Mesin2 bensin modern GDI - Turbo mendominasi award Engine of

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Mesin2 bensin modern GDI - Turbo mendominasi award Engine of

Post by Turboman »

Dear All :


Trend mesin mesin gasoline modern saat ini dengan kinerja yg semakin
mendekati mesin Diesel yaitu kemampuan memompa Torsi besar pada RPM rendah terbukti memikat hati banyak pihak.

International Engine of the year award 2007 didominasi oleh mesin2
gasoline GDI - Turbo modern :

http://www.ukintpress.com/engineoftheye ... ies04.html


Dengan juara utamanya adalah BMW 335i Bi-Turbo yg mampu mencapai Torsi Max. sejak 1300 RPM & all the way up to 5000 RPM !!! :e-clap: :e-clap:
http://www.ukintpress.com/engineoftheye ... stnew.html


Sementara itu VW 1.4 TSI berhasil masuk peringkat besar award ini
selama 3 tahun berturut turut :
http://www.ukintpress.com/engineoftheye ... /1_14.html

1.4 TSI pompa Torsi max. sejak 1750 RPM !! :e-clap: :e-clap:


Dan pendatang baru potensial kali ini adalah mesin 1600 cc dari BMW -
Peugeot :
http://www.ukintpress.com/engineoftheye ... 14_18.html

yg juga mampu memompa Torsi Max. sejak 1600 RPM & all the way up to
5000 RPM !!! :e-clap: :e-clap:



Sepertinya untuk ke depan penggunaan Forced Induction (Turbo /
Supercharger) akan semakin umum untuk mesin2 gasoline modern,
mengingat semakin mahalnya minyak bumi, tuntutan utk menghasilkan
kendaraan yg semakin efisien dlm penggunaan BBM tanpa harus
mengorbankan performa.


Gabungan kenikmatan berkendara a'la mesin Diesel modern (Torsi besar @ RPM rendah) dengan kehalusan getaran & suara a'la mesin gasoline, juga konsumsi BBM yg lebih efisien dibanding mesin2 gasoline konvensional, membuat mesin2 ini begitu memikat hati banyak pihak.

Walau dr segi kons. BBM tetap tidak dapat melawan mesin Diesel modern,
tetapi trade off terkompensasi oleh suara mesin yg lebih halus & kemampuan mesin berputar ke RPM tinggi.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Memang teknologi ini, terlalu indah untuk dimiliki oleh orang indonesia.. Ha3... makan bensin, JELEK!!!
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Here's the complete List :

International Engine of the Year 2007
BMW 3-liter Twin-Turbo (335i)

Best New Engine of the Year
BMW 3-liter twin-turbo (335i)

Best Fuel Economy
Toyota 1,5-liter Hybrid Synergy Drive (Prius)

Best Performance Engine
BMW 5-liter V10 (M5, M6)

Sub 1-litre
Toyota 1-liter (Aygo, Yaris, Peugeot 107, Citroën C1)

1-litre to 1.4-litre
Volkswagen 1.4-liter TSI (Golf, Touran, Jetta)

1.4-litre to 1.8-litre
BMW-PSA 1.6-liter Turbo (MINI, Peugeot 207)

1.8-litre to 2-litre
Volkswagen 2-litre Turbo (Golf, Audi A3, A6, SEAT Leon, Skoda Octavia)

2-litre to 2.5-litre
BMW 2.5-liter (325, 525, X3, Z4)

2.5-litre to 3-litre
BMW 3-liters Twin-Turbo (335i)

3-litre to 4-litre
Porsche 3.6-liter Turbo (911)

Above 4-litre
BMW 5-liter V10 (M5, M6)
--------------------------------------------------------------
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

dipegang BMW semua neh... gak seru
Mazda gak bikin penerus Renesis gitu?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Score per category: :)

congrats to BMW for winning most category

International Engine of the Year 2007

Results/points

1. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 395

2. Volkswagen 1.4-litre FSI (TSI) (VW Golf, Touran, Jetta) 259

3. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 252

4. BMW 5-litre V10 (M5, M6) 241

5. Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI (A3, A4, A6, TT, Golf GTi, Eos, Jetta, S¹koda Octavia, Seat Altea, Leon) 154

6. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 135

7. BMW 2.5-litre 6-cylinder (325, 525, Z4, X3) 58

8. Toyota 1-litre 3-cylinder (Aygo, Yaris/Echo/Vitz, Citroen C1, Peugeot 107) 56

Best New Engine

Results/points

1. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 446

2. Lexus Hybrid 5-litre (LS600h) 183

3. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 159

4. Renault 1.2-litre Turbo (Clio) 75

5. Porsche 4.8-litre Turbo (Cayenne) 66

6. Lexus 4.6-litre (LS460) 62

Best Performance Engine

Results/points

1. BMW 5-litre (M5, M6) 219

2. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 185

3. Ferrari 6-litre (599 GTB) 170

4. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 97

5. Mercedes-AMG 6.2-litre (CLK, E, CLS, S, ML, R) 67

6. Mercedes-AMG 6-litre bi-Turbo (SL65, CL65, Maybach)

1-litre to 1.4-litre

Results/points

1. Volkswagen 1.4-litre FSI (TSI) (VW Golf, Touran, Jetta) 404

2. Honda Hybrid 1.3-litre IMA (Civic) 178

3. Fiat-GM Diesel 1.3-litre (Panda, Grande Punto, IDEA, Doblo, Lancia Ypsilon, Musa, Opel/Vauxhall Agila, Corsa, Astra, Meriva, Tigra, Combo, Suzuki New Ignis) 160

4. Renault 1.2-litre Turbo (Clio) 123

5. Peugeot-Citroën/Ford Diesel 1.4-litre (Citroën C2, C3, Ford Fiesta, Fusion, Mazda 2/Demio, Peugeot 1007, 207, 307) 66

6. BMW-PSA 1.4-litre (MINI One) 56

1.4-litre to 1.8-litre

Results/points

1. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 267

2. Toyota Hybrid 1.5-litre (Prius) 251

3. Audi 1.8-litre Turbo FSI (A3) 82

4. Peugeot-Citroën/Ford Diesel 1.6-litre (Fiesta, Ford C-Max, Citroën C4, C4 Picasso C5, Mazda 3, Peugeot 1007, 206, 307, Partner) 74

5. Honda 1.8-litre (Civic, Stream, FR-V) 65

6. Mercedes-Benz 1.8-litre Supercharged (C, SLK, CLK, E) 62

1.8-litre to 2-litre

Results/ points

1. Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI (A3, A4, A6, TT, Golf GTi, Eos, Jetta, Å koda Octavia, Seat Altea, Leon) 249

2. BMW Diesel 2-litre (X3, 120d, 320d, 520d) 143

3. Honda 2-litre i-VTEC (Civic Type R) 123

4. Honda 2-litre S2000 (Europe/Asia)) 106

5. Mitsubishi 2-litre Turbo (Evo IX, Outlander/Airtek) 81

6. Volkswagen 2-litre (GDI) FSI (Audi A3, A4, VW Golf, Touran, Eos, Seat Leon, Toledo, Å koda Octavia)

2-litre to 2.5-litre


Results/points

1. BMW 2.5-litre (325, 525, Z4, X3) 179

2. Subaru 2.5-litre flat four Turbo (Forester, Impreza) 150

3. Mazda 2.3-litre GDI Turbo (3MPS, 6MPS, CX-7, MPV) 144

4. Honda Diesel 2.2-litre (Civic, Accord (Europe),
CR-V, FR-V) 119

5. Toyota Diesel 2.2-litre D-CAT (Avensis, Corolla Verso, RAV4, Auris, Lexus IS220d) 104

6. Fiat Diesel 2.4-litre JTD Multijet (Alfa 166,
Lancia Thesis, Croma, Alfa 159, Brera) 101

3-litre to 4-litre

Results/points

1. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 224

2. BMW 3.2-litre (Z4 M) 220

3. Toyota Hybrid 3.5-litre V6 (GS450h) 187

4. Porsche 3.8-litre (911) 118

5. Audi 3.6-litre FSI (Q7, VW Touareg, Porsche Cayenne) 68

6. Toyota Hybrid 3.3-litre (Lexus RX400h) 65

Above 4-litre

Results/points

1. BMW 5-litre V10 (M5, M6) 269

2. Ferrari 6-litre (599 GTB) 155

3. Lexus Hybrid 5-litre (LS600h) 132

4. Audi 4.2-litre FSI (A6, A8, Q7, RS4, R8) 104

5. Mercedes-AMG 6.2-litre (CLK, E, CLS, S, ML, R) 77

6. Mercedes-AMG 6-litre Bi-Turbo (SL65, CL65, Maybach) 59
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Betul sekali, direct injection dan turbocharger adalah solusi mesin bensin untuk tetap dapat bertahan dalam persaingan menghadapi mesin diesel modern.

