Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by conan »

Tokyo - Produsen mobil Jepang, Nissan Motor Co.Ltd, berencana mengurangi 12.000 karyawannya melalui program pensiun dini. Demikian dilansir AFP, Selasa (24/4/2007).

Langkah Nissan ini merupakan yang pertama kali dalam 8 tahun, Nissan tidak melihat adanya kecenderungan penjualannya akan kembali mengingkat dalam beberapa tahun ke depan.

Nissan akan mencari karyawan berusia 45 tahun ke atas yang mau secara sukarela untuk pensium demi memperbaiki penjualan yang sempat drop. Nissan juga akan mengkalkulasi lagi produksi mobilnya di pabrik Oppama, Kanagawa, barat laut Tokyo dan fasilitas lain di Tochigi.
http://www.detikfinance.com/index.php/k ... /idkanal/4

Langkah drastis Nissan pada awal 2000-an untuk memotong cost (dan konsekuensinya, quality), kini berakibat backfired pada brand imagenya karena setelah beberapa tahun berlalu, konsumen merasa tidak puas dan karenanya jumlah repeat buyer pun berkurang jauh.

Tingkat penjualan yang terus menurun dan tidak ada kecenderungan untuk meningkat lagi dalam beberapa tahun ke depan juga telah menyebabkan Nissan tidak dapat meluncurkan banyak model baru yang seharusnya bisa membantu tingkat penjualan.

Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

hehehe barusan baca di detik, saya sdh feeling, nanti pasti ada yg post di SM. :)

Semoga saja masalah Nissan gak berlarut2, jadi kagak colapsed. kalo engga, nasib kita2 pemilik mobil Nissan di sini, kan pasti efek juga...hehehe
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

Heleh? Kok kena lagi... Dulu waktu mau bangkrut dibantu Renault, atau siapa gitu charles ghosn dan jadi sehat. Kenapa sekarang begini lagi? Kasusnya pun sama kayak dulu, kualitas yang menurun. Tapi gw gak melihat kejadian kualitas jelek Nissan di Indo, di Amrik gw sih sering denger.

Tapi gw prediksi Nissan akan menjadi brand yang kuat dengan bantuan Livina di Indo. Produk bagus dan pas untuk semua; kapasitas orang, ruang, tenaga dan irit. Minimal bisa subsidi silang dengan keuntungan dari Livina.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Lha kalo nggak salah, itu khan di Jepang doang. Ntar kita liat globalnya. Turun atau naik.
User avatar
Winata
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 889
Joined: Wed Mar 14, 2007 4:28
Location: Jakarta

Post by Winata »

Tenang aja NISSAN JPN. Kita di indo akan membantu anda menaikan penjualan livina ampe 40rb per taon. Puas puas. Lalu saya uda beli satu unit kok kan sudah membantu iyakan. Lha satu unit apa efeknya bung win
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »


Nissan to cut 1,500 jobs in Japan

Nissan Motor has said it will cut 1,500 jobs through an early retirement programme in Japan to boost performance amid shrinking domestic sales.

The firm recently cut 775 jobs in the US in a similar manner.

In February, Japan's third-biggest carmaker lowered its earnings outlook by 12% for the year to 31 March.

While Japanese carmakers have been making inroads abroad, domestic sales have been under pressure amid slack demand and stiff competition.

'Proactive'

To boost domestic sales and meet its target of selling 4.2 million cars by 2009, Nissan will release 11 new or resdesigned vehicles in the current fiscal year.

In the meantime, it will look to cut costs and the early retirement package will be available to full-time employees in non-managerial positions over the age of 45 with at least five years of service.

Applications will be open from June to the end of March 2008.

"Nissan is being proactive here in dealing with overcapacity," said Christopher Richter, an analyst at CLSA Asia-Pacific Markets.
Ini berita dari BBCnya, employee retirement yang dilakukan oleh NIssan tujuannya yaitu untuk untuk mempercepat pertumbuhan domestik sales Nissan di Jepang.

Malahan jika kita kaitkan dengan strategi perusahaan publik, program pensiun dini ini secara keseluruhan dimata stake holder perusahaan tsb dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan meningkatkan harga saham perusahaan tersebut.

Karena cost untuk membayar pegwai akan berkurang sehingga keuntungan berbanding cost akan lebih besar (istilahnya EBITDA akan lebih baik = Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization).
Langkah drastis Nissan pada awal 2000-an untuk memotong cost (dan konsekuensinya, quality), kini berakibat backfired pada brand imagenya karena setelah beberapa tahun berlalu, konsumen merasa tidak puas dan karenanya jumlah repeat buyer pun berkurang jauh.
Memotong cost emang iya bung conan tapi untuk mengurangi kualitas saya gak melihatnya lho harus kita lihat kedepannya. Lagian kayaknya yang ditawarkan untuk program retire ini hanya untuk employee yang sudah berusia diatas 45th (sudah mulai tdk produktif lagi).

