Review Avanza S M/T vvti

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Review Avanza S M/T vvti

Post by y_anjasrana »

Setelah nunggu dari bulan puasa, akhirnya terima juga sore ini. Rute jalan Auto2K Bintaro sektor 9, arah McD, belok ke Jombang Raya, trus arah Ciledug, masuk Haji Mencong trus ke rumah. Kondisi jalan padat, penuh angkot, motor dan pejalan kaki (bubaran sekolah).

Sekilas driving impressionnya :

Pertama masuk berasa naek bis. Maklum biasa duduk di twincam. Jauh banget deh. Posisi stir juga seperti bis. Ga ada tilt steering. Apalagi stir di twincam dah pake model racing, alias lebih kecil dari standar. Jadi begitu pegang stir avanza berasa gede banget. Tapi enak juga dipegang.

Begitu starter mesin, bunyi dan getaran mesin ga berasa. Kurang nyaman juga. Biasa pake knalpot yg berisik (buat ngusir angkot), sekarang nyaris ga ada bunyinya. Musti injek mpe sekitar 2000rpm baru kedengeran. Apa gw aja yg budek ya.

Ga lupa setel electric mirrornya, ac dan radio. Soundnya standar abis. Ga ada jedag-jedugnya. Speaker 4 biji dan 2 twiter blom cukup tuh. Musti pasang power ampli ma subwoofer nih. Cuma pasang dimana ya? Belakangnya ga begitu lega kalu kursi baris ke-3 terpasang. Mungkin dikolong bangku aja ya. AC lumayan dingin, stelannya bagus. Jauhlah ma twincam gw yg cuma bisa distel nyala-mati doank. Hehehe...

Masuk gigi satu, kopling berasa enteng banget. Sentakan dari mesin alus. Buat yg doyan sentakan, agak kurang nih. Pelan2 maju. Ga berani kenceng2, takut ndut2an. Malu ma satpamnya. Hehehe.. Bener2 berasa belajar nyetir mobil lagi nih. Dulu pernah bawa Xenia Li, tapi dah setaun yg lalu. Masuk gigi dua di rpm 3000, bunyi lumayan kedengeran. Ga enak banget kalu pas rpm rendah, ga kedengeran sama sekali. Mungkin karena terbiasa ma knalpot yg brum2 ya. Tuas lampu terasa agak kependekan dibandingkan stir yg besar. Jari2 tangan kanan musti membiasakan utk meraihnya. Sekali lagi sepertinya karena belum beradaptasi saja.

Posisi duduk benar2 terasa tinggi sewaktu di jalan. Mata pedes kena sorot lampu sewaktu bawa twincam ga terjadi lagi. Mata terasa nyaman banget dgn driving position seperti itu. Cuma sepertinya body kurang santai ya. Kalau di sedan, badan bisa agak rebahan. Tapi pandangan kedepan, kiri, kanan dan belakang jelas banget. Tidak ada gangguan berarti dari pilar2 yg ada.

Konsentrasi lagi pada stir, enak juga distirnya. Putaran stir terasa ringan tapi mantap. Waktu harus putar balik di McD (kalau malam hrs ke kiri dulu, trus putar balik), enak aja putar dari sisi paling mepet di kanan. Yg ada malah terlalu rapat, karena di ujung putaran ada lubang gede. Waktu lewat lubang, ban dgn velg 15"nya santai aja, cuma terasa goyang2 dikit. Saat melewati beberapa pipa kejut (baca = polisi tidur) goncangannya cukup empuk. Ga tau deh kalu duduk di belakang. Soalnya bawa sendiri sih. Tapi lewat jalanan yg bergelombang (baca = ancur), suspensinya cukup nyaman. Sekali lagi kecepatan memang rendah bgt karena kondisi lalu lintas yg ramai.

Ga terasa akhirnya sampai juga di rumah. Rada khawatir juga waktu parkir mengingat posisi pintu yang rada ngepas. Tapi untungnya dimensinya ga lebih gede dari twincam, jadi masuk dgn mulus. Sensor parkir langsung bunyi saat gigi mundur dimasukkan. Tapi ga terlalu ngebantu kalau parkir di rumah. Ga mungkin kan moncong knalpot dihadapkan ke dlm rumah. Biar ga keliatan asepnya, tetep aja polusi.

