New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Sep 02, 2008 4:07
New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
dulu dah mutusin mo beli kijang diesel (berkat saran2 SMers,dibandingin beli panther). Cuman kok ada temen yg bilang,dibandingin kijang bensin,kijang diesel tuh kalo ada masalah mesin biayanya 2 x lipat dibanding kijang bensin. Toh kalo mau cari irit, selisihnya ga seberapa (katanya). Bener ga sih? kira2 perbandingan FC yg diesel ama yg bensin berapa ya? Soalnya disini juga susah cari yg diesel. Mohon saran dari SMers? Terus kelebihan & kekurangan masing2 apa ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Setahu saya anggapan itu keliru bukan biaya perawatan diesel lebih mahal dari bensin,tapi biaya pembuatan mesin diesel lebih mahal ketimbang pembuatan mesin bensin.Untuk FC jelas beda kijang diesel bisa 1:13 untuk Kijang kapsul 1.8 FC 1:9
Untuk kelebihan dan kekurangan,
kekurangan kijang 1:8 kayaknya di BBM aja yang bikin saya mutusin ganti mobil 1.3
Untuk kelebihan dan kekurangan,
kekurangan kijang 1:8 kayaknya di BBM aja yang bikin saya mutusin ganti mobil 1.3

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Sep 02, 2008 4:07
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Bisa ga sih yang bensin 1.8 tuh dibikin utk luar kota FC-nya 1:>10 gitu? dengan berkendara yg wajar gitu (aku paling pol geber kendaraan paling 90 kilo/jam, soalnya bukan tol)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
oh yah yang saya magsud tadi dalam kota untuk luar kota apa lagi kalau di geber bisa dapet 1;11qkbujut wrote:Bisa ga sih yang bensin 1.8 tuh dibikin utk luar kota FC-nya 1:>10 gitu? dengan berkendara yg wajar gitu (aku paling pol geber kendaraan paling 90 kilo/jam, soalnya bukan tol)

