koleksi hand tools........

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Sat May 16, 2020 9:11 lah ini makanya montir2 amrik banyak yg saranin mending ganti assy sekalian. kualitas rakitan ala pabrik, CV dan housing baru, shaft nya jg baru. harganya katanya ga beda jauh sm beli component parts ngeteng belum capeknya rakit. belum cek sih beda harganya brp assy vs ngeteng. kecuali assy nya udah ga ada jual di beres baru kita O/H.
jauh om harganya.... assy ori bisa 4 jt an satu sisi, kw assy 1 jt an, cv joint merk sama spt oem 600-700 per pcs / ujung, merk LKS bisa 300rb, karet boot yang katanya made in jepun 50rb /pcs.
Profith83 wrote: Mon May 18, 2020 13:00 Kelihatan kecil yah panjang cuma 13 cm
Lebar pelat 8.5 cm x 3 cm. tebal pelat 3 mm. Untuk putaran tangan besi 10-11 mm cuma 8 cm. Cukup sih.
Mur nya sepertinya 19 mm entah bautnya

Sebenarnya bikin sendiri bisa tinggal beli mur dan baut dan besi beton bekas 12 mm panjang 10 cm untuk muter.
Tapi ngelasnya habis kawat las, listrik, gerindra agar las tidak kasar dan perlu cat juga.
Plat besi bisa dari besi kampas rem dibor D hahahah

Beli jadi 40 rb + ongkir 10 rb. Murah drdp buat sendiri. belum capeknya.
Kualitas lumayan ....
aku balikin piston rem pakai c klem, dialas brake pad lama :upss:
Kalau bersihin rem aku ga pernah tekan balik pistonnya. Ya asal jangan injek pedal rem nya dengan kondisi dilepas.
Omnibus wrote: Sat May 16, 2020 12:09 OK guys kali ini saya mau mereview scan tool yang baru sampai hari ini. kebetulan sy ada beberapa kali pengalaman berurusan sama perscantoolan dari mulai thn 2003 pertama ada Carman Scan sy sdh punya tp rusak kena banjir pas dipinjam teman. singkat cerita scan tool saya yg skrg sebelum yg baru ini, Autel MD802, tidak bisa deep scan makanya perlu beli yg lain lagi tapi tetap mau yg tidak terlalu mahal.

pertama saya mau jelaskan sedikit bahwa scan tool itu ada beberapa kategori, sederhananya kita bagi jd 4 saja yaitu:

1. Dealer Level Scan Tool - dari namanya saja sudah jelas bahwa ini scan tool OEM yg biasa dipakai di bengkel resmi. Kemampuannya paling komplit sesuai dgn merk mobilnya. Contohnya: Consult (Nissan), Star Diag (Mercy), HDS (Honda), dsb.

2. Aftermarket Dealer Level Scan Tool - kategori ini biasa dipakai oleh mekanik professional (baca: yg beneran punya/kerja di bengkel) karena memiliki kemampuan yang 99% sama dgn kategori 1. Kekurangannya selain harganya yg > US$1,000 juga biasanya free software updatenya cuma 1 tahun selebihnya bayar krn memang ditujukan utk audience pro. Contoh yg terkenal di pasaran: Snap-On Verus Edge dkk nya, Autel MS906 BT dkk nya, Launch X431 Pro, dsb.

3. Multi System Multi Brand Scan Tool - yang ini bisa compatible dgn berbagai merk mobil tapi kemampuannya terbatas tergantung dari range harganya. Kalau yg murah sekali cuma bisa Read & Erase trouble codes mungkin dgn tambahan Freeze Frame Data, sementara yg agak mahalan bisa baca Live Data berbagai PID (parameter-parameter) yang lebih komplit sampai bacaan sensor apapun juga. Ada juga yg memberi bonus feature spt EPB reset yg diperlukan jika ingin mengganti brake pads belakang utk mobil yg dilengkapi EPB spt HRV dan CX5. Contoh yg lumayan populer itu Autel MD802, Launch CRP123, dsb yg range harganya masih < US$300. Biasanya dapat lifetime free software update. (tergantung lifetime nya sampai umur device atau apa)

