Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Permasalahan Transmisi M/T pada SX4
Kemaren malem, bokap bawa pulang SX4 manual yang biasa, (gak pke rombakan di transimisinya y) di pinjam oleh wartawan. Tidak ada permasalahan sama sekali, geterpun aja tidak ada. Kopling seperti biasa, tambah gas sedikit trus baru lepas kopling. Tidak ada getaran sama se x. Trus orang2 pada komplain tuh ada permasalahan ap?? Kan teknik lepas kopling yang bener tambah gas sedikit baru lepas kopling. Bukannya lepas kopling dulu trus baru gas. Kalau itu sih bisa membuat mati mesin n kalau tidak, ya bergetar seperti orang yang pada komplain. semua yang ditulis di majalah, yang pada komplain pada bilang bergetar semuakan?? tapi itu teknik yang dipke, teknik kaya mengetes kopling sudah abis/tidak(lepas kopling baru gas belakangan). Menurut saya sih, tidak ada masalah sama se x. Malah enak banget di banding yang matik. Kenceng, lepas kopling kagetan juga ok2 aja. Kalau masih ada yang komplain, posting aja di topic ini. Biar di discuss. Thanks.
Mungkin lebih baik di liat langsung konsumen2 yg melaporkan masalah diatas. Suruh teknisi confirm ada atau tidak masalah ini? Terus catat berapa orang yg komplain masalah ini...baru deh ketahuan, ini masalah merata apa cacat produksi satu dua, atau masalah pemakai (ce baru belajar nyetir misalnya)
Kalo ngetes 1 mobil mah, bisa aja lagi dapet yg bagus. Masa di Suzuki gak ada sih yg bisa memantau begini2an secara detail? Tukang statistik gitu...
Saya rasa org Indonesia rata2 bisa kok make mobil berkopling. Se-jelek2nya bangsa ini, gak sebodo itu :p
Kalo ngetes 1 mobil mah, bisa aja lagi dapet yg bagus. Masa di Suzuki gak ada sih yg bisa memantau begini2an secara detail? Tukang statistik gitu...
Saya rasa org Indonesia rata2 bisa kok make mobil berkopling. Se-jelek2nya bangsa ini, gak sebodo itu :p
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 494
- Joined: Fri Sep 22, 2006 9:54
- Location: Look at your rear view mirror
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 668
- Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
- Location: Jakarta
Gw aja yang udah 5 tahun gak pake mobil manual, waktu test drive Toyota Rush manual, gak ada istilah getar dan semacamnya. Gak tau teknik apa yang gw pake (heel and toe kali).
Mungkin orang yang jarang nyetir manual kayak gw boleh dipertanyakan tekniknya salah atau gak. Tapi bukannya orang yang beli mobil manual, pasti sebelumnya nyetir manual juga? (karena belum merasakan nikmatnya nyetir matic, hehehe) Jadi kalau mereka komplen dengan getaran, berarti umumnya yang salah pada mobil barunya, karena teknik nyetir mereka udah diasah bertahun2.
Mungkin orang yang jarang nyetir manual kayak gw boleh dipertanyakan tekniknya salah atau gak. Tapi bukannya orang yang beli mobil manual, pasti sebelumnya nyetir manual juga? (karena belum merasakan nikmatnya nyetir matic, hehehe) Jadi kalau mereka komplen dengan getaran, berarti umumnya yang salah pada mobil barunya, karena teknik nyetir mereka udah diasah bertahun2.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
masalahnya udh ada bbrp org (kl gak salah ) di forum ini yg ngomong begitu ya plus yg ada di tabloid otomotif bbrp waktu lalu.
termasuk pemakai grand vitara manual yg problemnya jg di transmisi (walaupun beda mobil tp satu brand, nyambung enggaknya sih gak tau jg ya
)
yah mungkin yg ngerasa ada problem transmisi di sx4 nya bisa lsg nyambung di thread ini, mumpung ada pihak yg berkompeten langsung respond di sini, jarang2 lho
termasuk pemakai grand vitara manual yg problemnya jg di transmisi (walaupun beda mobil tp satu brand, nyambung enggaknya sih gak tau jg ya

yah mungkin yg ngerasa ada problem transmisi di sx4 nya bisa lsg nyambung di thread ini, mumpung ada pihak yg berkompeten langsung respond di sini, jarang2 lho
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 327
- Joined: Thu Jul 06, 2006 9:36
masalahnya udh ada bbrp org (kl gak salah ) di forum ini yg ngomong begitu ya plus yg ada di tabloid otomotif bbrp waktu lalu.
