subtitusi oli mesin
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 31, 2008 7:51
subtitusi oli mesin
Guys tanya dong,
baru beli mobil nich, second, di manualnya ketulis pakai oli mesin SAE 5W-20, behubung oli ini jarang ada (kalo adapun muahal) dan gua ngga tau yg punyanya dulu pake oli apa, kira2 subtitusi yang paling aman pake SAE brapa ya?
Hatur nuhun,
baru beli mobil nich, second, di manualnya ketulis pakai oli mesin SAE 5W-20, behubung oli ini jarang ada (kalo adapun muahal) dan gua ngga tau yg punyanya dulu pake oli apa, kira2 subtitusi yang paling aman pake SAE brapa ya?
Hatur nuhun,
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: subtitusi oli mesin
Bisa di jabarkan mobil apa yang Bro Cad beli...kalau SAE 5 W-20...yang mungkin saya tahu kode S menunjukan oli untuk mesin motor dengan bahan bakar bensin.
Mungkin suhu suhu di sini bisa membantu...kalau saya masih katagori..TK hiks..
Mungkin suhu suhu di sini bisa membantu...kalau saya masih katagori..TK hiks..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: subtitusi oli mesin
Mobilnya udah brp tahun / udah jalan brp Km ?cadron wrote:Guys tanya dong,
baru beli mobil nich, second, di manualnya ketulis pakai oli mesin SAE 5W-20, behubung oli ini jarang ada (kalo adapun muahal) dan gua ngga tau yg punyanya dulu pake oli apa, kira2 subtitusi yang paling aman pake SAE brapa ya?
Pemilik sebelumnya biasa pake oli SAE berapa ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: subtitusi oli mesin
Ada di http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oilavansa wrote:Bro Tur..bisa kasih pencerahan makna kode SAE 5W-20,tanks..
bagian Grades
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: subtitusi oli mesin
mobilnya apa yah yg require SAE 5w20?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
Re: subtitusi oli mesin
SAE itu adalah tingkat kekentalan oli
makin kecil angkanya maka makin encer olinya
begitu juga sebaliknya
kalo liat spek olinya minta segitu, biasanya mesinnya ini mesin buat high performance
paling tdk sudah mengaplikasi utk teknologi mesin terakhir
cuman saya bingung ajah nih, buat mesin2 setara VVT atau sejenisnya mintanya juga nggak setinggi ini, emang buat mobil paan sih ...
makin kecil angkanya maka makin encer olinya
begitu juga sebaliknya
kalo liat spek olinya minta segitu, biasanya mesinnya ini mesin buat high performance
paling tdk sudah mengaplikasi utk teknologi mesin terakhir
cuman saya bingung ajah nih, buat mesin2 setara VVT atau sejenisnya mintanya juga nggak setinggi ini, emang buat mobil paan sih ...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: subtitusi oli mesin
Mobil apa ya, encer juga ya pilihan oli standardnya.cadron wrote:Guys tanya dong,
baru beli mobil nich, second, di manualnya ketulis pakai oli mesin SAE 5W-20, behubung oli ini jarang ada (kalo adapun muahal) dan gua ngga tau yg punyanya dulu pake oli apa, kira2 subtitusi yang paling aman pake SAE brapa ya?
Hatur nuhun,
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: subtitusi oli mesin
he2 jgn2 Mugen R-R civic..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: subtitusi oli mesin
sudah sudah sudah....
jangan berspekulasi....
sebelum TS nya memberikan feedback dan keterangan..... maka mulai sekarang, kita asumsikan saja bahwa mobilnya itu Nissan GT-R ....
.................second.
.....
jangan berspekulasi....
sebelum TS nya memberikan feedback dan keterangan..... maka mulai sekarang, kita asumsikan saja bahwa mobilnya itu Nissan GT-R ....
.................second.
