source : h++p://www.kaskus.us/showthread.php?t=990368Pada bulan april 2008 saya memutuskan inden mobil captiva diesel di dealer chevrolet Jl.panjang dengan perjanjian kontrak mobil akan ditangan saya akhir mei. Bulan juni saya telpon dan dijanjikan lagi paling lambat akhir juni.
Hingga awal july saya lelah menelpon dan menerima janji2 kosong dari pihak chevrolet maka pada tanggal 8 july saya ke dealer Jl.panjang dengan tujuan meminta kembali DP saya sebesar 5juta, disana saya bertemu bpk Yoga selaku supervisor, beliau dengan persetujuan branch manager bpk Budi membuat surat perjanjian diatas meterai yg isi-nya memberikan jaminan bahwa sebelum tanggal 30 july mobil sudah ditangan saya dengan kompensasi akan diberikan bonus jok kulit apabila lewat dari tanggal 30 july. Perlu diketahui tanggal deadline 30 july yang menentukan pihak Chevrolet sendiri.
Pada tanggal 30 july saya telpon bpk Yoga bahwa hari ini deadline perjanjian, beliau beralasan sedang diluar kota dan secara sepihak memutuskan pembicaraan telpon. Maka pada tanggal 31 July saya kembali ke dealer menemui branch manager bpk Budi untuk memastikan bahwa saya berhak mendapat kompensasi sesuai dengan yang dijanjikan, namun bukan komitmen dan kata maaf yang saya dapatkan malah dengan arogannya dia berkata: "KALAU SAYA TIDAK MAU MENEPATI JANJI KAMU MAU APA???"
Beginikah GM chevrolet melatih para manajernya? beginikah komitmen chevrolet melayani customer? Yang bahkan surat perjanjian diatas meterai saja sama sekali tidak dihiraukan.
UPDATE:
sementara ini sudah masuk kompas.com ---> http://www.kompas.com/suratpembaca
ini perjanjiannya, Tulisan tangan perjanjian adalah tulisan Bpk widodo selaku sales marekting disana, dan beliau bersedia menjadi saksi perjanjian.
Komplain dealer Chevrolet
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Komplain dealer Chevrolet
bukan gw yang ngalamin,just info aja,dikutip dari forum sebelah
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 277
- Joined: Wed Jun 18, 2008 12:37
- Location: Kampungnya Rambo
Re: Komplain dealer Chevrolet
Lagi stress pak Budinya kali hehehe, akibat stress di bawa ke kerjaan yah gini dah 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: Komplain dealer Chevrolet
wow kasar amir ngomongnya..
pelanggan kq di gituin..
pelanggan kq di gituin..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Re: Komplain dealer Chevrolet
Lanjut aja bawa pengacara... tuntut 1m dengan dalih merugikan konsumen karena ga bisa bekerja, dll HAHAHAHA just joking. Lalu selanjutnya gimana nih.. ?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Komplain dealer Chevrolet
dah ada tanggapan dari pihak GM nih...
Tanggapan atas Surat "Waspada Dealer Terbesar Chevrolet"
Saya Fajar Harianto, selaku PR & Corporate Communications Manager PT GM AutoWorld Indonesia - ATPM mobil merek Chevrolet di Indonesia dan atas nama GM AutoWorld Indonesia menyesalkan peristiwa yang membuat Ibu Sylvia Dermawan kecewa atas perihal perlakuan dealer Chevrolet, SUN Motor Jl Panjang.
Saya beserta manajemen GM AutoWorld Indonesia terkait akan segera berkordinasi dengan Direksi SUN Motor Jl. Panjang guna menyelesaikan masalah ini dan menindaklanjuti sesuai standar kebijakan korporat GM Indonesia.
Kami juga menyadari bahwa tindakan, perlakuan dan perkataan yang disampaikan Kepala Cabang Saudara Budi dan Sales Supervisor Saudara Yoga adalah bukan merupakan tindakan semestinya, tidak sepantasnya dan jauh dari tata aturan yang dipersyaratkan oleh GM AutoWorld Indonesia dalam perihal melaksanakan operasional penjualan dan pelayanan pelanggan.
Kami berharap, surat ini bisa menjadi awal yang baik untuk dan agar masalah ini bisa selesai dan tidak terjadi lagi di kemudian hari. Kami juga membuka diri untuk me-mediasi Ibu Sylvia Dermawan agar menemukan jalan yang terbaik dalam menyelesaikan masalah ini dengan SUN Motor Jl. Panjang.