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Tue Sep 02, 2008 4:07
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Berarti kalo ganti2 part (mesin & kelistrikan) juga lebih mahal yg diesel dongavansa wrote:Setahu saya anggapan itu keliru bukan biaya perawatan diesel lebih mahal dari bensin,tapi biaya pembuatan mesin diesel lebih mahal ketimbang pembuatan mesin bensin.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Betul spt yg dikatakan bro avansa, DC pembuatan mesin Diesel lebih mahal, tetapi kemungkinan mesin Diesel sampe jebol / turun mesin sebetulnya amat sgt kecil, dan utk regular maintenance Diesel lebih praktis krn cuman bersihkan & ganti filter2 aja.qkbujut wrote:Berarti kalo ganti2 part (mesin & kelistrikan) juga lebih mahal yg diesel dongavansa wrote:Setahu saya anggapan itu keliru bukan biaya perawatan diesel lebih mahal dari bensin,tapi biaya pembuatan mesin diesel lebih mahal ketimbang pembuatan mesin bensin.
Parts mesin & kelistrikan mesin Diesel & Petrol di suatu jenis mobil yg sama biasanya banyak yg. sama, spt filter udara / filter oli Ipah VVT-i & D4 D itu sama, sistem kelistrikan juga sama, beda di alternator aja.
As long as mesin tidak di modif scr extrem / salah arah, maka mesin akan sgt awet, apapun jenis mesinnya.
Ada kemungkinan mesin2 Diesel yg berumur pendek karena ditangani Tuner yg salah kaprah, setting suplai solar digedein dgn anggapan supaya mesin "nggak kering" & sekaligus ngejar Power, padahal di Diesel dgn AFR yg rich maka EGT akan naik & mesin jadi panas, beda dgn mesin gasoline kalo AFR rich mesin jadi lebih dingin. Sedang kalo AFR dibuat lean maka EGT mesin Diesel akan lebih dingin, beda dgn Gasoline kalo lean malah mesin bisa jadi panas.
Semoga membantu.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Setuju dengan Turboman, mesin diesel relatif lebih awet dibanding bensin.
Putaran mesin diesel itu relatif lebih rendah dari bensin, untuk cruising paling 1500-2500 rpm, beda sama bensin yang mungkin ada di kisaran 2500-3500 rpm, otomatis mesin pun lebih lama ausnya.
Gue inget, pas dulu ada lomba adu kilopanther, ada panther yang udah jalan 1 juta kilometer tapi kompresi mesinnya masih bagus. Ya terlepas dari lombanya valid atau nggak, tapi dengan perawatan & pemakaian yang benar mestinya mesin diesel bisa panjang umurnya.
Btw gue pake Kijang Diesel rute Tng-Jkt tiap hari, konsumsinya 12.5 km/l, lumayan buat mesin diesel teknologi lama.
Putaran mesin diesel itu relatif lebih rendah dari bensin, untuk cruising paling 1500-2500 rpm, beda sama bensin yang mungkin ada di kisaran 2500-3500 rpm, otomatis mesin pun lebih lama ausnya.
Gue inget, pas dulu ada lomba adu kilopanther, ada panther yang udah jalan 1 juta kilometer tapi kompresi mesinnya masih bagus. Ya terlepas dari lombanya valid atau nggak, tapi dengan perawatan & pemakaian yang benar mestinya mesin diesel bisa panjang umurnya.
Btw gue pake Kijang Diesel rute Tng-Jkt tiap hari, konsumsinya 12.5 km/l, lumayan buat mesin diesel teknologi lama.
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Sep 28, 2008 10:21
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Saya pakai Kijang Capsul 1800 SX th 97 dari baru. Waktu baru beli, sistem pengapian dirubah. Platina dan condenser diganti CDI. Koil ukuran yg besar, kabel busi dan busi dipilih yg untuk racing. Waktu itu dapat paket dari salah satu toko di Senen. Tambah lagi di dalam saringan udara karburator dipasang semacam alat yg berfungsi u/ membuat aliran udara menjadi seperti turbo (turbulensi mungkin maksudnya, tapi saya lupa namanya...)
Test di tol, kecepatan bisa 140 km/j (walau sulit). Kondisi belum pasang AC (duit habis buat modif di atas). Di bawa di tanjakan puncak dengan 4 penumpang waktu itu, tidak ada mobil (sedan/jenis lainnya) yg bisa meninggalkan/menyalip saya. Bahkan waktu itu sempat menyalip mobil premium lain yg lagi itu saya ajak kejar-kejaran. Konsumsi bensin bisa 1:10 (tanpa AC). Keterangan di atas saya berikan untuk menggambarkan betapa bandelnya Kijang Kapsul itu.
Tapi setelah dipasang AC, memang terasa sekali dropnya tenaga mesin, terutama saat manuver di tanjakan seperti puncak. Konsumsi bensinpun menjadi 1:8 (dalam kota). Tapi Lebaran kemarin saya pulang Magelang, bensin bisa 1:10, full AC, dengan lantas yang lancar sekale...(pulang pas H-0) Padahal jalur yg saya ambil adalah Sadang, Subang, Majalengka, Cikijing, Rancah, Cisaga, lanjut ke jalur Selatan. Antara Subang dan Cisaga (terutama di Cikijing dan Rancah) banyak jalur yang mendaki terjal seperti di puncak. Walau sudah berusia 11 tahun, Kijang saya masih enak diajak manuver di jalan tsb, walau sudah tidak segarang dulu lagi tenaganya.
Intinya, saya tidak punya komplain apapun tentang performance Kijang Capsul. Sebagai perbandingan, saya pernah bawa Panther Hi Grade th 98 di dalam kota. Rasanya aklerasinya berat/lambat banget. Gas di kaki tidak seresponsif Kijang bensin. Tapi kata orang untuk tanjakan, Panther jagonya.