.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: subtitusi oli mesin
apa kita tebak2an aja, mobilnya apa yah kira2, hayo... 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: subtitusi oli mesin
Tanks Bro langsung ke sana...trus ikut tarohan ama Bo GTR ,yang bener tebakanya dapat hadiah Olie ....Turboman wrote:Ada di http://en.wikipedia.org/wiki/Motor_oilavansa wrote:Bro Tur..bisa kasih pencerahan makna kode SAE 5W-20,tanks..
bagian Grades

-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 31, 2008 7:51
Re: subtitusi oli mesin
Maap...maap.....baru bisa OL lagi, jadi bikin ngegantung yak..????
Mobilnya Ford Escape 2003 3000cc V6, KM-nya udah nyampe 100rb
Seperti yg gua tulis diatas, gua ngga tau pemilik yg lama pake oli apa, ngga ada record-nya sich
Sekali lagi mohon maap kl telat ngeresponnya
hatur nuhun
Mobilnya Ford Escape 2003 3000cc V6, KM-nya udah nyampe 100rb
Seperti yg gua tulis diatas, gua ngga tau pemilik yg lama pake oli apa, ngga ada record-nya sich
Sekali lagi mohon maap kl telat ngeresponnya
hatur nuhun
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: subtitusi oli mesin
FK massimo 7,5W ada kan?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 31, 2008 7:51
Re: subtitusi oli mesin
maksudnya gimana ya boss? maap kurang mudeng nichr1210g wrote:FK massimo 7,5W ada kan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: subtitusi oli mesin
whueeeee...pada salah semua tuh, nebaknya.... jadi, bandar menang dooong....
@cadron
oh, enggak apa2 bro... tenang ajaaa.. jangan takut2 sama yg pada ribut itu...."adik2" itu sih emang pada nggak sabaran deh.....
heuhehehe
.....
FK/Massimo, itu merk oli bikinan Fuji Kosan, bro
hmm....iya juga ya, "masalahnya" memang agak rumit....segitu amat sih ya, permintaan si Escape ini buat oli nya....
nama2 spt: AMSOIL Extended Life 5W-20 Synthetic, atau Valvoline DuraBlend SAE 5W-20, dst, kalaupun dapet, pasti mahal bener deh.
jd, memang gak salah kalau coba cari substitusinya.... mari kita tunggu bro-bro ini, bagaimana pengalamannya mengurus oli Escape:
-piterr
-djrudal & belaaris (tp Escape nya brand new, blm ganti oli)

@cadron
oh, enggak apa2 bro... tenang ajaaa.. jangan takut2 sama yg pada ribut itu...."adik2" itu sih emang pada nggak sabaran deh.....
heuhehehe
.....

FK/Massimo, itu merk oli bikinan Fuji Kosan, bro
hmm....iya juga ya, "masalahnya" memang agak rumit....segitu amat sih ya, permintaan si Escape ini buat oli nya....
nama2 spt: AMSOIL Extended Life 5W-20 Synthetic, atau Valvoline DuraBlend SAE 5W-20, dst, kalaupun dapet, pasti mahal bener deh.
jd, memang gak salah kalau coba cari substitusinya.... mari kita tunggu bro-bro ini, bagaimana pengalamannya mengurus oli Escape:
-piterr
-djrudal & belaaris (tp Escape nya brand new, blm ganti oli)
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Mon Mar 31, 2008 7:51
Re: subtitusi oli mesin
Hehehehehe........hatur nuhun boss, ditunggu aja komen dr para pakar yg lainandy1800 wrote:whueeeee...pada salah semua tuh, nebaknya.... jadi, bandar menang dooong....
