HONDA-thing
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
HONDA-thing
Bagi para Honda-mania, bisa tolong komentarnya
Honda apa yg mesinnya paling enak? tahun brp? konsumsi bbm dalam dan luar kota?
Apa ada yg tahu berapa harga sparepartsnya?
Modifikasi mudah?
kalau pengen 200kpj tapi tetep stabil masih bisa?
apa Honda bisa mengalahkan BMW dalam
1. kestabilannya terbukti
2. spareparts cukupan
3. engine powerful 2.5L 170bhp dan 2.8L 200bhp
0-100 kpj : 8s 323i (1:8 kota)
8.5s 523i (1:8 kota)
7s 528i (1:7 kota)
4. makin cepat makin lengket aspal
Honda apa yg mesinnya paling enak? tahun brp? konsumsi bbm dalam dan luar kota?
Apa ada yg tahu berapa harga sparepartsnya?
Modifikasi mudah?
kalau pengen 200kpj tapi tetep stabil masih bisa?
apa Honda bisa mengalahkan BMW dalam
1. kestabilannya terbukti
2. spareparts cukupan
3. engine powerful 2.5L 170bhp dan 2.8L 200bhp
0-100 kpj : 8s 323i (1:8 kota)
8.5s 523i (1:8 kota)
7s 528i (1:7 kota)
4. makin cepat makin lengket aspal
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
estilo coi, sasis EG/EK yg hatchback aja
seken nya lumayan lah
swap mesin civic paling gampang, dudukannya uda siap. mesin kalo mau murah tuh ada yg B16, kalo mau yg lebih mudaan bisa pake yg K20
malahan kalo punya koneksi/beruntung, cari aja tuh Type R EK9. B18C 190HP 1800cc (poin nomer 3 uda lewat kan ya?)
klo mau lebih detil coba tunggu comment widnug. beliau ngerti lebih mendalam urusan civic menyivic
seken nya lumayan lah
swap mesin civic paling gampang, dudukannya uda siap. mesin kalo mau murah tuh ada yg B16, kalo mau yg lebih mudaan bisa pake yg K20
malahan kalo punya koneksi/beruntung, cari aja tuh Type R EK9. B18C 190HP 1800cc (poin nomer 3 uda lewat kan ya?)
klo mau lebih detil coba tunggu comment widnug. beliau ngerti lebih mendalam urusan civic menyivic
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Thu Oct 18, 2007 14:19
sorry salah post. maunya sih buat artikel baru.
apa bisa tlg didelete moderator?? thx
wah kalo estilo apa ngga udah uzur tuh? pertama, orang lepas estilo sekitar 100jt lebih mungkin bisa2 120-140jt. kedua, build engine dst bth puluhan jt lagi. pertanyaannya, worthed kah?
apa chassis Estilo belum bisa dikalahkan saudara2 mudanya dari honda?
bicara merk lain yg menggunakan konfigurasi mesin depan, RWD mana yg lebih unggul?
thx
apa bisa tlg didelete moderator?? thx
wah kalo estilo apa ngga udah uzur tuh? pertama, orang lepas estilo sekitar 100jt lebih mungkin bisa2 120-140jt. kedua, build engine dst bth puluhan jt lagi. pertanyaannya, worthed kah?
apa chassis Estilo belum bisa dikalahkan saudara2 mudanya dari honda?
bicara merk lain yg menggunakan konfigurasi mesin depan, RWD mana yg lebih unggul?
thx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2391
- Joined: Sat Dec 24, 2005 16:37
- Location: Sparkling Surabaya
Artikel Baru gimana maksudnya ??miemie88 wrote:sorry salah post. maunya sih buat artikel baru.
apa bisa tlg didelete moderator?? thx
wah kalo estilo apa ngga udah uzur tuh? pertama, orang lepas estilo sekitar 100jt lebih mungkin bisa2 120-140jt. kedua, build engine dst bth puluhan jt lagi. pertanyaannya, worthed kah?
apa chassis Estilo belum bisa dikalahkan saudara2 mudanya dari honda?
bicara merk lain yg menggunakan konfigurasi mesin depan, RWD mana yg lebih unggul?
thx
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
post bersangkutan uda gw hapus. double di sini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 873#126873blindzero wrote: Artikel Baru gimana maksudnya ??
