(ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
(ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
saya mau nanya nih kalo pd masa break-in (inreyen /bner ga yah nulisnya?) cara nyetir mobilnya akan menentukan karakter mesin/mobilnya...?
krn begini nih pengalaman saya dan beberapa konfirmasi dari kenalan:
saya punya kijang diesel 2002 manual dari baru sudah sering dipake keluar kota pp Bdg-Jkt sebelum jaman tol cipularang jadi mobil suka dibawa high RPM n high speed...
dan saya punya temen mobil yg sama persis (belinya bareng,bengkel resminya brg) dari baru dipake supir didalem kota n dibawa pelan:
nah suatu hari tukeran kok yg saya jauh terasa lebih kencang... teman sayanya pun mengkonfirmasi yg saya lebih kencang... pdhal tidak ada modifikasi apa2....
dan ketika ngobrol2 banyak tuh kenalan saya bilang iya.. kalo mobil dari baru dibawa geber (kenceng) mobilnya jadi kenceng n berlaku sebaliknya....
benarkah??
krn begini nih pengalaman saya dan beberapa konfirmasi dari kenalan:
saya punya kijang diesel 2002 manual dari baru sudah sering dipake keluar kota pp Bdg-Jkt sebelum jaman tol cipularang jadi mobil suka dibawa high RPM n high speed...
dan saya punya temen mobil yg sama persis (belinya bareng,bengkel resminya brg) dari baru dipake supir didalem kota n dibawa pelan:
nah suatu hari tukeran kok yg saya jauh terasa lebih kencang... teman sayanya pun mengkonfirmasi yg saya lebih kencang... pdhal tidak ada modifikasi apa2....
dan ketika ngobrol2 banyak tuh kenalan saya bilang iya.. kalo mobil dari baru dibawa geber (kenceng) mobilnya jadi kenceng n berlaku sebaliknya....
benarkah??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
kalo mbl ksrgan dibawa pelan and dalam kota only,ruang bakar ny bnyk kesimpen kerak2 karbon sehingga ya larinya jd berasa plan coz pmbkaran ga lncr..ad konfirmasi tmbhn?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
betul bro hilmanz..makanya kadang2 perlu disiksa bntr mesinnya...istilah kerennya "italian tune"..hehehe
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 160
- Joined: Fri Nov 02, 2007 14:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
yup jadi lebih kenceng.... tapi lebih cepet rusak juga
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
hahaha... btul.. masuk akal banget tuh...
hati2 kalo inreyen geber2.. gram2 hasil gesekan harus segera dibuang dengan cara ganti oli...
kalo ga.. ya "selamat" lah mobil anda...
hati2 kalo inreyen geber2.. gram2 hasil gesekan harus segera dibuang dengan cara ganti oli...
kalo ga.. ya "selamat" lah mobil anda...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Bukannya jaman sekarang untuk mobil udah ga ada istilah inreyen lagi ya?
Saya pake Yaris & Swift aja dua-duanya rekomendasi ganti oli baru pada 10000KM, tapi karena saya rada sayang, untuk Yaris saya 5000KM udah saya ganti olinya, kalo Swiftnya belum ada 2000KM, jadi belum ganti oli.
Saya setuju sama anggapan kalo mobil sering dibawa kenceng tarikannya lebih enak karena keraknya pasti lebih banyak kebuang & mesin lebih bersih, kalo mobil cuma dibawa pelan di dalem kota pasti timbunan keraknya lebih banyak. Mobil-mobil saya pemakaiannya juga seringnya di dalam kota aja, tapi seminggu sekali pasti saya lakukan 'Italian tuning' dengan menggeber mobil sampe hampir menyentuh redline selama beberapa menit untuk membuang kerak-kerak yang mungkin menempel. Gigi 1 sampe 6500rpm, gigi 2 6500rpm, gigi 3 6500rpm, ga perlu gigi 4 karena dah kenceng banget tuh. Pake Yaris m/t udah bisa hampir nyentuh 130kmpj tuh pake gigi 3, gigi empat dicoba pernah nyentuh 165kmpj, tapi dah bahaya banget, ga mau lagi deh, ngeri, mending sampe gigi 3 aja. Kalo Swift a/t, tuas dimasukin di posisi gigi 2 aja dah bisa ngeraih 120kmpj di redline. Tahan di RPM 5000-6000 (mesin bensin) selama jalan beberapa menit juga bisa membantu mengurangi timbunan kerak. Kalo diesel tentu di RPM yang lebih rendah, mendekati redline lah. Mending sedikit boros bensin daripada harus sering-sering melakukan carbon cleaning. Tapi perhatikan lho bro, jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain dengan melakukan Italian tuning menggeber mobil di jalanan yang ramai, selalu perhatikan jalan.
