klo dah urusan kabel bodi mah, ane mendingan kabur aja ahhhh, krn rumittttt...............poeticmind wrote:honda, bro... taun lama. well... itu beres ngecat ntah dimana, masang kabel/ngurutnya ga bener, jadinya begitu. ada rencana sih harusnya panggil 911-SJAMSUL.
...
Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
mas sjamsul, ini hari ke 3 saya pusing liat bawah dashboard... hampir nyerah dah! wakakaka! jika besok belum selesai juga, terpaksa manggil tukang kabel.
kabur bukan karena ga bisa kan, mas? tapi malesnya itu lho...
kabur bukan karena ga bisa kan, mas? tapi malesnya itu lho...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
apakah nt dah liat sikringnye, ada yg putus apa kaga. Klo ada yg putus coba nt ganti dulu sebelum mengutak-atik yg lain.poeticmind wrote:mas sjamsul, ini hari ke 3 saya pusing liat bawah dashboard... hampir nyerah dah! wakakaka! jika besok belum selesai juga, terpaksa manggil tukang kabel.
kabur bukan karena ga bisa kan, mas? tapi malesnya itu lho...
Mungkin aja kejadian ini mirip dg yg terjadi pada mbl bini ane (suzuki katana). Beberapa hari yg lalu bini ane mengeluh saat menginjak rem, maka headlampnya menyala. Pusing ane dibuatnya.
Setelah dianalisa, ternyata cuma salah satu sikringnye aja yg putus, setelah diganti jadi normal kembali. Padahal sebelumnya sempat terpikir ada yg korslet ato switch lampunya dah rusak, ehhh ternyata cuma sikringnya aja.
Memang klo urusan kabel bodi itu agak males, krn waktu yg terbuang cukup banyak, setelah ketemu penyakitnya ternyata cuma ringan.
Nah coba nt bayangkan jika kasus yg terjadi di mbl bini ane dikerjakan di beres. Paling tidak ane harus mengeluarkan uang yg cukup banyak, mengingat jasa untuk menemukan kasus ini gampang2 susah. Klo secara pribadi sih ane kaga heran klo beres membebankan biaya yg agak mahal, tapi klo terjadi di garasi nt apakah si customer mau tau kesulitan yg nt hadapi?
Misalkan aja neh, kasus yg dialami ama bini ane terjadi di garasi nt. Trus setelah ketemu penyakitnya nt mengenakan biaya 100 rb. Nah apakah si customer mengeluh?
Sukur2 si customernya kaga mengeluh, tapi klo ampe mengeluh juga bearti itu customer kaga menghargai jerih payah nt dlm mencari penyakitnye yg dg susah payah nt dah buang banyak waktu dlm menemukan penyebabnya. tul ga?
Itulah salah satu sebabnya klo dah urusan kabel bodi ane agak malas mengerjakannya...... hehehe.......
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
belum ketemu, mas... sekering semua yg paling pertama saya cek. tapi saya curiga di penyambungan kabel. karena ada satu ikatan penuh bekas kabel ke gauge sensor yg biasa dipasang sebagai tambahan, spt voltmeter, ampere, oil dan temperature. nah ini sudah tidak berfungsi lagi, tapi disambung2 ke potongan beberapa kabel original.
yg parahnya, satu ikatan kabel ke belakang dipotong habis... dan potongan nya belum ketemu di bengkel.
saya tawarkan kabel set baru, tapi... hehehehe, yg punya mobil kaget sama harganya.
hohoho, kalo sampe customer bisanya cuma mengeluh... tak suruh ikut ngurut kabel sekalian...
yg parahnya, satu ikatan kabel ke belakang dipotong habis... dan potongan nya belum ketemu di bengkel.
saya tawarkan kabel set baru, tapi... hehehehe, yg punya mobil kaget sama harganya.
hohoho, kalo sampe customer bisanya cuma mengeluh... tak suruh ikut ngurut kabel sekalian...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
wahh...untung baleno kabel2nya sehat wal apiat, klo ngga bisa2 d suruh ngurut sendiri sm oom poetic hihihihihihihihi
.......................................
.......................................
