analisa : Honda S2000 racing against BMW M3 E36

Segala jenis sports car (Ferari, Acura, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

analisa : Honda S2000 racing against BMW M3 E36

Post by miemie88 »

coba lihat cuplikannya:

YouTube

kalo dilihat di sini kok jagoan Honda S2000 yg secara kertas menang tapi kok kenyataan nempel aja belum yah?
yah memang kalo race pasti udah di TUNE-UP habis.

buat patokan saja kira2 honda S2000 lebih ringan daripada M3. nah harusnya power to weight ratio lebih unggul.

apa ini bisa buat patokan BMW masih raja sirkuit? chassis&mesin BMW yg melegenda?

thx inputnya.
kita bahas rame2
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2492
Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD

Post by WiraSoenaryo »

@miemie88
URL sedikit saya rubah agar lebih rapi.. :)
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
miemie88
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19

Post by miemie88 »

t0mc4t wrote:@miemie88
URL sedikit saya rubah agar lebih rapi.. :)
ok thx
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Post by Risol1 »

Oke, gw cuma coba menganalisa,
Kalo diliat dari dari spek mesinnya:
standar s2000: 4 cyl 2200cc power 243 hp.
standar E36 M3: 6 cyl 3200cc power 240 hp.

Pertanyaannya: apakah kita yakin bahwa mesin keduanya standard? soalnya kalo menurut saya mesin keduanya pasti udah dituning ulang oleh team masing2.

Jadi kalo dilihat dari spek diatas, mesin BMW masih menyimpan potensi besar untuk bisa mengeluarkan tenaga dan torsi yang lebih besar lagi kalo dioprek, sedangkan honda s2000 kayanya emang dibuat oleh honda hampir mencapai potensi puncaknya secara mesin 4 silinder dengan isi silinder jauh lebih kecil bisa menghasilkan power lebih besar dari M3. Jadi ada kemungkinan bahwa M3 yang terlihat diatas mempunyai tenaga dan torsi yang jauh lebih besar dari s2000. :D
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

s2000 nya stir kiri ya? berarti mobil eropa sana dong.
kalo yang di jepang, bmw m3 nya ac schnitzer yang gak berkutik ngelawan s2000nya j's racing
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
tukang sapu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 303
Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57

Post by tukang sapu »

Analisa amatir cupu nih,

Kalo dari videonya terlihat bahwa mobil S2000nya sering keluar track yg menyebabkan kehilangan traksi. Terlihat sangat sering mobil keluar track padahal M3 didepannya tetap didalam track. Konklusi sih ya pengemudinya kurang jago.
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

tukang sapu wrote:Analisa amatir cupu nih,

Kalo dari videonya terlihat bahwa mobil S2000nya sering keluar track yg menyebabkan kehilangan traksi. Terlihat sangat sering mobil keluar track padahal M3 didepannya tetap didalam track. Konklusi sih ya pengemudinya kurang jago.
terlalu nafsu nyalip m3 :D
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

Kelihatannya S2000nya kalah tenaga dengan M3,di trek jalan lurus aja uda terlihat tu..
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Wah, mesin 6 silinder diadu ama 4 silinder, secara teknis udah pasti mesin 6 silinder lebih kenceng... Karena ada ekstra 2 silinder. Dalam balapan umumnya torsi memegang peranan penting, dan torsi itu gak identik dengan S2000. Untuk mencapai tenaga yang tinggi, putaran mesin harus tinggi, tapi jadinya torsi berkurang. Kalau mesinnya BMW mah... Torsi semua.

Supaya S2000 bisa menang di trek balapan, pengendaranya harus berpengalaman dan stabil, gak boleh sedikitpun kehilang ritme. Soalnya, kalau kehilangan ritme, tenaga 243 hp itu harus dicapai dengan susah payah karena torsi kecil. Kalau mesin CC besar enaknya kalau kehilangan ritme, bisa tinggal injek gas dalem2 dan tenaga puncak tercapai lebih cepat.

Makanya kalau di acara otomotif, pengendara mobil sports Honda pasti gak jauh dari Gan san, pengemudi gaek dan lawas... Om2 tua dan gendut tapi nyetirnya tenang dan kencang. Kalau gw nonton videonya mah... Itu yang nyetir amatiran, kalau belok makan gravel melulu, gak cocok nyetir S2000 yang membutuhkan konsistensi.
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

Mungkin drivernya baru belajar nyetir ya??Hehehehe....
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

HS wrote:Mungkin drivernya baru belajar nyetir ya??Hehehehe....
kalo dia adu sm mesin yg di avatar sampeyan piye mas? :e-clap: :e-clap: :e-clap:
User avatar
HS
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 380
Joined: Mon May 21, 2007 6:55
Location: Surabaya

Post by HS »

Hahaha...Mesin gw mesti di oprek2 dulu dong,biar jadi garang,abiz gt baru maju...Hehehehe...
K20A 1998cc 155ps Build for Performance
Image
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

@Midi_amp

Yup...analisis yang cerdas dan akurat...Bener, nyupirin S2K kudu konsisten, tenang dan skillfull...maklum, niy mobil kaya motor RPMnya...maunya tinggi terus buat dapet tenaga..yach kl diadu sama m3 3200 siy, walaupun Hpnya kalah, tp dapetnya khan lbh rendan Rpmnya......