Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Kenapa kalo beli mobil HARUS INDENT LAMA??????? <MOTOR juga>
mo beli innova aja indent 1 bulan, mo beli avanza lebih lama lagi 3 bulan, Xenia apa lagi, 4 bulan,
Grand Livina 3 bulan, beli motor juga inden 3 bulan<Honda Vario>
pertanyaanya benaran atau permainan para Sales??? atao Atpm?
soalnya kalo mo CEPAT harus up price????
Memang kondisinya barang lebih sedikit dari permintaan, tapi yg bikin jengkel kondisi ini "dimainkan" para sales dan dealer buat ambil untung dengan cara upping. Itu barang banyak juga numpuk di dealer mobil gak resmi tapi hrg juga sdh di-upping. Di dealer resmipun bisa dapet barang satu mingguan asal pake upping juga (ini klo toyota avansa-innova). krn ada temen yg biasa pake jalur potong antrean inden. Bahkan gw jadi korban kepotong antrean (honda CRV), alasannya gw gak pake tanda jadi (memang sih...).
Sabar aja....efeknya mobil saya jadi cepet laku...xixixi...
Kalo ada dealer mobil yg mau jual mobil di atas harga resmi itu haknya mereka sebagai penjual. Tidak ada hukumnya kalau satu mobil harus dijual dgn harga tertentu.
Di Amrik semua dealer mobil begitu. Kalau mereka mau kasih mark-up, it haknya dealer. Tidak melanggar hukum dan tidak melanggar etika. Mark-up itu LUMRAH. Sama seperti harga minyak bumi (dan barang2 dagangan lainnya), kalau supply-nya langka dan demand-nya tambah/tetap, kenapa nggak harganya dinaikkan ?
Coba kalau Anda sebagai dealer/penjual, Anda punya stok 10 Honda CR-V di toko dan yang berminat ada 50 individual, strateginya gimana ? Jual dgn harga "resmi" ? Kalo gw, gw kasih mark-up 25%. Cuma laku 2 dgn mark-up 25%, ya gpp. Sisanya bisa laku dgn mark-up 15%, 10% dan 5%. 2 unit terakhir jual dgn 2% mark-up.
logikanya yang beli sama kapasitas produksinya nggak sebanding. Yang beli seratus orang dalam sebulan,kapasitas produksinya cuman 30. Kenapa enggak menambah kapasitas Produksi..? Tentu produsen akan menghitung ternyata untuk nambah infrastruktur dan karyawan butuh modal yang lebih gede. Jadi mempertahankan keadaan ini,jadi bisa naikin harga sewaktu waktu..Di tulis jelas banget di setiap brosur mobil baru dan internet " Harga Tidak mengikat,dapat berubah sewaktu waktu.."
Itu disebabkan supply lebih kecil dari demandnya. Kapasitas pabrik tidak sanggup memenuhi permintaan pasar. Permintaan pasar heboh karena suksesnya bagian marketing melakukan promo diberbagai media. Namun begitu konsumen mau beli, stok yg ada tidak mencukupi karena jumlah yg diminta melebihi kapasitas produksi dari pabriknya. Kejadian ini berulang-ulang trus menerus, hingga akhirnya muncul inden hingga 3 bulan lebih.
Masalah potong jalan sebetulnya tidak bagus juga. Potong jalan ini sebetulnya adalah memotong antrian. Antrian pembeli yang sekian banyak lalu dipotong oleh beberapa dealer. Sebetulnya hal ini tidak etis. Namun bisnis adalah bisnis. Jadi siapa yg sanggup bayar lebih, otomatis dibukakan jalur "khusus".
Tapi sebetulnya tidak semua seperti itu. Ada beberapa produk yg selalu ready stock. Ada juga yg benar2 baru diproduksi kalu ada pesanan. Ada juga produk yg super laku, namun utk beberapa versi tidak terlalu karena faktor kelengkapan, atau warna. Contohnya Avanza. Utk tipe G butuh inden 3 bulanan. Namun utk tipe E dan S malah lebih singkat. Begitu juga soal warna.
Jadi kalu mau lebih cepat dapet tanpa bayar lebih, sebaiknya pilih produk-produk yg tidak terlalu pasaran.
Itu khan kerjaannya orang marketing, ada demand generation atau menciptakan demand dgn marketing communication (iklan, dll). Taktik ini bukan cuma di mobil/motor, di handphone juga ada. Iklan gencar duluan sebelum produk muncul di pasaran, orang mau beli harus indent. Kalo sudah ada indent, maka pabrik bisa produksi tanpa takut ada stock berlebih karena cukup produksi sesuai indentnya aja, dan jadinya konsep just in time inventory, tidak ada stock lebih yang berarti hemat inventory cost.