4. Specific Brand Deep Scan Tool - yang ini yg saya mau bahas skrg, yaitu scan tool yg mirip2 nomor 1 tapi versi lebih murahnya ditujukan utk audience DIYer. Scan tool ini tidak bisa compatible dgn banyak merk spt kategori 2 tapi bisa masuk ke features yg hampir sama dgn kategori 1 yaitu Bi-Directional Control. Artinya kita bisa actuate via scan tool utk menjalankan fungsi2 active test dari actuator yg ada. Dari yg saya pelajari contoh yg populer adalah Foxwell NT510. Ada banyak model Foxwell tapi NT510 meski sdh discontinued tetap kemampuannya di atas model-model Foxwell lain yg sekelas bahkan 1 kelas di atasnya. Model ini bisa install sampai max 5 merk mobil. Begitu beli dapat 1 merk yg free dan selanjutnya bayar $60-80 per merk. tapi spt Toyota sdh include Lexus. Honda sdh include Acura. Harganya < US$300 dan sama dgn kategori 3 dapat lifetime free software update.


Sekilas review yg saya sdh coba di GK5 saya, NT510 confirm bisa melakukan TP learning (idle learn setelah TB cleaning), Crank Pattern Reset n Relearn, Brake Bleeding (ini utk buang angin yg terjebak di actuator ABS), menonaktifkan fuel pump, menonaktifkan injectors, test solenoid2 ABS, EPB reset, dlsb.

Krn saya juga punya ANF jadi saya beli software tambahan utk Toyota. Yang ini belum saya coba lebih jauh tapi konon bisa sampai set sensitifitas sensor auto headlamp kapan nyalanya, dsb.

Harap diingat scan tool itu berbeda dengan alat utk remap. Scan tool yg dibahas ini tidak bisa remap, kecuali Cat. 2 ada Autel MS908P yg bisa remap.

Demikian guys, jadi memang scan tool juga tidak bisa cuma punya 1 karena contohnya kl kita berkecimpung di jual/beli mobkas maka yg diperlukan scan tool Cat.3, sementara kl DIYer perlunya Cat. 4. Ini sekedar sharing bagaimana kita bisa punya scan tool sesuai kebutuhan kita dgn budget yang tidak terlalu mahal spt membeli scan tool Cat. 1 atau Cat. 2 dan saya tidak terafiliasi dgn merk apapun *bukan sales.

:big_exellent:


Autel MD802

Image


Foxwell NT510

Image


Lagi proses SW update NT510 saya

FoxAssist.jpg
Mantap ya harganya, aku masih pakai bajakan buat konek ke toyota, itupun baru coba2 pakai main2,
beda memang ya antara reader ama yang bisa untuk diagnostic.....
ya masih main2 jalanin lock unlock pakai mouse, nyalain/matiin lampu kabin, jalanin wiper, muterin jarum speedo ama tachometer pakai mouse click.... for fun, tapi abis itu mikir lagi, now what ? akhirnya mainannya taro di lemari ga kepake, ya untung mainan yang masih murah, blom yang jutaan terus kesimpen di lemari :big_blushing:

regards,
singachu
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

@profith
Ane cuman bejeg gas nya aj, ntar biar TCM nya mindahin sendiri, CVT jgn dipanteng rpm tinggi terus2an, biar dia naek turun sendiri sesuai TCM ngaturnya. Bejeg gas di S, transmisi ganti bsa d hampir 5000 rpm

@omnibus
Gara2 om blg degreaser, ane barusan copotin lg, trus semprot KIT yg degreaser, lmayan rontok banyak jd bersih keset, skrg lg dijemur biar kering

Btw ntuh adapter injector beli dmana om ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 3:59 laporan gaess .... injector semprotannya kencing pdhl sy jg sering pakai in-tank injector cleaner. so kesimpulannya tetap cabut injector dan harus dibersihkan pakai injector cleaner sambil dikonek ke aki pakai special tool.


misi selesai. :mky_02:

sebelumnya itu tulisannya Idle Learn: Incomplete. Artinya meskipun cara manual bisa tapi lebih afdol pakai scan tool krn ada tahapan ECM menghapus memory idle learning yg lama.


