selsai
toh cara ini paling bikin kelebihan beberapa ratus CC atf di pan doank, drpd kekurangan
sptnya kl begitu caranya bakal miss banyak om.
- pas cold start idle dibuka, ini kan belum memuai udah ngocor banyak, berarti waktu itu overfill.
- pas dimatiin semua oil balik ke pan, trus dibuka, pasti ngocor banyak. stlh berhenti ngocor ditambahin lagi sampai ngocor dikit. walhasil ini bakal underfill.
mungkin ya kl emang mau tebak2 dr cold start yg paling mendekati begini om:
- jika suhu udara 25°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 10 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.
- jika suhu udara 30°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 5 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.
semuanya pas refill awal harus dilebihkan 200-300 mL dr jumlah yg keluar spy yakin pas check bolt dibuka kondisi awalnya kita sengaja overfill.
pantesan kluar nya ampe 3.5 liter, ternyata om pake scanner buat trigger test solenoid valve nya.. makanya bsa sgitu banyak kluarnya.. bearti kira2 kl cuman ngandelin drain dr pan doank mirip2 sama saya kmaren ini, 2.5 literan +/-
* utk yg keluarin dr solenoid cara lainnya bisa dgn pindahkan ke R (atau D) ketika posisi KOEO (kontak on engine off)
sama aja kok, saya kemarin experiment cara dua2nya. hehehe makanya jd lama kerjanya.
Ilmu baru setiap ari
Makasi sabda nya om, nanti saya coba deh
Ini atf ud jalan 10 rebu sjak trakir ganti, nanti 5 rebu lg mau saya coba kuras lg
ini wkt bongkar manifold n selang radiator bekas dikerjain bengkel. Setelah bongkar itu, gw mbersihin sealant2, mbersihin intakenya n ganti gasket intakenya. gambar berikut beforenya yak. hehehe.
slang radiator
kemaren gw pake buat ngelepas lem porting diradiator, gw las aja bentar, langsung rontok.. sebelumnya gw udah coba pake macem2 cairan buat ngelepas lem itu. kwkwkwkw. Udah tanya penjualnya disuruh digetok ama dikikis pelan2. Udah gw lakuin smua sih, tetep aja susah dilepas. akhirnya ya di las aja bentar..
wkwkwk beli dimana mainan bahaya itu om?
ane baru berani manasin pake heat gun, itu aja udah sampe 750°C. msh cukup utk kebutuhan. terakhir buat buka seal plate ratchet krn mau dikasih gemuk ulang. stuck ga tau krn rtv atau grease kering seumur 20 thn.
Kl kpikiran nambah tools buat ngelas, kontek saya om, nanti ta arahin ke merk gloor , 20 taon djamin masi awet
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.
om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...
IMG_20200707_165020~3.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.
om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...
IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh
Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru
Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut
Ud ad rencana mau turun tangki sehh
Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
DOHC wrote: Tue Jul 07, 2020 9:41
Btw ga minat beli car body repair om ?kaya car-O-liner gt, lmayan buat koleksi
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.
om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...
IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh
Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru
Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut
Ud ad rencana mau turun tangki sehh
Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
memang in-tank, posisi di bawah rem tangan. jadi hrs lepas console yg rem tangan itu, aksesnya dr dalam kabin. mungkin jok penumpang kiri bisa diturunkan utk mempermudah akses. kl mau ngerjain enaknya pas tanki 1/4 atau kurang, kl penuh selain bau juga bisa tumpah bensin dlm kabin and jadi mabok/merinding disko.
atau alternatif kedua, diemin aja sampai mokat itu fuel pump trus gantinya sekalian filter + pump. kan itu udah 100K ga pernah ganti filter, mungkin pumpnya jg udah ga bersih2 amat
hahaha uedan ..... ga ada skill om kl urusan body repair. serahkan ke ahlinya dan kl ada dana lebih tuker tambah mobilnya. beres.
om ane barusan baca2 manual njess, itu fuel filter disarankan diganti tiap 40K atau 2 tahun. hrv om pernah ganti ngga udah lewat 100K gitu?
lumayan fun tuh ngerjainnya, buka center console. sambil nyantai aja ...
