perawatan ban bocor

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

alex99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59

perawatan ban bocor

Post by alex99 »

kalo ban motor tipsnya begini. kalo ban mobil tipsnya gimana ya? ada yang tau?
Tips Perawatan Ban Bocor (khusus Motor)
Sering kali kita mengalami perjalanan dan tiba-tiba mendadak berhenti dikarenakan
ban kendaraan kita bocor ketusuk paku dan semacamnya. Seperti biasa kita langsung menuju
tukang tambal ban lalu kita lihat yang dilakukan tukang tambal ban yaitu dengan menusuk
bagian yang bocor dengan alat yang lebih besar daripada lubangnya maka terjadi kerusakan
pada ban.
Kerusakan yang terjadi pada ban yaitu bahan karetnya dengan anyaman benangnya
sampai anyaman kawatnya menjadi sobek dan putus berantakan sehingga menyebabkan
ban kita semakin lemah. Memang untuk pertama kali tambalan mungkin masih bisa bertahan
hingga beberapa minggu namun jika terjadi kebocoran kembali maka ban kita sudah tidak
layak pakai. Jika sudah seperti ini maka biaya yang kita keluarkan jadi lebih besar dari biaya
tambal ban.
Setelah dibolongin, tali serabut disumbatkan ke bolongan ban dengan regangan yang cukup
potensial untuk semakin merusak ban.
Berikut ini cara merawat ban kendaraan dengan mudah, hemat waktu, hemat biaya :
1. Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak
gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor (sebaiknya lingkari pake
tip-ex).
2. Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering
tetesi dengan sejenis lem power (power glue) sehingga lem meresap ke dalam lubang.
3. Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang
agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit.
4. Lalu pompa lagi dan pekerjaan menambal selesai.
Environment & Social Responsibility Division
ESR Weekly Tips no. 08/VIII/2007
Sent: 22 Agustus 2007
Keuntungan dari menggunakan metode ini adalah sebagai berikut :
(1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif
karet sendiri sehingga titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain.
Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya
menggunakan lem.
(2) Tidak terjadi pelemahan pada jaringan ban.
(3) Tidak menambah massa yang mempengaruhi balancing.
(4) Tidak akan pernah membutuhkan ban dalam sepanjang umur ban.
(5) Menggunakan ban dalam menambah biaya, menambah rumit setting roda,
keandalan yang lebih rendah dan risiko kegagalan yang jauh lebih tinggi.
(6) Tidak tergantung pada orang lain dan tukang tambal ban maupun alat-alat yang
lebih rumit. Dapat dilakukan sendiri dengan mudah, cukup bermodalkan sebuah
lem power Rp.1000 saja, dan satu pompa sepeda anak-anak di rumah.
(7) Biaya yang jauh lebih rendah. Satu tabung kecil lem power dapat menambal
puluhan titik bocor.
(8) Kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak
merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.
Selamat mencoba!!!!
Muhammad Adi Yasir
Reff: karismafansclub
Untuk info maupun saran, silahkan hubungi :
Stakeholder Care & Information Center
Environment & Social Responsibility Division ( ESRD ) - PT. Astra International Tbk
contact : Agus Iwan./ Karim S.- T : (021) 6522-555 ext.126/519. F : (021) 6512-058 / 059.
Mail : [email protected], [email protected]
Division : [email protected]
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

wah, bener juga ya...
GOOD POST :e-clap:
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

ban tubeless ya?
wah masih ban tube nih... ha3...
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Post by Hansen »

good post... :e-clap:
Image
alex99
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Apr 02, 2007 6:59

Post by alex99 »

thanks :oops:
btw ada yang tau kalo ban mobil gimana?
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Re: perawatan ban bocor

Post by gubraks »

alex99 wrote: (1) Kuat dan anti gagal. Daya adesif lem power lebih tinggi dibanding daya kohesif
karet sendiri sehingga titik ini menjadi lebih kuat daripada bagian yang lain.
Tidak ada bagian yang mungkin copot atau terpental, karena hanya
menggunakan lem.
Logikanya kalo memang setelah pakai powerglue bekas lubang menjadi lebih kuat dari bagian yang lain.. ya mungkin bisa juga buat ban mobil ya? Apakah jika terkena paku yang sama, maka lubang di ban motor berbeda dengan lubang di ban mobil? jika sama, apa treatment yang sama akan menghasilkan result yang berbeda? atau karena tekanan, beban dan kecepatan yang ditanggung ban mobil berbeda, jadi resultnya tidak sama? :?
User avatar
widnug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 234
Joined: Sun May 06, 2007 16:08
Location: Mobil-mobil gw keren khan....