IMG_20200519_104954~2.jpg
liat kalau semprotannya kencing dari mana ya om ?

mantep ya memang kalau idle ga beres kadang ya bingung mesti diapain kalau ga ada special scan tool :big_exellent:
Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 4:36 saya beli ini utk bersihin injector. do the proper way :mky_08:


Screenshot_20200519_113434_com.android.chrome~2.jpg
jos.... aku masih pakai spet suntikan bekas ama microswitch buat on off....

Kepikir beli yang langsung pasang di fuel rail jadi mesin hidup pakai obat cleaner dan biar ga cabut2 injector...... tapi liat hargannya masih pertimbangan banyak kepake apa banyak nganggurnya :weekk:

pernah coba2 cara sederhana, selang balik fuel rail yang ke tangki aku buntu pakai busi bekas (mobil masih pakai FPR buat balikin ke tangki).
Ama pasang tabung filter buat masukin cairan pembersih, pakai pentil bekas ban dan aku tekan pakai kompresor.
Eh karena ga pasang klem yang proper karena ga siap barang, ternyata malah gebros selangnya kecabut kena tekanan angin :big_chicken:
akhirnya cara manual lagi. :big_biglaugh:

regards,
singachu
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:43
Profith83 wrote: Mon May 18, 2020 13:00 Kelihatan kecil yah panjang cuma 13 cm
Lebar pelat 8.5 cm x 3 cm. tebal pelat 3 mm. Untuk putaran tangan besi 10-11 mm cuma 8 cm. Cukup sih.
Mur nya sepertinya 19 mm entah bautnya

Sebenarnya bikin sendiri bisa tinggal beli mur dan baut dan besi beton bekas 12 mm panjang 10 cm untuk muter.
Tapi ngelasnya habis kawat las, listrik, gerindra agar las tidak kasar dan perlu cat juga.
Plat besi bisa dari besi kampas rem dibor D hahahah

Beli jadi 40 rb + ongkir 10 rb. Murah drdp buat sendiri. belum capeknya.
Kualitas lumayan ....
aku balikin piston rem pakai c klem, dialas brake pad lama :upss:
Kalau bersihin rem aku ga pernah tekan balik pistonnya. Ya asal jangan injek pedal rem nya dengan kondisi dilepas.

regards,
singachu
Iya tidak perlu dibalikin kalau tidak ganti rem.
Bersihkan apa tidak dicheck 2 baut caliper nya om. Dia kan harus bisa main di baut caliper itu yah?
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 4:48
Btw ntuh adapter injector beli dmana om ?
bantu jawab, online banyak kok om
ini salah satu linknya (asal comot ya) :
https://www.tokopedia.com/ollivias/fuel ... D44&whid=0

regards,
singachu
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1274
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: koleksi hand tools........

Post by singachu »

Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 Iya tidak perlu dibalikin kalau tidak ganti rem.
Bersihkan apa tidak dicheck 2 baut caliper nya om. Dia kan harus bisa main di baut caliper itu yah?
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
kalaupun cek 2 baut caliper itu, pistonnya juga ga tersentuh kok om. kecuali om cuci body pistonnya juga dikeluarin dulu.
caliper itu kalau baca2 pakai rubber grease yah.... ya grease yang aman buat karet, mungkin sama dengan grease buat cv joint kali ?
Tapi kalau bersihkan rem jadi ritual rutin, kayaknya ga perlu tiap bersihkan rem ikut bersihkan grease pin itu om.....
semacam quick brake job aja biar rem pakem bersih dari debu rem.


o ya kalau om menekan piston rem balik, sebaiknya cek juga posisi minyak rem di tabung, jangan sampe luber karena tekan balik pistonnya.

regards,
singachu
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 4:48
@omnibus
Gara2 om blg degreaser, ane barusan copotin lg, trus semprot KIT yg degreaser, lmayan rontok banyak jd bersih keset, skrg lg dijemur biar kering

Btw ntuh adapter injector beli dmana om ?
lbh murah dikit dr yg om singachu posting. beli disini (sebelumnya sy salah sebut lazada, pdhl shopee:

https://shopee.co.id/product/82556826/1 ... 65366642.9
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:07
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 4:48
@omnibus
Gara2 om blg degreaser, ane barusan copotin lg, trus semprot KIT yg degreaser, lmayan rontok banyak jd bersih keset, skrg lg dijemur biar kering

Btw ntuh adapter injector beli dmana om ?
lbh murah dikit dr yg om singachu posting. beli disini (sebelumnya sy salah sebut lazada, pdhl shopee:

https://shopee.co.id/product/82556826/1 ... 65366642.9
Done !!

