seputar ngelitik yang tak hilang2

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by ruthndul »

Mobil saya Camry V6 th 2000
ngelitik cukup parah
dan saya bawa ke bengkel untuk tune up
sudah ganti busi, ganti oli shell helix plus 10W40
timing pengapian sudah diatur pas top
bensin sudah pakai pertamax plus
tapi ngelitik hanya berkurang, tidak hilang.
hingga injector sudah dibersihkan,
tapi masih juga ngelitik
kebanyakan ngelitik terjadi pada saat :
penambahan kecepatan dari 30-40kph
bukan dari 0, bukan juga dari kecepatan tinggi misal 70-80kph
dan pada saat AC nyala.
bengkel bilang faktornya banyak,
mungkin juga karbon menumpuk di cylinder
sehingga menambah rasio kompresi
sehingga diperlukan oktan yang lebih tinggi
seberapa banyak kejadian kasus spt ini ?
apakah worthy cylinder head dilepas,
untuk membersihkan karbon yang baru dalam taraf 'mungkin' sebagai penyebab ngelitik ?
apakah ada faktor lain ?
Bukankah Camry sudah ada knocking sensor ?
(Seingat saya, Great Corolla tahun 92 sudah ada knocking sensornya)
saya sudah baca thread-nya om Penyu Turbo ttg Oktan & Knocking
tapi belum menemukan penyebab yang relevan ttg knocking.
atau sudut pengapian dimundurkan dengan resiko tenaga kurang & boros ?
ada yang bisa bantu pencerahan?
terima kasih.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by uch »

Sekarang khan sudah jaman canggih Pak. Bersihin carbon nggak perlu turun mesin lagi.

Bus de wae ttg ngelitik. Yg dibahas diforum2 biasanya ngelitik=preignition akibat bbm meledak duluan karna oktan dibawah yg disyaratkan mesin. Gimana dengan nglitik nya mesin jadul kompresi rendah yg hanya membutuhkan RON 88 ?? Terutama/biasanya mesin2 yg tidak punya HLA seperti mesin seri K nya kijang (misalnya). Dulu pernah nanya itu di saft.com tapi nggak dijawab.

Kalo jaman dulu biasanya solusi nya dengan stel klep dan mundurkan pengapian (putar distributor ntah ke kiri atau kanan lupa gw, pokoke stel poor and noah). Tapi jaman sekarang mesin2 sudah canggih (kata montir nya sih :D), klep nggak perlu/nggak bisa distel dan pengapian sudah otomatis menyesuaikan. Tapi kalo didesak "tapi kenapa ngelitik ??", montir nya cuman hah..hoh... sambil menyalahkan BBM jelek. Apalagi kalo dibilang ngelitiknya cuman saat mau narik di gigi 3 ke atas. Gigi 1 dan 2 nggak ngelitik. Masa mutu BBM dalam tangki ikut berubah ngikutin persnelling or kecepatan ?

Sorry nggak bisa ngasih pencerahan cuman bisa ikut nggerutu.
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by GTR »

sepertinya seputar head cyl, packing head atau seal klep ada yg bocor, sehingga ada sedikit oli atau air yg masuk ke ruang bakar.
Mau tidak mau harus bongkar head, or piston nya berubah struktur bahkan bisa rusak kalo pinging horribly.
Greco itu bukannya belum ada knock sensor, & masih pakai distributor?
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

bensin pake apa bro?

pake pertamax deh
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by GTR »

kan sudah pakai pertamax plus...masih knocking..
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

oo bacanya buru2. kelewat. ehehe

berarti mungkin udah byk kerak sehingga kompresinya ketinggian

bener tuh di spirit carbon clean aja dulu
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by GTR »

sasaran most cleaning by spirit carbon clean hanya diarea combustion chamber.
padahal kerak tebal/banyak di kepala klep intake, menyebabkan klep tidak menutup rapat, penyaluran bahan bakar tersumbat, dst.
sebaiknya disemprotkan juga ke kepala klep melalui lubang dudukan injector di head yg mengarah langsung ke kepala klep agar tidak perlu melepas head.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

ato paling tokcer turun 1/2 aja sekalian pnp

:D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
tonie
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 702
Joined: Sat May 05, 2007 3:07

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by tonie »

satyr wrote:ato paling tokcer turun 1/2 aja sekalian pnp

:D
demen gw... ama solusinya.... :mrgreen:
wait ajah deh... klo sempet seh.. see :mrgreen:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by imsus2c »

^^^
setujuhhhh...
Kalo turun 1/2 plus PnP ngga ada ruginya kok (paling biaya...). PnP secara teori bisa tambah power 10-15% dari spek mesin awal. Dan dengan dibongkarnya cyl-head, sedikit banyak bisa ketahuan tuh jeroannya pak...entah gosong, kerak or mungkin malah baret.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

udah gitu kan ada tuh supercharge TRD buat 1MZ-FE

hajar bleh

*kok malah jadi kompor beledug ya :D
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by ruthndul »

mmm..... jadi tinggal satu-satunya jalan yah... ??
turun 1/2 mesin ??
:(

udah gitu kan ada tuh supercharge TRD buat 1MZ-FE

hajar bleh
:shock:

terkesan kurang pas yah mobil bermesin irit seri FE tapi dicekok supercharger ??
btw berapaan yah boz ? :D
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

iya bro. turun atas doank. siap2 aja paking head, ongkos, ato kalo misalnya ada kerusakan.