termasuk pemakai grand vitara manual yg problemnya jg di transmisi (walaupun beda mobil tp satu brand, nyambung enggaknya sih gak tau jg ya
)
yah mungkin yg ngerasa ada problem transmisi di sx4 nya bisa lsg nyambung di thread ini, mumpung ada pihak yg berkompeten langsung respond di sini, jarang2 lho
termasuk pemakai grand vitara manual yg problemnya jg di transmisi (walaupun beda mobil tp satu brand, nyambung enggaknya sih gak tau jg ya

yah mungkin yg ngerasa ada problem transmisi di sx4 nya bisa lsg nyambung di thread ini, mumpung ada pihak yg berkompeten langsung respond di sini, jarang2 lho
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Apa ada kemungkinan karena gear ratio SX4 terlalu tinggi untuk mesin swift..? Ada yg tau susunan gear ratio dan final gear SX4..? Jgn2 gigi 1 nya SX4 setara dgn gigi 2 nya mobil lain sekelas. Dan gigi 2 nya setara dgn gigi 3 boil lain. Apalagi basic nya mobil ini rada2 sportty . Besar kemungkinan pake high gear ratio dan dirancang main di RPM tinggi.
Kalo melihat mesin nya pake punya swift., kayaknya akan ada underpower kalo dipasangkan dgn transmisi asli nya SX4 yg 2000 CC (kecuali kalo pake transmisi swift jg). Dan body nya jg berat. Dan liat sekilas di jalan, lingkar ban nya jg gede. Halah.. banyak banget alasan boil ini sebenarnya butuh tenaga gede.
Kalo underpower, udah pasti butuh gas lebih dalam. Bayangin aja kalo mubil lain start dari gigi 2. Kalo kurang dalem gas nya, akan geter.
Cuman sekedar mengkhayal2 doang. Sila dikorek 2sih kalo khayalan gw menyimpang jauh..
Kalo melihat mesin nya pake punya swift., kayaknya akan ada underpower kalo dipasangkan dgn transmisi asli nya SX4 yg 2000 CC (kecuali kalo pake transmisi swift jg). Dan body nya jg berat. Dan liat sekilas di jalan, lingkar ban nya jg gede. Halah.. banyak banget alasan boil ini sebenarnya butuh tenaga gede.
Kalo underpower, udah pasti butuh gas lebih dalam. Bayangin aja kalo mubil lain start dari gigi 2. Kalo kurang dalem gas nya, akan geter.
Cuman sekedar mengkhayal2 doang. Sila dikorek 2sih kalo khayalan gw menyimpang jauh..

Last edited by uch on Tue Aug 07, 2007 9:48, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 750
- Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34
"Tapi bukannya orang yang beli mobil manual, pasti sebelumnya nyetir manual juga? (karena belum merasakan nikmatnya nyetir matic, hehehe) Jadi kalau mereka komplen dengan getaran, berarti umumnya yang salah pada mobil barunya, karena teknik nyetir mereka udah diasah bertahun2."
^atau cara mereka bawa manual yg telah diasah bertahun2 itu ngga sesuai bro dengan karakter mobil yg baru. meskipun sama2 manual tapi pasti tiap mobil beda karakternya. biasa bw suzuki mungkin ga biasa bawa honda dan sebaliknya. sepertinya butuh analisa lebih mendalam lagi sih dan waktu yg lebih lama lagi untuk memastikan masalah tersebut.
eh bisa aja bro yg biasa pake matic beli manual. siapa tau dia ingin nyoba apakah manual lebih gesit tarikannya dari matic hehehe
atau dia bukan org jakarta yg macet tiap kali keluar rumah

^atau cara mereka bawa manual yg telah diasah bertahun2 itu ngga sesuai bro dengan karakter mobil yg baru. meskipun sama2 manual tapi pasti tiap mobil beda karakternya. biasa bw suzuki mungkin ga biasa bawa honda dan sebaliknya. sepertinya butuh analisa lebih mendalam lagi sih dan waktu yg lebih lama lagi untuk memastikan masalah tersebut.
