HCCI:Gasoline engine yg mirip diesel sudah on the road

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

HCCI:Gasoline engine yg mirip diesel sudah on the road

Post by uch »

GM TAKES NEW COMBUSTION TECHNOLOGY OUT OF THE LAB AND ONTO THE ROAD

PONTIAC, Mich – Engine experts have dreamt about it, talked about it and lectured about it, and today – for the first time – General Motors is letting outside parties drive the “most awaited advanced combustion technology” of the past 30 years.

GM demonstrated the combustion process, known formally as Homogeneous Charge Compression Ignition, or HCCI, for the first time in two driveable concept vehicles, a 2007 Saturn Aura and Opel Vectra. When combined with the enabling advanced technologies such as direct injection, electric cam phasing, variable valve lift and cylinder pressure sensing, HCCI provides up to a 15-percent fuel savings, while meeting current emissions standards.

“I remember debating the limits of combustion capability when I was in college,” said Tom Stephens, group vice president, GM Powertrain and Quality. “HCCI was just a dream then. Today, using math-based predictive analysis and other tools, we are beginning to see how we can make this technology real. By combining HCCI with other advanced gasoline engine and control technologies we can deliver a good fuel savings value for consumers.

http://media.gm.com/servlet/GatewayServ ... ocid=38736
Homogeneous Charge Compression Ignition, or HCCI, is a form of internal combustion in which well mixed fuel and oxidizer (typically air) are compressed to the point of auto-ignition. As in other forms of combustion, this exothermic reaction releases chemical energy into a sensible form that can be translated by an engine into work and heat.

by : Om Wiki

Kagak ngarti dah gw... :mad:

Tapi sekilas keliatan nya, kalo yg disini http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6342 mengandalkan variabel kompresi doang untuk mencapai auto ignition kayak diesel, yg HCCI mengandalkan Variabel compresi dan Heat (panas). Awal2 start saat suhu masih dingin, mesin jalan seperti biasa.

Tapi yg pasti, HCCI versi GM sudah on the road walaupun baru sebatas demo.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Udah ada terjemahaanya di http://WWW.mobilku.com.

info nya kalah cepat dibanding http://www.serayamotor.com. he..he..he.. j/k.
GM demo mobil bensin tanpa busi, siap keliling dunia

(27/08/2007) - General Motor mendemonstrasikan teknologi homogeneous charge compression ignition (HCCI) pada mobil konsep yang bisa dikendarai, yaitu 2007 Saturn Aura dan Opel Vectra. Ketika dikombinasikan dengan teknologi lain seperti direct injection, electric cam phasing, variable valve lift dan cylinder pressure sensing, HCCI bisa menghemat bensin hingga 15 % sekaligus memenuhi standar emisi masa depan.

Teknologi HCCI menggabungkan proses pembakaran seperti mesin diesel (tanpa busi) tapi menggunakan bahan bakar bensin.

Pada mobil konsep itu, HCCI plus teknologi lainnya bisa mendapatkan efisiensi seperti mesin diesel, tapi tidak perlu sistem peredam emisi NOx yang mahal. Efisiensi tercipta dari pembakaran bahan bakar pada suhu rendah dan mengurangi energi panas yang hilang pada proses pembakaran. Hasilnya lebih sedikit CO2 yang dilepas karena pembakaran berlangsung lebih efisien.





GM memodifikasi mesin 2.2 liter Ecotec, empat silinder untuk dipasang pada mobil konsep itu. Mobil bisa dikendarai laiknya mobil konvensional, dengan efisiensi bahan bakar 15% lebih baik dibandingkan mobil sejenis. GM mengklaim ini mobil pertama yang menggunakan mesin ini diluar laboratorium. Sebelumnya Mercedes-Benz juga mengklaim menggunakan mesin DiesOtto (HCCI-nya mereka) pada S-Class dengan hasil memuaskan.

Mesin HCCI memicu pembakaran campuran bahan bakar dan udara dengan cara mengkompresi campuran itu dalam silinder. Tidak seperti pada mesin busi atau mesin diesel, mesin HCCI memproduksi energi dengan temperatur rendah diseluruh ruang bakar. Seluruh bahan bakar di ruang itu terbakar secara simultan. Ini menghasilkan produksi tenaga seperti mesin bensin konvensional tapi membutuhkan bahan bakar lebih sedikit.

Panas adalah faktor yang harus ada pada proses HCCI, jadi busi tetap diperlukan pada saat mesin di hidupkan di kondisi dingin untuk membangkitkan panas dalam silinder dan dengan cepat memasarkan exhaust catalist dan memungkinkan HCCI beroperasi. Saat HCCI mode, campuran air-bensin relatif kurus, atau lebih banyak konsentrasi udara dibandingkan bahan bakar. Ini membantu HCCI mencapai efisiensi seperti mesin diesel tapi tidak memerluklan proses peredaman emisi semahal dan serumit mesin diesel.

HCCI dibangun dari integrasi teknologi mesin canggih lainnya, sebagian teknologi tu sudah diproduksi massal dan bisa dipakai di mesin bensin yang sudah ada. Rasio kompresi mesin silinder mirip dengan mesin bensin direct injection biasa dan bisa menggunakan bensin biasa dan E85.

Prototipe mobil bermesin HCCI ini bisa beroperasi hingga 55mph dan bertransisi ke spark ignition mode pada kecepatan tinggi dan beban berat. GM terus menyempurnakan engine hardware dan sistem kendali untuk mempepanjang rentang operasi HCCI.

"Barangkali, tantangan terbesar HCCI adalah mengontrol proses pembakaran," kata Prof. Dr. Uwe Grebe, executive director for GM Powertrain Advanced Engineering. "Dengan spark ignition, anda bisa mengatur timing dan intensitas busi, tapi dengan HCCI, anda perlu mengubah komposisi campuran dan suhu yang sangat rumit dan sangat berpengaruh dengan waktu untuk mendapatkan peforma setara."

Tim global HCCI akan terus menyempurnakan teknologi ini dengan mengendarainya di aneka kondisi jalan diseluruh dunia dari ektrim panas ke dingin hingga tempat-tempat tinggi yang kandungan oksigennya tipis.
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Gimana nih lanjutannya ????
Image