Kyknya segitu dulu. Tadi sempet nyengir sedikit waktu tetangga lewat depan rumah. Cuma yg jelas twincam kesayangan gw musti parkir di luar dulu utk sementara nih. Garasinya ga muat. Mungkin akhir bulan baru rombak pager depan.

Besok rencananya Avanza Snya bakal diajak ke pabrik. Bakal lewat rute tol segala. Tunggu aja review lanjutannya ya.

Thx for reading my review

8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

Ok, lanjuuuuuuut bro. Comment / pertanyaan nya ntar aja kalo review dah selesai......... 8)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

jadi kesan pertamanya puas apa engga nih? :D
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Post by ineb »

wah akhirnya setelah nunggu review diberbagai forum dapet juga hehehe...thanks berat bos, mungkin tar dilanjutin ama review mesin n fuel consums nya yah...sekali lagi thanks yah bro :D
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Yah sayang ini yang type s..lha wong impian saya (nyesuain budget) yang G. Tapi kayaknya sama ya, ama yang G, apa beda..?
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Post by ineb »

beda bos yg G ama yg s...yg g 1300cc yg s 1500cc, trus yg s bemper depan nya sporti abis deh...
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Di tunggu lanjutanya Om Anjas...keasikan naik boil baru lupa deh semuanya.
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Sori baru bisa dilanjutin nih, kemarin ga sempet online.

Memang enakan bawa avanza di jalan tol ya. Kemarin waktu lewat jalan yg sedang diperbaiki. Terasa banget goyangannya. Jauh deh dibanding dgn twincam pada saat lewat jalan yg sama juga lho. Mungkin suspensinya memang lebih keras, dan juga ditambah posisinya yang lebih tinggi. Jadi kyk efek gempa di gedung bertingkat. Makin terasa goyangannya. Itu bagi sopir yg duduk di depan. Ga tauk deh kalu duduk di belakang. Satu-satunya sisi positif yaitu ground clearance yg lumayan tinggi. Ga kayak twincam gw, yg harus ekstra hati-hati kalu jalan rusak. Gitu deh akibat kegedean ban. Hehe..

Masuk tol nyaman banget. Agak bebas di kaki. Cuma memang masih nahan, karena ga berani gas pol. Masih inreyen bow.. Akselerasi lumayan bagus. Dgn twincam lumayan, cuma memang lebih halus. Tapi utk top speed belum berani nyoba. So far liat akselerasinya, sepertinya 120kmpj masih ok-ok aja tuh. Mesin ga sampe teriak seperti tipe G. Beda lahh.. yg G khan 1300cc.

Tiap pergantian gigi, sentakannya ga begitu terasa. Cuma kalu ngelepas koplingnya agak disentak, tapi termasuk halus koq. Yg rada ga enak mungkin tidak adanya foot rest di sebelah pedal kopling. Jadi kalu biasa pake mobil yg ada foot restnya, ga enak rasanya.

Mm.. apalagi ya.. Segitu dulu kali ya. Soalnya beberapa hari ini, dibawa nyonyah trus nih. Mungkin rabu baru bisa bawa lagi. Soalnya mau bawa barang2 lumayan gede :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

avansa wrote:Yah sayang ini yang type s..lha wong impian saya (nyesuain budget) yang G. Tapi kayaknya sama ya, ama yang G, apa beda..?
Banyak jg bedanya.

1. Harga beda 13 jt
2. Mesin beda 200cc, yg G 1300cc, yg S 1500cc (sama dgn mesin Terios-Rush)
3. Add on body kit, meliputi front bumper, rear bumper n side skirt. Biar cuma tempelan, tapi bagus desainnya.
4. Rem ABS
5. Sensor parkir
6. Velg 15"
7. Gril, handle pintu, spion

Trus apa lagi yaaa...

Oiya, kalu yg G indennya lebih lama :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Wah 13 jetinya Om......mesti kudu nabung lage neh...entar kalau... ,eh..entah kapan neh,,udah dapet dana segitu,trus ada yang bagus lagi Type S matik dan kepengen...? Duitnya kurang lagi,trus nabung lagi...Wadoh kapan neh punya mobilnya
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Yup, matik 140jtan. Dah gitu tambah 10jtan lagi dapet GL or Terios. Tambah 5jtan lagi dpt Rush. Hehehe...