@cadron
oh, enggak apa2 bro... tenang ajaaa.. jangan takut2 sama yg pada ribut itu...."adik2" itu sih emang pada nggak sabaran deh.....
heuhehehe
.....![]()
FK/Massimo, itu merk oli bikinan Fuji Kosan, bro
hmm....iya juga ya, "masalahnya" memang agak rumit....segitu amat sih ya, permintaan si Escape ini buat oli nya....
nama2 spt: AMSOIL Extended Life 5W-20 Synthetic, atau Valvoline DuraBlend SAE 5W-20, dst, kalaupun dapet, pasti mahal bener deh.
jd, memang gak salah kalau coba cari substitusinya.... mari kita tunggu bro-bro ini, bagaimana pengalamannya mengurus oli Escape:
-piterr
-djrudal & belaaris (tp Escape nya brand new, blm ganti oli)
BTW, pernah tanya ama montir di T**A, katanya sich diganti pake yg 10W-40 ngga masalah, secara mobilnya udah tua juga, takutnya kl diisi oli yg encer malah mesinnya jadi brisik (jujur sebenernya ngga ngerti kondisi mesin yg sekarang termasuk brisik ato ngga hehehehehe......) bener ngga ya saran yg ini
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: subtitusi oli mesin
Utk test :cadron wrote: Mobilnya Ford Escape 2003 3000cc V6, KM-nya udah nyampe 100rb
Seperti yg gua tulis diatas, gua ngga tau pemilik yg lama pake oli apa, ngga ada record-nya sich
1. Saat ganti oli nanti flush dgn engine flush
2. Gunakan oli 5W-30 saja (spt Motul H-Tec / Caltex HE misalnya)
3. Kalau setelah 3000 Km ke atas tdk terjadi penguapan, berarti aman dgn 5W-30
4. Bila terjadi penguapan yg cukup besar maka better next time ganti dgn yg 10W-40 saja.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: subtitusi oli mesin
yup, prefer pake yg require sesuai spec dulu aja, walaupun udah tua drpd rubah2 ke spec lebih rendah malah makin cepet wear nya, kalo oli nya mulai sering berkurang yah frekuensi cek nya yg ditambah or coba ganti oli merk lain dgn spec sama.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: subtitusi oli mesin
kayaknya saran dari turboman lebih masuk akal...lagian ganti oli kan nggak tiap bulan tapi tergantung pemakaian (berapa KM). daripada sayang ama oli kan lebih sayang ama mesin...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: subtitusi oli mesin
Bagaimana kalau kita pakai rumus umum,
Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim.
Indikator umum jika oli cocok dengan mesin kita adalah:
1. Suara mesin yang halus
2. Putaran mesin yang ringan dan responsif
3. Suhu mesin stabil
4. Penguapan oli yang minim.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: subtitusi oli mesin
Dari orm sebelah..Gpp lah pasang di sini
BELAJAR MEMAHAMI MAKNA DIBALIK
KODE SAE OLI MESIN UTK MOTOR
Kekentalan merupakan salah satu sifat karakteristik fisik oli mesin yang sangat penting. Dalam istilah oli mesin kekentalan biasa dikenal sebagai viskositas. Sebenarnya viskositas ga sama dg kekntalan.
Tingkat kekentalan suatu oli mesin mengacu pada lembaga SAE berdasarkan table SAE J 300 th 1999.
Ada sekitar 30 jenis kekentalan SAE yg dikenal selama ini, diantaranya seperti SAE SAE 40, SAE 10w, SAE 20w50,SAE 15w50,SAE 10w40,SAE 15w40 dst.
Selama ini mungkin para biker hanya tahu kalau tingkat SAE itu Cuma membedakan encer dan kentalnya suatu oli mesin. Padahal makna SAE sesungguhnya lebih dari itu …. Makna yg mungkin tidak terfikirkan selama ini…Makna yg justru paling menentukan bagi nasib kondisi mesin motor Anda!!!
Pertanyaannya sekarang:
Apa makna sesungguhnya dari kode SAE tsb?
Yg mana tingkat kekentalan oli mesin yg cocok utk motor? SAE20w50,10w40,15w40 atau 15w50?
Benarkah kalau “tarikan entengâ€Âpake oli encer, menandakan oli yg dipake cocok utk motor Kita?
Sekarang mari kita coba bahas satu persatu tingkat kekentalan oli mesin yg ideal buat motor!!