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
pak sjamsul ada teman saya minta tolong soal perkabelan di peugeotnya, tp belum tahu apa yg mau ditanyaken, nanti saya suruh main ke SM..
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
beress nes, klo ane bisa pasti ane bantuin.............nescafe wrote:pak sjamsul ada teman saya minta tolong soal perkabelan di peugeotnya, tp belum tahu apa yg mau ditanyaken, nanti saya suruh main ke SM..
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
weks! ini kecemburuan perkabelan... lhaaaa, wong saya minta tolong duluan...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
btw, buat mobil jepun...kalo mo ngurut kabel dari ruang mesin ke kabin bagusan lewat mana yah, rom? selama ini gw ngurut lewat celah di pintu tapi karet penutup celahnya jadi gak bisa nutup rapat deh...takutnya bisa masuk air gitu ntar...poeticmind wrote:weks! ini kecemburuan perkabelan... lhaaaa, wong saya minta tolong duluan...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...
apa ada jalur laen, rom?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
ada, utk beberapa mobil kan diruang mesin ada kabel yg menuju ke dalam di firewall, nah lewat sana saja, memang agak sulit... biasanya dilubangi sesuai dengan kebutuhan. tidak masalah, karena karetnya bagus, dan setelah kabel dimasukan jangan lupa disealent, hanya menjaga agar udara tidak tembus saja. rata2 sih tidak disealent juga aman.Hansen wrote:btw, buat mobil jepun...kalo mo ngurut kabel dari ruang mesin ke kabin bagusan lewat mana yah, rom? selama ini gw ngurut lewat celah di pintu tapi karet penutup celahnya jadi gak bisa nutup rapat deh...takutnya bisa masuk air gitu ntar...poeticmind wrote:weks! ini kecemburuan perkabelan... lhaaaa, wong saya minta tolong duluan...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...
apa ada jalur laen, rom?
cara lain, buat lubang baru di firewall. jika elo perhatikan di firewall ada cetakan yg bulat2, nah itu fungsinya utk membuat lubang baru dan aman di bor (dengan bor khusus, diameter agak besar). setelah itu diberi karet baru utk jalur kabel. sebaiknya dikerjakan oleh yg sudah biasa alias bengkel or tempat asesoris or rumah audio. cetakan bulat2 itu tertutup oleh peredam di firewall, memang harus dibuka sedikit... tapi jika tidak ada peredam pasti keliatan.
utk beberapa mobil, memang perkabelan ada yg lewat pinggir (celah pintu) dan masuk lewat sebelah kiri dan kanan bawah dashboard (misal pada baleno 1997). nah ini pun sama... bisa ngikut kesana.
cara yg elo pake actually aman2 saja, asal kabel tidak terlalu besar (biasanya kabel alarm). tapi jika kabelnya agak besar, ada baiknya jangan dijepit... coba lepas dulu karet pintunya, perhatikan bibir tepi tempat karet menjepit... jika cukup ruang dibor saja bikin lubang, setelah kabel masuk diberi sealent atau memakai selang karet kabel agar kabel aman dari besi (karena plat besi tajam, bisa membuat luka di isolasi kabel), setelah itu pasang kembali karet pintunya. so, ga 100% terjepit... kabel aman.
cara yg terakhir adalah lewat bawah, jika elo perhatikan di setiap mobil pada lantainya ada lubang yg ditutup oleh karet, fungsi aslinya adalah utk drainase, jika kita mencuci dalam dengan air.
coba buka jok (sebelah kanan or kiri sama saja), angkat karpet dan cari lubang2 tersebut di tengah lantai.. biasanya ada 2 lubang besar (depan dan belakang), dan beberapa lubang kecil dipinggir2. nah tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan... cara nya sama, setelah kabel masuk diberi selang karet kabel dan disealent..atau diberi peredam aspal bisa juga.
jangan lupa cara terakhir ini kabel lewat bawah body, so elo harus memakai selang kabel atau apapun yg bisa menjaga kabel agar awet terkena air, kotoran, debu, tanah, panas mesin dll.