Ya musti tau limitnya laahh.. Dulu jg mikir gitu. Cuma setelah dipikir2, akhirnya ambil yg S aja. Performa mobil "mungkin" dibawah GL or Terios (beda tipis kali ya). Tapi kelengkapan fitur di atas GL or Terios yg paling murah.

Lanjut ttg review :

Oiya, salah satu kelebihan yg lumayan terasa bgt adalah tutup tangki bbm ada di sebelah kanan. Kebanyakan mobil khan ada di sebelah kiri. Jadi kalu ngantri di pom, sudah pasti dapet antrian yang lebih pendek. Hehehe...

Utk shift knobnya, relatif gede. Panjang tuas persnelingnya cukupan koq. Cuma kepalanya rada gede. Biasanya saat mindahin gigi, posisi jari tangan seperti megang gelas wine, eh sekarang musti digenggam kyk megang ulekan. Trus pada kecepatan rendah, rada berat juga untuk mindahin giginya. Utk gigi 3, musti ngepas. Ga bisa asal dorong aja.

Trus utk gigi mundur, rada pake tenaga dan musti injek kopling dalem2 dan ga bisa cepet2. Sepertinya kejadiannya hampir sama dgn Terios punya bos. Yakni sama2 agak sulit masuk gigi mundur.

Tapi mungkin juga karena driving positionnya juga yg bikin kurang enak masukin gigi mundur. Jadi gerakan tangan utk masuk gigi mundur sedikit terhambat karena posisi badan. Sepertinya karena biasa pakai sedan, ketika beralih ke minibus yg tinggi maka posisi seatnya akan dimajukan lebih dari biasanya. (Bisa karena lebih tinggi, bisa juga karena ga ada tilt steering) Karena itulah posisi tuas persneling seolah2 menjadi mundur.

Kalau utk masuk ke gigi 1-5 mungkin ga masalah. Tapi pada posisi gigi mundur, maka tuas harus digerakkan dekat sekali dgn badan. Nah, mungkin ini yg bikin gerakkan tangan jadi sulit. Jadi menyebabkan seolah2 sulit utk masuk gigi mundur. Kurang lebih begitu sih yg gw rasain waktu mau parkir.
Accurate V5 Accounting System Consultant
ineb
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Tue Aug 09, 2005 4:14

Post by ineb »

mantab reviewnya bos...sekarang tinggal konsumsi bbm nya niy
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Pantau terus...Type s kayaknya rada rada pengin..h..h..h... Ternyata fitur AV s lebih heboh dari gl ma terios....Wuah berhemat dung jadinya. So resalenya kayaknya kalau dikira kira lebih bertahan Avansa.
Kalau dari speknya beda di mesin antara G dan S cuma beda cc ama daya maksimum,nah kerasa banget di apanya Om..? kalau rem ada ABS ,yah...jarang jarang kok ngerem mendadak..he..he..he.
Di interionya G dan S beda dikit pula trip meter nggak pakai digital kayaknya nggak perlu ngelapisn kaca mata kalu mau ngeliat.
Ekterior no problem,keselamatn neh perlu yah dipertimbangkan..ABS di jamin nggak selip ,Back sonar .parkir pasti minimum nyium benteng ( Aku udah dua kali mundur nabrak..k..k..k bukan salahku salah yang bikin jalan kelewat ngepas ) Tapi kalau di tempat umum Om Anjas pasti tetep aja bayar tukang parkir,kan....
Di kenyamanan S aja standar abis sound sistemnya ,apalagi di g ..kayaknya perlu di upgrade.
Perfoma G dan S sama deh..
Om Selanjutnya Om kudu bisa jawab rumor yang suka nempel di Avansa, Soalnya aku sendiri belon pernah ngebuktiin.
Misalnya ; Ndut ndutan saat pasang gigi 1,ndut ndutanya seberapa kerasa Om,atau nggak sama sekali.
; Goyang inul,enggak berasa banget ,kan .
Kalau lari di atas 125/kpj seh enggak deh 90 aja itu kepaksa,soalnya aku takut lari kenceng kenceng.
Eh lupa,kasih minum apa avansanya,premium,pertamak,apa bensin tt..?
i liter tahan berapa Km?
Dii tunggu yah Om..?
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Post by JESKONENG »