Bahkan mesin 1.4L TSI dari VW di atas, dapat menghasilkan 170 HP, setara dengan mesin 2.4L/2.5L dari Toyota/Honda/Nissan, bahkan masih lebih besar daripada mesin bensin kuno pada Hyundai 'new' Coupe yang berkapasitas 2700cc dengan konfigurasi V6.

1400cc menghasilkan horsepower dan torque yang melebihi mesin 2700cc, ini baru namanya efisiensi. Bayangkan konsumsi bensinnya yang jauh, JAUH lebih irit.

Turbocharger adalah solusi peningkatan tenaga bukan hanya pada model2 hi-performance, tapi justru juga solusi paling ekonomis untuk mobil2 kecil dengan mesin2 berkapasitas kecil.

Menambahkan turbocharger pada sebuah mesin, biayanya masih lebih murah daripada membuat mesin tersebut dengan displacement lebih besar, dengan tingkat konsumsi BBM yang tidak lebih boros, karena dengan adanya forced induction, akan meningkatkan overall efficiency dari internal combustion engine.

Pabrikan Jepang memang belum banyak menggunakan turbocharger tapi setidaknya mereka sudah mulai menerapkan direct injection, contohnya mesin new Camry 3.5L V6 Dual-VVTi.

Satu hal lain :

Dominasi BMW membuktikan bahwa inline six (enam silinder segaris) adalah konfigurasi yang lebih superior daripada V6. BMW tidak pernah dan tidak akan pernah menggunakan konfigurasi V pada mesin-mesin 6 silinder milik mereka.

Konfigurasi inline six (6 silinder segaris) memang lebih superior antara lain pada tingkat getaran mesin yang lebih halus. Hal ini pula yang menyebabkan mengapa mobil2 kasta tertinggi seperti Rolls Royce dan Bentley Arnage, selama ini selalu menggunakan konfigurasi V12, yang tersusun dari dua set inline six, yang membentuk V.

Porsche juga membuktikan bahwa untuk mesin 6 silinder, solusi mereka yaitu boxer six juga masih lebih superior daripada V6.

Inline six vs boxer six, ini baru seru..

Sekian dulu..
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

r1210g wrote:Memang teknologi ini, terlalu indah untuk dimiliki oleh orang indonesia.. Ha3... makan bensin, JELEK!!!
Fakta yg paling menyedihkan. Konon katenye performa GDI itu akan jauh dari optimal kalo nelen bensin jelek. Bener nggak sih..? Di sini ada yg punya Mitsu Charriot nggak ya..?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Rangkuman di atas :

Untuk pabrikan Eropa, pemenang paling banyak adalah BMW, disusul Volkswagen dan Mercedes. Karena Porsche dan Audi juga adalah termasuk group Volkswagen.

Untuk pabrikan Jepang, pemenang paling banyak adalah Toyota (+ Lexus), disusul Honda.
Sedangkan Mazda, Subaru dan Mitsubishi juga masing-masing menyumbangkan satu, prestasi yang OK juga.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Yupe, saya setuju, for now sepertinya turbocharging + DI is the way of the future for performance + fuel efficiency.

Mesin 335 (N54) dari BMW sepertinya top bgt yah, coba saja saya bisa coba, pasti happy bgt deh, hehe :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

uch wrote:
r1210g wrote:Memang teknologi ini, terlalu indah untuk dimiliki oleh orang indonesia.. Ha3... makan bensin, JELEK!!!
Fakta yg paling menyedihkan. Konon katenye performa GDI itu akan jauh dari optimal kalo nelen bensin jelek. Bener nggak sih..? Di sini ada yg punya Mitsu Charriot nggak ya..?
Dulu Prof. Penyutubro cerita mesin GDI akan optimal kalau kandungan sulphur pada gasoline sekecil mungkin, idealnya 15 ppm or less.