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
sep neh, uda ngomongin tuning besar2an, gw pindahin ke Hard Hobby Corner.miemie88 wrote:sorry salah post. maunya sih buat artikel baru.
apa bisa tlg didelete moderator?? thx
wah kalo estilo apa ngga udah uzur tuh? pertama, orang lepas estilo sekitar 100jt lebih mungkin bisa2 120-140jt. kedua, build engine dst bth puluhan jt lagi. pertanyaannya, worthed kah?
apa chassis Estilo belum bisa dikalahkan saudara2 mudanya dari honda?
bicara merk lain yg menggunakan konfigurasi mesin depan, RWD mana yg lebih unggul?
thx
gw bukan tuner, tapi sering ngamatin geliat tuner luar apalagi jepang.
coba liat estilo, di event Sentul pun masih ada yang pake (walaupun mungkin karena keuntungan dari 1600cc) tapi kenapa mereka gak pake mobil baru aja tuh? kalo misalnya gak ada batasan umur mobil, mobil2 yang lebih tua bakal lebih banyak yang muncul.
kenapa? belum tentu mobil baru lebih bagus dari mobil lama. apakah corolla altis lebih enak dibawanya daripada Corolla Sprinter? coba tanya aja sama drifter2 indonesia.
masalah worthed apa kagak, itu masih perdebatan bro n tergantung orangnya. kita bilang percuma, mereka bilang sensasi sendiri mobil butut mereka bisa overtake mobil baru, walopun jatohnya mending hemat beli mobil baru daripada tuning mobil tua.
estilo uda uzur apa belom lagi2 tergantung, di jepang aja masih banyak yang nyari2 sasis EG ama EK. mesinnya mereka ganti ke Integra DC2/DC5 yang K20/K24. trus maksud saudara mudanya yang seperti apa? Civic 2007 kah? atau CIvic 1700cc? sepengetahuan gw Civic 1700cc jarang ada yang modifin kalo di luar. kebanyakan yang lebih tua seperti Ferio/Genio/Estilo kalo gak Integra. alasannya:Sasis gak enak(secara terperinci gw gak gitu ngerti, ada kabar Honda membuat generasi Civic 1700cc lebih bersahabat untuk kebanyakan keluarga bukan pecinta ngebut yang menginginkan suspensi lebih lembut dan pengendaraan dalam kota sehari-hari yang lebih nyaman. akibatnya Civic yang 1700cc kurang digemari para tuner gitu)
RWD atau FWD punya lokasi pemakaian sendiri. kalo di trek, roda belakang jelas lebih unggul roda depan. banyak banget yang bagus malah. kayak Fairlady Z atau RX-8/RX-7. roda depan enakan di jalan tol yang gak banyak belokan.
ada baiknya bro beli majalah2 impor. satu biji yang gw yakin bagus itu Sport Compact Car. semuanya ngomongin parts2 tuning. atau kalo ngomongin Honda ada Honda TUning.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
kalo buat gw sih belok2 atau jalan lurus tetep enakan RWD kecuali kalo treknya bersalju......StRaDe_Jazz wrote: RWD atau FWD punya lokasi pemakaian sendiri. kalo di trek, roda belakang jelas lebih unggul roda depan. banyak banget yang bagus malah. kayak Fairlady Z atau RX-8/RX-7. roda depan enakan di jalan tol yang gak banyak belokan..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Ya dipakaiin rantai thooo ...Risol1 wrote:kalo buat gw sih belok2 atau jalan lurus tetep enakan RWD kecuali kalo treknya bersalju......StRaDe_Jazz wrote: RWD atau FWD punya lokasi pemakaian sendiri. kalo di trek, roda belakang jelas lebih unggul roda depan. banyak banget yang bagus malah. kayak Fairlady Z atau RX-8/RX-7. roda depan enakan di jalan tol yang gak banyak belokan..