Menurut saya, Kijang bensin juga lumayan untuk di tanjakan, dengan syarat pengendaraan yang normal-normal saja, dan bukan buat salip-salipan atau adu kecepatan. Tapi sekedar menyusul bus yg lagi termehek-mehek di tanjakan terjal, cukup masukan gigi 2, tekan pedal gas yg dalam.
Dijamin kita masih bisa melewati dengan aman dan dalam waktu yg relatif cepat (tdk menghambat mobil premium lain yg ada di belakang kita yg juga sedang menyalip bus itu)
Test di tol, kecepatan bisa 140 km/j (walau sulit). Kondisi belum pasang AC (duit habis buat modif di atas). Di bawa di tanjakan puncak dengan 4 penumpang waktu itu, tidak ada mobil (sedan/jenis lainnya) yg bisa meninggalkan/menyalip saya. Bahkan waktu itu sempat menyalip mobil premium lain yg lagi itu saya ajak kejar-kejaran. Konsumsi bensin bisa 1:10 (tanpa AC). Keterangan di atas saya berikan untuk menggambarkan betapa bandelnya Kijang Kapsul itu.
Tapi setelah dipasang AC, memang terasa sekali dropnya tenaga mesin, terutama saat manuver di tanjakan seperti puncak. Konsumsi bensinpun menjadi 1:8 (dalam kota). Tapi Lebaran kemarin saya pulang Magelang, bensin bisa 1:10, full AC, dengan lantas yang lancar sekale...(pulang pas H-0) Padahal jalur yg saya ambil adalah Sadang, Subang, Majalengka, Cikijing, Rancah, Cisaga, lanjut ke jalur Selatan. Antara Subang dan Cisaga (terutama di Cikijing dan Rancah) banyak jalur yang mendaki terjal seperti di puncak. Walau sudah berusia 11 tahun, Kijang saya masih enak diajak manuver di jalan tsb, walau sudah tidak segarang dulu lagi tenaganya.
Intinya, saya tidak punya komplain apapun tentang performance Kijang Capsul. Sebagai perbandingan, saya pernah bawa Panther Hi Grade th 98 di dalam kota. Rasanya aklerasinya berat/lambat banget. Gas di kaki tidak seresponsif Kijang bensin. Tapi kata orang untuk tanjakan, Panther jagonya.
Menurut saya, Kijang bensin juga lumayan untuk di tanjakan, dengan syarat pengendaraan yang normal-normal saja, dan bukan buat salip-salipan atau adu kecepatan. Tapi sekedar menyusul bus yg lagi termehek-mehek di tanjakan terjal, cukup masukan gigi 2, tekan pedal gas yg dalam.
Dijamin kita masih bisa melewati dengan aman dan dalam waktu yg relatif cepat (tdk menghambat mobil premium lain yg ada di belakang kita yg juga sedang menyalip bus itu)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
gw 3 tahun pake kijang diesel, buat operasional di lapangan dan harus dibawa pulang, jadi udah kayak mobil sendiri, boleh dipakai untuk pribadi juga, rata2 tiap hari jalan 120-140km. walaupun 3 kali ganti mobil tapi semuanya thn 2000 ke atas..
sebagai pemakai gw puas, biaya perawatan yg gw ga tau karena ada mantenance kontrak antara bengkel dgn kantor, tapi tiap service routine 5000km-an, ga banyak yang keluhan yang perlu diperbaiki, seringnya malah ga ada keluhan. FC rata2 1:12-13 km/l full ac, lari 160kph juga bisa dan tetap stabil
standard kantor gw untuk operasional lapangan pake kijang diesel n panther. gw salut sama kijang diesel n panther, sangat berguna sekali menembus banjir besar 2007 untuk menjaga service kantor gw pada customernya yg mesti tetap in service 24 jam/hari & 7 hari/minggu ga ada libur 1 menit pun walaupun terjadi bencana. Banjir setinggi kap mesin juga masih tembus sampe air masuk kabin, walapun abis itu dinamo starter mesti dibersihin. kalo 4x4 bisa buat off road kali ya. dari puluhan mobil armada operasional, yg sampe kejadian mogok itu cuma karena aki-nya udah harus ganti
waktu gw mau ganti mobil pribadi bbrp bulan lalu & gw pindah department jd ga dapet mobil lagi, kijang diesel 2003/2004 adalah pilihan kedua sbg alternatif kalo gw ga bisa dapetin mobil yg sekarang ini gw pakai, karena range harganya ga jauh beda.
minusnya, getaran dan suaranya itu lho..
sebagai pemakai gw puas, biaya perawatan yg gw ga tau karena ada mantenance kontrak antara bengkel dgn kantor, tapi tiap service routine 5000km-an, ga banyak yang keluhan yang perlu diperbaiki, seringnya malah ga ada keluhan. FC rata2 1:12-13 km/l full ac, lari 160kph juga bisa dan tetap stabil
standard kantor gw untuk operasional lapangan pake kijang diesel n panther. gw salut sama kijang diesel n panther, sangat berguna sekali menembus banjir besar 2007 untuk menjaga service kantor gw pada customernya yg mesti tetap in service 24 jam/hari & 7 hari/minggu ga ada libur 1 menit pun walaupun terjadi bencana. Banjir setinggi kap mesin juga masih tembus sampe air masuk kabin, walapun abis itu dinamo starter mesti dibersihin. kalo 4x4 bisa buat off road kali ya. dari puluhan mobil armada operasional, yg sampe kejadian mogok itu cuma karena aki-nya udah harus ganti
waktu gw mau ganti mobil pribadi bbrp bulan lalu & gw pindah department jd ga dapet mobil lagi, kijang diesel 2003/2004 adalah pilihan kedua sbg alternatif kalo gw ga bisa dapetin mobil yg sekarang ini gw pakai, karena range harganya ga jauh beda.
minusnya, getaran dan suaranya itu lho..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Kijang .......Memang tiada duanya.