IMG_20200707_165020~3.jpg
Waduhh
Ga perna d utak atik seh om, masi ting2 sejak baru
Perna nanya2 ke beres jg katanya fuel filternya model in tank, mirip kaya lipindut
Ud ad rencana mau turun tangki sehh
Btw emg posisi dmana om tuh filter, buka kap mesin ga ketemu
memang in-tank, posisi di bawah rem tangan. jadi hrs lepas console yg rem tangan itu, aksesnya dr dalam kabin. mungkin jok penumpang kiri bisa diturunkan utk mempermudah akses. kl mau ngerjain enaknya pas tanki 1/4 atau kurang, kl penuh selain bau juga bisa tumpah bensin dlm kabin and jadi mabok/merinding disko.
atau alternatif kedua, diemin aja sampai mokat itu fuel pump trus gantinya sekalian filter + pump. kan itu udah 100K ga pernah ganti filter, mungkin pumpnya jg udah ga bersih2 amat
kalo intank, ga usah pusing selama isi bahan bakar nggak jorok atau ngasal dicampur bumbu pecel.
itu panjang kok umurnya. karena filter screen kasar nggak seperti filter yang dipasang setelah tengki bensin yang rapet banget screen-nya
jadi kotoran halus pasti lewat lah, paling numpuk di injektor....
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31
Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?
mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31
Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?
mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.
jadi menurut saya mending ganti aja filternya.
Tp filter bensinnya jg 500rebu
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31
Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?
mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.
jadi menurut saya mending ganti aja filternya.
Tp filter bensinnya jg 500rebu
kalo mbah udah bersabda udah turutin aja .... salah2 kena bully (lagi) nanti. sy aja disuruh kungkum semaleman pake air kembang sm menyan gara2 nanyain part number minyak kopling utk njess cvt sy.
coklatMetalik wrote: Tue Jul 07, 2020 14:31
Kalo filter bahanbakar Kijang LGX 1.8 EFI KF82R-GRMNE yg deket tangki itu hrs ganti rutin atau cukup dibersihken pake tiupan kompresor aja mbah?
mau niup pake kompresor musti ada kompresornya.
harga kompresor yang nggak kalah ama tambal ban sekitar 5juta, malu kalo pake kompresor imut merk gaje. air duster yang proper dan bonafit biar nggak dikatain "kayak bengkel pinggir jalan" bisa 500ribuan minimal, selang yang keren kayak painter luar negri harganya bisa 100ribuan semeter kalikan 10 meter.
DOHC wrote: Sun Jul 05, 2020 15:12
saya malah kpikiran cara gampangnya gini aj om
pas cold start, buka baut fill, trus nyalain mesin, masukin gigi ke N, trus buka baut cek (kl ternyata ATF Ngocor deras, stop smua prosedur, matiin mesin, selsaii) , trus melalui baut fill isi ampe atf kluar dr baut cek, ga usa tunggu ATF memuai di 45 derajat sgala.. selsai
toh cara ini paling bikin kelebihan beberapa ratus CC atf di pan doank, drpd kekurangan
sptnya kl begitu caranya bakal miss banyak om.
- pas cold start idle dibuka, ini kan belum memuai udah ngocor banyak, berarti waktu itu overfill.
- pas dimatiin semua oil balik ke pan, trus dibuka, pasti ngocor banyak. stlh berhenti ngocor ditambahin lagi sampai ngocor dikit. walhasil ini bakal underfill.
mungkin ya kl emang mau tebak2 dr cold start yg paling mendekati begini om:
- jika suhu udara 25°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 10 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.
- jika suhu udara 30°C: start engine, pindah2in PRNDS pelan2, terakhir stop di P atau N, tunggu max 5 menitan utk warming up, buka check bolt, tunggu ngocor banyak selesai sampai ngocor kecil (jgn kelamaan akan netes terus sepanjang atf memuai), tutup check bolt, selesai.
semuanya pas refill awal harus dilebihkan 200-300 mL dr jumlah yg keluar spy yakin pas check bolt dibuka kondisi awalnya kita sengaja overfill.
pantesan kluar nya ampe 3.5 liter, ternyata om pake scanner buat trigger test solenoid valve nya.. makanya bsa sgitu banyak kluarnya.. bearti kira2 kl cuman ngandelin drain dr pan doank mirip2 sama saya kmaren ini, 2.5 literan +/-
* utk yg keluarin dr solenoid cara lainnya bisa dgn pindahkan ke R (atau D) ketika posisi KOEO (kontak on engine off)
sama aja kok, saya kemarin experiment cara dua2nya. hehehe makanya jd lama kerjanya.