Lgs pesen dan bayar

3S style
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:43
jauh om harganya.... assy ori bisa 4 jt an satu sisi, kw assy 1 jt an, cv joint merk sama spt oem 600-700 per pcs / ujung, merk LKS bisa 300rb, karet boot yang katanya made in jepun 50rb /pcs.
He he tergantung mobilnya apa kali ya. kadang kl saya mending mahal drpd gagal jd kerja 2 kali.
singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:43 Mantap ya harganya, aku masih pakai bajakan buat konek ke toyota, itupun baru coba2 pakai main2,
beda memang ya antara reader ama yang bisa untuk diagnostic.....
ya masih main2 jalanin lock unlock pakai mouse, nyalain/matiin lampu kabin, jalanin wiper, muterin jarum speedo ama tachometer pakai mouse click.... for fun, tapi abis itu mikir lagi, now what ? akhirnya mainannya taro di lemari ga kepake, ya untung mainan yang masih murah, blom yang jutaan terus kesimpen di lemari :big_blushing:

regards,
singachu
pakai apapun yg penting bisa kepake om ..... ini kl saya pengen praktis aja jd beli yg versi handheld gini. juga pertimbangan beli yg free lifetime SW update dan menghindari yg model touch screen krn yg gituan suka jebol di lcd nya. konsekuensinya ini jd investasi jangka panjang jd sptnya akan stick selamanya beli mobil atoyot n ahond. bisa aja sih merk lain tp nambah SW lagi $60-80 per merk.
singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:51
liat kalau semprotannya kencing dari mana ya om ?

mantep ya memang kalau idle ga beres kadang ya bingung mesti diapain kalau ga ada special scan tool :big_exellent:
ya pas dibersihkan awal2nya ga ngabut nyemprotnya. sdh 2-3x pencet baru ngabut.

FYI, sy baru tau kl injector dikasih 100% PWM duty cycle tanpa dialiri bensin jadi overheat. untung ga kebakar tadi solenoid injectornya wkwkwkwk. sebelumnya sdh saya ukur resistance nya 10.5 ohm. habis overheat dikit sy ukur lagi krn parno, msh kira2 sama. :big_biglaugh:
singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:51 jos.... aku masih pakai spet suntikan bekas ama microswitch buat on off....

Kepikir beli yang langsung pasang di fuel rail jadi mesin hidup pakai obat cleaner dan biar ga cabut2 injector...... tapi liat hargannya masih pertimbangan banyak kepake apa banyak nganggurnya :weekk:
mahal om ..... sy jg sempat lihat. ya itu musti dikasih tekanan kurleb 60 psi dr kompresor mirip spt ditekan fuel pump. utk honda msh lebih mudah copotin injector. duh makin cinta deh sm GK5 nih, gampang bgt maintenance nya, cocok emang jd mobil hobi DIY ga bikin pusink pala barbie. :big_weee: :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 .............................
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
tergantung orangnya om .... kl selalu mau bagus ya tanggung caliper udah dilepas pasti sliding pin juga dibersihkan dan digrease ulang.

bersihin rumah sliding pin pakai brake cleaner WD40 specialist, bagus kuat tp mahal 100 rb sekaleng dan tiap ngerjain pasti habis sekaleng. hrs diintip pakai senter krn banyak crud (grease kering) di dalamnya. saya korek pakai obeng (yg ga tajam) dan dilinting pakai majun. diputer2 deh. semprot brake cleaner lagi. gitu terus sampai diintip senter udah bersih. sebab percuma digemukin ulang kl di dalam rumahnya msh banyak crud.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:22
Done !!