eh bisa aja bro yg biasa pake matic beli manual. siapa tau dia ingin nyoba apakah manual lebih gesit tarikannya dari matic hehehe
atau dia bukan org jakarta yg macet tiap kali keluar rumah



orang biasa dengan teman-teman luar biasa
Saya mengerti ya, masalah ini sudah kesebar kepada media2 otomotif di Indonesia. Ini juga sudah sampai ke bokap komplainnya. Mungkin masalah ini harus dicoba oleh teknisi2 suzuki. Saya juga gak ngerti apa itu hoki2an bisa dapet yang bagus koplingnya atau tidak.
Seinget saya koplingnya tidak bisa di setel2 lagi d. Sudah fix. Tapi gak tau itu pke fluida atau tidak, saya kurang mengerti masalah itu.
Masalah yang dialami GRand Vitara, jelas beda dari SX4. Masalahnya ngurus beginian mesti ke principal yang ada di Jepang si. Nanti saya ngomong lagi d. Bis buat saya gak ada masalah sama se x dengan transimisi yang M/T. Ngomong begini bukan karena saya bela2in merek suzuki/ maniak suzuki dsb, tetapi memang bedasarkan kenyataan yang dicoba pada kemaren malam. Thanks
Seinget saya koplingnya tidak bisa di setel2 lagi d. Sudah fix. Tapi gak tau itu pke fluida atau tidak, saya kurang mengerti masalah itu.
Masalah yang dialami GRand Vitara, jelas beda dari SX4. Masalahnya ngurus beginian mesti ke principal yang ada di Jepang si. Nanti saya ngomong lagi d. Bis buat saya gak ada masalah sama se x dengan transimisi yang M/T. Ngomong begini bukan karena saya bela2in merek suzuki/ maniak suzuki dsb, tetapi memang bedasarkan kenyataan yang dicoba pada kemaren malam. Thanks
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:13
Thanks buat updatenya om Naldo, tapi mungkin maksudnya om ForturnerMan itu janganlah cepat mengambil kesimpulan kalau sebenernya tdk ada apa2 berpatokan pada satu kasus aja (dari hasil test om Naldo).
Karena topik ini memang sudah muncul di berbagai forum dan dari pihak bengkel suzuki di tempat saya pun mengakui adanya masalah ini so saya rasa ini bukan hal yang mengada2 atau sesuai dengan pendapatnya om alvika99, mungkin ini merupakan karakeristik dari SX/4 M/T (tiap mobil beda karakternya).
Oh ya saya juga biasa pake transmisi manual sebelumnya...
Karena topik ini memang sudah muncul di berbagai forum dan dari pihak bengkel suzuki di tempat saya pun mengakui adanya masalah ini so saya rasa ini bukan hal yang mengada2 atau sesuai dengan pendapatnya om alvika99, mungkin ini merupakan karakeristik dari SX/4 M/T (tiap mobil beda karakternya).
Oh ya saya juga biasa pake transmisi manual sebelumnya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
gw gak nyambung, komplen orang2 gimana emangnya?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35
Bung Naldo, pasti bukan teknik nyetir kalau keluhan getar dialami banyak pemakai, apakah yang baru nyetir manual atau yang sudah punya jam terbang bertahun-tahun. Semula saya kira pengaruh Drive By Wire, tapi teknologi baru kok malah jadi masalah?
Keluhan ke beres Suzuki direspon dgn stel kopling. Setelan pertama saat KM 1000 blm pas hasilnya dan getar tetap ada. Kunjungan ke 2 di KM 2000-an, stel kopling memberikan hasil lebih baik. Getaran tidak hilang total tapi banyak berkurang.
Stel kopling itu penjelasan yg diberikan teknisi beres Suzuki. Saya sendiri ga ngerti yang di-stel itu bagian apa persisnya.
Saya masih menunggu solusi yg tuntas dari Suzuki.
