jauh om harganya.... assy ori bisa 4 jt an satu sisi, kw assy 1 jt an, cv joint merk sama spt oem 600-700 per pcs / ujung, merk LKS bisa 300rb, karet boot yang katanya made in jepun 50rb /pcs.Omnibus wrote: Sat May 16, 2020 9:11 lah ini makanya montir2 amrik banyak yg saranin mending ganti assy sekalian. kualitas rakitan ala pabrik, CV dan housing baru, shaft nya jg baru. harganya katanya ga beda jauh sm beli component parts ngeteng belum capeknya rakit. belum cek sih beda harganya brp assy vs ngeteng. kecuali assy nya udah ga ada jual di beres baru kita O/H.
aku balikin piston rem pakai c klem, dialas brake pad lamaProfith83 wrote: Mon May 18, 2020 13:00 Kelihatan kecil yah panjang cuma 13 cm
Lebar pelat 8.5 cm x 3 cm. tebal pelat 3 mm. Untuk putaran tangan besi 10-11 mm cuma 8 cm. Cukup sih.
Mur nya sepertinya 19 mm entah bautnya
Sebenarnya bikin sendiri bisa tinggal beli mur dan baut dan besi beton bekas 12 mm panjang 10 cm untuk muter.
Tapi ngelasnya habis kawat las, listrik, gerindra agar las tidak kasar dan perlu cat juga.
Plat besi bisa dari besi kampas rem dibor D hahahah
Beli jadi 40 rb + ongkir 10 rb. Murah drdp buat sendiri. belum capeknya.
Kualitas lumayan ....

Kalau bersihin rem aku ga pernah tekan balik pistonnya. Ya asal jangan injek pedal rem nya dengan kondisi dilepas.
Mantap ya harganya, aku masih pakai bajakan buat konek ke toyota, itupun baru coba2 pakai main2,Omnibus wrote: Sat May 16, 2020 12:09 OK guys kali ini saya mau mereview scan tool yang baru sampai hari ini. kebetulan sy ada beberapa kali pengalaman berurusan sama perscantoolan dari mulai thn 2003 pertama ada Carman Scan sy sdh punya tp rusak kena banjir pas dipinjam teman. singkat cerita scan tool saya yg skrg sebelum yg baru ini, Autel MD802, tidak bisa deep scan makanya perlu beli yg lain lagi tapi tetap mau yg tidak terlalu mahal.
pertama saya mau jelaskan sedikit bahwa scan tool itu ada beberapa kategori, sederhananya kita bagi jd 4 saja yaitu:
1. Dealer Level Scan Tool - dari namanya saja sudah jelas bahwa ini scan tool OEM yg biasa dipakai di bengkel resmi. Kemampuannya paling komplit sesuai dgn merk mobilnya. Contohnya: Consult (Nissan), Star Diag (Mercy), HDS (Honda), dsb.
2. Aftermarket Dealer Level Scan Tool - kategori ini biasa dipakai oleh mekanik professional (baca: yg beneran punya/kerja di bengkel) karena memiliki kemampuan yang 99% sama dgn kategori 1. Kekurangannya selain harganya yg > US$1,000 juga biasanya free software updatenya cuma 1 tahun selebihnya bayar krn memang ditujukan utk audience pro. Contoh yg terkenal di pasaran: Snap-On Verus Edge dkk nya, Autel MS906 BT dkk nya, Launch X431 Pro, dsb.
3. Multi System Multi Brand Scan Tool - yang ini bisa compatible dgn berbagai merk mobil tapi kemampuannya terbatas tergantung dari range harganya. Kalau yg murah sekali cuma bisa Read & Erase trouble codes mungkin dgn tambahan Freeze Frame Data, sementara yg agak mahalan bisa baca Live Data berbagai PID (parameter-parameter) yang lebih komplit sampai bacaan sensor apapun juga. Ada juga yg memberi bonus feature spt EPB reset yg diperlukan jika ingin mengganti brake pads belakang utk mobil yg dilengkapi EPB spt HRV dan CX5. Contoh yg lumayan populer itu Autel MD802, Launch CRP123, dsb yg range harganya masih < US$300. Biasanya dapat lifetime free software update. (tergantung lifetime nya sampai umur device atau apa)
4. Specific Brand Deep Scan Tool - yang ini yg saya mau bahas skrg, yaitu scan tool yg mirip2 nomor 1 tapi versi lebih murahnya ditujukan utk audience DIYer. Scan tool ini tidak bisa compatible dgn banyak merk spt kategori 2 tapi bisa masuk ke features yg hampir sama dgn kategori 1 yaitu Bi-Directional Control. Artinya kita bisa actuate via scan tool utk menjalankan fungsi2 active test dari actuator yg ada. Dari yg saya pelajari contoh yg populer adalah Foxwell NT510. Ada banyak model Foxwell tapi NT510 meski sdh discontinued tetap kemampuannya di atas model-model Foxwell lain yg sekelas bahkan 1 kelas di atasnya. Model ini bisa install sampai max 5 merk mobil. Begitu beli dapat 1 merk yg free dan selanjutnya bayar $60-80 per merk. tapi spt Toyota sdh include Lexus. Honda sdh include Acura. Harganya < US$300 dan sama dgn kategori 3 dapat lifetime free software update.
Sekilas review yg saya sdh coba di GK5 saya, NT510 confirm bisa melakukan TP learning (idle learn setelah TB cleaning), Crank Pattern Reset n Relearn, Brake Bleeding (ini utk buang angin yg terjebak di actuator ABS), menonaktifkan fuel pump, menonaktifkan injectors, test solenoid2 ABS, EPB reset, dlsb.
Krn saya juga punya ANF jadi saya beli software tambahan utk Toyota. Yang ini belum saya coba lebih jauh tapi konon bisa sampai set sensitifitas sensor auto headlamp kapan nyalanya, dsb.
Harap diingat scan tool itu berbeda dengan alat utk remap. Scan tool yg dibahas ini tidak bisa remap, kecuali Cat. 2 ada Autel MS908P yg bisa remap.
Demikian guys, jadi memang scan tool juga tidak bisa cuma punya 1 karena contohnya kl kita berkecimpung di jual/beli mobkas maka yg diperlukan scan tool Cat.3, sementara kl DIYer perlunya Cat. 4. Ini sekedar sharing bagaimana kita bisa punya scan tool sesuai kebutuhan kita dgn budget yang tidak terlalu mahal spt membeli scan tool Cat. 1 atau Cat. 2 dan saya tidak terafiliasi dgn merk apapun *bukan sales.
![]()
Autel MD802
Foxwell NT510
Lagi proses SW update NT510 saya
FoxAssist.jpg
beda memang ya antara reader ama yang bisa untuk diagnostic.....
ya masih main2 jalanin lock unlock pakai mouse, nyalain/matiin lampu kabin, jalanin wiper, muterin jarum speedo ama tachometer pakai mouse click.... for fun, tapi abis itu mikir lagi, now what ? akhirnya mainannya taro di lemari ga kepake, ya untung mainan yang masih murah, blom yang jutaan terus kesimpen di lemari

regards,
singachu