cara yang paling paling akhir... ada di mas sjamsul... silahkan, mas...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
wah... thanks bgt neh, rom...poeticmind wrote:ada, utk beberapa mobil kan diruang mesin ada kabel yg menuju ke dalam di firewall, nah lewat sana saja, memang agak sulit... biasanya dilubangi sesuai dengan kebutuhan. tidak masalah, karena karetnya bagus, dan setelah kabel dimasukan jangan lupa disealent, hanya menjaga agar udara tidak tembus saja. rata2 sih tidak disealent juga aman.Hansen wrote:btw, buat mobil jepun...kalo mo ngurut kabel dari ruang mesin ke kabin bagusan lewat mana yah, rom? selama ini gw ngurut lewat celah di pintu tapi karet penutup celahnya jadi gak bisa nutup rapat deh...takutnya bisa masuk air gitu ntar...poeticmind wrote:weks! ini kecemburuan perkabelan... lhaaaa, wong saya minta tolong duluan...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...
apa ada jalur laen, rom?
cara lain, buat lubang baru di firewall. jika elo perhatikan di firewall ada cetakan yg bulat2, nah itu fungsinya utk membuat lubang baru dan aman di bor (dengan bor khusus, diameter agak besar). setelah itu diberi karet baru utk jalur kabel. sebaiknya dikerjakan oleh yg sudah biasa alias bengkel or tempat asesoris or rumah audio. cetakan bulat2 itu tertutup oleh peredam di firewall, memang harus dibuka sedikit... tapi jika tidak ada peredam pasti keliatan.
utk beberapa mobil, memang perkabelan ada yg lewat pinggir (celah pintu) dan masuk lewat sebelah kiri dan kanan bawah dashboard (misal pada baleno 1997). nah ini pun sama... bisa ngikut kesana.
cara yg elo pake actually aman2 saja, asal kabel tidak terlalu besar (biasanya kabel alarm). tapi jika kabelnya agak besar, ada baiknya jangan dijepit... coba lepas dulu karet pintunya, perhatikan bibir tepi tempat karet menjepit... jika cukup ruang dibor saja bikin lubang, setelah kabel masuk diberi sealent atau memakai selang karet kabel agar kabel aman dari besi (karena plat besi tajam, bisa membuat luka di isolasi kabel), setelah itu pasang kembali karet pintunya. so, ga 100% terjepit... kabel aman.
cara yg terakhir adalah lewat bawah, jika elo perhatikan di setiap mobil pada lantainya ada lubang yg ditutup oleh karet, fungsi aslinya adalah utk drainase, jika kita mencuci dalam dengan air.
coba buka jok (sebelah kanan or kiri sama saja), angkat karpet dan cari lubang2 tersebut di tengah lantai.. biasanya ada 2 lubang besar (depan dan belakang), dan beberapa lubang kecil dipinggir2. nah tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan... cara nya sama, setelah kabel masuk diberi selang karet kabel dan disealent..atau diberi peredam aspal bisa juga.
jangan lupa cara terakhir ini kabel lewat bawah body, so elo harus memakai selang kabel atau apapun yg bisa menjaga kabel agar awet terkena air, kotoran, debu, tanah, panas mesin dll.
cara yang paling paling akhir... ada di mas sjamsul... silahkan, mas...
gw kemarin pake jalur dari celah pintu...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
sebenarnya ada pilihan lain lagi selain pake karet buat melindungi kabel spy tidak terkena tajamnya besi plat yg telah dilubangi. Namanya "cable glen", fungsinya spt karet, tapi yah itu klo diliat dari segi harga relatip mahal, tapi kegunaannye juga seimbang. Jadi setelah kabel dimasukkan, maka kabel bisa dijepit oleh "cable glen" ini. Biasanya digunakan di panel2 listrik, tapi ane menerapkannya di mbl, krn itu plastiknya kaga bakalan rusak terkena panasnya suhu di mesin juga kaga usah pake di lem segala.poeticmind wrote: cara yang paling paling akhir... ada di mas sjamsul... silahkan, mas...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
maksudnya nylon cable glands, mas?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
betul, ada dari nylon, tapi ada juga yg dari metal.....poeticmind wrote:maksudnya nylon cable glands, mas?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
waduh, mas... sy sih cukup yg nylon aja. hehehe!