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
ada Prelude juga tuh, pake K24 mo coba nembus 9 detik. aje gile powernya
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
jalan salju/ber es/hujan kan mending pake FF atau 4WD sekalian daripada RWD. salah2 bisa balik ke pangkuan bapa duluan ntu mobilPenyuTurbo wrote:Ya dipakaiin rantai thooo ...Risol1 wrote:kalo buat gw sih belok2 atau jalan lurus tetep enakan RWD kecuali kalo treknya bersalju......StRaDe_Jazz wrote: RWD atau FWD punya lokasi pemakaian sendiri. kalo di trek, roda belakang jelas lebih unggul roda depan. banyak banget yang bagus malah. kayak Fairlady Z atau RX-8/RX-7. roda depan enakan di jalan tol yang gak banyak belokan..

jadi inget waktu gw kebelet boker waktu hujan lebat di tol taun kemaren... jalan 110-140 masih aman2 aja ditambah dongkol dendam teramat sangat pada truk, kijang, avanzaxenia plus mobil2 mewah macam merc dan bmw

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1643
- Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Oh.. sekarang gw dah ngerti kenapa mobil jazznya bau bangke...jadi inget waktu gw kebelet boker waktu hujan lebat di tol taun kemaren... jalan 110-140 masih aman2 aja ditambah dongkol dendam teramat sangat pada truk, kijang, avanzaxenia plus mobil2 mewah macam merc dan bmw![]()
Wakakaka....
Nyambung dari thread lain...
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
astaga, gak ding gak sampe ninggalin tanda di kol!r, sempet lah gw nahan panggilan alamr1210g wrote:Oh.. sekarang gw dah ngerti kenapa mobil jazznya bau bangke...jadi inget waktu gw kebelet boker waktu hujan lebat di tol taun kemaren... jalan 110-140 masih aman2 aja ditambah dongkol dendam teramat sangat pada truk, kijang, avanzaxenia plus mobil2 mewah macam merc dan bmw![]()
Wakakaka....
Nyambung dari thread lain...

Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Wah kalau Prelude susah carinya di Indo, di Jakarta gw cuma liat dua... Jadi inget dulu ada yang nawarin Prelude 2001 seharga 150 juta (orangnya BU), tapi gw tolak karena gak ada duit... Sampai sekarang gw gak pernah berhenti menyesal.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
waduh bro midi_amp, ngomong apa sampai kena sensor jadi penasaran ??, hehehe berarti Cr-V saya bisa di frankestien dong, cuma nggak berani bayangin muka papa, setelah tahu mesin mobil kesayanganya di ubrak ubrik sama saya, BTW cr-v saya masih full double wishbone ya bro ?, jadi penasaran nich hehehe, salam yume no chikara heheheMidi_Amp wrote:Wah kalau Prelude susah carinya di Indo, di Jakarta gw cuma liat dua... Jadi inget dulu ada yang nawarin Prelude 2001 seharga 150 juta (orangnya BU), tapi gw tolak karena gak ada duit... Sampai sekarang gw gak pernah berhenti menyesal.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 183
- Joined: Mon Aug 16, 2004 18:19
iya bagusnya sistem double-wishbone bikin roda tegak lurus terhadap permukaan jalan, ini sejak grand civic 1988 udah 4 whell double wishbone, stabil banget nih mobil kl jalan belok2 nyaris tanpa bodi-roll walaupun agak kaku spt nyetir gokart.
or accord prestige thn 1986 juga udah 4 wheel double-wishbone juga yah, yg rear sih accord prestige udah double-wishbone.
k24 = long-stroke.
mesin long-stroke; pd rpm yg sama piston-speed nya tinggi dibandingkan dgn mesin square/short-stroke, ini jd pengaruh ke gesekan / kekuatan piston-ring & silindernya.
since masih satu basis dgn k20, mungkin jika dibikin hi-rpm, piston-speed nya jadi berada di ambang batas.
he3 padahal mesin honda aja yg f20c standar 9k maybe masih bisa 10k rpm or more spt B series !
lagipula, sptnya k series honda dibagi 2 deh: k20 utk hi rpm - hi power untuk take it to the limit,
k24 sepertinya lebih utk mid rpm - hi torque; sesuai fungsi di model2 dipasangkan mesin k24 ini untuk pengendaraan lebih smooth.
nah interestingnya, oddissey absolute ini cukup kencang 200ps i-vtec, kalo ga salah ada pake mesin k24 yah?