Pertamax / P. Plus di kita masih 150 ppm.

Kalau mesin GDI dipake di kita maka harus teratur di purging spt. halnya Diesel CRD, purging mesin GDI pakai JetClean / Carbon Clean / Interject Service :D
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Betul Bung Turbo. Gw ingat postingan beliau ini jg.

Kalo purging, emang kira2 optimal buat ngatasin nox ..? Bener nggak ini "NOX".. he..he..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

IMHO :

Di wilayah Eropa Barat dimana persaingan antara mesin efisiensi tinggi begitu ketat, belum lagi di masa datang akan ada restriksi emisi CO2, maka produsen harus selalu menciptakan terobosan baru yg lebih baik drpd yg sudah ada di pasaran.

Kalau saya melihat saat ini produsen2 mobil Eropa banyak yg mengembangkan mesin gasoline yg berkarakter spt Diesel nan efisien, mungkin karena segment mesin TurboDiesel modern di sana sudah menuju "Red Ocean" & profit semakin tipis, dengan mesin "Gasoline with Diesel soul" ini positioning masih lebih leluasa, profit yg didapat bisa lebih baik & juga utk memenuhi keinginan customer2 yg tidak mau menggunakan Diesel. CMIIW

Teknologi memang ditelurkan secara bertahap, spt. halnya Prosesor komputer, "peluru2" yg mungkin sedang disiapkan para pabrikan :

1. Camless valve mechanism (Valeo udah gelontorin dana gede2 an utk ini)

2. Hibridisasi, either mild / Full utk Gasoline & Diesel (BOSCH & Siemens VDO udah gelonotorin dana gede2 an buat mengembangkannya)


Demikian opini pribadi, mungkin rekan2 yg lebih expert bisa menambahkan, monggo......... :D
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

uch wrote:Betul Bung Turbo. Gw ingat postingan beliau ini jg.

Kalo purging, emang kira2 optimal buat ngatasin nox ..? Bener nggak ini "NOX".. he..he..
Purging : utk membersihkan nozzle & injector, juga bagian dalam pompa injeksi, krn mesin2 GDI berkonfigurasi Common Rail ini juga menggunakan mechanical High Pressure pump layaknya mesin CRD.

Utk NOx sendiri hanya bisa dibasmi oleh NOx Catalyst either Urea SCR (Selective Catalyst Reduction) spt. BLUETEC atau NOx Catalyst tanpa tambahan Urea spt. yg ada pada Honda i-CTDi

Mesin GDI / GDI - Turbo dengan Lambda jauh di atas 1 bila beroperasi pada stratified mode memang akan menghasilkan emisi NOx laebih tinggi drpd mesin gasoline biasa yg running dgn lambda = 1, maka itu diperlukan NOx catalyst layaknya mesin TurboDiesel modern agar masuk kriteria Euro IV / V / Tier2 Bin5 / CARB.

CMIIW
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Koq kebanyakan BMW ya? yang pertama kali nemuin sapa seh? bukannya jepun? mitsubishi? bener ga seh?

Memangnya udah ada yang MASUK indonesia? bukan pake lo ya?

kalo purging bisa periode brp kali toh? Bisa abis duit di purgingnya kali? he3...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

r1210g wrote:Koq kebanyakan BMW ya? yang pertama kali nemuin sapa seh? bukannya jepun? mitsubishi? bener ga seh?

Memangnya udah ada yang MASUK indonesia? bukan pake lo ya?

kalo purging bisa periode brp kali toh? Bisa abis duit di purgingnya kali? he3...
Maksudnya yg mana oom ? GDI ? GDI tuh udah ada dr taun 1950 an, dikembangkan oleh BOSCH.

Selengkapnya :
http://en.wikipedia.org/wiki/Gasoline_direct_injection

Mengenai mesin2 di atas apakah udah masuk ke sini atau rencana kapan masuk ke sini bisa ditanyakan ke ATPM ybs.

Utk purging yg paling ekonomis ya jetclean, bisa ditanyakan ke bengkel2 yg provide jetclean.