Lgs pesen dan bayar

3S style
Om, inga2 ya ..... ntar pas nyemprotnya ente musti tahan itu injector ke adaptornya ya. ane pas pertama kaga, ya itu injector mental. untung ke tanah bukan ubin. :big_biglaugh:

kedua, di injector ada lambang + buat positif dr aki. jangan kebalik plus minusnya. kabelnya pakai yg kecil konektornya (kan dpt 2, 1 kecil 1 besar) dan hrs ente pakai avometer dulu cek yg nyambung ke aligator clip +ve itu pin yg mana di konektornya. tandain pake spidol, jadi ente ga salah masukin konektor ke injectornya.

ketiga, jangan pake carb cleaner. terlalu keras ane kuatir injectornya ga kuat. kl ane pake TB cleaner CRC, agak mahal tp gw mending beli itu drpd beli injector baru kl rusak. :big_weee:

keempat, jangan kelamaan konek ke aki kl ga sambil nyemprot. bisa overheat itu solenoid injectornya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:34
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:22
Done !!

Lgs pesen dan bayar

3S style
Om, inga2 ya ..... ntar pas nyemprotnya ente musti tahan itu injector ke adaptornya ya. ane pas pertama kaga, ya itu injector mental. untung ke tanah bukan ubin. :big_biglaugh:

kedua, di injector ada lambang + buat positif dr aki. jangan kebalik plus minusnya. kabelnya pakai yg kecil konektornya (kan dpt 2, 1 kecil 1 besar) dan hrs ente pakai avometer dulu cek yg nyambung ke aligator clip +ve itu pin yg mana di konektornya. tandain pake spidol, jadi ente ga salah masukin konektor ke injectornya.

ketiga, jangan pake carb cleaner. terlalu keras ane kuatir injectornya ga kuat. kl ane pake TB cleaner CRC, agak mahal tp gw mending beli itu drpd beli injector baru kl rusak. :big_weee:

keempat, jangan kelamaan konek ke aki kl ga sambil nyemprot. bisa overheat itu solenoid injectornya.
Sip, makasi infonnya om

Btw, odo masi 20 an rebu ud kencing ?? Apa Mobil nya kebanyakan ngedon d garasi y om ?
Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:29
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 .............................
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
tergantung orangnya om .... kl selalu mau bagus ya tanggung caliper udah dilepas pasti sliding pin juga dibersihkan dan digrease ulang.

bersihin rumah sliding pin pakai brake cleaner WD40 specialist, bagus kuat tp mahal 100 rb sekaleng dan tiap ngerjain pasti habis sekaleng. hrs diintip pakai senter krn banyak crud (grease kering) di dalamnya. saya korek pakai obeng (yg ga tajam) dan dilinting pakai majun. diputer2 deh. semprot brake cleaner lagi. gitu terus sampai diintip senter udah bersih. sebab percuma digemukin ulang kl di dalam rumahnya msh banyak crud.
Kl ane sehh tiap buka servis bersih rem, daleman pasak kaliper pasti ane buka bersihin jg, semprot cleaner kalengan, colok2 pake sumpit kayu, trus semprot aer sabun, colok2 lg.. keringin baru kasi rubber grease. Dl perna pengalaman rem macet lgs ngelock gara2 pasak macet, abs jg lgs error jadinya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

@omnibus

Dl ane perna servis injector d bengkel om, kl ga salah waktu itu caranya s montir cabut sekring fuel pump, trus dr line fuel pump nya itu disambung ke mesin yg diisi obat injector, pake kompresor angin jg sehh buat dorong nya... trus mesin dnyalain ampe abis tu obat

Mungkin kira2 om bsa dbkin kaya gt jg, jd ga ribet buka2 injextor om
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:45
Sip, makasi infonnya om

Btw, odo masi 20 an rebu ud kencing ?? Apa Mobil nya kebanyakan ngedon d garasi y om ?
bukan kencing yg cuma 1 semburan gitu .... masih ada kabutnya tp ga seberkabut pas udah dibersihin. ada bedanya lah pokoknya.... ntar ente cobain aja. apalagi pas udah bersih kl teken cleanernya >3 detikan gitu, keliatan tuh bagus kabutnya. maklum barang baru jd udah bersih juga msh ane semprot2in terus, seneng liat kabut injectornya. :big_weee: :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:48 @omnibus