Betul kata bung uch bilang, apakah ini akan mempengaruhi efek globalnya, let's we see in the future.[/b]
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

Lagian kayaknya yang ditawarkan untuk program retire ini hanya untuk employee yang sudah berusia diatas 45th (sudah mulai tdk produktif lagi).
Bukan tepatnya begitu, program pensiun dini ini memang ditawarkan dahulu pada employee berusia 45 tahun ke atas yang mau secara sukarela untuk pensiun dini. Kalau jumlahnya tidak mencapai target, maka employee berusia 45 tahun ke atas yang tidak mendaftar secara sukarela akan dipensiunkan oleh perusahaan, dan kalau jumlahnya belum cukup juga, akan ditawarkan pada employee berusia 45 tahun ke bawah secara sukarela dan seterusnya.

Target 12.000 orang itu harus tercapai, ini adalah langkah khas Carlos Ghosn untuk merampingkan struktur perusahaan secara cepat dan tegas.
Memotong cost emang iya bung conan tapi untuk mengurangi kualitas saya gak melihatnya lho harus kita lihat kedepannya.
Ke depannya? Yang kumaksud adalah pemotongan cost yang berimbas pada degradasi kualitas yang TELAH dilakukan pada awal tahun 2000-an, yang lalu berimbas pada turunnya penjualan Nissan beberapa tahun kemudian, yaitu beberapa tahun terakhir ini dimana pertumbuhan semua pabrikan Jepang dari Toyota sampai Mazda dan Suzuki terus meningkat, sementara Nissan malah menurun.

Ini sudah terbukti dengan banyaknya complaint pada model2 Nissan terutama Maxima dan beberapa SUVnya di Amerika Utara.

Aku sama sekali tidak berbicara tentang pemotongan cost yang dilakukan sekarang karena sekarang cost yang dipotong sudah tidak ada lagi kecuali pengurangan jumlah karyawan, sementara pada material Nissan sudah belajar dari pengalaman dan tidak akan melakukannya lagi.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by WP »

conan wrote:

Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.


Altima Hybrid dan GTR itu pasarnya sangat segmented..mana bisa langsung menaikkan tingkat penjualan? Justru Nissan harusnya memberi perhatian pada pasar yg lebih gemuk, khususnya di pasar global. Berapa sih Altima Hybrid dan GTR nantinya terjual?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
TiongBahru_Ahbeng
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1643
Joined: Thu Apr 19, 2007 6:15

Post by TiongBahru_Ahbeng »

Ngomong-ngomong soal Altima, knp NMI ga masukkin model tsb ya utk menghadang civic en corolla? Altima itu kan sekelas Civic, di kelas Accord kan sdh ada Teana, syg di kls corolla en civic, NMI blm memasarkan lawan yg sebanding. Lumayan tuh kalo ada, consumer spt kt ini jd lbh byk pilihan.<br/><br/><br/><i>.:Posted via WAP:.</i>
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

dulu di ada nissan sentra kan?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Re: Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by conan »

WP wrote:
conan wrote:

Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.


Altima Hybrid dan GTR itu pasarnya sangat segmented..mana bisa langsung menaikkan tingkat penjualan? Justru Nissan harusnya memberi perhatian pada pasar yg lebih gemuk, khususnya di pasar global. Berapa sih Altima Hybrid dan GTR nantinya terjual?
Salah sekali, pemikiran yang terlalu pendek. GTR dan Altima hybrid itu produk 'halo', apalagi GTR, gunanya bukan berapa unit yg terjual tapi untuk meningkatkan brand image, apalagi GTR yang melegenda. Begitu dunia heboh GTR, dengan sendirinya orang akan terdorong untuk melihat2 lagi model2 Nissan seperti X-Trail dll.

Sama saja dengan misalnya Honda membuat NSX, Mercedes membuat SLR, atau bahkan Sharp membuat Aquos 65 inci seharga Rp 200 juta.

Mereka tidak membuat produk2 tersebut demi volume besar.

Apa tidak pernah diajarkan di kelas marketing?
FortunerMan

Post by FortunerMan »

Padahal desain2 Nissan makin hari makin bagus menurut saya, sayang sekali kualitasnya kedodoran - di market Amerika contohnya. Truck Titan dikenal bagus tapi not so reliable. Sayang sekali... padahal teknologi mesin Nissan masih sip...
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by WP »

conan wrote:
WP wrote:
conan wrote:

Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.


