seputar ngelitik yang tak hilang2
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
seputar ngelitik yang tak hilang2
Mobil saya Camry V6 th 2000
ngelitik cukup parah
dan saya bawa ke bengkel untuk tune up
sudah ganti busi, ganti oli shell helix plus 10W40
timing pengapian sudah diatur pas top
bensin sudah pakai pertamax plus
tapi ngelitik hanya berkurang, tidak hilang.
hingga injector sudah dibersihkan,
tapi masih juga ngelitik
kebanyakan ngelitik terjadi pada saat :
penambahan kecepatan dari 30-40kph
bukan dari 0, bukan juga dari kecepatan tinggi misal 70-80kph
dan pada saat AC nyala.
bengkel bilang faktornya banyak,
mungkin juga karbon menumpuk di cylinder
sehingga menambah rasio kompresi
sehingga diperlukan oktan yang lebih tinggi
seberapa banyak kejadian kasus spt ini ?
apakah worthy cylinder head dilepas,
untuk membersihkan karbon yang baru dalam taraf 'mungkin' sebagai penyebab ngelitik ?
apakah ada faktor lain ?
Bukankah Camry sudah ada knocking sensor ?
(Seingat saya, Great Corolla tahun 92 sudah ada knocking sensornya)
saya sudah baca thread-nya om Penyu Turbo ttg Oktan & Knocking
tapi belum menemukan penyebab yang relevan ttg knocking.
atau sudut pengapian dimundurkan dengan resiko tenaga kurang & boros ?
ada yang bisa bantu pencerahan?
terima kasih.
ngelitik cukup parah
dan saya bawa ke bengkel untuk tune up
sudah ganti busi, ganti oli shell helix plus 10W40
timing pengapian sudah diatur pas top
bensin sudah pakai pertamax plus
tapi ngelitik hanya berkurang, tidak hilang.
hingga injector sudah dibersihkan,
tapi masih juga ngelitik
kebanyakan ngelitik terjadi pada saat :
penambahan kecepatan dari 30-40kph
bukan dari 0, bukan juga dari kecepatan tinggi misal 70-80kph
dan pada saat AC nyala.
bengkel bilang faktornya banyak,
mungkin juga karbon menumpuk di cylinder
sehingga menambah rasio kompresi
sehingga diperlukan oktan yang lebih tinggi
seberapa banyak kejadian kasus spt ini ?
apakah worthy cylinder head dilepas,
untuk membersihkan karbon yang baru dalam taraf 'mungkin' sebagai penyebab ngelitik ?
apakah ada faktor lain ?
Bukankah Camry sudah ada knocking sensor ?
(Seingat saya, Great Corolla tahun 92 sudah ada knocking sensornya)
saya sudah baca thread-nya om Penyu Turbo ttg Oktan & Knocking
tapi belum menemukan penyebab yang relevan ttg knocking.
atau sudut pengapian dimundurkan dengan resiko tenaga kurang & boros ?
ada yang bisa bantu pencerahan?
terima kasih.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
Sekarang khan sudah jaman canggih Pak. Bersihin carbon nggak perlu turun mesin lagi.
Bus de wae ttg ngelitik. Yg dibahas diforum2 biasanya ngelitik=preignition akibat bbm meledak duluan karna oktan dibawah yg disyaratkan mesin. Gimana dengan nglitik nya mesin jadul kompresi rendah yg hanya membutuhkan RON 88 ?? Terutama/biasanya mesin2 yg tidak punya HLA seperti mesin seri K nya kijang (misalnya). Dulu pernah nanya itu di saft.com tapi nggak dijawab.
Kalo jaman dulu biasanya solusi nya dengan stel klep dan mundurkan pengapian (putar distributor ntah ke kiri atau kanan lupa gw, pokoke stel poor and noah). Tapi jaman sekarang mesin2 sudah canggih (kata montir nya sih
), klep nggak perlu/nggak bisa distel dan pengapian sudah otomatis menyesuaikan. Tapi kalo didesak "tapi kenapa ngelitik ??", montir nya cuman hah..hoh... sambil menyalahkan BBM jelek. Apalagi kalo dibilang ngelitiknya cuman saat mau narik di gigi 3 ke atas. Gigi 1 dan 2 nggak ngelitik. Masa mutu BBM dalam tangki ikut berubah ngikutin persnelling or kecepatan ?
Sorry nggak bisa ngasih pencerahan cuman bisa ikut nggerutu.
Bus de wae ttg ngelitik. Yg dibahas diforum2 biasanya ngelitik=preignition akibat bbm meledak duluan karna oktan dibawah yg disyaratkan mesin. Gimana dengan nglitik nya mesin jadul kompresi rendah yg hanya membutuhkan RON 88 ?? Terutama/biasanya mesin2 yg tidak punya HLA seperti mesin seri K nya kijang (misalnya). Dulu pernah nanya itu di saft.com tapi nggak dijawab.
Kalo jaman dulu biasanya solusi nya dengan stel klep dan mundurkan pengapian (putar distributor ntah ke kiri atau kanan lupa gw, pokoke stel poor and noah). Tapi jaman sekarang mesin2 sudah canggih (kata montir nya sih