Dl ane perna servis injector d bengkel om, kl ga salah waktu itu caranya s montir cabut sekring fuel pump, trus dr line fuel pump nya itu disambung ke mesin yg diisi obat injector, pake kompresor angin jg sehh buat dorong nya... trus mesin dnyalain ampe abis tu obat

Mungkin kira2 om bsa dbkin kaya gt jg, jd ga ribet buka2 injextor om
Ane kan ada scan tool bisa bi-directional control nyuruh fuel pump inactive, ga usah cabut2 sekring om. :weekk:

tapi alat itu lbh mahal drpd adaptor can't beat 77 rebu om ha ha ha. cabut injectornya super gampang. sekalian bersihin o-ring dan dioles silicone spray spy tetap kenyal. itu sekeliling injector juga kotor jd sekalian bersihin intake ada bagusnya bersihin itu juga.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Sipp deh, lmayan ad kerjaan lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1494
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: koleksi hand tools........

Post by MSU »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:51
DOHC wrote: Tue May 19, 2020 5:45
Sip, makasi infonnya om

Btw, odo masi 20 an rebu ud kencing ?? Apa Mobil nya kebanyakan ngedon d garasi y om ?
bukan kencing yg cuma 1 semburan gitu .... masih ada kabutnya tp ga seberkabut pas udah dibersihin. ada bedanya lah pokoknya.... ntar ente cobain aja. apalagi pas udah bersih kl teken cleanernya >3 detikan gitu, keliatan tuh bagus kabutnya. maklum barang baru jd udah bersih juga msh ane semprot2in terus, seneng liat kabut injectornya. :big_weee: :big_biglaugh:
dulu jaman piara Peugeot...iseng ane pernah diy bersihin injector..bikin alat2 dari sedotan sampe selang disambung2
abis itu modal carb cleaner, kabel kecil, skun plus 1 orang lagi diberdayakan mainin kabel ke aki
itu hasilnya betulan mantep...mobil udh sering dikasi aditif2 bensin...ternyata lbh optimal lg setelah injector dibersihin cara begini
asap pedes pagi ilang...idle lbh alus..lari-nya juga beda
cobain dah...ini bener2 perlu di coba..sebanding ama hasilnya koq
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:58
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 Iya tidak perlu dibalikin kalau tidak ganti rem.
Bersihkan apa tidak dicheck 2 baut caliper nya om. Dia kan harus bisa main di baut caliper itu yah?
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
kalaupun cek 2 baut caliper itu, pistonnya juga ga tersentuh kok om. kecuali om cuci body pistonnya juga dikeluarin dulu.
caliper itu kalau baca2 pakai rubber grease yah.... ya grease yang aman buat karet, mungkin sama dengan grease buat cv joint kali ?
Tapi kalau bersihkan rem jadi ritual rutin, kayaknya ga perlu tiap bersihkan rem ikut bersihkan grease pin itu om.....
semacam quick brake job aja biar rem pakem bersih dari debu rem.


o ya kalau om menekan piston rem balik, sebaiknya cek juga posisi minyak rem di tabung, jangan sampe luber karena tekan balik pistonnya.

regards,
singachu
Saya gak mau bongkar piston rem ribet om. yang penting ganti minyak rem tiap 2 thn saja.
Kalau grease untuk pen kaliper saya suda beli rubber grease merk Seiken. Persiapaan siapa tahu tuh pen kaliper mulai keras.
Sekalian bongkar.

Tapi itu lobang tempat masuk pen kaliper kayanya bisa kotor karena grease mati.
Semoga grease gak mati nanti waktu saya bongkar.
KAlau pen kaliper kan ada karet, bersihkannya harus hati hati gak boleh kena cairan pembersih di karetnya.
Selongsong tempat masuk pen kaliper itu boleh semprot degresear gak yah? apakah di dalam ada karetnya? kayanya gak ada yah?