Altima Hybrid dan GTR itu pasarnya sangat segmented..mana bisa langsung menaikkan tingkat penjualan? Justru Nissan harusnya memberi perhatian pada pasar yg lebih gemuk, khususnya di pasar global. Berapa sih Altima Hybrid dan GTR nantinya terjual?
Salah sekali, pemikiran yang terlalu pendek. GTR dan Altima hybrid itu produk 'halo', apalagi GTR, gunanya bukan berapa unit yg terjual tapi untuk meningkatkan brand image, apalagi GTR yang melegenda. Begitu dunia heboh GTR, dengan sendirinya orang akan terdorong untuk melihat2 lagi model2 Nissan seperti X-Trail dll.

Sama saja dengan misalnya Honda membuat NSX, Mercedes membuat SLR, atau bahkan Sharp membuat Aquos 65 inci seharga Rp 200 juta.

Mereka tidak membuat produk2 tersebut demi volume besar.

Apa tidak pernah diajarkan di kelas marketing?
memang benar seperti itu...tapi GTR dan Altima hybrid seperti yg saya sebelumnya bilang, tidak LANGSUNG menaikkan penjualan kan?

artinya, dua mobil itu tetap di niche market.

tenang aja, yg begituan tetap diajarin kok di kelas marketing
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21996
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Nissan, akan "menggempur" pasar US dengan mobil Di

Post by Turboman »

Nissan akan "menggempur" pasar US dengan mobil Diesel :

Nissan is fully engaged in reducing emissions and improving fuel
economy and efficiency. Launching a clean diesel engine in the US will
offer customers the benefits of fuel economy, CO2 reduction and a
satisfying, fun-to-drive performance vehicle that is a hallmark of the
Nissan brand. You can expect to see more diesel engines in our product
lineup in Europe, Japan, North America and China by fiscal year 2010.



— kata Pamannya oom Sithlord -


Strategy diversifikasi produk dr Nissan ?


"You can expect to see more diesel engines in our product lineup in
Europe, Japan, North America and China by fiscal year 2010"


Jadi nanti th. 2010 tahun ketiga semenjak launch, Livina bisa punya
variant dCi dooonkk.......... :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

wah seru tuh...Livina diesel...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Re: Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by conan »

WP wrote:
conan wrote:
WP wrote:

Altima Hybrid dan GTR itu pasarnya sangat segmented..mana bisa langsung menaikkan tingkat penjualan? Justru Nissan harusnya memberi perhatian pada pasar yg lebih gemuk, khususnya di pasar global. Berapa sih Altima Hybrid dan GTR nantinya terjual?
Salah sekali, pemikiran yang terlalu pendek. GTR dan Altima hybrid itu produk 'halo', apalagi GTR, gunanya bukan berapa unit yg terjual tapi untuk meningkatkan brand image, apalagi GTR yang melegenda. Begitu dunia heboh GTR, dengan sendirinya orang akan terdorong untuk melihat2 lagi model2 Nissan seperti X-Trail dll.

Sama saja dengan misalnya Honda membuat NSX, Mercedes membuat SLR, atau bahkan Sharp membuat Aquos 65 inci seharga Rp 200 juta.

Mereka tidak membuat produk2 tersebut demi volume besar.

Apa tidak pernah diajarkan di kelas marketing?
memang benar seperti itu...tapi GTR dan Altima hybrid seperti yg saya sebelumnya bilang, tidak LANGSUNG menaikkan penjualan kan?

artinya, dua mobil itu tetap di niche market.

tenang aja, yg begituan tetap diajarin kok di kelas marketing
Loh, siapa yang pernah bilang LANGSUNG? :lol:

Baca lagi bung : :e-naughty:
conan wrote:Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Re: Penjualan Nissan drop, produksi akan dikalkulasi ulang

Post by WP »

conan wrote:
WP wrote:
conan wrote: Salah sekali, pemikiran yang terlalu pendek. GTR dan Altima hybrid itu produk 'halo', apalagi GTR, gunanya bukan berapa unit yg terjual tapi untuk meningkatkan brand image, apalagi GTR yang melegenda. Begitu dunia heboh GTR, dengan sendirinya orang akan terdorong untuk melihat2 lagi model2 Nissan seperti X-Trail dll.

Sama saja dengan misalnya Honda membuat NSX, Mercedes membuat SLR, atau bahkan Sharp membuat Aquos 65 inci seharga Rp 200 juta.

Mereka tidak membuat produk2 tersebut demi volume besar.

