Honda Jazz masalah engine brake
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sun Oct 07, 2007 17:04
Honda Jazz masalah engine brake
Guys, sebelumnya salam kenal.
Mau tanya nih, boil saya jazz idsi a/t tahun 2005 (rangka 2004). Semenjak 2 bulan yla koq kadang kalau jalan di 20-40kph trus lepas gas terasa banget efek engine brake-nya. Kalau kemudian dikasi gas dengan halus terasa ada sentakannya. Tapi kalau jalan di atas 40kph gas dilepas nggak terasa engine brake-nya, juga kalau di gas, akselerasinya halus.
Pernah dibawa ke beres honda, tapi menurut orang bengkelnya nggak ada masalah. Ngeri aja kalau CVT-nya ada apa-apa, soalnya kan bentar lagi garansi 3 tahunnya habis.
Kira-kira apa ya yang mesti diperiksa. Ada yang ngalamin hal serupa?
Thanks alot sebelumnya...
Mau tanya nih, boil saya jazz idsi a/t tahun 2005 (rangka 2004). Semenjak 2 bulan yla koq kadang kalau jalan di 20-40kph trus lepas gas terasa banget efek engine brake-nya. Kalau kemudian dikasi gas dengan halus terasa ada sentakannya. Tapi kalau jalan di atas 40kph gas dilepas nggak terasa engine brake-nya, juga kalau di gas, akselerasinya halus.
Pernah dibawa ke beres honda, tapi menurut orang bengkelnya nggak ada masalah. Ngeri aja kalau CVT-nya ada apa-apa, soalnya kan bentar lagi garansi 3 tahunnya habis.
Kira-kira apa ya yang mesti diperiksa. Ada yang ngalamin hal serupa?
Thanks alot sebelumnya...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
ganti oli CVT nya coba. City VTEC matic nya d-soul begitu juga tuh kemaren. trus sama beresnya diganti oli baru dan masalah pun selesai.
ohya, ternyata gak semua beres bisa ngurusin hal kayak gini loh. si d-soul sampe pindah ke honda lain baru di-diagnosis oli cvt-nya uda harus diganti
ohya, ternyata gak semua beres bisa ngurusin hal kayak gini loh. si d-soul sampe pindah ke honda lain baru di-diagnosis oli cvt-nya uda harus diganti
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sun Oct 07, 2007 17:04
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
service Honda emang buruk amat...sampe nyesel dulu beli Stream karena itu deh...be2kz wrote:Sebenernya boilku baru ganti oli transmisi di 20K, sekarang posisi 25K dan baru aja service berkala minggu lalu.
Boss StRaDe_Jazz : Bengkel beres honda itu dimana?
Emang tuh beres honda gak ada yang bener

NB : tidak semua Honda begini loh...ini cuma di salah satu Honda yg pernah dialami gw...yg laennya kaga tau -_-"


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
dia kemaren ke pluit kata2nya gak kenapa2
trus ntah pindah ke beres mana, mungkin yang ada di pangjay kali ya, malah di suruh ganti oli transmisi dan habis itu masalah hilang.
wah, pegimana juga ya kalo barusan ganti oli tapi masalah malah muncul? jangan-jangan beltnya....
trus ntah pindah ke beres mana, mungkin yang ada di pangjay kali ya, malah di suruh ganti oli transmisi dan habis itu masalah hilang.
wah, pegimana juga ya kalo barusan ganti oli tapi masalah malah muncul? jangan-jangan beltnya....
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Coba aja ikut milis jazz-fit-club di yahoogroups. Gw juga lagi kena masalah itu tuh. Kalau mau langsung beres sih bisa ke lestari motor (bengkel rekanan JFC), tapi jauhnya booooooooooo, di cilandak sonoan lagi dikit. Kalau sempet ya silahkan datang tapi kalau kayak gw, ya dah datengnya ke beres melulu dan gak pernah beres di autoland. Tapi gw udah terbiasa, gak masalah kok, jangan nyetir pelan2 aja (ngarep bisa ngebut di jakarta), hehehehe.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
Lestari Motor di mana? Cilandak?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sun Oct 07, 2007 17:04
Sebenernya masalahnya muncul nggak lama setelah ganti oli transmisi. Sebelumnya sih oke-oke aja...
Tapi kalau service di bengkel non beres honda garansi hangus kan?
Orang hondanya tahu gak yah kalau pernah di service non beres honda?
Kalau ngandelin beres honda mah nggak akan beres-beres... masa customernya yang mesti cari tau masalahnya sendiri neh...
Boss @Midi_Amp : sama juga ngalamin engine brake di kecepatan rendah? Trus solusinya diapain? Pernah dicoba ganti oli transmisinya?
Tapi kalau service di bengkel non beres honda garansi hangus kan?
Orang hondanya tahu gak yah kalau pernah di service non beres honda?
Kalau ngandelin beres honda mah nggak akan beres-beres... masa customernya yang mesti cari tau masalahnya sendiri neh...