Mengenai interval purging utk mesin GDI mungkin bisa ditanyakan kpd rekan2 yg punya Mitsu Chariot.
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Walah, apa mungkin masuk sini? Makan bensin darimana? Pertamina? Sekalian aja makan minyak tanah.. Ha3... Biar makin cepet rusaknya.. Ha3...
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Post by the-mantal »

apa mesin bensin tidak bisa sparkplug-less seperti diesel juga ya?? brgkali bisa lebih irit lagi klo sparkplug-less.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
User avatar
r1210g
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1881
Joined: Tue Feb 20, 2007 16:43
Location: Sunter

Post by r1210g »

Wah mana bisa tuh... Bensin (Gasoline) kan musti di"sentil" baru bisa meledak... Kalo kagak, ya kagak jalan...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

r1210g wrote:Walah, apa mungkin masuk sini? Makan bensin darimana? Pertamina? Sekalian aja makan minyak tanah.. Ha3... Biar makin cepet rusaknya.. Ha3...
Wah janganken minyak tanah, bensin kita yg sulphurnya masih 150 ppm aja nggak baik utk kesehatan mesin2 GDI :P

Makanya kalau kualitas BBM kita masih gini2 aja, sulit bagi kita utk menikmati mesin2 modern nan canggih, either Gasoline / Diesel. :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

Don't you know, pump it up....
You got to pump it up,
Don't you know, pump it up......
You got to pump it up,


Pump It Up - Danzel


Grafik Torsi mesin VW 1.4 TSI low Power yg terbaru
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

boilers wrote:Score per category: :)

congrats to BMW for winning most category

International Engine of the Year 2007

Results/points

1. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 395

2. Volkswagen 1.4-litre FSI (TSI) (VW Golf, Touran, Jetta) 259

3. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 252

4. BMW 5-litre V10 (M5, M6) 241

5. Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI (A3, A4, A6, TT, Golf GTi, Eos, Jetta, S¹koda Octavia, Seat Altea, Leon) 154

6. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 135

7. BMW 2.5-litre 6-cylinder (325, 525, Z4, X3) 58

8. Toyota 1-litre 3-cylinder (Aygo, Yaris/Echo/Vitz, Citroen C1, Peugeot 107) 56

Best New Engine

Results/points

1. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 446

2. Lexus Hybrid 5-litre (LS600h) 183

3. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 159

4. Renault 1.2-litre Turbo (Clio) 75

5. Porsche 4.8-litre Turbo (Cayenne) 66

6. Lexus 4.6-litre (LS460) 62

Best Performance Engine

Results/points

1. BMW 5-litre (M5, M6) 219

2. BMW 3-litre Twin Turbo (335i) 185

3. Ferrari 6-litre (599 GTB) 170

4. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 97

5. Mercedes-AMG 6.2-litre (CLK, E, CLS, S, ML, R) 67

6. Mercedes-AMG 6-litre bi-Turbo (SL65, CL65, Maybach)

1-litre to 1.4-litre

Results/points

1. Volkswagen 1.4-litre FSI (TSI) (VW Golf, Touran, Jetta) 404

2. Honda Hybrid 1.3-litre IMA (Civic) 178

3. Fiat-GM Diesel 1.3-litre (Panda, Grande Punto, IDEA, Doblo, Lancia Ypsilon, Musa, Opel/Vauxhall Agila, Corsa, Astra, Meriva, Tigra, Combo, Suzuki New Ignis) 160

4. Renault 1.2-litre Turbo (Clio) 123

5. Peugeot-Citroën/Ford Diesel 1.4-litre (Citroën C2, C3, Ford Fiesta, Fusion, Mazda 2/Demio, Peugeot 1007, 207, 307) 66

6. BMW-PSA 1.4-litre (MINI One) 56

1.4-litre to 1.8-litre

Results/points

1. BMW-PSA 1.6-litre Turbo (Cooper S, Peugeot 207) 267

2. Toyota Hybrid 1.5-litre (Prius) 251

3. Audi 1.8-litre Turbo FSI (A3) 82

4. Peugeot-Citroën/Ford Diesel 1.6-litre (Fiesta, Ford C-Max, Citroën C4, C4 Picasso C5, Mazda 3, Peugeot 1007, 206, 307, Partner) 74