Tapi kalo sering dibawa ke luar kota ga perlu lagi sih Italian tuning.
Saya pake Yaris & Swift aja dua-duanya rekomendasi ganti oli baru pada 10000KM, tapi karena saya rada sayang, untuk Yaris saya 5000KM udah saya ganti olinya, kalo Swiftnya belum ada 2000KM, jadi belum ganti oli.
Saya setuju sama anggapan kalo mobil sering dibawa kenceng tarikannya lebih enak karena keraknya pasti lebih banyak kebuang & mesin lebih bersih, kalo mobil cuma dibawa pelan di dalem kota pasti timbunan keraknya lebih banyak. Mobil-mobil saya pemakaiannya juga seringnya di dalam kota aja, tapi seminggu sekali pasti saya lakukan 'Italian tuning' dengan menggeber mobil sampe hampir menyentuh redline selama beberapa menit untuk membuang kerak-kerak yang mungkin menempel. Gigi 1 sampe 6500rpm, gigi 2 6500rpm, gigi 3 6500rpm, ga perlu gigi 4 karena dah kenceng banget tuh. Pake Yaris m/t udah bisa hampir nyentuh 130kmpj tuh pake gigi 3, gigi empat dicoba pernah nyentuh 165kmpj, tapi dah bahaya banget, ga mau lagi deh, ngeri, mending sampe gigi 3 aja. Kalo Swift a/t, tuas dimasukin di posisi gigi 2 aja dah bisa ngeraih 120kmpj di redline. Tahan di RPM 5000-6000 (mesin bensin) selama jalan beberapa menit juga bisa membantu mengurangi timbunan kerak. Kalo diesel tentu di RPM yang lebih rendah, mendekati redline lah. Mending sedikit boros bensin daripada harus sering-sering melakukan carbon cleaning. Tapi perhatikan lho bro, jangan membahayakan diri sendiri dan orang lain dengan melakukan Italian tuning menggeber mobil di jalanan yang ramai, selalu perhatikan jalan.
Tapi kalo sering dibawa ke luar kota ga perlu lagi sih Italian tuning.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Top speed setiap gear segitu rata2 sedan 1500cc bisa, soluna dan grandcivic sudah bisa segitu, a/t bisa segitu karena 4speed ratio renggang2, gear 2 a/t = gear 2.5 di m/t.
hanya saja vibrasi dan suaranya sudah keras karena metalurgi komponen mesin beda dgn sekarang.
Mengenai perlu "running in" ini & setelah itu jarang digeber, memang yg sering digeber akan lebih kencang.
Namun, akan beda kondisi setelah hi-mileage (jarak >1or200.000km), saat yg sering digeber mungkin sudah mulai "exhausted", yg jarang digeber kadang malah masih sehat (batasan : kompresi masih lebih normal) & mungkin bisa di-exercise & "mulai" kenceng.
hanya saja vibrasi dan suaranya sudah keras karena metalurgi komponen mesin beda dgn sekarang.
Mengenai perlu "running in" ini & setelah itu jarang digeber, memang yg sering digeber akan lebih kencang.
Namun, akan beda kondisi setelah hi-mileage (jarak >1or200.000km), saat yg sering digeber mungkin sudah mulai "exhausted", yg jarang digeber kadang malah masih sehat (batasan : kompresi masih lebih normal) & mungkin bisa di-exercise & "mulai" kenceng.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
yah.,mksdnya geber yah jgn macam bw mobil balap gitu..itu nyiksa lah bang..hehehhee
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
mungkin baiknya setelah masa running-in lewat, mesin di-"excercise" hanya s/d 500rpm di bawah daya max dengan gear 2 seminggu sekali.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
ada caranya geber n mesin tetep awet ampe se100rb km.