Pakai degreaser merek apa ?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:29
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 .............................
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
tergantung orangnya om .... kl selalu mau bagus ya tanggung caliper udah dilepas pasti sliding pin juga dibersihkan dan digrease ulang.

bersihin rumah sliding pin pakai brake cleaner WD40 specialist, bagus kuat tp mahal 100 rb sekaleng dan tiap ngerjain pasti habis sekaleng. hrs diintip pakai senter krn banyak crud (grease kering) di dalamnya. saya korek pakai obeng (yg ga tajam) dan dilinting pakai majun. diputer2 deh. semprot brake cleaner lagi. gitu terus sampai diintip senter udah bersih. sebab percuma digemukin ulang kl di dalam rumahnya msh banyak crud.
Setuju om ... WD40 specialist beli dimana? om ada rekomendasi toko online?
saya punya Innova 2012 ... di Beres Terakhir thn 2016. Itupun waktu kerjain rem mungkin thn 2015. Dan gak yakin juga thn 2015 apa dibongkar sampai sliding pin.
Jadi rencana mau bongkar dan bersihkan

Cari cari di online WD degreaser ada 2 macam
1. specialist machine and engine degreaser
2. specialist fast acting degrease.

Kayanya yang nomer 2 yah?
Last edited by Profith83 on Tue May 19, 2020 6:39, edited 1 time in total.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: koleksi hand tools........

Post by DOHC »

Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 6:15
Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 5:29
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 .............................
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
tergantung orangnya om .... kl selalu mau bagus ya tanggung caliper udah dilepas pasti sliding pin juga dibersihkan dan digrease ulang.

bersihin rumah sliding pin pakai brake cleaner WD40 specialist, bagus kuat tp mahal 100 rb sekaleng dan tiap ngerjain pasti habis sekaleng. hrs diintip pakai senter krn banyak crud (grease kering) di dalamnya. saya korek pakai obeng (yg ga tajam) dan dilinting pakai majun. diputer2 deh. semprot brake cleaner lagi. gitu terus sampai diintip senter udah bersih. sebab percuma digemukin ulang kl di dalam rumahnya msh banyak crud.
Setuju om ... WD40 specialist beli dimana? om ada rekomendasi toko online?
saya punya Innova 2012 ... di Beres Terakhir thn 2016. Itupun waktu kerjain rem mungkin thn 2015. Dan gak yakin juga thn 2015 apa dibongkar sampai sliding pin.
Jadi rencana mau bongkar tuh dan bersihkan
Ane rasa mustinya utk ipah lama kl servis rem d beres pasti perna d buka tuh pin pasak

Kl ga pasti ud macet kaya ipah ane dl

Pasak pin ipah lama itu desain nya rawan macet, pin besi dislongsongin karet lg, nahh kl grease nya ud kering, jaminan macet 100% kaya ipah ane dl.. makanya di AnKi ud beda desain pasak pin nya, besi polosan doank ga pake slongsong karet lg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11332
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: koleksi hand tools........

Post by Omnibus »

Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 6:15 ... WD40 specialist beli dimana? om ada rekomendasi toko online?
https://tokopedia.link/rBYA2IUSB6

brake cleaner om, bukan degreasernya. 60 rb ternyata. knp sy ingetnya 100 rb ya... :mky_03:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: koleksi hand tools........

Post by Profith83 »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 8:18
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 6:15 ... WD40 specialist beli dimana? om ada rekomendasi toko online?
https://tokopedia.link/rBYA2IUSB6

brake cleaner om, bukan degreasernya. 60 rb ternyata. knp sy ingetnya 100 rb ya... :mky_03:
pakai bensin saja deh ... murah meriah D
yang penting karet di pasak tidak kena cairan
kalau lobang/tempat pasak masuknya tidak ada karetnya kan?
Kalau lobang tidak ada karet/plastik aman berarti kasih cotton but diberi bensin
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11034
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: koleksi hand tools........

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue May 19, 2020 4:36 saya beli ini utk bersihin injector. do the proper way :mky_08:


Screenshot_20200519_113434_com.android.chrome~2.jpg


ntap infonya om.... sementara ini saya pake yang made in dèwèk alias bikin sendiri.
lumayan sudah memberikan untung bisa beli tembako idaman.




