Sekilas driving impressionnya :
Pertama masuk berasa naek bis. Maklum biasa duduk di twincam. Jauh banget deh. Posisi stir juga seperti bis. Ga ada tilt steering. Apalagi stir di twincam dah pake model racing, alias lebih kecil dari standar. Jadi begitu pegang stir avanza berasa gede banget. Tapi enak juga dipegang.
Begitu starter mesin, bunyi dan getaran mesin ga berasa. Kurang nyaman juga. Biasa pake knalpot yg berisik (buat ngusir angkot), sekarang nyaris ga ada bunyinya. Musti injek mpe sekitar 2000rpm baru kedengeran. Apa gw aja yg budek ya.
Ga lupa setel electric mirrornya, ac dan radio. Soundnya standar abis. Ga ada jedag-jedugnya. Speaker 4 biji dan 2 twiter blom cukup tuh. Musti pasang power ampli ma subwoofer nih. Cuma pasang dimana ya? Belakangnya ga begitu lega kalu kursi baris ke-3 terpasang. Mungkin dikolong bangku aja ya. AC lumayan dingin, stelannya bagus. Jauhlah ma twincam gw yg cuma bisa distel nyala-mati doank. Hehehe...
Masuk gigi satu, kopling berasa enteng banget. Sentakan dari mesin alus. Buat yg doyan sentakan, agak kurang nih. Pelan2 maju. Ga berani kenceng2, takut ndut2an. Malu ma satpamnya. Hehehe.. Bener2 berasa belajar nyetir mobil lagi nih. Dulu pernah bawa Xenia Li, tapi dah setaun yg lalu. Masuk gigi dua di rpm 3000, bunyi lumayan kedengeran. Ga enak banget kalu pas rpm rendah, ga kedengeran sama sekali. Mungkin karena terbiasa ma knalpot yg brum2 ya. Tuas lampu terasa agak kependekan dibandingkan stir yg besar. Jari2 tangan kanan musti membiasakan utk meraihnya. Sekali lagi sepertinya karena belum beradaptasi saja.
Posisi duduk benar2 terasa tinggi sewaktu di jalan. Mata pedes kena sorot lampu sewaktu bawa twincam ga terjadi lagi. Mata terasa nyaman banget dgn driving position seperti itu. Cuma sepertinya body kurang santai ya. Kalau di sedan, badan bisa agak rebahan. Tapi pandangan kedepan, kiri, kanan dan belakang jelas banget. Tidak ada gangguan berarti dari pilar2 yg ada.
Konsentrasi lagi pada stir, enak juga distirnya. Putaran stir terasa ringan tapi mantap. Waktu harus putar balik di McD (kalau malam hrs ke kiri dulu, trus putar balik), enak aja putar dari sisi paling mepet di kanan. Yg ada malah terlalu rapat, karena di ujung putaran ada lubang gede. Waktu lewat lubang, ban dgn velg 15"nya santai aja, cuma terasa goyang2 dikit. Saat melewati beberapa pipa kejut (baca = polisi tidur) goncangannya cukup empuk. Ga tau deh kalu duduk di belakang. Soalnya bawa sendiri sih. Tapi lewat jalanan yg bergelombang (baca = ancur), suspensinya cukup nyaman. Sekali lagi kecepatan memang rendah bgt karena kondisi lalu lintas yg ramai.
Ga terasa akhirnya sampai juga di rumah. Rada khawatir juga waktu parkir mengingat posisi pintu yang rada ngepas. Tapi untungnya dimensinya ga lebih gede dari twincam, jadi masuk dgn mulus. Sensor parkir langsung bunyi saat gigi mundur dimasukkan. Tapi ga terlalu ngebantu kalau parkir di rumah. Ga mungkin kan moncong knalpot dihadapkan ke dlm rumah. Biar ga keliatan asepnya, tetep aja polusi.
Kyknya segitu dulu. Tadi sempet nyengir sedikit waktu tetangga lewat depan rumah. Cuma yg jelas twincam kesayangan gw musti parkir di luar dulu utk sementara nih. Garasinya ga muat. Mungkin akhir bulan baru rombak pager depan.
Besok rencananya Avanza Snya bakal diajak ke pabrik. Bakal lewat rute tol segala. Tunggu aja review lanjutannya ya.
Thx for reading my review