Top speed nyampe berapa ? cepet atau lama nyampenya ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

avansa wrote:Kalau dari speknya beda di mesin antara G dan S cuma beda cc ama daya maksimum,nah kerasa banget di apanya Om..?
kalo cuma dipake macet sih emang gak berasa bro, tapi kalo dipake bawa beban ke luar kota (jalan tol yang banyak maen di akselerasi menengah, juga tanjakan) baru berasa yang 1500cc lebih enak daripada yang 1300 :D
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Lanjut lagi ya :

Baru aja nyampe pabrik, di kawasan industri Jatake, Tangerang. Seblumnya dari daerah grogol, lewat tomang trus masuk tol Janger n keluar di Bitung.

Soal jalan macet, nyaman2 aja tuh. Gejala ndut2an waktu gigi satu ga ada. Maklum dah vvti. Yg ndut2an katanya versi sebelum vvti. Beda dunk :p

Suspensi waktu lewatin jalan bergelombang lumayan enak. Di rombongan pipa kejut (gantinya polisi tidur) juga empuk banget. Ga ada bunyi gedubrakan seperti saat bawa twincam. Apalagi saat di jalan tol. Enak bener.

Top speed mungkin belum nyampe. Yg jelas tadi lumayan kenceng. Akselerasi halus tapi gampang banget nyusul kendaraan lain. Bisa dibilang bedanya dgn twincam cuma lebih halus aja. Utk nyampe 100kmpj ga sempat ngitung deh. Tapi setelah bayar tol di Karang Tengah, langsung ngacir. Lumayan kenceng karena rebutan jalan ma sedan nissan (yg mirip2 crown). Diajak zigzag mendahului rombongan truk yg jalan pelan juga ok tuh. Gejala limbung ga begitu berasa. Yg penting tau kapan harus nginjek gas atau rem. Kalu mendadak ya jelas aja goyang, kan ground clearancenya lumayan tinggi.

120kmpj dicapai saat gigi 5 di rpm 4250 (pas banget), sedangkan 140kmpj di rpm 5000. Pedal gas belum mentok tuh. Mau lebih kenceng lagi masih belum berani. Masih inreyen bow :p Lagipula redlinenya ada di rpm 6500. Jadi mungkin mentok di sekitar 150kmpj ya.

Btw pada 140kmpj bisa dibilang ga ada getaran di setir lho. Enak banget. Kalu ga merhatiin tacometer mungkin bisa bablas.

Oiya, utk audio mungkin jangan pakai mp3 player plus cassette adapter. Waktu pakai itu memang ga keluar suara yg bagus. Supaya kenceng, musti digedein banget. Kalu mau bagus, pakai audio cd. Tadi iseng aja nyoba pake audio cd yg original. Mmm.. mantabh... Sayang punya cuma atu... Bisa mahalll :((

Kyknya segitu dulu. Komputernya mau buwat backup dulu nih. Besok2 sambung lagi yaa
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

Jadi sejauh ini puas kan dng performa Avanza ini.............. :D
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

So far, jelas puas nih. Harga dan fitur kenyamanan cukup seimbang.

Kendala di awal bisa dibilang hanya gigi mundur aja. Tapi kemarin dibilangin ma orang Auto2K (waktu 1000km), supaya masuknya mulus, harus nginjek kopling 2 kali kyk dipompa gitu. Itu karena faktor disainnya aja. Setelah nyoba, ternyata mulus2 aja tuh. Buat pemilik Rush n Terios bisa dicoba juga tuh. Soalnya mesin dan gearboxnya sama persis khan?

Btw tetep aja gw ga bisa ngukur konsumsi bbmnya. Abis makenya rebutan ma nyonyah nih. Untungnya sekarang musim ujan. Jadi kalu gw pasti kebagian jatah pas udah dekil. Tinggal cuci bentar, trus pake deh. Hehehe...