Keluhan ke beres Suzuki direspon dgn stel kopling. Setelan pertama saat KM 1000 blm pas hasilnya dan getar tetap ada. Kunjungan ke 2 di KM 2000-an, stel kopling memberikan hasil lebih baik. Getaran tidak hilang total tapi banyak berkurang.
Stel kopling itu penjelasan yg diberikan teknisi beres Suzuki. Saya sendiri ga ngerti yang di-stel itu bagian apa persisnya.
Saya masih menunggu solusi yg tuntas dari Suzuki.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Getaran apa sih?.. pedal kopling bergetar? giginya? mesinnya? ato bodynya?krissandi wrote:Bung Naldo, pasti bukan teknik nyetir kalau keluhan getar dialami banyak pemakai, apakah yang baru nyetir manual atau yang sudah punya jam terbang bertahun-tahun. Semula saya kira pengaruh Drive By Wire, tapi teknologi baru kok malah jadi masalah?
Keluhan ke beres Suzuki direspon dgn stel kopling. Setelan pertama saat KM 1000 blm pas hasilnya dan getar tetap ada. Kunjungan ke 2 di KM 2000-an, stel kopling memberikan hasil lebih baik. Getaran tidak hilang total tapi banyak berkurang.
Stel kopling itu penjelasan yg diberikan teknisi beres Suzuki. Saya sendiri ga ngerti yang di-stel itu bagian apa persisnya.
Saya masih menunggu solusi yg tuntas dari Suzuki.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:13
Thread lengkapnya ada disini om Maxx : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 71&start=0.
Intinya kalo start gigi 1 ato mundur kadang ada suara bergetar dari bawah. Kalo saya perhatikan ini terjadi kalau rpm-nya terlalu rendah, jadi mirip gejala ngelitik. Mungkin mesinnya & engine mountingnya yah yang bergetar?
Intinya kalo start gigi 1 ato mundur kadang ada suara bergetar dari bawah. Kalo saya perhatikan ini terjadi kalau rpm-nya terlalu rendah, jadi mirip gejala ngelitik. Mungkin mesinnya & engine mountingnya yah yang bergetar?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
mesin bergetar spt rpm terlalu rendah dan getaran spt mesin spt mo mati gitu?ekokw wrote:Thread lengkapnya ada disini om Maxx : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 71&start=0.
Intinya kalo start gigi 1 ato mundur kadang ada suara bergetar dari bawah. Kalo saya perhatikan ini terjadi kalau rpm-nya terlalu rendah, jadi mirip gejala ngelitik. Mungkin mesinnya & engine mountingnya yah yang bergetar?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:13
Yup mirip2, tapi bunyinya gluduk-gluduk... hmm susah saya mendeskripsikannya, mungkin Om Maxx mesti coba sendiri..
Tapi yang pasti saya blum pernah mendengar bunyi spt ini di kendaraan yang lain ....
Saat ini setelah dapat feelingnya masalah ini sih jarang muncul.. tapi kadang saya masih mengalaminya terutama pada saat gigi mundur.
Mungkin ini memang karakteristik dari SX-4 M/T yang 1.5 yah ?

Saat ini setelah dapat feelingnya masalah ini sih jarang muncul.. tapi kadang saya masih mengalaminya terutama pada saat gigi mundur.
Mungkin ini memang karakteristik dari SX-4 M/T yang 1.5 yah ?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5870
- Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21
Mungkin yang dikatakan rekan2 sekalian memang benar. Tidak bisa dibandingkan/mengetes dari 1 mobil. Perlu di coba mobil2 SX4 manual lainnya. Nanti d, kalau saya ada waktu mungkin mencoba yang lain. Sejauh ini saya masih bawa SX4 M/T tidak bermasalah si. Cuma gas kekecilan tadi mesinnya mati, tidak bergetar. Nanti saya selidiki lagi penyebabnya.
Btw, pilkada pilih nomor berapa ni(khusus orang2 di jakarta)?? 1 atau 2?? Prediksi menang siapa??
Btw, pilkada pilih nomor berapa ni(khusus orang2 di jakarta)?? 1 atau 2?? Prediksi menang siapa??
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
kopling confirm pake fluida, kalo masalah disetel sih pasti bisa untuk tinggi rendahnya. yang menjadi permasalahan saya kira berasal dari:Sugie wrote:bro naldo, ada yg blg ktnya kopling Swift / SX4 itu pake fluida & udah di set mati jd ga bs distel. Tul ga seh..??