5. Honda 1.8-litre (Civic, Stream, FR-V) 65

6. Mercedes-Benz 1.8-litre Supercharged (C, SLK, CLK, E) 62

1.8-litre to 2-litre

Results/ points

1. Volkswagen/Audi 2-litre Turbo FSI (A3, A4, A6, TT, Golf GTi, Eos, Jetta, Å koda Octavia, Seat Altea, Leon) 249

2. BMW Diesel 2-litre (X3, 120d, 320d, 520d) 143

3. Honda 2-litre i-VTEC (Civic Type R) 123

4. Honda 2-litre S2000 (Europe/Asia)) 106

5. Mitsubishi 2-litre Turbo (Evo IX, Outlander/Airtek) 81

6. Volkswagen 2-litre (GDI) FSI (Audi A3, A4, VW Golf, Touran, Eos, Seat Leon, Toledo, Å koda Octavia)

2-litre to 2.5-litre


Results/points

1. BMW 2.5-litre (325, 525, Z4, X3) 179

2. Subaru 2.5-litre flat four Turbo (Forester, Impreza) 150

3. Mazda 2.3-litre GDI Turbo (3MPS, 6MPS, CX-7, MPV) 144

4. Honda Diesel 2.2-litre (Civic, Accord (Europe),
CR-V, FR-V) 119

5. Toyota Diesel 2.2-litre D-CAT (Avensis, Corolla Verso, RAV4, Auris, Lexus IS220d) 104

6. Fiat Diesel 2.4-litre JTD Multijet (Alfa 166,
Lancia Thesis, Croma, Alfa 159, Brera) 101

3-litre to 4-litre

Results/points

1. Porsche 3.6-litre Turbo (911 Turbo) 224

2. BMW 3.2-litre (Z4 M) 220

3. Toyota Hybrid 3.5-litre V6 (GS450h) 187

4. Porsche 3.8-litre (911) 118

5. Audi 3.6-litre FSI (Q7, VW Touareg, Porsche Cayenne) 68

6. Toyota Hybrid 3.3-litre (Lexus RX400h) 65

Above 4-litre

Results/points

1. BMW 5-litre V10 (M5, M6) 269

2. Ferrari 6-litre (599 GTB) 155

3. Lexus Hybrid 5-litre (LS600h) 132

4. Audi 4.2-litre FSI (A6, A8, Q7, RS4, R8) 104

5. Mercedes-AMG 6.2-litre (CLK, E, CLS, S, ML, R) 77

6. Mercedes-AMG 6-litre Bi-Turbo (SL65, CL65, Maybach) 59
Untuk ukuran pabrikan besar, General Motors tidak memiliki mesin yg masuk list di atas buat pasar USA, malah anak perusahaan mereka seperti Fiat dan Opel (Eropa) yg ada dalam list.

Ford juga begitu, untungnya ada Mazda yg berhasil masuk list.

Mitsubishi's 4G63 hebat! kenapa? karena basis mesin itu sudah ada sejak 1980an dan terus dikembangkan hingga saat ini dan masih bisa masuk list! :e-clap:

Nissan sama sekali tidak dapat menempatkan satupun mesin mereka dalam 6 besar salah satu kategoripun. Sungguh patut disayangkan, mengingat Nissan adalah pemain global dan salah satu pabrikan besar.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Merovingian
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Fri Apr 14, 2006 9:53

Post by Merovingian »

conan wrote:Dominasi BMW membuktikan bahwa inline six (enam silinder segaris) adalah konfigurasi yang lebih superior daripada V6. BMW tidak pernah dan tidak akan pernah menggunakan konfigurasi V pada mesin-mesin 6 silinder milik mereka.
Betul sekali, BMW engines is the best. BMW Power! :D
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Post by Turboman »

conan wrote:Dominasi BMW membuktikan bahwa inline six (enam silinder segaris) adalah konfigurasi yang lebih superior daripada V6. BMW tidak pernah dan tidak akan pernah menggunakan konfigurasi V pada mesin-mesin 6 silinder milik mereka.
Dulu di Jepang yang banyak memproduksi mesin inline 6 adalah Toyota & Nissan, bahkan sebelum era 90 an Toyota & Nissan memproduksi inline 6 utk ukuran 2000 cc (Cressida / Cefiro).

Sayang sekali skg. ini sudah pada diganti ke V6 configuration, bahkan Nissan Skyline terbaru pun skg. jadi V6.

Mercedes juga demikian.