DIY cold air induction
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
DIY cold air induction
saya lagi eksperimen Cold Air Intake di Jazz
jazz saya kan filter box nya ambil udara dari sebelah lampu tepatnya masih ada rongga udara yg terhisap dari mesin ato di bawah bonnet, nah DIY yg saya lakukan pasang selang langsung dari filter box dan selangnya langsung nangkep udara di bemper depan, nah yg saya mau tanya boleh gak sih cara begini? kira2 efek negatifnya apa? kalo efek yg saya rasain sih kalo lagi jalan kenceng makin enteng (tau deh apa sugesti doank)
soalnya dari yg saya tau yg pada ganti filter yg jamur harus dibuat Heat shield untuk mencegah udara panas terhisap ke mesin, dan tiap derajat celcius udara panas dari mesin akan ngurangin HP, jadi saya coba eksperimen ke filter Std deh
please komennya, Om takumi komen yah kira2 aman gak nih untuk keawetan mesin jazz saya
Thanks
jazz saya kan filter box nya ambil udara dari sebelah lampu tepatnya masih ada rongga udara yg terhisap dari mesin ato di bawah bonnet, nah DIY yg saya lakukan pasang selang langsung dari filter box dan selangnya langsung nangkep udara di bemper depan, nah yg saya mau tanya boleh gak sih cara begini? kira2 efek negatifnya apa? kalo efek yg saya rasain sih kalo lagi jalan kenceng makin enteng (tau deh apa sugesti doank)
soalnya dari yg saya tau yg pada ganti filter yg jamur harus dibuat Heat shield untuk mencegah udara panas terhisap ke mesin, dan tiap derajat celcius udara panas dari mesin akan ngurangin HP, jadi saya coba eksperimen ke filter Std deh
please komennya, Om takumi komen yah kira2 aman gak nih untuk keawetan mesin jazz saya
Thanks
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by ubi on Thu Jun 24, 2004 19:35, edited 1 time in total.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
sedikit komen,
bagus tuh eksperimennya
ini sama aja memaksa udara masuk ke ruang bakar, makanya kalo lagi kenceng kan makin enteng, ini bukan sugesti tapi bener, soalnya tuh udara "dipaksa" masuk (ingat prinsip dasar turbocharger)
kalo udara panas terisap masuk, maksudnya udara luar, emang makin panas udara makin mengembang tuh volumenya, jadi kalo pas masuk ke ruang bakar sebenernya oksigen yg masuk lebih sedikit, karena udah ngembang duluan, cuman elu kan ambil udara langsung, jadi nggak ada tuh udara panas, beda sama turbo yg emang udara ini dikompress, jadi temperaturnya naik.
kalo bisa, ini usul sekalian but nerusin eksperimennya lagi, moncong pas udara masuk (paling depan dibuat lebih lebar/besar lagi, sehingga udara yg "ketangkep" lebih banyak lagi, jadi efeknya bisa lebih bagus, dan jangan lupa setting karbunya dirubah juga, khususnya buat supply gasnya, takutnya kalo kebanyak udara yg masuk, ntar mobilnya batuk2 karena kekurangn suplai gas
bagus tuh eksperimennya
ini sama aja memaksa udara masuk ke ruang bakar, makanya kalo lagi kenceng kan makin enteng, ini bukan sugesti tapi bener, soalnya tuh udara "dipaksa" masuk (ingat prinsip dasar turbocharger)
kalo udara panas terisap masuk, maksudnya udara luar, emang makin panas udara makin mengembang tuh volumenya, jadi kalo pas masuk ke ruang bakar sebenernya oksigen yg masuk lebih sedikit, karena udah ngembang duluan, cuman elu kan ambil udara langsung, jadi nggak ada tuh udara panas, beda sama turbo yg emang udara ini dikompress, jadi temperaturnya naik.
kalo bisa, ini usul sekalian but nerusin eksperimennya lagi, moncong pas udara masuk (paling depan dibuat lebih lebar/besar lagi, sehingga udara yg "ketangkep" lebih banyak lagi, jadi efeknya bisa lebih bagus, dan jangan lupa setting karbunya dirubah juga, khususnya buat supply gasnya, takutnya kalo kebanyak udara yg masuk, ntar mobilnya batuk2 karena kekurangn suplai gas
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
bagus koq
tapi perlu lu inget..
selama mobil lu masih spec standar apa perlu udara sebanyak itu?.. ecu lu udah di program ngisep udara sebanyak itu?.. sebenernya yang biasa2 ajah emang bagus.. , gak perlu yang ke depan dari bemper .. kenapa karena tau sendiri kondisi di sini berdebu padat.. yang ada banyak debu yang masukk belon lagi kalo banjir , kalo di dalem ruang mesin udah cukup koq.. , trus pasokan box yang biasa sih biasanya udah cukup kecuali emang bener mesin lu dah di setel butuh udara & bensin yang banyak dari ecu nya.. jadi otomatis butuh udara yang banyak..
