analisa : Honda S2000 racing against BMW M3 E36
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
analisa : Honda S2000 racing against BMW M3 E36
coba lihat cuplikannya:
YouTube
kalo dilihat di sini kok jagoan Honda S2000 yg secara kertas menang tapi kok kenyataan nempel aja belum yah?
yah memang kalo race pasti udah di TUNE-UP habis.
buat patokan saja kira2 honda S2000 lebih ringan daripada M3. nah harusnya power to weight ratio lebih unggul.
apa ini bisa buat patokan BMW masih raja sirkuit? chassis&mesin BMW yg melegenda?
thx inputnya.
kita bahas rame2
YouTube
kalo dilihat di sini kok jagoan Honda S2000 yg secara kertas menang tapi kok kenyataan nempel aja belum yah?
yah memang kalo race pasti udah di TUNE-UP habis.
buat patokan saja kira2 honda S2000 lebih ringan daripada M3. nah harusnya power to weight ratio lebih unggul.
apa ini bisa buat patokan BMW masih raja sirkuit? chassis&mesin BMW yg melegenda?
thx inputnya.
kita bahas rame2
-
- Administrator
- Posts: 2500
- Joined: Thu Aug 08, 2002 9:07
- Location: Surabaya
- Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Oke, gw cuma coba menganalisa,
Kalo diliat dari dari spek mesinnya:
standar s2000: 4 cyl 2200cc power 243 hp.
standar E36 M3: 6 cyl 3200cc power 240 hp.
Pertanyaannya: apakah kita yakin bahwa mesin keduanya standard? soalnya kalo menurut saya mesin keduanya pasti udah dituning ulang oleh team masing2.
Jadi kalo dilihat dari spek diatas, mesin BMW masih menyimpan potensi besar untuk bisa mengeluarkan tenaga dan torsi yang lebih besar lagi kalo dioprek, sedangkan honda s2000 kayanya emang dibuat oleh honda hampir mencapai potensi puncaknya secara mesin 4 silinder dengan isi silinder jauh lebih kecil bisa menghasilkan power lebih besar dari M3. Jadi ada kemungkinan bahwa M3 yang terlihat diatas mempunyai tenaga dan torsi yang jauh lebih besar dari s2000.
Kalo diliat dari dari spek mesinnya:
standar s2000: 4 cyl 2200cc power 243 hp.
standar E36 M3: 6 cyl 3200cc power 240 hp.
Pertanyaannya: apakah kita yakin bahwa mesin keduanya standard? soalnya kalo menurut saya mesin keduanya pasti udah dituning ulang oleh team masing2.
Jadi kalo dilihat dari spek diatas, mesin BMW masih menyimpan potensi besar untuk bisa mengeluarkan tenaga dan torsi yang lebih besar lagi kalo dioprek, sedangkan honda s2000 kayanya emang dibuat oleh honda hampir mencapai potensi puncaknya secara mesin 4 silinder dengan isi silinder jauh lebih kecil bisa menghasilkan power lebih besar dari M3. Jadi ada kemungkinan bahwa M3 yang terlihat diatas mempunyai tenaga dan torsi yang jauh lebih besar dari s2000.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
s2000 nya stir kiri ya? berarti mobil eropa sana dong.
kalo yang di jepang, bmw m3 nya ac schnitzer yang gak berkutik ngelawan s2000nya j's racing
kalo yang di jepang, bmw m3 nya ac schnitzer yang gak berkutik ngelawan s2000nya j's racing
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Tue Apr 24, 2007 0:57
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
terlalu nafsu nyalip m3tukang sapu wrote:Analisa amatir cupu nih,
Kalo dari videonya terlihat bahwa mobil S2000nya sering keluar track yg menyebabkan kehilangan traksi. Terlihat sangat sering mobil keluar track padahal M3 didepannya tetap didalam track. Konklusi sih ya pengemudinya kurang jago.

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Wah, mesin 6 silinder diadu ama 4 silinder, secara teknis udah pasti mesin 6 silinder lebih kenceng... Karena ada ekstra 2 silinder. Dalam balapan umumnya torsi memegang peranan penting, dan torsi itu gak identik dengan S2000. Untuk mencapai tenaga yang tinggi, putaran mesin harus tinggi, tapi jadinya torsi berkurang. Kalau mesinnya BMW mah... Torsi semua.
Supaya S2000 bisa menang di trek balapan, pengendaranya harus berpengalaman dan stabil, gak boleh sedikitpun kehilang ritme. Soalnya, kalau kehilangan ritme, tenaga 243 hp itu harus dicapai dengan susah payah karena torsi kecil. Kalau mesin CC besar enaknya kalau kehilangan ritme, bisa tinggal injek gas dalem2 dan tenaga puncak tercapai lebih cepat.
Makanya kalau di acara otomotif, pengendara mobil sports Honda pasti gak jauh dari Gan san, pengemudi gaek dan lawas... Om2 tua dan gendut tapi nyetirnya tenang dan kencang. Kalau gw nonton videonya mah... Itu yang nyetir amatiran, kalau belok makan gravel melulu, gak cocok nyetir S2000 yang membutuhkan konsistensi.
Supaya S2000 bisa menang di trek balapan, pengendaranya harus berpengalaman dan stabil, gak boleh sedikitpun kehilang ritme. Soalnya, kalau kehilangan ritme, tenaga 243 hp itu harus dicapai dengan susah payah karena torsi kecil. Kalau mesin CC besar enaknya kalau kehilangan ritme, bisa tinggal injek gas dalem2 dan tenaga puncak tercapai lebih cepat.
Makanya kalau di acara otomotif, pengendara mobil sports Honda pasti gak jauh dari Gan san, pengemudi gaek dan lawas... Om2 tua dan gendut tapi nyetirnya tenang dan kencang. Kalau gw nonton videonya mah... Itu yang nyetir amatiran, kalau belok makan gravel melulu, gak cocok nyetir S2000 yang membutuhkan konsistensi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon May 21, 2007 6:55
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 234
- Joined: Sun May 06, 2007 16:08
- Location: Mobil-mobil gw keren khan....