or accord prestige thn 1986 juga udah 4 wheel double-wishbone juga yah, yg rear sih accord prestige udah double-wishbone.
k24 = long-stroke.
mesin long-stroke; pd rpm yg sama piston-speed nya tinggi dibandingkan dgn mesin square/short-stroke, ini jd pengaruh ke gesekan / kekuatan piston-ring & silindernya.
since masih satu basis dgn k20, mungkin jika dibikin hi-rpm, piston-speed nya jadi berada di ambang batas.
he3 padahal mesin honda aja yg f20c standar 9k maybe masih bisa 10k rpm or more spt B series !
lagipula, sptnya k series honda dibagi 2 deh: k20 utk hi rpm - hi power untuk take it to the limit,
k24 sepertinya lebih utk mid rpm - hi torque; sesuai fungsi di model2 dipasangkan mesin k24 ini untuk pengendaraan lebih smooth.
nah interestingnya, oddissey absolute ini cukup kencang 200ps i-vtec, kalo ga salah ada pake mesin k24 yah?
Midi_Amp wrote:Wah kalau Prelude susah carinya di Indo, di Jakarta gw cuma liat dua... Jadi inget dulu ada yang nawarin Prelude 2001 seharga 150 juta (orangnya BU), tapi gw tolak karena gak ada duit... Sampai sekarang gw gak pernah berhenti menyesal.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
mantaap para pakar honda hadir semua, hhehehe benar sekali Odyssey absolute mempunyai tenaga 200ps tetapi hanya ada di absolute yang JDM punya dan benar mesinnya K24 juga, saya kadang heran mungkinkah honda punya misteri tersembunyi ama k24 ?, bisa dilihat,liongkiky wrote:iya bagusnya sistem double-wishbone bikin roda tegak lurus terhadap permukaan jalan, ini sejak grand civic 1988 udah 4 whell double wishbone, stabil banget nih mobil kl jalan belok2 nyaris tanpa bodi-roll walaupun agak kaku spt nyetir gokart.
or accord prestige thn 1986 juga udah 4 wheel double-wishbone juga yah, yg rear sih accord prestige udah double-wishbone.
k24 = long-stroke.
mesin long-stroke; pd rpm yg sama piston-speed nya tinggi dibandingkan dgn mesin square/short-stroke, ini jd pengaruh ke gesekan / kekuatan piston-ring & silindernya.
since masih satu basis dgn k20, mungkin jika dibikin hi-rpm, piston-speed nya jadi berada di ambang batas.
he3 padahal mesin honda aja yg f20c standar 9k maybe masih bisa 10k rpm or more spt B series !
lagipula, sptnya k series honda dibagi 2 deh: k20 utk hi rpm - hi power untuk take it to the limit,
k24 sepertinya lebih utk mid rpm - hi torque; sesuai fungsi di model2 dipasangkan mesin k24 ini untuk pengendaraan lebih smooth.
nah interestingnya, oddissey absolute ini cukup kencang 200ps i-vtec, kalo ga salah ada pake mesin k24 yah?
Midi_Amp wrote:Wah kalau Prelude susah carinya di Indo, di Jakarta gw cuma liat dua... Jadi inget dulu ada yang nawarin Prelude 2001 seharga 150 juta (orangnya BU), tapi gw tolak karena gak ada duit... Sampai sekarang gw gak pernah berhenti menyesal.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.
K24 v1 (accord, Odyssey non absolute, Cr-V 2gen 2.4)----> 160HP
K24 v2(facelift accord, all new Cr-v)----->170hp
k24 jdm spec (Odyssey absolute JDm ver) ----->200hp
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
ya biasalah bro kalo satu mesin itu bisa disetting untuk ngeluarin power and torque yang berbeda2.Yusaku wrote:mantaap para pakar honda hadir semua, hhehehe benar sekali Odyssey absolute mempunyai tenaga 200ps tetapi hanya ada di absolute yang JDM punya dan benar mesinnya K24 juga, saya kadang heran mungkinkah honda punya misteri tersembunyi ama k24 ?, bisa dilihat,liongkiky wrote:iya bagusnya sistem double-wishbone bikin roda tegak lurus terhadap permukaan jalan, ini sejak grand civic 1988 udah 4 whell double wishbone, stabil banget nih mobil kl jalan belok2 nyaris tanpa bodi-roll walaupun agak kaku spt nyetir gokart.