tapi kreatifitas lu gue acungin jempol koq.. bagus..
btw : sory baru bales soalnya baru kelar Exam nih .. *Argggh*
tapi perlu lu inget..
selama mobil lu masih spec standar apa perlu udara sebanyak itu?.. ecu lu udah di program ngisep udara sebanyak itu?.. sebenernya yang biasa2 ajah emang bagus.. , gak perlu yang ke depan dari bemper .. kenapa karena tau sendiri kondisi di sini berdebu padat.. yang ada banyak debu yang masukk belon lagi kalo banjir , kalo di dalem ruang mesin udah cukup koq.. , trus pasokan box yang biasa sih biasanya udah cukup kecuali emang bener mesin lu dah di setel butuh udara & bensin yang banyak dari ecu nya.. jadi otomatis butuh udara yang banyak..
tapi kreatifitas lu gue acungin jempol koq.. bagus..
btw : sory baru bales soalnya baru kelar Exam nih .. *Argggh*
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Wah...yang abis Exam.... biar nggak penat kepalanya dikasih DIY Cold Air Induction aja
Iya rawan kalo posisinya dibawah, kena banjir gimana. Dan saya pikir kalo posisinya dibawah malah akan meningkatkan suhu udara yang masuk. Hal itu akibat jalan yang panas tentunya karena posisinya dibawah malah bukan udara dingin yang masuk tapi udara panas akibat suhu permukaan jalan. Dan juga tinggi segitu pada saat dibelakang mobil yang lain malah sedikit O2 buat pembakaran yang masuk tapi malah CO2 buangan dari knalpot mobil depannya.
Ada sekedar tambahan ide lagi nih, ada baiknya box filternya dilapisin ma Alumunium foil sekalian selangnya tujuannya buat mnyuplai udara dingin kan?


Iya rawan kalo posisinya dibawah, kena banjir gimana. Dan saya pikir kalo posisinya dibawah malah akan meningkatkan suhu udara yang masuk. Hal itu akibat jalan yang panas tentunya karena posisinya dibawah malah bukan udara dingin yang masuk tapi udara panas akibat suhu permukaan jalan. Dan juga tinggi segitu pada saat dibelakang mobil yang lain malah sedikit O2 buat pembakaran yang masuk tapi malah CO2 buangan dari knalpot mobil depannya.
Ada sekedar tambahan ide lagi nih, ada baiknya box filternya dilapisin ma Alumunium foil sekalian selangnya tujuannya buat mnyuplai udara dingin kan?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Fri Feb 13, 2004 19:15
iya sih mesin gw masih std belum perlu udara yg ekstrem, tp setelah pasang cold air induction jadi lebih enteng tarikannya dan gak usah injek gas dalem2 jadinya mobil gw skrg lebih irit bensin.
dan sudah 2 kali hujan di dalam box ada air nah skrg gw lagi mau buat box lagi didalem bemper jadi didalem box gw modif sedemikian rupa jadi ada pembuangan airnya...
kira2 ada ide gak biar air gak masuk lagi ke box yg std, jadi air terbuang di box yg mau saya pasang di dalam bemper
thanks yah
dan sudah 2 kali hujan di dalam box ada air nah skrg gw lagi mau buat box lagi didalem bemper jadi didalem box gw modif sedemikian rupa jadi ada pembuangan airnya...
kira2 ada ide gak biar air gak masuk lagi ke box yg std, jadi air terbuang di box yg mau saya pasang di dalam bemper
thanks yah


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Oct 26, 2005 8:24
Sebenarnya mobil paling ideal ambil udara segar dari posisi depan lebih rendah lebih baik, seperti modifikasi bung ubi. Sebab udara dingin ada di paling bawah. Dengan dinginnya udara oksigennya lebih banyak dan lebih tebal, jadi pembakaran makin sempurna.
Sebab mobil mobil kini(terutama yg Buil Up), air intake posisi nya di bumper depan bagian bawah. Akan tetapi dengan kondisi Indonesia yang kondisi jalannya sering banjir , di khawatirkan terjadi water hammer, yaitu masuknya air ke ruang bakar yang akan menyebabkan kerusakan parah pada mobil. Karena itu Mobil rakitan Indonesia di modifikasi air intake nya menjadi lebih tinggi untuk antisipasi terjadinya water hammer, dan konsekwensinya menurunkan performa mesin
.
