relisar wrote:andy1800 wrote:kalau...kalau neh yaa...kalau andaikata, dg K&N itu...mobil dipakai harian di jkt...(kondisi udara jkt yg spt ini) tanpa dibersihkan sama sekali....(marilah kita bayangkan kita pemakai bego). maka kira2 akan berapa lama umur K&N nya itu?
Semua filter sih kalau dipakai setiap hari ujung2xnya harus dibersihkan yah bro, apalagi di Jakarta yg polusi ini.
Umur K&N tuh panjang menurut sy, tidak usah diganti tapi
rajin dibersihkan saja. Kalau tidak dibersihkan sama sekali yg kalah sih mesinnya alias performanya makin menurun karna filternya mampet atau kering. Untuk pemakaian tiap hari di Jakarta rekomen saya sih cek setiap 5K-10K saja, trus puter2x filternya supaya bagian yg kotornya biar rata. Dibersihkan kalau sudah kotor saja, ngga usah sering2x

yup yup... thanks bro...
saya tanya itu td, berhubung gw sedang berusaha berhitung ttg "nilai ekonomis" dr si K&N yg 800K ini, dg asumsi "keras".
terus terang sy baru nyadar kalau hanya perlu diputer2 spy kotornya rata dulu.
biasanya gw nggak ngebolehin sopir utk tiup filter (standar) pake kompresor.
ini karena gw masih terpengaruh artikel di otomotif jadul, yg bilang bahwa that's not recommended.
sampai skrg gw masih mikir gini: kl kotor, ganti (genuine) aja.
pdhl, disisi lain, kl para pakar disini bilang, malah sebaiknya kl kotor tiup pake kompressor.
selain itu, gw msh berpikiran bhw the genuine is the best utk kondisi harian.
kl aftermarket (terutama yg lebelled "kompetisi" atau hasil riset luar negri), blm tentu pas dg kondisi harian jkt.
dlm hal ini, misalnya: besarnya partikel
debu ala jakarta yg lolos dr K&N ini, apakah cukup aman buat komponen injeksi.
hmmm...entahlah.perlu waktu buat mengubah cara pikir diri sendiri.....hehehe
..............