Om Anjas benar kalau barangya yang nggak begitu pasaran yang sama artinya jarang di pesan ( Avansa type E dan S ) itu indentnya nggak begitu lama.tapi lain cerita kalau kita pesen yang nggak pasaran tapi milih warna yang nggak pasaran juga.misal warna selain hitam dan siver tapi warna kesukaan lime misal green,aqua. itu indentnya juga lama.kata salesnya nunggu yang mesen warna sama terkumpul banyak baru di bikin.
Nah kalau alesan itu mengandung unsur bisnis apa enggak..?
INDENT HANYA BERLAKU DI INDONESIA SAJA!!!.. ADA UPPING PRICE SEGALA kalo mau dapet cepet2. harga tidak mengikat (biasa lah kalo ada perubahan harga semua ditahan)... apa2 an ini.. . Mana ada diluar negeri seperti ini.. Emang negara kita HUEBAT TENAN!!
cvsmb wrote:INDENT HANYA BERLAKU DI INDONESIA SAJA!!!.. ADA UPPING PRICE SEGALA kalo mau dapet cepet2. harga tidak mengikat (biasa lah kalo ada perubahan harga semua ditahan)... apa2 an ini.. . Mana ada diluar negeri seperti ini.. Emang negara kita HUEBAT TENAN!!
Ya tiap negara beda2 karakter... cuma di Indo .. konsumen indo secara general (meski ga semua) typical behaviournya produk yg sulit didapat justru di kejar2 dan di buru
Tapi bisa juga untuk kepentingan production flow ... krn dg adanya daftar inden bisa di atur jadwal produksi di assembly line dan juga lebih enak... produksi barang yg sesuai sudah ada pembelinya... coba bayangin kalo ga tau jumlah permintaan.. pasti salah2 kaprah ada yg lebih stock ada juga yg kurang stock .... kalo lebih stock ujung2nya pembekuan dana.
Yg gw salut cuma nissan... meski indent harga mengikat! ... kalo ATPM lain harga ga mengikat tuh jd konsumen yg deg-deg-an kalo2 harga naik... padahal sudah DP .. kalo batal hangus tuh DP. Yg sialan pake acara permainan upping price .. ada duit lebih mobil dapat lebih cepat... ini permainan kotor nih entah dari salesnya .. entah dari ATPMnya, semua konsumen seharusnya dan selayaknya di perlakukan adil... PEACEE!!!
sayangnya, nampaknya diantara kita nggak ada yg punya kenalan orang2 pabrik perakitan mobil atau motor (misalnya TMMIn Karawang)...
coba kalau ada yg kenal, bisa tau info, bukan skedar spekulasi: ttg apa yg sebenarnya terjadi pada lini produksi, disana...bagaimana schedulingnya.
AUDI R8 v10 aja indent 18bulan....upping berapa nih kalo minta lebih cepat?..
seperti diposting bro posvet..GTR R35 aja upping hampir 50%, padahal ini terjadi di USA yg orang2nya hobby tuntut perusahaan kalo tidak puas, bisa?.
Ada bbrp mobil yg walaupun kita punya duit tapi engga bisa beli karena limited production.
Kalo di US ada 2 harga mobil:
1. MSRP (manufacturer suggested retail price): Harga resmi sebuah mobil
2. Invoice price: harga yang dibayarkan dealer ke manufacturer. (kalo gw bilang dealer tetep masih dapet diskon dari invoice)
Idealnya MSRP - Invoice = Untung dealer.
Untuk mobil2 yg pasaran (kebanyakan) negosiasi kebanyakan terjadi di antara kedua harga tsb.
untuk mobil2 yg peminatnya tinggi (spt nissan GTR) atau mobil2 yg baru keluar gen barunya, harga bisa didongkrak melebihi MSRP alias yang kuat yang dapet mobilnya. Ini bukan hanya ditentukan dari banyaknya uang tapi juga kedekatan kita dengan si pemilik dealer. Kalo kita langganan, mungkin mobil bisa dijual ke kita walaupun kita bukan the highest bidder.
Tapi mobil2 kategori spt ini jarang sekali sekarang terutama di ekonomi yg jeblok spt sekarang ini.
Kadang2 dealer juga bisa jual dibawah invoice buat mobil2 yg kurang laku atau udah mao discontinue. Big SUVs sekarang harga pada dibanting2.......Cadillac Escalade dan Hummer H2 sekarang diskonnya udah gede2an masih ditambah kredit tanpa bunga 6 tahun, DP juga 0%.