contonya Suzuki Aerio produk awal posisi air intake terletak di bawah di balik bumper, produk berikutnya dimodifikasi air intakenya menjadi lebih tinggi
Sebab mobil mobil kini(terutama yg Buil Up), air intake posisi nya di bumper depan bagian bawah. Akan tetapi dengan kondisi Indonesia yang kondisi jalannya sering banjir , di khawatirkan terjadi water hammer, yaitu masuknya air ke ruang bakar yang akan menyebabkan kerusakan parah pada mobil. Karena itu Mobil rakitan Indonesia di modifikasi air intake nya menjadi lebih tinggi untuk antisipasi terjadinya water hammer, dan konsekwensinya menurunkan performa mesin

contonya Suzuki Aerio produk awal posisi air intake terletak di bawah di balik bumper, produk berikutnya dimodifikasi air intakenya menjadi lebih tinggi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Secara teori sih makin rendah temperature intake makin bagus ... cuman parameter ini gak bisa ditentukan untuk single value ... dan pada umumnya perhitungan parameter temperature dilakukan pada kondisi yang standar rata-rata ... biasanya sih 293 derajad Kelvin atau 20 derajad celcius. Terlalu Panas gak bagus ... terlalu dingin juga gak bagus. Untuk negara-negara 4 musim ... filter boks selalu dipasangin heater (pada musim dingin) ... untuk memanaskan udara dingin yang dihisap oleh mesin ... tujuannya untuk membantu menguapkan BBM yang disuntikkan ke mesin dan untuk memudahkan penyalaan mesin.Cloud wrote:Kalo suhu udara optimal untuk mesin brp ya? apa mkn rendah mkn bgs?pada brp derajat suhu optimalnya?
Tujuan CAI cuman untuk mengambil udara yang fresh dari luar ... ketimbang ngambil udara yang ada disekitar mesin yang suhunya bisa mencapai 40 s/d 50 derajad celcius. Perbedaan suhu udara masuk sebesar 10 derajad (lebih rendah) setidak-tidaknya akan menambah tenaga sebesar 1.75%.
Contohnya sbb :
Suhu Udara Masuk--------Tenaga Yang Hilang---------Contoh Output Tenaga (Power)
20 derajad Celcius----------------0%--------------------------------200 HP
30 derajad Celcius---------------1.75%------------------------------196.5 HP
40 derajad Celcius---------------3.5%-------------------------------193 HP
60 derajad Celcius----------------7%--------------------------------186 HP
Jadi sekiranya boil dengan spec Power Maksimum 100 HP ... ngitungnya berdasarkan suhu 20 derajad Celcius .... Jika dioperasikan di Jakarta (makai CAI) yang suhu luarnya 30 derajad Celcius ... maka tenaga outputnya hanya sekitar 98 HP (maksimum)

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
bagaimana kalau udara masuk dibawah 20 derajat?
seperti penggunaan es kering untuk mendinginkan intake?
seperti penggunaan es kering untuk mendinginkan intake?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Teorinya sih HP meningkat ... hanya saja dengan udara yang lebih dingin ini penguapan bbm yang disemburkan akan kurang terbantu ... sehingga uap bbm akan berkurang sedang jumlah O2 meningkat ... ini akan menimbulkan Lambda lebih besar dari 1 (atau LEAN running condition) ... mesin bisa jadi panas ... kemungkinan akan ada ngelitik sekiranya Octane BBM yang digunakan kurang mendukung ... tentu saja power malah jadi bisa drop dan konsumsi BBM malah meningkat.StRaDe_Jazz wrote:bagaimana kalau udara masuk dibawah 20 derajat?
seperti penggunaan es kering untuk mendinginkan intake?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Tue Apr 17, 2007 3:56
klo gue pake CAI, ambil udara dingin dari slang AC trus dimasukin ke mesin melalui 'usus buntu' (gak tau istilahnye apaan).
Gue pake cuman klo lagi di tol. kekurangannye, klo dibuka 3/4 ato full, bunyi berdesis, klo 1/2 kagak. suara desis ilang klo lagi gaspol (tinggi rendahnya suara desis mengikuti pijakan pedal gas).
mainnya mulai di gigi 3 (rpm 5000 or 5500 / redline baru oper gigi, dst.).
Gue pake cuman klo lagi di tol. kekurangannye, klo dibuka 3/4 ato full, bunyi berdesis, klo 1/2 kagak. suara desis ilang klo lagi gaspol (tinggi rendahnya suara desis mengikuti pijakan pedal gas).
mainnya mulai di gigi 3 (rpm 5000 or 5500 / redline baru oper gigi, dst.).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Untuk yang jenis Open Pod ... umumnya sisi yang bersebelahan dengan mesin atau tiga sisinya ditutupi (dikasih Bates) dengan pelat aluminium atau kadang Polyurethaane foam ... sebagai Heat Sink atau Heat Shield yang datang dari konveksi dan radiasi panas mesin.JESKONENG wrote:Pak Penyu, gimana caranya supaya suhu udara yang masuk ke open air filter di Jeskoneng jadi lebih dingin ?
Inget ICE BOX gak ? ... bisa juga beli ICE BOX yang cukup-cukup untuk nutupin POD-nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 317
- Joined: Mon Oct 08, 2007 16:45