Cuma emank repot adaptasi antara twincam ma avanza. Yg atu rendah, yg atu lagi tinggi. :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Ada yang belon di tes..coba kasih muatan full pasenger....ada perbedaan apa nggak?
Yang jelas udah nggak ndut ndutan karena vvti...nggak begitu limbung waktu lari lumayan kenceng.
Om kemarin udah nanyain ke dealer toyota di kotaku,salesnya bilang belum ada kepastian harga dan waktu indent,nunggu tahun 2008.dan biasanya selama ini waktu inden berkisar 6 sampai 9 bulan untuk type g
Wah avansa hebat yah....banyak yang antri,jadi permintaan lebih tinggi dari penawaran...apa nggak kebalik neh..? Toyota cuman banyak omong tapi nggak ada bukti.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Idih masa selama itu? Kemaren ga sampe 2 bulan koq. Umm.. mungkin karena Toyota lagi mau genjot penjualan Innova kali tuh. Dulu waktu pesen, yg G sekitar 3 bulan, dan yg S sekitar 2 bulan. Kenyataannya malah ga sampe 2 bulan lho. Soalnya itu dah termasuk libur lebaran segala.

Pesen di Jakarta aja bro :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

y_anjasrana wrote:Idih masa selama itu? Kemaren ga sampe 2 bulan koq. Umm.. mungkin karena Toyota lagi mau genjot penjualan Innova kali tuh. Dulu waktu pesen, yg G sekitar 3 bulan, dan yg S sekitar 2 bulan. Kenyataannya malah ga sampe 2 bulan lho. Soalnya itu dah termasuk libur lebaran segala.

Pesen di Jakarta aja bro :D
Ya Maklum lah di kota terpencil. Pesen di Jakarta Wah Jauh..ribet meski Bea balik Nama.Harganya seh beda 5 juta lebih sedikit di banding pesen di Kotaku.
Jadi yah kepaksa di sabar sabarin dulu. :cry:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

avansa wrote:
y_anjasrana wrote:Idih masa selama itu? Kemaren ga sampe 2 bulan koq. Umm.. mungkin karena Toyota lagi mau genjot penjualan Innova kali tuh. Dulu waktu pesen, yg G sekitar 3 bulan, dan yg S sekitar 2 bulan. Kenyataannya malah ga sampe 2 bulan lho. Soalnya itu dah termasuk libur lebaran segala.

Pesen di Jakarta aja bro :D
Ya Maklum lah di kota terpencil. Pesen di Jakarta Wah Jauh..ribet meski Bea balik Nama.Harganya seh beda 5 juta lebih sedikit di banding pesen di Kotaku.
Jadi yah kepaksa di sabar sabarin dulu. :cry:
manknya kotanya di mana? di pulau apa? :roll:
Image
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

Hansen wrote:
avansa wrote:
y_anjasrana wrote:Idih masa selama itu? Kemaren ga sampe 2 bulan koq. Umm.. mungkin karena Toyota lagi mau genjot penjualan Innova kali tuh. Dulu waktu pesen, yg G sekitar 3 bulan, dan yg S sekitar 2 bulan. Kenyataannya malah ga sampe 2 bulan lho. Soalnya itu dah termasuk libur lebaran segala.

Pesen di Jakarta aja bro :D
Ya Maklum lah di kota terpencil. Pesen di Jakarta Wah Jauh..ribet meski Bea balik Nama.Harganya seh beda 5 juta lebih sedikit di banding pesen di Kotaku.
Jadi yah kepaksa di sabar sabarin dulu. :cry:
manknya kotanya di mana? di pulau apa? :roll:
K..k..k..k..k
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

avansa wrote:
Hansen wrote:
avansa wrote: Ya Maklum lah di kota terpencil. Pesen di Jakarta Wah Jauh..ribet meski Bea balik Nama.Harganya seh beda 5 juta lebih sedikit di banding pesen di Kotaku.
Jadi yah kepaksa di sabar sabarin dulu. :cry:
manknya kotanya di mana? di pulau apa? :roll:
K..k..k..k..k
Purwokerto itu di pulau mana yah? :roll:
Image
User avatar
Sugie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
Location: Look at your rear view mirror

Post by Sugie »

Pulau Nusakambangan kalo ga salah pak guru...... :e-clap: :e-clap: :roll: