Busi Iridium

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Busi Iridium

Post by hery_jul »

Sori kalo udah dibahas,

Cuman gue tertarik banget sama nih busi, keliatannya di iklannya mantep banget nih busi dan anak2 road race cenderung pada make. Apakah bener dengan kondisi mesin standar (based on tulisan disuatu majalah otomotif) dengan ganti busi plus bensin high octane (apakah pertamax plus termasuk yg dengan RON-nya cuman 94) bisa naekin tenaga. Lebih besar mana pengaruhnya dengan ganti knalpot racing (yg bener, bukan yg asal)
Ada yg bisa kasih penjelasan?
Thx anyway

pis 4eper :cupss:
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Busi dari bahan Iridium terkenal tahan panas. Makanya banyak dipakai utk balap. Karena pada motor balap, busi biasa jelas gak tahan digeber gila-gilaan. Makanya harus pakai bahan yg super tahan seperti iridium.

Namun sebaliknya utk harian, busi ini terkenal dgn istilah busi dingin. Sangat-sangat tidak cocok utk dipakai harian.

Sama halnya dgn pemakaian oli racing pada motor yg dipakai utk harian.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

Mungkin bukan tidak cocok buat harian, karena justru efesiensi dari mesin makin baik yg akhirnya outputnya pun lebih baik, mungkin tidak efesien dari segi cost ...
but if you have more and expecting more why not ...

pis lagi
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.

Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

bener juga sih, kalo dibandingkan dengan busi racing yg "biasa" dari harganya aja udah 3 kali lipat, berarti butuh suatu yg "lain" dibanding busi kayak splitfire atau ngk
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

wah saya pernah baca penjelasan detail nih masalah busi .. dan memang betul seperti kata om anjas.

Cuman akhiran dari artikel tersebut intinya adalah jika mas hery hanya mengganti beberapa parts saja tanpa modifikasi habis mesin maka busi itu akan menjadi percuma malah terkadang lebih baik busi yang biasa saja performanya :)

Saya baca itu di tabloid Otomotif, besok deh saya ulas kalo udah ketemu tabloidnya.
User avatar
fadly
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
Location: Jakarta

Re: Busi Iridium

Post by fadly »

hery_jul wrote:Sori kalo udah dibahas,

Cuman gue tertarik banget sama nih busi, keliatannya di iklannya mantep banget nih busi dan anak2 road race cenderung pada make. Apakah bener dengan kondisi mesin standar (based on tulisan disuatu majalah otomotif) dengan ganti busi plus bensin high octane (apakah pertamax plus termasuk yg dengan RON-nya cuman 94) bisa naekin tenaga. Lebih besar mana pengaruhnya dengan ganti knalpot racing (yg bener, bukan yg asal)
Ada yg bisa kasih penjelasan?
Thx anyway
pis 4eper :cupss:
Betul kata om anjas, Kalu mesin standar disarankan busi standar juga, percuma pake busi iridium kalu spek mesin standar, tidak ada pengaruhnya, malah mengakibatkan umur busi iridium pendek.
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

y_anjasrana wrote:Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.

Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Setahuku, yang dimaksud busi panas atau dingin bukan pada suhu mesin beroperasi, tetapi pada daya hambat dari material busi tsb.
Kalo busi standar, bahan dasarnya adalah tembaga, dimana daya hantar listriknya baik, jadi untuk pemakaian normal busi ini cocok,
sedangkan untuk busi dingin daya hantar listriknya makin besar (tergantung kode nomer pada busi) makin dingin makin besar tahanannya.
Begitu pula pada busi iridium, adalah material yg daya hambat (resistansi) thd listrik paling besar, sehingga pada pemakaian normal listrik yg mengalir akan sedikit kecil (mesin akibatnya jadi "brebet") cuma sebaliknya pada rpm tinggi api yg keluar malah makin baik, dan sesuai dengan waktu pembakaran, dibanding dengan busi standar yg pada rpm tinggi, api yg dihasilkan malah terlalu besar (busi meleleh) dan tidak teratur shg pembakaran akan sedikit terganggu (putaran mesin tertahan)
Jadi, menurut saya, kalo kita punya kebiasaan "maen" diputaran tinggi, bagus pake busi yg daya hambat listriknya makin besar, sehingga mesin diputaran tinggi makin baik.

pis 4eper
indy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 466
Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16

Post by indy »

hery_jul wrote:
y_anjasrana wrote:Sori mas heri, setau Daku (hasil baca mplus), busi iridium itu memang tahan panas. Penyebabnya tidak cocok utk harian justru karena sifatnya itu. Bahan iridium memang tahan panas, tetapi juga sulit utk panas. Sehingga pada pemakaian sehari-hari dimana panas yg dibutuhkan tidak terlalu tinggi, maka suhu pada busi iridium tidak bisa mencapai suhu idealnya. Efeknya api yg dihasilkan tidak sesuai dgn yg diinginkan.

Lain dgn mesin motor balap yg memang dibuat utk kondisi yg ekstrem. Jadi panasnya pun jauh dibanding mesin harian. Otomatis bahan yg dipakai jg harus tahan panas. Kalu mesin motor balap menggunakan busi biasa, mungkin busi biasa itu akan meleleh.
Setahuku, yang dimaksud busi panas atau dingin bukan pada suhu mesin beroperasi, tetapi pada daya hambat dari material busi tsb.
Kalo busi standar, bahan dasarnya adalah tembaga, dimana daya hantar listriknya baik, jadi untuk pemakaian normal busi ini cocok,
sedangkan untuk busi dingin daya hantar listriknya makin besar (tergantung kode nomer pada busi) makin dingin makin besar tahanannya.
Begitu pula pada busi iridium, adalah material yg daya hambat (resistansi) thd listrik paling besar, sehingga pada pemakaian normal listrik yg mengalir akan sedikit kecil (mesin akibatnya jadi "brebet") cuma sebaliknya pada rpm tinggi api yg keluar malah makin baik, dan sesuai dengan waktu pembakaran, dibanding dengan busi standar yg pada rpm tinggi, api yg dihasilkan malah terlalu besar (busi meleleh) dan tidak teratur shg pembakaran akan sedikit terganggu (putaran mesin tertahan)
Jadi, menurut saya, kalo kita punya kebiasaan "maen" diputaran tinggi, bagus pake busi yg daya hambat listriknya makin besar, sehingga mesin diputaran tinggi makin baik.

pis 4eper
Yup, setuju!! Bahan busi tidak 100 % dari bahan yang ditawarkan ex: iridium, tapi merupakan campuran dari berbagai logam. Bahan yang paling baik menghantarkan adalah Cooper, tapi dengan adanya pengembangan akhirnya ada busi Iridium, Platinum, Silver. Tentunya ini disesuaikan dengan tujuan penggunaannya.