Umumnya tingkat kekentalan utk motor, bila dilihat dari kondisi iklim di Indonesia , performa mesin dan hasil pengujian,idealnya dapat dibagi 4 jenis yaitu: SAE 20w50, 10w40, 15w40, atau 15w50.
Sekarang Kita lihat kelebihan dan kekurangan masing2 tk. SAE ini.
-SAE20w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -10 sd -15 C (kode 20w) dan pd suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Oli jenis ini relative kurang efisien dalm pemakain BBM namun sangat baik dlm perlindungan /perawatan mesin, khususnya utk kondisi jalan di Jakarta yg sering macet, jarang brjalan jauh ,polusi dan beban berat. Pd kondisi ini dikenal dg istilah “boundary lubricationâ€Â, dimana pada kondisi tsb. lapisan oli sangat tipis diantara celah mesin yg cenderung berpotensi terjadinya kontak antara logam dg logam.
Oli jenis ini relative paling kecil nilai viskositas indeksnya (VI), diantara 3 jenis oli lainnya (minimal utk.oli mineral/semi sintetis 120, utk. sintetis 145) . Semakin banyak aditiv viscosity index improver ,semakin sensitif oli /kurang baik buat mesin motor -utamanya terhadap stress di gear.
VI= ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingan sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya.Utk oli mobil, VI tinggi akan sangat baik dimesin. Utk motor bisa sebaliknya.
-SAE15w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin (minus) -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis oli relative sama dg SAE20w50.Sedikit yg membedakan adalah sedikit lebih encer dan nilai VI lebih tinggi dari 20w50. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Semakin tinggi nilai VI artinya adlah semakin banyak pemakaian aditif peningkat angka VI. Utk motor hal ini sangat riskan. Aditif ini relative sensitif digunakan utk motor yg menyatukan oli mesin dan gigi (wet clutch).Artinya oli jenis ini relative lebih mudah berubah kekentalannya dibandingkan 20w50.
-SAE10w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -20 sd -25 C (kode 10w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis Oli yg relative paling encer diantaranya ke3 jenis oli lainnya. Oli ini relative paling irit BBM, namun kurang baik dalam perlindungan mesin .Terutama pada kondisi jalan sering macet dan beban berat.(mis.sering dipake boncengan)
Relatif sama dg SAE 15w50 , dalam hal pemakaian aditif peningkat angka VI. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Apakah berarti paling bagus?Belum tentu …!Semakin banyak kandungan aditif peningkat angka VI , semakin besar kemungkinan peluang pecahnya aditif VI-nya dan berubah kekentalannya. Ukuran perubahan kekentalan oli biasanya dipakai batasan sampai 25-30% dari kekentalan awal /oli baru. Agak sulit memang indikatornya soalnya Cuma lab.yg bisa memastikan hal ini.
Kalaupun Anda ingin tetap memakai oli jenis ini, saran saya , perhatikan jarak pergantian olinya lebih awal. Kalau Anda merasa suara mesin sdh agak berbeda sedikit aja..cepet2 ganti dah..
-SAE15w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Nilai VI ,minimal utk.oli mineral 125, utk. sintetis 145.
Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yg paling pas. Oli jenis ini relative paling stabil kekentalannya dibandingkan yg lainnya. Masalhnya oli jens ini jarang diaplikasikan utk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai utk kendaraan jenis mesin disel, yg membutuhkan kestabilan kekekntalan dalam jarak jauh dan kondisi ekstrim pada mesin disel.
sebagai tambahan aditif Vi adalah seny.kimia kopolimer -rantai panjang- yg mampu beradaptasi pd suhu rendah dan tinggi ttpi sensitif thd. stress di gear..
Selain hal diats, hal yg terkait dg perlindungan mesin motor adalah factor tingkat kode API dan kode JASO MA.
Jenis SAE lainnya sah2 saja dipake sejauh Anda tahu dan paham menyiasati oli tsb. Namun utk kondisi di Indonesia dan performa motor “wet clutch†, tingkat SAE diats ga ada salahnya-alias “kuduâ€Â- jadi prioritas pilihan Anda. Namun tentu semuanya kembali kepada Anda semuanya…mana menurut Anda yg palin cuocook utk tunggangan Anda….
ttpi yg palig penting lagi dr semua hal diats proporsinal-lah dalam menyiasati oli mesin...