Sorry nggak bisa ngasih pencerahan cuman bisa ikut nggerutu.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
sepertinya seputar head cyl, packing head atau seal klep ada yg bocor, sehingga ada sedikit oli atau air yg masuk ke ruang bakar.
Mau tidak mau harus bongkar head, or piston nya berubah struktur bahkan bisa rusak kalo pinging horribly.
Greco itu bukannya belum ada knock sensor, & masih pakai distributor?
Mau tidak mau harus bongkar head, or piston nya berubah struktur bahkan bisa rusak kalo pinging horribly.
Greco itu bukannya belum ada knock sensor, & masih pakai distributor?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
bensin pake apa bro?
pake pertamax deh
pake pertamax deh
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
kan sudah pakai pertamax plus...masih knocking..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
oo bacanya buru2. kelewat. ehehe
berarti mungkin udah byk kerak sehingga kompresinya ketinggian
bener tuh di spirit carbon clean aja dulu
berarti mungkin udah byk kerak sehingga kompresinya ketinggian
bener tuh di spirit carbon clean aja dulu
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
sasaran most cleaning by spirit carbon clean hanya diarea combustion chamber.
padahal kerak tebal/banyak di kepala klep intake, menyebabkan klep tidak menutup rapat, penyaluran bahan bakar tersumbat, dst.
sebaiknya disemprotkan juga ke kepala klep melalui lubang dudukan injector di head yg mengarah langsung ke kepala klep agar tidak perlu melepas head.
padahal kerak tebal/banyak di kepala klep intake, menyebabkan klep tidak menutup rapat, penyaluran bahan bakar tersumbat, dst.
sebaiknya disemprotkan juga ke kepala klep melalui lubang dudukan injector di head yg mengarah langsung ke kepala klep agar tidak perlu melepas head.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
ato paling tokcer turun 1/2 aja sekalian pnp


Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
demen gw... ama solusinya....satyr wrote:ato paling tokcer turun 1/2 aja sekalian pnp

wait ajah deh... klo sempet seh.. see 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
^^^
setujuhhhh...
Kalo turun 1/2 plus PnP ngga ada ruginya kok (paling biaya...). PnP secara teori bisa tambah power 10-15% dari spek mesin awal. Dan dengan dibongkarnya cyl-head, sedikit banyak bisa ketahuan tuh jeroannya pak...entah gosong, kerak or mungkin malah baret.
setujuhhhh...
Kalo turun 1/2 plus PnP ngga ada ruginya kok (paling biaya...). PnP secara teori bisa tambah power 10-15% dari spek mesin awal. Dan dengan dibongkarnya cyl-head, sedikit banyak bisa ketahuan tuh jeroannya pak...entah gosong, kerak or mungkin malah baret.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
udah gitu kan ada tuh supercharge TRD buat 1MZ-FE
hajar bleh
*kok malah jadi kompor beledug ya
hajar bleh
*kok malah jadi kompor beledug ya

Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
mmm..... jadi tinggal satu-satunya jalan yah... ??
turun 1/2 mesin ??

terkesan kurang pas yah mobil bermesin irit seri FE tapi dicekok supercharger ??
btw berapaan yah boz ?
turun 1/2 mesin ??

udah gitu kan ada tuh supercharge TRD buat 1MZ-FE
hajar bleh

terkesan kurang pas yah mobil bermesin irit seri FE tapi dicekok supercharger ??
btw berapaan yah boz ?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
iya bro. turun atas doank. siap2 aja paking head, ongkos, ato kalo misalnya ada kerusakan.
ga masalah bos. 1MZ-FZE. mantap bgt
dulu sih kisaran 3000 dollar ga tau deh skr brp
ga masalah bos. 1MZ-FZE. mantap bgt
dulu sih kisaran 3000 dollar ga tau deh skr brp
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 438
- Joined: Sat May 05, 2007 5:48
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
coba kalo ke bandung mampir ke bengkel Bosch Service di jl burangrang
dia sering nanganin mobil2 import di bandung
untuk nanganin masalah yang aneh-aneh pun dia sering nanganin
sekedar masukan aja
dia sering nanganin mobil2 import di bandung
untuk nanganin masalah yang aneh-aneh pun dia sering nanganin
sekedar masukan aja