Boss @Midi_Amp : sama juga ngalamin engine brake di kecepatan rendah? Trus solusinya diapain? Pernah dicoba ganti oli transmisinya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Sebenarnya jumlah ATF yang diganti itu tidak semuanya ... dalam Transmisi Automatic ... setidak-tidaknya ada 8 Liter ... jika hanya dikeluarkan melalui baut Carter ... yang keluar cuman antara 2 s/d 4 liter saja ... sisanya masih berada di Torque Converter dan system Trany.be2kz wrote:Sebenernya masalahnya muncul nggak lama setelah ganti oli transmisi. Sebelumnya sih oke-oke aja...
Tapi kalau service di bengkel non beres honda garansi hangus kan?
Orang hondanya tahu gak yah kalau pernah di service non beres honda?![]()
Kalau ngandelin beres honda mah nggak akan beres-beres... masa customernya yang mesti cari tau masalahnya sendiri neh...![]()
Boss @Midi_Amp : sama juga ngalamin engine brake di kecepatan rendah? Trus solusinya diapain? Pernah dicoba ganti oli transmisinya?
Problemnya adalah campuran ATF yang baru dan yang lama ... mungkin sudah berbeda Friction Modifier nya ... Untuk itu perlu diganti lagi dengan OLI ATF yang sama (untuk CVT tentunya) beberapa kali ... supaya oli ATF yang ada dalam sistem transmisi betul betul seragam ... kalee...
Kejadian pernah dialami (tapi ini bukan CVT ... konvensional) ... ganti ATF baru cuman 4 liter ... setelah beberapa bulan SHIFTING jadi kasar dan nyendat-nyendat ... terpaksa dikuras habis ... dan masuk 8 liter oli ATF baru ... hasilnya smooth lagi ampe sekarang .... campuran yang gak seragam ini yang mungkin menyebabkan transmisi jadi gak NYUUUSSS.

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 37
- Joined: Sun Oct 07, 2007 17:04
Pernah denger neh, istilahnya kuras oli transmisi ya...PenyuTurbo wrote:Sebenarnya jumlah ATF yang diganti itu tidak semuanya ... dalam Transmisi Automatic ... setidak-tidaknya ada 8 Liter ... jika hanya dikeluarkan melalui baut Carter ... yang keluar cuman antara 2 s/d 4 liter saja ... sisanya masih berada di Torque Converter dan system Trany.be2kz wrote:Sebenernya masalahnya muncul nggak lama setelah ganti oli transmisi. Sebelumnya sih oke-oke aja...
Tapi kalau service di bengkel non beres honda garansi hangus kan?
Orang hondanya tahu gak yah kalau pernah di service non beres honda?![]()
Kalau ngandelin beres honda mah nggak akan beres-beres... masa customernya yang mesti cari tau masalahnya sendiri neh...![]()
Boss @Midi_Amp : sama juga ngalamin engine brake di kecepatan rendah? Trus solusinya diapain? Pernah dicoba ganti oli transmisinya?
Problemnya adalah campuran ATF yang baru dan yang lama ... mungkin sudah berbeda Friction Modifier nya ... Untuk itu perlu diganti lagi dengan OLI ATF yang sama (untuk CVT tentunya) beberapa kali ... supaya oli ATF yang ada dalam sistem transmisi betul betul seragam ... kalee...
Kejadian pernah dialami (tapi ini bukan CVT ... konvensional) ... ganti ATF baru cuman 4 liter ... setelah beberapa bulan SHIFTING jadi kasar dan nyendat-nyendat ... terpaksa dikuras habis ... dan masuk 8 liter oli ATF baru ... hasilnya smooth lagi ampe sekarang .... campuran yang gak seragam ini yang mungkin menyebabkan transmisi jadi gak NYUUUSSS.
Di beres bisa kuras oli transmisi gak yah? Setahu saya penggantian oli transmisi di beres hanya yang lewat baut carter.
Atau ada yang tahu enggak bengkel non beres honda di bandung yang bisa kuras oli transmisi CVT?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Yang merasa di Bandung ... bisa ngasih Info ?be2kz wrote: Pernah denger neh, istilahnya kuras oli transmisi ya...
Di beres bisa kuras oli transmisi gak yah? Setahu saya penggantian oli transmisi di beres hanya yang lewat baut carter.
Atau ada yang tahu enggak bengkel non beres honda di bandung yang bisa kuras oli transmisi CVT?

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
kalo gw problemnya sudah mulai dari awal beli. udah cek ke beres Honda termasuk ke Imora, katanya normal.
BeRes kadang males ngecek atau apa sih, dulu problem mobil CR-V bokap gw ngelitik, kata mekanik (yang ini di Honda Sunter) bukan bunyi mesinnya, itu bunyi uang koin yang di taruh di cup holder mobil gw. Bener2 ngasal jawabannya
BeRes kadang males ngecek atau apa sih, dulu problem mobil CR-V bokap gw ngelitik, kata mekanik (yang ini di Honda Sunter) bukan bunyi mesinnya, itu bunyi uang koin yang di taruh di cup holder mobil gw. Bener2 ngasal jawabannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Hehehe, bos Penyu bagus banget tuh istilahnya. Beres Honda sucks! Titik. Cuma ada dua-tiga aja yang bagus menurut anggota2 milis Honda sendiri. Gw lupa yang mana aja, tapi yang pasti posisinya di pusat dan selatan, jauuuuuuuuuuuuuh dari rumah gw yang di utara.
Soal kuras oli mungkin bener banget tuh, soalnya di milis JFC ada yang bilang kuras oli aja. Tapi gw juga baru tau kalo masih ada yang nyisa di tranny.... Ckckckck. Soalnya gw liat di lembaran kwitansi/work order dari perbaikan senen kemaren, oli yang masuk cuma 4 liter.
Soal kuras oli mungkin bener banget tuh, soalnya di milis JFC ada yang bilang kuras oli aja. Tapi gw juga baru tau kalo masih ada yang nyisa di tranny.... Ckckckck. Soalnya gw liat di lembaran kwitansi/work order dari perbaikan senen kemaren, oli yang masuk cuma 4 liter.