Demikian surat tanggapan yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya serta pengertiannya kami ucapkan terima kasih.
Fajar Harianto - PR & Corporate Communications Manager
PT. GM AutoWorld Indonesia
Jl Bekasi Raya KM 27, Bekasi 17132
Bekasi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
Re: Komplain dealer Chevrolet
Janji tetaplah janji...
apalagi sudah di atas materai,hukumnya sudah jadi harus,wajib dan mesti di laksanakan!
Kalo saya jadi konsumen nya,saya tetap akan tuntut,wong udah tanda tangan kok mengelak!
Kalo saya supervisor,yah saya juga harus kasih tuh jok kulit,krn 'gamblingnya' ternyata meleset dr perkiraan!
apalagi sudah di atas materai,hukumnya sudah jadi harus,wajib dan mesti di laksanakan!
Kalo saya jadi konsumen nya,saya tetap akan tuntut,wong udah tanda tangan kok mengelak!
Kalo saya supervisor,yah saya juga harus kasih tuh jok kulit,krn 'gamblingnya' ternyata meleset dr perkiraan!

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Komplain dealer Chevrolet
hmmm, kalo mnrt ku, didalam SP tersebut, masih ada pernyataan dari yoga, yg berpeluang untuk ingkar janji dgn memberikan kompensasi yaitu sang peng - inden captiva mendapatkan jok kulit.
Jadi nya karena bener2 captiva gak bisa di penuhi di tgl 20-30 juli, ya artinya, calon pembeli captiva berhak dapat jok kulit.
coba aja, di surat pernyataan tersebut gak ada tambhan "NB" nya...pasti bisa seru tuh..
Jadi nya karena bener2 captiva gak bisa di penuhi di tgl 20-30 juli, ya artinya, calon pembeli captiva berhak dapat jok kulit.
coba aja, di surat pernyataan tersebut gak ada tambhan "NB" nya...pasti bisa seru tuh..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Komplain dealer Chevrolet
UPDATE : mobil udah dateng n pihak chevrolet mao dateng ke rumah yang bersangkutan
hari rabu
manteo nih,jadi seru hehehe,btw,sales ama managernya diapain y kira2?
hari rabu
manteo nih,jadi seru hehehe,btw,sales ama managernya diapain y kira2?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 444
- Joined: Tue Feb 19, 2008 3:34
Re: Komplain dealer Chevrolet
plus jok kulitnya gak bro ? kl yang dijanjikan sdh dipenuhi lbh baik gak usah diperpanjang bikin repot doang buang2 waktu deh, apalagi kl ybs sudah minta maaf lebih bijaksana cari teman dari pada lawan bukan begitu bro.......
ST .
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Komplain dealer Chevrolet
sebenarnya, kira2, seberapa besar kah akan terjadinya kemelesetan janji dari dealer spt ini?
**kemelesetan janji=
-pembeli sangat menginginkan mobilnya di-deliver pd tgl tertentu (misalnya tgl 18 Juli) ...
-tentu saja pembeli itu akan berusaha "memaksa" salesperson utk bisa menyediakan unitnya pd tgl tersebut.
-sehingga salesperson "mau tidak mau" akan mengatakan: "ya saya sanggup & berjanji bahwa mobil akan di-deliver pd tanggal tersebut"
-sedangkan sebenarnya, jatah unit utk dealer tsb jg masih blm jelas2 amat kapan akan di-drop
-misalnya, informasi yg didapat oleh dealer dr pabrik hanyalah: dealer akan mendpt drop2an pd bulan Juli, sekitar minggu ke-3 atau ke-4
-ketika ternyata drop2an dr pabrik meleset..tentu saja akan membuat salesperson "terpaksa" meleset juga janjinya.
sebenarnya ini sangat sehubungan dg thread:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=8728 <<< Inden Toyota: Tunas Toyota atau Auto-2000 ??
then, yg jadi pertanyaan gw:
-apakah salesperson tau dg pasti, ttg jadwal dropping unit dr pabrik ke ke dealer ?
-apakah pabrik bisa melakukan rencana dg detail, tanggal dropping unit ke dealer ?
(pengetahuan ttg ini bisa menjadi dasar bagi kita utk lbh realistis, kalau "memaksakan" janji dg saleperson)
**kemelesetan janji=
-pembeli sangat menginginkan mobilnya di-deliver pd tgl tertentu (misalnya tgl 18 Juli) ...