ga masalah bos. 1MZ-FZE. mantap bgt

dulu sih kisaran 3000 dollar ga tau deh skr brp
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
lucky_strike_21
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 438
Joined: Sat May 05, 2007 5:48

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by lucky_strike_21 »

coba kalo ke bandung mampir ke bengkel Bosch Service di jl burangrang
dia sering nanganin mobil2 import di bandung
untuk nanganin masalah yang aneh-aneh pun dia sering nanganin

sekedar masukan aja :)
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by satyr »

banyaknya mobil eropa tuh kalo bosch. temen gw punya bengkel tuh :D

kalo di bandung coba ke personal aja. (gatsu)

tokcer
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by ruthndul »

Yup, Bosch kayanya identik ama mobil Jerman....

Personal....
wah... ngga tahan ama 'perilakunya' Om Wempy..... :D
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by Risol1 »

hati2 bro....mesin 1MZ-FE terkenal gampang kena engine sludge
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by ZombiEE »

pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..:)
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by ZombiEE »

pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..:)
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by Danny »

ZombiEE wrote:pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..:)
gambar yg di post Pak PenyuTurbo di thread ranking pemilihan olie...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by andy1800 »

ruthndul wrote:bengkel bilang faktornya banyak.....
apakah worthy cylinder head dilepas untuk membersihkan karbon yang baru dalam taraf 'mungkin' sebagai penyebab ngelitik ?
ikut menemani gerutuan bro uch: "anak2 bengkel bisa apa"....
mungkin kl kepala mekaniknya mau bener2 meluangkan waktu, turuntangan sendiri, maka analisisnya bisa lebih runut.

sbgai org yg awam secara teoritis, gw biasa overhaul engine ndiri...
yg ptg bongkar dulu,...lalu semua komponen diobservasi: diukur sesuaian2nya, cek pergerakan2 mekanikalnya, dsb...
jgn lupa siapin komputer (nggak harus laptop) dan software, utk ECU nya.

adakalanya nngelitik bukan melulu dikarenakan ketinggian kompresi... terlalu rendah pun mungkin saja. entah.
(entah, gw kan awam...kalaupun ntar ada yg perlu pendalaman, toh gw bisa tanya ke SM...hehehe)

intinya, pikiran gw terbuka atas segala kemungkinan. mgkin saja malah krn ada kebocoran2 mekanikal/kompresi.
ketika proses merakit kembali: usahakan pasang sistem yg paling minimal dulu.... jgn pasang yg canggih2nya dl....itu adalah SOP gw dlm troubleshooting, yg gw pikir penting utk melokalisir masalah.
barulah, kalau sistem paling minimal udah OK, maka bisa dipasangkan itu "accessories"nya satu demi satu. cek setahap demi setahap...

biasanya, stelah gw overhaul, plus halusin (porting kecil2an) segala saluran masuk & buang, maka test wheel spinnya pun akan memuaskan...:mrgreen:

jadi, IMO,.... yes, it is worth utk membongkarnya.
daripada bolak balik bengkel, ntar biayanya jg nggak jauh beda jatuhnya.
kalau tidak biasa/tidak berani bongkar sendiri, ya serahkan kpd mekanik kepercayaan.. meskipun di BeRes pun, mestinya ada yg paling bisa kita percaya.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 310
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by remedusakti »

ngelitik ya, jadi teringat corolla twincam gw dl. kasusnya sama ngelitik ga bs ilang, di isi premix(sblm pertmx) juga ga ilang2, di servs n pernh turun kepalasilinder juga ga ilng. pengapian dimundurin ngelitik kurng tp msh ada dikit tenaga boyo. bingung deh. nyobain civic grand temen kok ga ngelitik ky twincam gw, tarikan lbh entng. apa bawaan mesin toyota bgt ya ? kijang seri K apalagi, kl ga ngelitik kayanya bukan kijng. no effense deh buat toyota. mau tanya ama member lain, kl mesin toyota baru ngelitik ga ya ? coz waktu naik taxi limo mesinnya kedengeran jg ngelitik tuh.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: seputar ngelitik yang tak hilang2

Post by andy1800 »

remedusakti wrote:mau tanya ama member lain, kl mesin toyota baru ngelitik ga ya ? coz waktu naik taxi limo mesinnya kedengeran jg ngelitik tuh.
sbenarnya, ada solusi ampuh buat ngilangin ngelitik: pada pedal gas, ...pasangin aja shock-breaker !









.............. :ngacir:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image