Ok. Semoga bermanfaat…
Fuad
Original mesage http://forum.kompas.com/otomotif/5671-t ... motor.html
Notes. Gak ada magsud bikin farm link..Bro Mod..

BELAJAR MEMAHAMI MAKNA DIBALIK
KODE SAE OLI MESIN UTK MOTOR
Kekentalan merupakan salah satu sifat karakteristik fisik oli mesin yang sangat penting. Dalam istilah oli mesin kekentalan biasa dikenal sebagai viskositas. Sebenarnya viskositas ga sama dg kekntalan.
Tingkat kekentalan suatu oli mesin mengacu pada lembaga SAE berdasarkan table SAE J 300 th 1999.
Ada sekitar 30 jenis kekentalan SAE yg dikenal selama ini, diantaranya seperti SAE SAE 40, SAE 10w, SAE 20w50,SAE 15w50,SAE 10w40,SAE 15w40 dst.
Selama ini mungkin para biker hanya tahu kalau tingkat SAE itu Cuma membedakan encer dan kentalnya suatu oli mesin. Padahal makna SAE sesungguhnya lebih dari itu …. Makna yg mungkin tidak terfikirkan selama ini…Makna yg justru paling menentukan bagi nasib kondisi mesin motor Anda!!!
Pertanyaannya sekarang:
Apa makna sesungguhnya dari kode SAE tsb?
Yg mana tingkat kekentalan oli mesin yg cocok utk motor? SAE20w50,10w40,15w40 atau 15w50?
Benarkah kalau “tarikan entengâ€Âpake oli encer, menandakan oli yg dipake cocok utk motor Kita?
Sekarang mari kita coba bahas satu persatu tingkat kekentalan oli mesin yg ideal buat motor!!
Umumnya tingkat kekentalan utk motor, bila dilihat dari kondisi iklim di Indonesia , performa mesin dan hasil pengujian,idealnya dapat dibagi 4 jenis yaitu: SAE 20w50, 10w40, 15w40, atau 15w50.
Sekarang Kita lihat kelebihan dan kekurangan masing2 tk. SAE ini.
-SAE20w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -10 sd -15 C (kode 20w) dan pd suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Oli jenis ini relative kurang efisien dalm pemakain BBM namun sangat baik dlm perlindungan /perawatan mesin, khususnya utk kondisi jalan di Jakarta yg sering macet, jarang brjalan jauh ,polusi dan beban berat. Pd kondisi ini dikenal dg istilah “boundary lubricationâ€Â, dimana pada kondisi tsb. lapisan oli sangat tipis diantara celah mesin yg cenderung berpotensi terjadinya kontak antara logam dg logam.
Oli jenis ini relative paling kecil nilai viskositas indeksnya (VI), diantara 3 jenis oli lainnya (minimal utk.oli mineral/semi sintetis 120, utk. sintetis 145) . Semakin banyak aditiv viscosity index improver ,semakin sensitif oli /kurang baik buat mesin motor -utamanya terhadap stress di gear.
VI= ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingan sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya.Utk oli mobil, VI tinggi akan sangat baik dimesin. Utk motor bisa sebaliknya.
-SAE15w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin (minus) -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis oli relative sama dg SAE20w50.Sedikit yg membedakan adalah sedikit lebih encer dan nilai VI lebih tinggi dari 20w50. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Semakin tinggi nilai VI artinya adlah semakin banyak pemakaian aditif peningkat angka VI. Utk motor hal ini sangat riskan. Aditif ini relative sensitif digunakan utk motor yg menyatukan oli mesin dan gigi (wet clutch).Artinya oli jenis ini relative lebih mudah berubah kekentalannya dibandingkan 20w50.
-SAE10w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -20 sd -25 C (kode 10w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis Oli yg relative paling encer diantaranya ke3 jenis oli lainnya. Oli ini relative paling irit BBM, namun kurang baik dalam perlindungan mesin .Terutama pada kondisi jalan sering macet dan beban berat.(mis.sering dipake boncengan)
Relatif sama dg SAE 15w50 , dalam hal pemakaian aditif peningkat angka VI. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Apakah berarti paling bagus?Belum tentu …!Semakin banyak kandungan aditif peningkat angka VI , semakin besar kemungkinan peluang pecahnya aditif VI-nya dan berubah kekentalannya. Ukuran perubahan kekentalan oli biasanya dipakai batasan sampai 25-30% dari kekentalan awal /oli baru. Agak sulit memang indikatornya soalnya Cuma lab.yg bisa memastikan hal ini.
Kalaupun Anda ingin tetap memakai oli jenis ini, saran saya , perhatikan jarak pergantian olinya lebih awal. Kalau Anda merasa suara mesin sdh agak berbeda sedikit aja..cepet2 ganti dah..
-SAE15w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Nilai VI ,minimal utk.oli mineral 125, utk. sintetis 145.
Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yg paling pas. Oli jenis ini relative paling stabil kekentalannya dibandingkan yg lainnya. Masalhnya oli jens ini jarang diaplikasikan utk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai utk kendaraan jenis mesin disel, yg membutuhkan kestabilan kekekntalan dalam jarak jauh dan kondisi ekstrim pada mesin disel.
sebagai tambahan aditif Vi adalah seny.kimia kopolimer -rantai panjang- yg mampu beradaptasi pd suhu rendah dan tinggi ttpi sensitif thd. stress di gear..
Selain hal diats, hal yg terkait dg perlindungan mesin motor adalah factor tingkat kode API dan kode JASO MA.
Jenis SAE lainnya sah2 saja dipake sejauh Anda tahu dan paham menyiasati oli tsb. Namun utk kondisi di Indonesia dan performa motor “wet clutch†, tingkat SAE diats ga ada salahnya-alias “kuduâ€Â- jadi prioritas pilihan Anda. Namun tentu semuanya kembali kepada Anda semuanya…mana menurut Anda yg palin cuocook utk tunggangan Anda….
ttpi yg palig penting lagi dr semua hal diats proporsinal-lah dalam menyiasati oli mesin...
Ok. Semoga bermanfaat…
Fuad
Original mesage http://forum.kompas.com/otomotif/5671-t ... motor.html
Notes. Gak ada magsud bikin farm link..Bro Mod..


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 97
- Joined: Mon Mar 10, 2008 19:38
Re: subtitusi oli mesin
nah kebeneran..saya juga pake escape 3.0 v6 tapi taun 2005
saya juga sebelumnya pake mobil 1 5-30W kalo ga salah..ampun mahalnya.150rb per liter..cuma emg mesin halus bgt.
sekarang saya pake 10-30 API SL...di manual book nya khusus mesin yg 3.0 kalo ga salah bisa pake yg 10-30
cuma suara mesin agak beda dikit..tapi tarikan sama aja menurut saya si.
selamat ganti oli ya!
saya juga sebelumnya pake mobil 1 5-30W kalo ga salah..ampun mahalnya.150rb per liter..cuma emg mesin halus bgt.
sekarang saya pake 10-30 API SL...di manual book nya khusus mesin yg 3.0 kalo ga salah bisa pake yg 10-30
cuma suara mesin agak beda dikit..tapi tarikan sama aja menurut saya si.
selamat ganti oli ya!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Tue Apr 15, 2008 2:29
Re: subtitusi oli mesin
maaf yah om om, nebeng pertanyaan dong, btw si kijing ga pernah di ganti oli tuh ma orang orang rumah, cuma ditambah oli aja kalo volumenya dah berkurang, apa ga papa tuh? mohon pencerahan.. emang dipake rata rata per harinya sih paling cuma 14 km-an.. 

rise of the SP