20200519_181852.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Untuk pin saya pake CRC break grease, untuk pad yg saling bersentuhan pad sama caliper saya kasih antiseize merk loctite.
Profith83 wrote:
singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:43
Profith83 wrote: Mon May 18, 2020 13:00 Kelihatan kecil yah panjang cuma 13 cm
Lebar pelat 8.5 cm x 3 cm. tebal pelat 3 mm. Untuk putaran tangan besi 10-11 mm cuma 8 cm. Cukup sih.
Mur nya sepertinya 19 mm entah bautnya

Sebenarnya bikin sendiri bisa tinggal beli mur dan baut dan besi beton bekas 12 mm panjang 10 cm untuk muter.
Tapi ngelasnya habis kawat las, listrik, gerindra agar las tidak kasar dan perlu cat juga.
Plat besi bisa dari besi kampas rem dibor D hahahah

Beli jadi 40 rb + ongkir 10 rb. Murah drdp buat sendiri. belum capeknya.
Kualitas lumayan ....
aku balikin piston rem pakai c klem, dialas brake pad lama :upss:
Kalau bersihin rem aku ga pernah tekan balik pistonnya. Ya asal jangan injek pedal rem nya dengan kondisi dilepas.

regards,
singachu
Iya tidak perlu dibalikin kalau tidak ganti rem.
Bersihkan apa tidak dicheck 2 baut caliper nya om. Dia kan harus bisa main di baut caliper itu yah?
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
indeskey
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 887
Joined: Fri Nov 23, 2018 9:27
Location: Depok

Re: koleksi hand tools........

Post by indeskey »

Sori om mau komen rubber grease seiken, saya dulu waktu cari2 rubber grease, seiken ini sempat jd pilihan, tp setelah lihat datasheet nya jd mundur, karena bahannya kalau nggak salah nggak cocok untuk rubber. Cmiiw ya. Besok saya lihat datasheetnya lg.
Profith83 wrote:
singachu wrote: Tue May 19, 2020 4:58
Profith83 wrote: Tue May 19, 2020 4:52 Iya tidak perlu dibalikin kalau tidak ganti rem.
Bersihkan apa tidak dicheck 2 baut caliper nya om. Dia kan harus bisa main di baut caliper itu yah?
Lihat youtube kalau masih ringan mainnya tidak perlu dibersihkan. Kalau sudah berat tarikannya harus dibersihkan.
Bersihkan pen caliper nya kan dalam tuh masuknya, artinya grease yang sudah mungkin 7 atau10 thn sudah mati dan harus dibersihkan pakai degreser. Yang bagus mereka apa yah?
kalaupun cek 2 baut caliper itu, pistonnya juga ga tersentuh kok om. kecuali om cuci body pistonnya juga dikeluarin dulu.
caliper itu kalau baca2 pakai rubber grease yah.... ya grease yang aman buat karet, mungkin sama dengan grease buat cv joint kali ?
Tapi kalau bersihkan rem jadi ritual rutin, kayaknya ga perlu tiap bersihkan rem ikut bersihkan grease pin itu om.....
semacam quick brake job aja biar rem pakem bersih dari debu rem.


o ya kalau om menekan piston rem balik, sebaiknya cek juga posisi minyak rem di tabung, jangan sampe luber karena tekan balik pistonnya.

regards,
singachu
Saya gak mau bongkar piston rem ribet om. yang penting ganti minyak rem tiap 2 thn saja.
Kalau grease untuk pen kaliper saya suda beli rubber grease merk Seiken. Persiapaan siapa tahu tuh pen kaliper mulai keras.
Sekalian bongkar.

Tapi itu lobang tempat masuk pen kaliper kayanya bisa kotor karena grease mati.
Semoga grease gak mati nanti waktu saya bongkar.
KAlau pen kaliper kan ada karet, bersihkannya harus hati hati gak boleh kena cairan pembersih di karetnya.
Selongsong tempat masuk pen kaliper itu boleh semprot degresear gak yah? apakah di dalam ada karetnya? kayanya gak ada yah?

Pakai degreaser merek apa ?