Memang di US bisa juga ada inden mobil spt R8 kata bro GTR atau Nissan GTR kata bro Posvett, tapi biasanya yg inden itu model2 eksotis (yg pembelinya jg punya mobil mewah lain yg bisa dipake dulu), dan bukan model2 pasaran kaya camry/accord (apanja/senia kalo di Indonesia). Kalo di Indo penginden mobil yg gak punya mobil lain bisa sengsara karena gak punya mobil selama masa inden.
memang u/ mobil2 yg baru berganti model, sekitar 6 bulan pertama masih susah dapet barangnya, tapi tetep aja banyak dealer yg jual tapi harga tinggi dikit dan mobil tetep ready stock. bukan pesen kaya model di indo yg pesenan orang bisa dilempar ke kita karena kita berani bayar mahal.
Setelah 6 bulan sih supply udah luber, deal2 bagus bisa didapat lagi. Kalo mao beli accord (salah satu mobil populer kaya apanja) aja sekarang udah banyak banyak banget stoknya di dealer. malah udah mulai didiskon2in.
Ada benernya juga post2 diatas. Orang sini kan senangnya mobil model baru, jadi kalo ada yg. baru orang pada mau beli semua, padahal produksi baru mulai, barang masih sedikit, jadi permintaan lebih banyak dari suplai. Indent deh! Tapi ATPM juga malas mau bikin pabrik gede2 yg. mampu bikin banyak, soalnya permintaan totalnya (rata2 sepanjang model itu dijual) juga nggak banyak, jadi kalo pabriknya gede & karyawan banyak, pas pertama2 emang enak bisa memenuhi permintaan, tapi belakangan setelah penjualan jadi normal (bukan latah krn. model baru) ntar produksinya jadi kebanyakan dan pada ngga terjual.
Kalo di Amrik kayanya sebelum dijual mobil udah diproduksi dulu beberapa bulan sebelumnya terus di timbun. Sering saya dengar produksi model baru x udah mulai padahal baru keluar resmi beberapa bulan kedepan. Jadi pas dijual udah ada stok lumayan. Jadi jarang mobil inden, kecuali mobil2 spesial & exotic (Nissan GTR, Dodge Challenger, dsb) Juga pabrik mobil Amrik (Big Three) cenderung bikin mobil lebih banyak dari permintaan, makannya kalau permintaan turun spt. sekarang ini banyak mobil jadi numpuk nggak terjual, terus diobral murah2!
Last edited by BGatot on Thu Aug 21, 2008 3:47, edited 1 time in total.
tetep aja bro banyak dealer yg punya stock barang (walaupun stock gak banyak per dealernya), Kalo economy carnya diprediksi banyak peminat, dealer bakalan kasi harga tinggi. Tapi kalo kita minat beli, langsung mobil bawa pulang setelah bayar, jadi istilahnya ready stock tapi harga tinggi.
Kadang2 di dealer langganan bisa abis juga stock kalo laku dan dia bakalan suruh kita tunggu sampe shipment berikutnya dateng (tapi gak sampe 6 bulan kaya apanja, palingan cm bbrp minggu). kadang2 kita tunggu juga karena engga enak sama dealer langganan, tapi kalo kita maonya ready sekarang juga, cari aja dealer2 lain (kalo butuh bisa cari diluar state malahan pake ebay) dan pasti ada aja dealer lain yg punya barang.
jadi kayaknya sistem "inden"nya beda dengan di Indo. Kalo di Indo kan barang punya orang dikasiin ke kita2 yg bayar lebih, kalo di sono tetep ready tapi harga tinggi. ya...kecuali u/mobil2 eksotis yg memang di prod terbatas.
yah namanya juga negara kapitalis, kalo punya uang, apa juga bisa!
Last edited by Risol1 on Thu Aug 21, 2008 3:49, edited 1 time in total.
GTR wrote:berarti di US, bagi penjual, free market competition nya lebih keras lagi drpd di indo...
betul bro......pokoknya yg servisnya paling bagus, produk paling bagus, harga paling reasonable lah yang menang.
Kayaknya cuma di US yg kalo di jalan2nya sekarang berasa lebih banyak mobil jepang daripada mobil domestiknya sendiri. karena engga ada proteksi dari pemerintah thd the big three.
semua sama, semua harus berkompetisi, dan yg terbaiklah yg menang. Sekarang ini sih jepanglah yg keliatannya maju pesat salesnya.
Kalo ke jepang, 90% kan mobil jepang semua, ke korea juga begitu, jerman juga, cuma US yg bener2 persaingan sempurna.