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
gw menyesalkan produksi kijang kapsul di stop, karena generasi itu memang tiada duanya, dipake tempur hayoo, dipake kondangan juga okeh..
kalo innova, masa mau dipake buat tempur?



kalo innova, masa mau dipake buat tempur?


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Kaga ada masalah, huajarrr ajah.........



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
ada sih temen yang dapet jatah mobil tempur innova, tapi dia bilang "bensinnya ga kuat", maklum deh, biasa bawa kijang diesel..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
mungkin sering lewat jalanan macet, jadi bensinnya keliatan boros dah.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Konon Innova di Sulawesi Selatan jadi kendaraan angkutan umum antar kota (kayak Cipaganti travel), Makassar - Pare Pare, etc., dimuatin sampe belakangnya agak turun dan supirnya juga konon bawanya kenceng2.gmx wrote: kalo innova, masa mau dipake buat tempur?![]()
Di Vietnam Innova jadi taxi.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
@gmx:
tuh bener khan apa kata gw, mangkenye spt gw bilang: kijang memang tiada duanya............ hehehe.........
tuh bener khan apa kata gw, mangkenye spt gw bilang: kijang memang tiada duanya............ hehehe.........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
tiada dua nya ?
oh, maksdunya nggak ada gigi dua nya ?
jadi, dari gigi 1, trus harus lansgung dimasukin ke gigi 3.... gitu juragan ?
wah, gw pernah pakai Landrover series, yg "memang tiada duanya" jg,.... kebetulan gigi Synchromesh nya jg lg jebol kayak gitu tuh....
huehehehe...asiiik OOT

lanjuutttt....
oh, maksdunya nggak ada gigi dua nya ?
jadi, dari gigi 1, trus harus lansgung dimasukin ke gigi 3.... gitu juragan ?
wah, gw pernah pakai Landrover series, yg "memang tiada duanya" jg,.... kebetulan gigi Synchromesh nya jg lg jebol kayak gitu tuh....
huehehehe...asiiik OOT

lanjuutttt....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
siap bos...



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
Lah kalau saya Avansa tiada duanya,tiada gigi dua juga,jarang dari gigi satu ke gigi dua,saking kerasnya mesin saat masuk rpm atas...langsung aja deh ke gigi 3 .
Saya dulu juga pemakai kijang kapsul lgx 1800 cc,perasaan pertama sempet keder juga sama tenaga mobil 1300 CC,eh nggak tahunya tidak yang seperti di bayangkan,Tenaganya nggak jauh sama Kijang 1800 cc,kenapa..yah karena DOCH ama VVTI etoh..he..he..he
Saya dulu juga pemakai kijang kapsul lgx 1800 cc,perasaan pertama sempet keder juga sama tenaga mobil 1300 CC,eh nggak tahunya tidak yang seperti di bayangkan,Tenaganya nggak jauh sama Kijang 1800 cc,kenapa..yah karena DOCH ama VVTI etoh..he..he..he

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
maksud nt boil avanja, klo bener krn avanja bodinye khan lebih enteng, jadi tarikannye lebih enteng juga atuh.avansa wrote:Lah kalau saya Avansa tiada duanya,tiada gigi dua juga,jarang dari gigi satu ke gigi dua,saking kerasnya mesin saat masuk rpm atas...langsung aja deh ke gigi 3 .
Saya dulu juga pemakai kijang kapsul lgx 1800 cc,perasaan pertama sempet keder juga sama tenaga mobil 1300 CC,eh nggak tahunya tidak yang seperti di bayangkan,Tenaganya nggak jauh sama Kijang 1800 cc,kenapa..yah karena DOCH ama VVTI etoh..he..he..he


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
avanza emang enak juga bro, terutama di jalan datar lurus, bisa nginjek gas ga kerasa tau2 udah 160kph. selama 3 thn gw dapet kijang diesel dari kantor, secara pribadi gw juga beli avanza buat ortu. tapi bobot avanza ringan jadi mengurangi kestabilan dibanding kijang. gw pernah tanya2 ke bengkel kaki ceper baru, katanya biar enak shock belakang ganti pake punya BMW, walaupun ngga sestabil kijang, setidaknya mengurangi ajrut2annya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
selain itu bensinnye juga kaga boros yah bro?.



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
betul, irit banget, tapi tingkat kejahatan pada avanza lumayan tinggi bikin nyokap ga bisa tidur nyenyak tiap malem sering2 ngintip tempat tidur mobil, dan resale value-nya melebihi harga barunya, tahun 2005 dulu barunya 107,3jt, sekarang pasaran kira2 110jt
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
klo mo lebih tenang tidurnye pakein ajah sensor bayangan, spy klo ada yg coba2 nyolong tuh boil, pasti deh tuh boil dah teriak...........gmx wrote:betul, irit banget, tapi tingkat kejahatan pada avanza lumayan tinggi bikin nyokap ga bisa tidur nyenyak tiap malem sering2 ngintip tempat tidur mobil, dan resale value-nya melebihi harga barunya, tahun 2005 dulu barunya 107,3jt, sekarang pasaran kira2 110jt


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: New Kijang diesel vs Kijang 1.8 bensin?
udah bro, tapi yg namanya was2, ga tenang aja bawaannya.. tp sekarang udah bisa tidur nyenyak kok