Post by widnug »

Nice Information!!!...Thanks :D
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Kalau di ban motor mungkin, tapi kalau di ban mobil sepertinya ga mungkin diperlakukan seperti itu. Alasannya antara lain :

1. Ban mobil lebih tebal dari ban motor. Otomatis lubangnya lebih dalam. Ga mungkin cuma ditusuk-tusuk, lalu lemnya bisa masuk sampai bagian dalam ban. Paling-paling hanya dibagian luar. Apalagi lem power glue cepat sekali kering. Kecuali jika ditambal lewat sebelah dalam, atau copot ban dulu dari velgnya. Tapi itu malah tambah susyah khan?

2. Tekanan pada ban mobil relatif lebih besar. Dari bobot mobil, lebar tapak yang menempel pada jalan juga sudah kelihatan. Apa iya lem power glue bisa menahan tekanan sebesar itu?

3. Ukuran cacing karet (karet penyumbat ban tubeless) relatif kecil di ban mobil. Kalau pada ban motor memang kelihatan besar. Tapi kalau pada ban mobil ga masalah. Termasuk juga ukuran, kerusakan jaringan kawat dan benang di dalamnya. Kalau pada motor kemungkinan memang sangat berpengaruh. Kerusakan yang diakibatkan penusukan ban saat memasukkan cacing karet bisa dikategorikan masih sangat aman untuk pemakaian biasa. Ga mungkin kan balapan dengan ban bekas?

Yang mungkin perlu diperhatikan adalah pemilihan cacing karet itu sendiri. Ada tambal ban yang benar-benar menggunakan cacing karet khusus utk menambal (bahannya lembut dan lengket). Tetapi ada juga yang memakai potongan-potongan bekas ban dalam yang diberi lem. Yang kedua ini memang potensi menimbulkan masalah.

Makanya mendingan sedia compressor mini aja deh. Cuma 200-300rban. Cukup untuk mompa ban biar mobil masih bisa jalan sampai bengkel yang dapat dipercaya. Ganti ban dengan ban serep? Cape' Deeee.......

8)
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
gubraks
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: Mon Apr 09, 2007 2:36

Post by gubraks »

Kl gw lihat di iklan Michelin ... nambal yg di recommend pake patch karet yg dipasang dari bagian dalam ban.. sudah ada belum ya di sini yg kayak gitu..?
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Udah ada, cuma masih jarang banget. Dulu pernah nanya di bengkel2 spooring gitu, katanya ada di jalan panjang. Cuma masalahnya yg mana ga tau. Padahal di jalan panjang banyak bengkel ban.

Tapi biasanya kata jarang berkonotasi mahal. Hehehe...

Udah.. pake model tunjleb aja. Umur ban paling 2 taun ini. So far so good tuch...
Accurate V5 Accounting System Consultant
h3ndryg
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Tue Jan 30, 2007 0:51

Post by h3ndryg »

Sekarang sudah ada loh, paket untuk tambal ban, bisa dipake untuk ban Tubles atau ban biasa jadi tubles.
Jadi kalau ban kita kena Paku, tinggal nyabut pakunya dan putar maka cairan penambahl ban yang sudah dipasangkan waktu pasang ban akan menutup lupang tersebut. dapat dipake sampai lebih dari 100 tusukan. Soal harga saya nggak begitu tau, tapi sering lihat di toko toko sparepart.
Yang enaknya paket penambal ban ini bisa jadiin ban biasa jadi seperti tubles dan tanpa mengganti velg dari jari jari ke CW. Cukup pake velg jari jari bisa tubles.,
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Di Ace Hardware kayaknya ada. Bentuknya botol plastik, isinya gel warna ijo. Cara pakainya cabut pentil ban, trus tuang isi botol ke dalam ban sampai abis. Sambil menuang isi botol, ban diputar biar gel ijo itu nempel rata di seluruh bagian dalam ban. Abis itu pasang pentil, lalu pompa. Harganya lupa deh.

Btw jangan sampai salah beli. Ada yang untuk ban sepeda, motor, dan mobil. Kayaknya isinya mirip, cuma kapasitas isi botolnya beda. Soalnya utk mobil jelas lebih banyak. Dan sekali lagi, satu ban diisi dengan satu botol. Jadi lumayan mahal juga tuh.

Ada juga yang dijual satu paket dengan mini kompresor. Kalau yg ini sekitar 400-500rban. Lumayan mahal khan? Seharga 1 ban tuh....
Accurate V5 Accounting System Consultant