mau tanya nih mas, pernah bongkar klakson terompet ga? yg pake kompresor mini dibelakang nya? biasanya 3 atau 4 terompet, tetetoeeet gitu bunyinya. nah yg saya udah lemah, kira2 kenapa ya? ga semantep jaman dulu... hehe
mau tanya nih mas, pernah bongkar klakson terompet ga? yg pake kompresor mini dibelakang nya? biasanya 3 atau 4 terompet, tetetoeeet gitu bunyinya. nah yg saya udah lemah, kira2 kenapa ya? ga semantep jaman dulu... hehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
kompressor nya dah lemah ya oom? klo g salah dia ada motor penggeraknya khan(dinamo)..................tinggal d gulung ulang lg aja tuh
klo ngga, ganti pk kompressor yg 1/2 pk hehehehehehehehehehehe
klo ngga, ganti pk kompressor yg 1/2 pk hehehehehehehehehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
bongkar sih belon pernah, tapi setau ane, klakson jenis itu harus dirawat deh spy awet n bisa menghasilkan suara yg mantep. Coba nt perhatikan di kompresor mini tsb, klo kaga salah di bagian bawahnya ada lubang. Lubang tsb gunanya buat melumasi kompresor tsb, spy kerjanya maksimal. Nt perlu meneteskan oli aja, tapi coba oli yg encer yah, jangan yg kental.poeticmind wrote: mau tanya nih mas, pernah bongkar klakson terompet ga? yg pake kompresor mini dibelakang nya? biasanya 3 atau 4 terompet, tetetoeeet gitu bunyinya. nah yg saya udah lemah, kira2 kenapa ya? ga semantep jaman dulu... hehe
Selamat mencoba.
nb: tetesin olinye jangan kebanyakan yah, cukup beberapa tetes ajah.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
hmmmm lagi dibongkar...doq wrote:kompressor nya dah lemah ya oom? klo g salah dia ada motor penggeraknya khan(dinamo)..................tinggal d gulung ulang lg aja tuh
klo ngga, ganti pk kompressor yg 1/2 pk hehehehehehehehehehehe
udah keburu dibongkar, mas...sjamsul wrote: bongkar sih belon pernah, tapi setau ane, klakson jenis itu harus dirawat deh spy awet n bisa menghasilkan suara yg mantep. Coba nt perhatikan di kompresor mini tsb, klo kaga salah di bagian bawahnya ada lubang. Lubang tsb gunanya buat melumasi kompresor tsb, spy kerjanya maksimal. Nt perlu meneteskan oli aja, tapi coba oli yg encer yah, jangan yg kental.
Selamat mencoba.
nb: tetesin olinye jangan kebanyakan yah, cukup beberapa tetes ajah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
^^
hasilnya gimana bro ?
hasilnya gimana bro ?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
belum selesai mas, seharian nyelesai in mobil preman... taulah, ngeri kalo ditembak...
tapi sudah dibongkar, memang agak sulit ternyata... dalamnya memang penuh kotoran, dan karetnya basah. hahaha!
tapi sudah dibongkar, memang agak sulit ternyata... dalamnya memang penuh kotoran, dan karetnya basah. hahaha!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
iyah, ati2 loh klo mengerjakan mbl sang preman..........poeticmind wrote:belum selesai mas, seharian nyelesai in mobil preman... taulah, ngeri kalo ditembak...
tapi sudah dibongkar, memang agak sulit ternyata... dalamnya memang penuh kotoran, dan karetnya basah. hahaha!
namanya juga preman, khan jarang sekali menjaga kebersihan.............. , oleh sebab itu di dalamnya penuh kotoran.............. hehehe..........
Nanti klo dah selesai tolong kasih tau hasilnye yah bro......
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
klo di perhatiin pembahasan mengenai klakson nya rada kurang neh
anyway, kejadian klakson tiba2 mati menimpa saya kmaren. Ketauan nya waktu di jalan, kok ga bunyi2 klo di pencet?