1. drive by wire--> menyebabkan telat respon seperti layaknya dbw di mobil lain
2. mungkin torsi putaran bawahnya agak kurang gede.
dari poin (1) dan (2) didapet hasil, kalo feeling gak tepat, terutama bagi yang biasa pake mobil ber throttle with wire a.k.a konvensional maka nginjek gas mesti lebih dulu dari pada angkat kopling, kalo bersamaan layaknya mobil konvensional, maka RPM akan turun ke 500 an, disitu bunyi bunyian akan mulai keluar, sedikit. saya udah pake sx4 sekitar 2 bulan, sampai sekarang hal itu masih kadang terjadi. yang masih jadi pemikiran, hal ini lebih sering terjadi di siang hari saat kondisi suhu udara panas panasnya (coba perhatiin dech), mungkin memang 'toque issue' berperan dalam hal ini. dimana saat udara panas maka udara yang disedot ke mesin untuk pembakaran mempunyai kerapatan molekul yang renggang, sehingga proses pembakaran kurang bagus, juga mengurangi power dari mesin. sehingga hal tersebut lebih sering terjadi. any comment?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
komplek gw banyak yg bolongin kumis
eniwe, boil gw juga kayaknya begitu juga tuh, jazz, kagak tau sih orang laen bawanya gimana, tp kalo gw ngerem gak pake kopling aja, muncul bunyi drrt drrtt, kayak begitu kah?
kalo ngomongin torsi bisa jadi bener, ingat deh SX4 uda downtuned, tp biar lebih jelas, ada yg punya graph dyno nya SX4 gak?
eniwe, boil gw juga kayaknya begitu juga tuh, jazz, kagak tau sih orang laen bawanya gimana, tp kalo gw ngerem gak pake kopling aja, muncul bunyi drrt drrtt, kayak begitu kah?
kalo ngomongin torsi bisa jadi bener, ingat deh SX4 uda downtuned, tp biar lebih jelas, ada yg punya graph dyno nya SX4 gak?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1158
- Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
- Location: Solo
teknologi kadang kadang memberikan efek samping juga koq.... dbw di maksudkan supaya konsumsi bensin nya lebih irit, tapi karena pada dasarnya hampir semua mobil dengan teknologi ini mempunyai respon gas lebih lambat dari bada mode konvensional (kecuali dbw di F1 yang digabung ama teknologi lainnya), makanya saya sebut di postng diatas kalo penyebabnya (mungkin) ada 2 dbw dan kurva torsi yang kurang bagus. kalo gak salah di auto bild pernah menyebutkan kalo tenaga SX4 disunat 10dk dibanding sodaranya swift dengan memodif ECu supaya konsumsi bensin lebih irit lagi. tujuan nya memang tercapai karena konsumsi bensin rata rata selama ini saya pake sekitar 1:12,5 kombinasi dan 1:16 untuk luar kota. cuma mungkin perlu lagi diriset mengenai mapping ECU ini. supaya tenaga putaran dasar cukup besar untuk kondisi setengah kopling. fyi: di luar negeri memang SX4 (terutama yang 2.0 sih) termasuk rakus minum bensinyakrissandi wrote:Bung Naldo, pasti bukan teknik nyetir kalau keluhan getar dialami banyak pemakai, apakah yang baru nyetir manual atau yang sudah punya jam terbang bertahun-tahun. Semula saya kira pengaruh Drive By Wire, tapi teknologi baru kok malah jadi masalah?
Keluhan ke beres Suzuki direspon dgn stel kopling. Setelan pertama saat KM 1000 blm pas hasilnya dan getar tetap ada. Kunjungan ke 2 di KM 2000-an, stel kopling memberikan hasil lebih baik. Getaran tidak hilang total tapi banyak berkurang.
Stel kopling itu penjelasan yg diberikan teknisi beres Suzuki. Saya sendiri ga ngerti yang di-stel itu bagian apa persisnya.
Saya masih menunggu solusi yg tuntas dari Suzuki.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 15
- Joined: Wed Jul 11, 2007 15:35
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 72
- Joined: Thu Apr 05, 2007 10:13