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
banyaknya mobil eropa tuh kalo bosch. temen gw punya bengkel tuh 
kalo di bandung coba ke personal aja. (gatsu)
tokcer

kalo di bandung coba ke personal aja. (gatsu)
tokcer
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
Yup, Bosch kayanya identik ama mobil Jerman....
Personal....
wah... ngga tahan ama 'perilakunya' Om Wempy.....
Personal....
wah... ngga tahan ama 'perilakunya' Om Wempy.....

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
hati2 bro....mesin 1MZ-FE terkenal gampang kena engine sludge
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
gambar yg di post Pak PenyuTurbo di thread ranking pemilihan olie...ZombiEE wrote:pernah ada gambar nya sumwhere di SM ini..tapi uda lupa..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
ikut menemani gerutuan bro uch: "anak2 bengkel bisa apa"....ruthndul wrote:bengkel bilang faktornya banyak.....
apakah worthy cylinder head dilepas untuk membersihkan karbon yang baru dalam taraf 'mungkin' sebagai penyebab ngelitik ?
mungkin kl kepala mekaniknya mau bener2 meluangkan waktu, turuntangan sendiri, maka analisisnya bisa lebih runut.
sbgai org yg awam secara teoritis, gw biasa overhaul engine ndiri...
yg ptg bongkar dulu,...lalu semua komponen diobservasi: diukur sesuaian2nya, cek pergerakan2 mekanikalnya, dsb...
jgn lupa siapin komputer (nggak harus laptop) dan software, utk ECU nya.
adakalanya nngelitik bukan melulu dikarenakan ketinggian kompresi... terlalu rendah pun mungkin saja. entah.
(entah, gw kan awam...kalaupun ntar ada yg perlu pendalaman, toh gw bisa tanya ke SM...hehehe)
intinya, pikiran gw terbuka atas segala kemungkinan. mgkin saja malah krn ada kebocoran2 mekanikal/kompresi.
ketika proses merakit kembali: usahakan pasang sistem yg paling minimal dulu.... jgn pasang yg canggih2nya dl....itu adalah SOP gw dlm troubleshooting, yg gw pikir penting utk melokalisir masalah.
barulah, kalau sistem paling minimal udah OK, maka bisa dipasangkan itu "accessories"nya satu demi satu. cek setahap demi setahap...
biasanya, stelah gw overhaul, plus halusin (porting kecil2an) segala saluran masuk & buang, maka test wheel spinnya pun akan memuaskan...

jadi, IMO,.... yes, it is worth utk membongkarnya.
daripada bolak balik bengkel, ntar biayanya jg nggak jauh beda jatuhnya.
kalau tidak biasa/tidak berani bongkar sendiri, ya serahkan kpd mekanik kepercayaan.. meskipun di BeRes pun, mestinya ada yg paling bisa kita percaya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 310
- Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
ngelitik ya, jadi teringat corolla twincam gw dl. kasusnya sama ngelitik ga bs ilang, di isi premix(sblm pertmx) juga ga ilang2, di servs n pernh turun kepalasilinder juga ga ilng. pengapian dimundurin ngelitik kurng tp msh ada dikit tenaga boyo. bingung deh. nyobain civic grand temen kok ga ngelitik ky twincam gw, tarikan lbh entng. apa bawaan mesin toyota bgt ya ? kijang seri K apalagi, kl ga ngelitik kayanya bukan kijng. no effense deh buat toyota. mau tanya ama member lain, kl mesin toyota baru ngelitik ga ya ? coz waktu naik taxi limo mesinnya kedengeran jg ngelitik tuh.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: seputar ngelitik yang tak hilang2
sbenarnya, ada solusi ampuh buat ngilangin ngelitik: pada pedal gas, ...pasangin aja shock-breaker !remedusakti wrote:mau tanya ama member lain, kl mesin toyota baru ngelitik ga ya ? coz waktu naik taxi limo mesinnya kedengeran jg ngelitik tuh.
..............