Sempet bingung karena sebelum nya si klakson ini sehat wal'apiat n nyaring2 aja, trus akhir nya menduga2 jangan2 kemasukan aer waktu nyuci sehari sebelum nya.
singkat cerita, waktu tiba di rumah sy bongkar lah klakson tsb. Inget2 petuah pak sjam, satu persatu kemungkinan masalah sy telusuri. Setelah di cek, klakson ternyata bebas aer........cm kotor aja. Di cek pake multi tester juga memperlihatkan klo kondisi klakson sehat wal'apiat. Beralih cek kabel2 koneksi klakson yg jg tdk apa2. Aneh nya klo di pencet kok ya ga mau bunyi??
Perhatian lalu saya tuju kan ke fuse box di ruang mesin, sekring asli bawaan utk klakson sy tukar dg sekring lain nya................. tapi tetep aja tu klakson ga mau tereak. Cuma bunyi "ctak-ctek" suara relay yg ada di fuse box aja yg ada. Cek fuse box di bawah dasbor malah ga ada yg bertuliskan utk klakson. Makin bingung aja nih.
Yg bikin penasaran, klo klakson sy sambung langsung ke aki, tereak nya kenceng amirr
Disini sini udh mulai putus asa deh, ga tau apaan lg yg mesti di cek.
Sampe kemudian inget waktu ngobrol2 sama oom sjamsul dulu soal klakson, klo klakson aftermarket itu pemasangan nya menggunakan relay tambahan. Akhirnya ngurut kabel bentar buat nyari itu relay klakson and...................voila!!!!
Bener aja, waktu sy cabut, 3 dari 4 kaki relay tsb karatan lumayan tebel
Setelah di amplas sy pasang kembali sambil harap2 cemas
heeeee berhasil nyala
ga jadi deh mo telpon oom sjamsul nya
anyway, kejadian klakson tiba2 mati menimpa saya kmaren. Ketauan nya waktu di jalan, kok ga bunyi2 klo di pencet?
Sempet bingung karena sebelum nya si klakson ini sehat wal'apiat n nyaring2 aja, trus akhir nya menduga2 jangan2 kemasukan aer waktu nyuci sehari sebelum nya.
singkat cerita, waktu tiba di rumah sy bongkar lah klakson tsb. Inget2 petuah pak sjam, satu persatu kemungkinan masalah sy telusuri. Setelah di cek, klakson ternyata bebas aer........cm kotor aja. Di cek pake multi tester juga memperlihatkan klo kondisi klakson sehat wal'apiat. Beralih cek kabel2 koneksi klakson yg jg tdk apa2. Aneh nya klo di pencet kok ya ga mau bunyi??
Perhatian lalu saya tuju kan ke fuse box di ruang mesin, sekring asli bawaan utk klakson sy tukar dg sekring lain nya................. tapi tetep aja tu klakson ga mau tereak. Cuma bunyi "ctak-ctek" suara relay yg ada di fuse box aja yg ada. Cek fuse box di bawah dasbor malah ga ada yg bertuliskan utk klakson. Makin bingung aja nih.
Yg bikin penasaran, klo klakson sy sambung langsung ke aki, tereak nya kenceng amirr
Disini sini udh mulai putus asa deh, ga tau apaan lg yg mesti di cek.
Sampe kemudian inget waktu ngobrol2 sama oom sjamsul dulu soal klakson, klo klakson aftermarket itu pemasangan nya menggunakan relay tambahan. Akhirnya ngurut kabel bentar buat nyari itu relay klakson and...................voila!!!!
Bener aja, waktu sy cabut, 3 dari 4 kaki relay tsb karatan lumayan tebel
Setelah di amplas sy pasang kembali sambil harap2 cemas
heeeee berhasil nyala
ga jadi deh mo telpon oom sjamsul nya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
ngemeng2 ane asal posting aja nihhh, ga tau nya kok ada di quarantine forum????
knapa ini topik bagus bsa pindah di mari??
knapa ini topik bagus bsa pindah di mari??
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
hayooo loh dog siapa yg mindahin kemari...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Klakson atau lampu mobil tiba2 mati, kenapa ya?
walah.................. barusan ane cek, ternyata pakbos yg pindahin dimari
kenapa ya?? ente tau knapa sen?
kok di pindahin kesini?
kenapa ya?? ente tau knapa sen?
kok di pindahin kesini?