-tentu saja pembeli itu akan berusaha "memaksa" salesperson utk bisa menyediakan unitnya pd tgl tersebut.
-sehingga salesperson "mau tidak mau" akan mengatakan: "ya saya sanggup & berjanji bahwa mobil akan di-deliver pd tanggal tersebut"
-sedangkan sebenarnya, jatah unit utk dealer tsb jg masih blm jelas2 amat kapan akan di-drop
-misalnya, informasi yg didapat oleh dealer dr pabrik hanyalah: dealer akan mendpt drop2an pd bulan Juli, sekitar minggu ke-3 atau ke-4
-ketika ternyata drop2an dr pabrik meleset..tentu saja akan membuat salesperson "terpaksa" meleset juga janjinya.
sebenarnya ini sangat sehubungan dg thread:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... f=4&t=8728 <<< Inden Toyota: Tunas Toyota atau Auto-2000 ??
then, yg jadi pertanyaan gw:
-apakah salesperson tau dg pasti, ttg jadwal dropping unit dr pabrik ke ke dealer ?
-apakah pabrik bisa melakukan rencana dg detail, tanggal dropping unit ke dealer ?
(pengetahuan ttg ini bisa menjadi dasar bagi kita utk lbh realistis, kalau "memaksakan" janji dg saleperson)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 200
- Joined: Sat Apr 26, 2008 17:13
Re: Komplain dealer Chevrolet
Kalo dari sisi pabrik sih kecil kemungkinan untuk meleset dari rencana dan jumlah produksi karena rata2"well planned and organized" ,biasanya "kekacauan" ditingkat dealer....andy1800 wrote:
then, yg jadi pertanyaan gw:
-apakah salesperson tau dg pasti, ttg jadwal dropping unit dr pabrik ke ke dealer ?
-apakah pabrik bisa melakukan rencana dg detail, tanggal dropping unit ke dealer ?
(pengetahuan ttg ini bisa menjadi dasar bagi kita utk lbh realistis, kalau "memaksakan" janji dg saleperson)
sering denger ngak:"....harga nrmal indent sekian hari...ada yg ready stock tambah sekian juta.........."
Realitis aja,sebagai sales mana yg jadi prioritas?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Komplain dealer Chevrolet
diupdate nih
mampus dah manajernya kna SP3 wkwkwkkwUPDATE!!!
td jam 2 an sudah datang tuh perwakilan SUN MOTOR (matraman). Bpk Chris
dia minta maaf atas apa yang sudah terjadi (sambil bawa kue tart HOLLAN BAKERY).
Dia menawarkan bonus jok kulit sesuai perjanjian ( tapi karena saya sudah terlanjur beli sendiri) maka ditawarkan alternativ accesoris mobil captiva seperti lampu belakang, fog lamp & handle door croom (ditotal nilalinya hampir sama jok kulit di price list mereka).
Mengenai manajer dikatakan akan terkena SP-3 sedangkan supervisor SP-2 (perkiraan katanya), realisasi kepastiannya tunggu minggu depan dikarenakan SUN MOTOR sedang ada rapat di solo.
Jadi keputusan akhirnya masih menunggu minggu depan ( mengenai nasib manajer + pergantian accesorisnya) --> masih perlu di meetingkan katanya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 449
- Joined: Sun Mar 05, 2006 16:49
Re: Komplain dealer Chevrolet
skrang malah udah dikasi perhatian ama direktur GM loh...
td bpk Chris juga bilang sebelumnya dealer terbesar mereka ini bersih recordnya maka-nya perkiraan sanksinya SP2 & SP3.
yah tinggal tunggu minggu depan saya juga bakal nanya tuh bagaimana nasib sanksi mereka.
Oya just info td sore jam 4-an ada respon dari direktur GM pusat (bpk Agung) beliau menanyakan bagaimana SUN MOTOR menyelesaikan masalah ini kepada kita & apabila di kemudian hari ternyata masih ada rasa kurang puas dihimbau untuk menghubungi Bpk Agung secara langsung ke HP-nya.
wah bagus juga nih respon GM PUSAT (sampe direkturnya langsung menghubungi customer ^_^)
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Komplain dealer Chevrolet
hahaha
ya iya atuh
udah masuk media massa sih...
ya iya atuh
udah masuk media massa sih...

Anda sudah TEST DRIVE belum?...