or accord prestige thn 1986 juga udah 4 wheel double-wishbone juga yah, yg rear sih accord prestige udah double-wishbone.
k24 = long-stroke.
mesin long-stroke; pd rpm yg sama piston-speed nya tinggi dibandingkan dgn mesin square/short-stroke, ini jd pengaruh ke gesekan / kekuatan piston-ring & silindernya.
since masih satu basis dgn k20, mungkin jika dibikin hi-rpm, piston-speed nya jadi berada di ambang batas.
he3 padahal mesin honda aja yg f20c standar 9k maybe masih bisa 10k rpm or more spt B series !
lagipula, sptnya k series honda dibagi 2 deh: k20 utk hi rpm - hi power untuk take it to the limit,
k24 sepertinya lebih utk mid rpm - hi torque; sesuai fungsi di model2 dipasangkan mesin k24 ini untuk pengendaraan lebih smooth.
nah interestingnya, oddissey absolute ini cukup kencang 200ps i-vtec, kalo ga salah ada pake mesin k24 yah?
Midi_Amp wrote:Wah kalau Prelude susah carinya di Indo, di Jakarta gw cuma liat dua... Jadi inget dulu ada yang nawarin Prelude 2001 seharga 150 juta (orangnya BU), tapi gw tolak karena gak ada duit... Sampai sekarang gw gak pernah berhenti menyesal.
Oh ya, back to topic.
Untuk Honda dulu ada dua tipe chassis, all wishbone suspension dan mcpherson strut + wishbone suspension belakang doang. Dulunya semua mobil Honda all wishbone suspension, dari Maestro ampe Estilo. Nah, keuntungan dari suspensi wishbone terletak pada kemampuan sudut camber ban depan yang mengikuti lengkungan permukaan jalan sehingga memberikan traksi maksimum di kecepatan tinggi dan di permukaan jalan yang bergelombang. Masalahnya, suspensi wishbone ini "makan tempat" jadi mobil dengan suspensi ini cenderung panjang idungnya.
Mulai memasuki awal tahun 2000, Honda memutuskan untuk mengganti penggunaan suspensi all double wishbone menjadi mcpherson strut pada suspensi depan untuk menciptakan kendaraan yang kompak dan memiliki ruang interior yang lapang. Kemudian pada masa itu juga diperkenalkanlah global platform yang mendefinisikan kendaraan2 Honda hingga sekarang. Global platform yang tersedia sekarang ada 4, ada medium, small/light truck dan compact (lupa nama benerannya). Untuk medium all double wishbone (Legend, Accord, Odyssey, Elysion), untuk small/light truck mcpherson strut depan, double wishbone belakang (Civic, Stream, CR-V), untuk compact mcpherson strut depan dan torsion beam belakang (Jazz/Fit, City/Fit-Aria, Life, Zest).
Coba deh perhatiin jaman2nya Civic Ferio, Prelude, Estilo, idungnya panjang2 dibanding sekarang. Nah kalau mau modifikasi Honda yang terbaik itu mesin B16C, B18B, dan K20A. Kalau mau [cencored], beli mesin CR-V tahun 2000 (B20) terus pake head B16C, ini yang populer dulu sebelum K20 ada. K24 itu jelek, gw lupa masalah teknisnya, tapi putaran mesin gak bisa setinggi K20, karena perbandingan bore dan stroke yang apa gitu...
Nah, yang bro Strade bilang itu bener, Civic tahun 98 keatas udah ganti platform jadi small global platform, yang artinya mcpherson strut digunakan menggantikan double wishbone didepan. Alhasil ruang interior lebih lega dengan performa kecepatan tinggi berkurang. Mungkin Honda berpikir kalau Civic udah jadi mobil keluarga, siapa juga yang mau balapan ama mobil keluarga. Itu lah kenapa Civic pra-98 (Ferio terakhir) masih populer sampai sekarang karena penggunaan double wishbone depan belakang itu berujung pada tingginya performa di kecepatan tinggi. Dulu ada video Best Motoring yang ngadu antara Integra DC2 (all double wishbone) Vs Integra DC5, (small global platform) full tune. 1800cc Vs 2000cc... Yang menang masih DC2. Agak gak fair sih soalnya kan di Jepang kalau mesin dengan tenaga lebih kecil start duluan, jadi mungkin keputusannya imbang. Tapi si pengendaranya bilang kalau DC5 enak, interiornya lega.
