Rekan2,
Kmrn waktu naik ke tangkuban perahu, kena macet parah, mobil sedan 1600 cc dgn 4 penumpang. Waktu itu saya sudah memaksimalkan pake hand brake waktu stop & go di tanjakan, tapi tetep aja tercium bau kopling gosong & mobil sempat terasa lemas, hampir saja ga mau nanjak lagi. Setelah baik dari sana semua ok2 aja. Lari masih enak 160 km/jam masih dapet.
Kalo saya test pasang hand brake & masukkan gigi tertinggi (5) kemudian pelan2 kopling dilepas & gas ditambah, mesin perlahan2 mati. Kira2 sistem kopling saya masih ok ga?
Bau kopling gosong
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Re: Bau kopling gosong
tenang aja bro....IMHO masih nomal koq.....mungkin kopling udah berkurang ketebelannya tapi kalo masuk gigi lima (asumsi ditanjakan karena pake hand brake) mesin mati wajarlah.redvolcano wrote:Rekan2,
Kmrn waktu naik ke tangkuban perahu, kena macet parah, mobil sedan 1600 cc dgn 4 penumpang. Waktu itu saya sudah memaksimalkan pake hand brake waktu stop & go di tanjakan, tapi tetep aja tercium bau kopling gosong & mobil sempat terasa lemas, hampir saja ga mau nanjak lagi. Setelah baik dari sana semua ok2 aja. Lari masih enak 160 km/jam masih dapet.
Kalo saya test pasang hand brake & masukkan gigi tertinggi (5) kemudian pelan2 kopling dilepas & gas ditambah, mesin perlahan2 mati. Kira2 sistem kopling saya masih ok ga?

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 35
- Joined: Thu Nov 03, 2005 3:58
Thanks replynya Bro Risol1,
Maksud saya, setelah kejadian bau kopling gosong itu, bbrp hari kemudian saya test, caranya: mobil saya jalankan sampai temperatur kerjanya lalu saya cari tempat datar, kemudian pasang hand brake, masukkan gigi 5, kopling perlahan saya angkat sambil gas saya tambah & hasilnya mesin masih mati, setahu saya ini cara test kopling masih bagus atau ga, kalo mesin mati berarti kopling masih bagus....CMIIW
Maksud saya, setelah kejadian bau kopling gosong itu, bbrp hari kemudian saya test, caranya: mobil saya jalankan sampai temperatur kerjanya lalu saya cari tempat datar, kemudian pasang hand brake, masukkan gigi 5, kopling perlahan saya angkat sambil gas saya tambah & hasilnya mesin masih mati, setahu saya ini cara test kopling masih bagus atau ga, kalo mesin mati berarti kopling masih bagus....CMIIW
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
lantas, kalo mesin gak mati berarti kopling rusak?
bisa tolong dijelasin nggak ya? gw kurang ngerti konsepnya.
bisa tolong dijelasin nggak ya? gw kurang ngerti konsepnya.
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 702
- Joined: Sat May 05, 2007 3:07
penjelasannyaStRaDe_Jazz wrote:lantas, kalo mesin gak mati berarti kopling rusak?
bisa tolong dijelasin nggak ya? gw kurang ngerti konsepnya.

Cara Mudah Check Kondisi Kopling manual
Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.
Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.
Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.
Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1881
- Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
- Location: Sunter
Bung strade...
Kan kopling itu sistemnya nempel secara perlahan dengan flywheel...
Nah kalo kopling ga kita injek sama sekali, maka bakal nempel sepenuhnya dengan flywheel...
Kalo dah aus, ya gak sepenuhnya nempel, maka bakal ada yang bergesek...
Itu dia.. Makanya mesin ga mati walau kopling ga diinjak karena flywheel ga ketahan sepenuhnya...
Koq kayaknya cara diatas pernah gw baca ya? Dimana ya?
Kan kopling itu sistemnya nempel secara perlahan dengan flywheel...
Nah kalo kopling ga kita injek sama sekali, maka bakal nempel sepenuhnya dengan flywheel...
Kalo dah aus, ya gak sepenuhnya nempel, maka bakal ada yang bergesek...
Itu dia.. Makanya mesin ga mati walau kopling ga diinjak karena flywheel ga ketahan sepenuhnya...
Koq kayaknya cara diatas pernah gw baca ya? Dimana ya?
The quick brown fox jumps over the lazy dog...
Bisnis? Sini donk..
Bisnis? Sini donk..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
itu pada point 5 tambah putaran mesin apakah maksudnya di ijak pedal gas...tonie wrote:penjelasannyaStRaDe_Jazz wrote:lantas, kalo mesin gak mati berarti kopling rusak?
bisa tolong dijelasin nggak ya? gw kurang ngerti konsepnya.
Cara Mudah Check Kondisi Kopling manual
Kopling selip
Kopling selip artinya kopling selip diantara pelat penahan dan roda penerus pada saat kopling berkaitan. Bila kopling selip, tenaga mesin tidak dapat diteruskan sepenuhnya ke transmisi, sehingga kendaraan terasa tidak bertenaga.
Terjadinya koping selip ini dapat diketahui dari gejala-gejala sebagai berikut:
1. Kecepatan kendaraan tidak dapat bertambah pada saat diakselerasi secara tiba-tiba.
2. Bau hangus dari kopling.
3. Tenaga mesin kurang pada saat mendaki.
4. Pemakaian bahan bakar boros.
Bagaimana menentukan bahwa kopling selip:
1. Pasang ganjalan pada roda-roda.
2. Pasang/tarik rem tangan.
3. Tekan pedal kopling dan hidupkan mesin.
4. Posisikan tuas gigi pada kecepatan tertinggi (4 atau 5).
5. Tambah putaran mesin dan angkat kopling secara perlahan-lahan.
Bila mesin mati berarti kopling tidak selip. Namun sebaliknya, bila mesin masih dalam keadaan hidup berarti kopling mengalami selip. Pada saat melakukan pengetesan seperti ini yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan tes terlalu lama karena dapat menimbulkan panas pada kopling.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
oh i c i c, uda dapet gw maksudnya. thx buat info dari mansheta
pada point 5 maksudnya emang diinjek pedal gas. tapi dikit2
pada point 5 maksudnya emang diinjek pedal gas. tapi dikit2
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18