Hansen wrote:poeticmind wrote:weks! ini kecemburuan perkabelan... lhaaaa, wong saya minta tolong duluan...
udah beberapa hari ini saya pusing sama hid, ternyata cek kabel2 beres... ballast nya yg error, waduh... anehnya dipasang unit hid lain, selalu bermasalah pada lampu sebelah kiri...
belum lagi ngurut kabel honda, waduh... kekeke! mending ngurut kabel mobil eropa dibanding jepun...

btw, buat mobil jepun...kalo mo ngurut kabel dari ruang mesin ke kabin bagusan lewat mana yah, rom?

selama ini gw ngurut lewat celah di pintu tapi karet penutup celahnya jadi gak bisa nutup rapat deh...takutnya bisa masuk air gitu ntar...

apa ada jalur laen, rom?

ada, utk beberapa mobil kan diruang mesin ada kabel yg menuju ke dalam di firewall, nah lewat sana saja, memang agak sulit... biasanya dilubangi sesuai dengan kebutuhan. tidak masalah, karena karetnya bagus, dan setelah kabel dimasukan jangan lupa disealent, hanya menjaga agar udara tidak tembus saja. rata2 sih tidak disealent juga aman.
cara lain, buat lubang baru di firewall. jika elo perhatikan di firewall ada cetakan yg bulat2, nah itu fungsinya utk membuat lubang baru dan aman di bor (dengan bor khusus, diameter agak besar). setelah itu diberi karet baru utk jalur kabel. sebaiknya dikerjakan oleh yg sudah biasa alias bengkel or tempat asesoris or rumah audio. cetakan bulat2 itu tertutup oleh peredam di firewall, memang harus dibuka sedikit... tapi jika tidak ada peredam pasti keliatan.
utk beberapa mobil, memang perkabelan ada yg lewat pinggir (celah pintu) dan masuk lewat sebelah kiri dan kanan bawah dashboard (misal pada baleno 1997). nah ini pun sama... bisa ngikut kesana.
cara yg elo pake actually aman2 saja, asal kabel tidak terlalu besar (biasanya kabel alarm). tapi jika kabelnya agak besar, ada baiknya jangan dijepit... coba lepas dulu karet pintunya, perhatikan bibir tepi tempat karet menjepit... jika cukup ruang dibor saja bikin lubang, setelah kabel masuk diberi sealent atau memakai selang karet kabel agar kabel aman dari besi (karena plat besi tajam, bisa membuat luka di isolasi kabel), setelah itu pasang kembali karet pintunya. so, ga 100% terjepit... kabel aman.
cara yg terakhir adalah lewat bawah, jika elo perhatikan di setiap mobil pada lantainya ada lubang yg ditutup oleh karet, fungsi aslinya adalah utk drainase, jika kita mencuci dalam dengan air.
coba buka jok (sebelah kanan or kiri sama saja), angkat karpet dan cari lubang2 tersebut di tengah lantai.. biasanya ada 2 lubang besar (depan dan belakang), dan beberapa lubang kecil dipinggir2. nah tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan... cara nya sama, setelah kabel masuk diberi selang karet kabel dan disealent..atau diberi peredam aspal bisa juga.
jangan lupa cara terakhir ini kabel lewat bawah body, so elo harus memakai selang kabel atau apapun yg bisa menjaga kabel agar awet terkena air, kotoran, debu, tanah, panas mesin dll.
cara yang paling paling akhir... ada di mas sjamsul... silahkan, mas...