Kalau mau modif Ferio/Estilo, mesin K20 bisa masuk gampang kok, tinggal beli engine mount-nya karena kebetulan posisinya juga gak beda ama mesin seri D.
Opini gw, Honda terbaik adalah Ferio, Estilo, Integra (DC2), dengan mesin K20.
K24 v1 (accord, Odyssey non absolute, Cr-V 2gen 2.4)----> 160HP
K24 v2(facelift accord, all new Cr-v)----->170hp
k24 jdm spec (Odyssey absolute JDm ver) ----->200hp
k24A2 yg dipake accord euro juga ngeluarin 205 hp.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
K24 itu mentok di 200-205 hp. Di amrik, Acura TSX (Accord Euro) juga 200 hp, dan akhirnya mesin ini turun ke Accord endut tapi downspec jadi tenaganya 190 hp (Accord EX, untuk Accord LX tenaganya 170hp). Untuk K24 kayaknya udah gak bisa dikembangin lagi deh, makanya Honda buat K23FI (nama gw bikin sendiri), K series 2.3L dengan variable turbo untuk generasi Accord Euro berikutnya (masih isu). Mesin ini udah dipake di Acura RDX, musuh bebuyutan BMW X3, tenaganya 240 hp torsinya 260 lb-ft. Kalau seandainya isu yang bertebaran terjadi, mesin K23FI bakal masuk di Accord Euro R/Acura TSX type-S dengan tenaga 260 hp.
Nah, kalau ada duit mending beli blok mesin K23FI itu, udah dijamin 100% compatible turbo dengan mesinnya, daripada turbo aftermarket. Untuk yang demen torsi gede tanpa force induction, pilih H22A dari mesin Prelude tahun 99-01... Dijamin puas. Tapi untuk masuk ruang mesin Civic butuh modifikasi ekstensif karena mesinnya panjang, gak kotak kayak seri D atau K.
Nah, kalau ada duit mending beli blok mesin K23FI itu, udah dijamin 100% compatible turbo dengan mesinnya, daripada turbo aftermarket. Untuk yang demen torsi gede tanpa force induction, pilih H22A dari mesin Prelude tahun 99-01... Dijamin puas. Tapi untuk masuk ruang mesin Civic butuh modifikasi ekstensif karena mesinnya panjang, gak kotak kayak seri D atau K.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
koreksi dikit, accord LX baru kayaknya tenaga 177hp dehMidi_Amp wrote:K24 itu mentok di 200-205 hp. Di amrik, Acura TSX (Accord Euro) juga 200 hp, dan akhirnya mesin ini turun ke Accord endut tapi downspec jadi tenaganya 190 hp (Accord EX, untuk Accord LX tenaganya 170hp). Untuk K24 kayaknya udah gak bisa dikembangin lagi deh, makanya Honda buat K23FI (nama gw bikin sendiri), K series 2.3L dengan variable turbo untuk generasi Accord Euro berikutnya (masih isu). Mesin ini udah dipake di Acura RDX, musuh bebuyutan BMW X3, tenaganya 240 hp torsinya 260 lb-ft. Kalau seandainya isu yang bertebaran terjadi, mesin K23FI bakal masuk di Accord Euro R/Acura TSX type-S dengan tenaga 260 hp.
Nah, kalau ada duit mending beli blok mesin K23FI itu, udah dijamin 100% compatible turbo dengan mesinnya, daripada turbo aftermarket. Untuk yang demen torsi gede tanpa force induction, pilih H22A dari mesin Prelude tahun 99-01... Dijamin puas. Tapi untuk masuk ruang mesin Civic butuh modifikasi ekstensif karena mesinnya panjang, gak kotak kayak seri D atau K.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
nah loh, tuh ada bro Midi_Amp yang pakarnya 
seharusnya uda jelas keunggulan Civic generasi lama

seharusnya uda jelas keunggulan Civic generasi lama
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