mobil baru setelah jalan 1000km, trus servis pertama. Tuangkanlah MOTOR-UP Engine treatment atau SLICK-50 ke dalam mesin (campur ama oli mesin). Ikuti penggantian oli sesuai mandat pabrik.
mobil baru setelah jalan 1000km, trus servis pertama. Tuangkanlah MOTOR-UP Engine treatment atau SLICK-50 ke dalam mesin (campur ama oli mesin). Ikuti penggantian oli sesuai mandat pabrik.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 660
- Joined: Tue Mar 11, 2008 14:31
- Location: Yogyakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Udah terbukti juga sih, dari semua mobil yang pernah saya punya, diperlakukan secara halus & seminggu sekali dilakukan Italian tuning, mesin awet & tenaganya selalu prima. Buktinya aja saya udah pake Corolla DX (sebagai tangan ketiga) dari tahun 1996 sampe 2007, belum pernah turun mesin & tenaganya oke, tua-tua gitu masih bisa lari 130kmpj.
Skarang pake Yaris & Swift juga slalu gitu, Yarisnya udah setaun dipake tiap hari, sekarang masih prima tu...
Skarang pake Yaris & Swift juga slalu gitu, Yarisnya udah setaun dipake tiap hari, sekarang masih prima tu...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 230
- Joined: Mon Aug 06, 2007 19:15
- Location: Bandung
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
bro ada perhitungan ga kapan sebaiknya mulai di italian tuning? kilometer brapa gitu..? mobil saya baru 100 neh..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 996
- Joined: Mon Dec 31, 2007 8:12
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
weleh masih 100 ga usa italian tuning dl.msh mst inreyen dl mpe 1000km..kl saya si ky gt di km 10.000 dengan asumsi pemakaian sudah agak lama
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
mgkin para pakar bilang:
* wah...mobil baru jgn maen digeber bro!!
* yup jadi lebih kenceng.... tapi lebih cepet rusak juga
ada jg yg bilang:
* Bukannya jaman sekarang untuk mobil udah ga ada istilah inreyen lagi ya?
tp kalau gw ndiri, secara keyakinan, bukan logika loh, lbh cenderung meyakini bahwa memang
karakter mobil juga ditentukan oleh perlakuan kita kepadanya sewaktu masa kanak2....eh, masa break-in..
jadi, kalau pada masa inrijn, itu engine udah kita ajak "naek2 gunung" dikit, maka itu akan membuatnya jadi lbh taugh.
toh, gw yakin TS juga maennya bukan kasar abis. tp: "yah.,mksdnya geber yah jgn macam bw mobil balap gitu..itu nyiksa lah bang..hehehhee".
dan untunglah juga, disini para pakar udah menjelaskan logika2nya.
kalau ttg lbh cepet rusak, yaaah resiko deh...
dan memang gw selalu overhaul secara berkala, kalau udah tiba saatnya.
dengan pemikiran: resiko ini adalah price we have to pay yg sebanding dgn tenaga-lebih yg kita dapatkan itu.
sebanding dengan apa yg oleh engine itu bisa berikan kpd kita, selama 3 tahun (misalnya overhaulnya per 3 tahun )...
apalagi, krn mobil gw adalah mobil "kuda beban", pendukung buat cari duit....maka, kami take & give laah.....heheuehehe.

* wah...mobil baru jgn maen digeber bro!!
* yup jadi lebih kenceng.... tapi lebih cepet rusak juga
ada jg yg bilang:
* Bukannya jaman sekarang untuk mobil udah ga ada istilah inreyen lagi ya?
tp kalau gw ndiri, secara keyakinan, bukan logika loh, lbh cenderung meyakini bahwa memang
karakter mobil juga ditentukan oleh perlakuan kita kepadanya sewaktu masa kanak2....eh, masa break-in..

jadi, kalau pada masa inrijn, itu engine udah kita ajak "naek2 gunung" dikit, maka itu akan membuatnya jadi lbh taugh.
toh, gw yakin TS juga maennya bukan kasar abis. tp: "yah.,mksdnya geber yah jgn macam bw mobil balap gitu..itu nyiksa lah bang..hehehhee".
dan untunglah juga, disini para pakar udah menjelaskan logika2nya.
kalau ttg lbh cepet rusak, yaaah resiko deh...
dan memang gw selalu overhaul secara berkala, kalau udah tiba saatnya.
dengan pemikiran: resiko ini adalah price we have to pay yg sebanding dgn tenaga-lebih yg kita dapatkan itu.
sebanding dengan apa yg oleh engine itu bisa berikan kpd kita, selama 3 tahun (misalnya overhaulnya per 3 tahun )...
apalagi, krn mobil gw adalah mobil "kuda beban", pendukung buat cari duit....maka, kami take & give laah.....heheuehehe.



-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3280
- Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
- Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
- Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
weits DX saya baru bisa lari segitu pas selese ganti CDI...ddaru wrote:Udah terbukti juga sih, dari semua mobil yang pernah saya punya, diperlakukan secara halus & seminggu sekali dilakukan Italian tuning, mesin awet & tenaganya selalu prima. Buktinya aja saya udah pake Corolla DX (sebagai tangan ketiga) dari tahun 1996 sampe 2007, belum pernah turun mesin & tenaganya oke, tua-tua gitu masih bisa lari 130kmpj.
Skarang pake Yaris & Swift juga slalu gitu, Yarisnya udah setaun dipake tiap hari, sekarang masih prima tu...
btw klo sebelum 1000 km(service pertama) ud boleh di bleyer-bleyer plus dipake ngebut ya??
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 01, 2007 14:30
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
perasaan semua kendaraan tetap ada yg namanya inreyen, bahkan perangkat audio (terutama speaker) jg ada. mamaku naik kijang diesel taon 97 sblmnya pernah nganggur sekitar 2 taon,waktu inreyen sering d bawa luar kota,sedangkan sodaraku punya kijang diesel jg taon 2000,tp waktu inreyen sering d pake dlm kota aja. waktu aku pake,tarikan ama top speed jg beda, yg taon 97 lebih mantep......setelah crosscheck sana sini,temen ku yg punya spd motor jg bilang gt.
menurutku sebelum 1000 km, waktu km ke 800 sebaiknya kita mulai ajak tunggangan kita untuk "sedikit berolahraga" biar mesinnya g jd mesin "bencong" huahahahahaha.............
menurutku sebelum 1000 km, waktu km ke 800 sebaiknya kita mulai ajak tunggangan kita untuk "sedikit berolahraga" biar mesinnya g jd mesin "bencong" huahahahahaha.............
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
bukan speaker aja, lebih penting lagi power/amplifier baru maupun setelah disimpan, saat start/connect for the first time (masih dingin & disimpan lama) tidak boleh langsung digeber, perlu pemanasan & exercise 1jam or more.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Menurut saya, secara teknis sebenarnya ga bisa dibilang begitu juga sih..
Inreyen harus dilakukan dengan hati2..
soalnya dari pelajaran di kuliah saya, setiap komponen mesin memiliki suaian dan toleransi yang harus memenuhi standard apakah suatu mesin baik atau tidak..
Pada masa inreyen ato baru kluar dari pabrik, silinder pada mesin tuh secara mikron masih dibilang kasar, butuh penghalusan dari piston dan ring piston yang bekerja..
Waktu panas, kondisi keduanya memuai dan saling bergesakan secara mikron, nah hal ini yang membuat gram2 pada oli di mobil yang musti dibuang..
Harusnya pada saat inreyen, mobil jangan dibuat terlalu panas.. Kan bisa menyebabkan pemuaian yang berlebihan dan gesekan yang berlebihan yang bisa menyebabkan kondisi komponen2 mesin menjadi longgar..
Faktor yang terjadi mobil yang satu lebih responsif dari mobil yang lain itu banyak, misal:
Penggunaan oli, penggunaan bahan bakar, dan faktor x lainnya..
kalo masalah karbon di ruang bakar masih dibilang masuk akal, tapi jangan dijadikan faktor utama..
soalnya kerak2 di ruang bakar kan bisa di bersihkan..
Inreyen harus dilakukan dengan hati2..
soalnya dari pelajaran di kuliah saya, setiap komponen mesin memiliki suaian dan toleransi yang harus memenuhi standard apakah suatu mesin baik atau tidak..
Pada masa inreyen ato baru kluar dari pabrik, silinder pada mesin tuh secara mikron masih dibilang kasar, butuh penghalusan dari piston dan ring piston yang bekerja..
Waktu panas, kondisi keduanya memuai dan saling bergesakan secara mikron, nah hal ini yang membuat gram2 pada oli di mobil yang musti dibuang..
Harusnya pada saat inreyen, mobil jangan dibuat terlalu panas.. Kan bisa menyebabkan pemuaian yang berlebihan dan gesekan yang berlebihan yang bisa menyebabkan kondisi komponen2 mesin menjadi longgar..
Faktor yang terjadi mobil yang satu lebih responsif dari mobil yang lain itu banyak, misal:
Penggunaan oli, penggunaan bahan bakar, dan faktor x lainnya..
kalo masalah karbon di ruang bakar masih dibilang masuk akal, tapi jangan dijadikan faktor utama..
soalnya kerak2 di ruang bakar kan bisa di bersihkan..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
yap, itulah yg juga saya maksud, clearance2 mesin setelah hi-mileage utk mesin yg sering digeber sejak lahir, dapat berubah (beda hal kalo hanya exercise saat pemakaian).
kalo mesin yg running-in halus clearance mesin jadi terbentuk natural => lebih awet.
atau, sejak baru diperkuat dengan metode cryogenic, increased durability & performance, ada yg pernah coba?
http://en.wikipedia.org/wiki/Cryogenics
http://www.onecryo.com/
kalo mesin yg running-in halus clearance mesin jadi terbentuk natural => lebih awet.
atau, sejak baru diperkuat dengan metode cryogenic, increased durability & performance, ada yg pernah coba?
http://en.wikipedia.org/wiki/Cryogenics
http://www.onecryo.com/
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
walah apakah sampe kesitu? biasakan produk masal, kayaknya pake proses permesinan biasa deh..
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
iya, metode cryogenic sepertinya increased durability cukup ampuh utk race.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
waduh makin pusing hahahhahha
jadi setelah seribu... mesin baru agak digeber... atau belon seribu juga uda bole digeber?
maksudnya gebernya juga kira2 lha...
pake slick 50 gt emang ngaruh yea?
tapi selama masa inreyen ini teman saya bilang ga mungkin bisa dibawa geber.. pd kecepatan tertentu juga stuck kok kt die(ga gue cobain takut ga stuck malah mesin gue babak belur ntarnya heheheh)?? n konsumsi bahan bakarnya juga boros kok pd masa break in (bener ga ya? atau emang konsumsinya segitu?)?
jadi setelah seribu... mesin baru agak digeber... atau belon seribu juga uda bole digeber?
maksudnya gebernya juga kira2 lha...
pake slick 50 gt emang ngaruh yea?
tapi selama masa inreyen ini teman saya bilang ga mungkin bisa dibawa geber.. pd kecepatan tertentu juga stuck kok kt die(ga gue cobain takut ga stuck malah mesin gue babak belur ntarnya heheheh)?? n konsumsi bahan bakarnya juga boros kok pd masa break in (bener ga ya? atau emang konsumsinya segitu?)?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
FC makin membaik setelah running-in, ini juga karena adaptasi pengemudi terhadap kedinamisan mobil makin meningkat.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
para pakar pls bantu TS nya deh...hehehe...
oiya bang..mobil jg mirip manusia...sejak bayi diperlakukan dan diajarin gimana, dewasanya jg bakalan gimana..mbl sejak baru disayang2 yah awet yah..cm terlalu disayang yah namanya dimanjain, jadi mirip manusia, jg ga baek buat pertumbuhan..huehuehue..CMIIW
oiya bang..mobil jg mirip manusia...sejak bayi diperlakukan dan diajarin gimana, dewasanya jg bakalan gimana..mbl sejak baru disayang2 yah awet yah..cm terlalu disayang yah namanya dimanjain, jadi mirip manusia, jg ga baek buat pertumbuhan..huehuehue..CMIIW
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: (ask) masa break-in menentukan karakter mobil??
Twincam91 gw justru tiap hari jalannya ditol. Ga kenceng2 sih, paling sekitar 120-140kmpj doank. Kalu Avanza S (Nov07) rata-rata seminggu sekali diajak lewat tol. Paling poll sekitar 150-155kmpj pada rpm 5000-5500.
Cukup kan?
Cukup kan?

Accurate V5 Accounting System Consultant