Apa tidak pernah diajarkan di kelas marketing?
memang benar seperti itu...tapi GTR dan Altima hybrid seperti yg saya sebelumnya bilang, tidak LANGSUNG menaikkan penjualan kan?

artinya, dua mobil itu tetap di niche market.

tenang aja, yg begituan tetap diajarin kok di kelas marketing
Loh, siapa yang pernah bilang LANGSUNG? :lol:

Baca lagi bung : :e-naughty:
conan wrote:Well, semoga dengan diluncurkannya Altima hybrid, dan new GTR tahun depan, bisa membantu Nissan dalam memulihkan tingkat penjualan.
Saya yg bilang 'langsung'
Altima Hybrid dan GTR itu pasarnya sangat segmented..mana bisa langsung menaikkan tingkat penjualan? Justru Nissan harusnya memberi perhatian pada pasar yg lebih gemuk, khususnya di pasar global. Berapa sih Altima Hybrid dan GTR nantinya terjual?
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Midi_Amp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 668
Joined: Mon Oct 16, 2006 3:48
Location: Jakarta

Post by Midi_Amp »

TiongBahru_Ahbeng wrote:Ngomong-ngomong soal Altima, knp NMI ga masukkin model tsb ya utk menghadang civic en corolla? Altima itu kan sekelas Civic,
Altima itu sebesar Accord loh, cuma Sentra yang sebesar Civic. Kalo masuk disini berarti spek down Teana, dan lebih murah dari Teana, gw sih pilih Altima jadinya.

Soal Halo product, bisa membantu atau tidak itu nanti pasar yang menentukan. Beresiko memang, keliatannya gak ada guna secara langsung, karena low volume + margin gak gede2 amet. Cuma umumnya halo product menjadi dasar aspirasi untuk produk2 yang dijual sang produsen. Biasanya halo product itu lebih sebagai alat promosi, GTR bisa ikut balapan di Eropa, Amrik, Jepang, dll, dan seandainya menang, DUAR! Penjualan mobil murah Nissan bisa meledak karena banyak yang mau menjadi "a part of a winning team". Kalau boleh gw berasumsi, gw banyak liat Renault Clio beberapa tahun belakangan di Indo... Apakah ada hubungan dengan kemenangan Renault di F1?
User avatar
alvika99
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 29, 2007 3:34

Post by alvika99 »

mmmm.. kalo ferrari "halo" productnya apa yah :roll: ? :wink:
orang biasa dengan teman-teman luar biasa
ifmarch
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: Mon Feb 05, 2007 8:55

Post by ifmarch »

conan wrote:
Lagian kayaknya yang ditawarkan untuk program retire ini hanya untuk employee yang sudah berusia diatas 45th (sudah mulai tdk produktif lagi).
Bukan tepatnya begitu, program pensiun dini ini memang ditawarkan dahulu pada employee berusia 45 tahun ke atas yang mau secara sukarela untuk pensiun dini. Kalau jumlahnya tidak mencapai target, maka employee berusia 45 tahun ke atas yang tidak mendaftar secara sukarela akan dipensiunkan oleh perusahaan, dan kalau jumlahnya belum cukup juga, akan ditawarkan pada employee berusia 45 tahun ke bawah secara sukarela dan seterusnya.

Target 12.000 orang itu harus tercapai, ini adalah langkah khas Carlos Ghosn untuk merampingkan struktur perusahaan secara cepat dan tegas.
Memang program pensiun dini akan dilakukan sesuai target, kalau target tidak tercapai maka 'pembabatan' SDM non produktif akan mensasar ke employee diatasnya sampai targetnya tercapai. Ini ciri khas yang dilakukan untuk tujuan efisiensi perusahaan sehingga kinerja perusahaan akan membaik.
conan wrote:
Memotong cost emang iya bung conan tapi untuk mengurangi kualitas saya gak melihatnya lho harus kita lihat kedepannya.
Ke depannya? Yang kumaksud adalah pemotongan cost yang berimbas pada degradasi kualitas yang TELAH dilakukan pada awal tahun 2000-an, yang lalu berimbas pada turunnya penjualan Nissan beberapa tahun kemudian, yaitu beberapa tahun terakhir ini dimana pertumbuhan semua pabrikan Jepang dari Toyota sampai Mazda dan Suzuki terus meningkat, sementara Nissan malah menurun.

Aku sama sekali tidak berbicara tentang pemotongan cost yang dilakukan sekarang karena sekarang cost yang dipotong sudah tidak ada lagi kecuali pengurangan jumlah karyawan, sementara pada material Nissan sudah belajar dari pengalaman dan tidak akan melakukannya lagi.
Memang sekarang tidak keluar cost lagi, tapi cost untuk restrukturisasi dengan pensiun dini ini saya yakin akan keluar cost besar juga, karena butuh cost untuk pesangon yang bisa jadi berlipat-lipat. Tapi efek futurenya pembayaran salary employee x 12000 orang tiap bulan tidak ada lagi. Kalau kita liat dari kacamata akuntasi sisi debet untuk membayar employee akan positif.

Mudah-mudahan kedepannya performa dan produk Nissan akan lebih kompetitif dan high quality dengan restrukturisasi ini.
hunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 991
Joined: Mon May 08, 2006 7:32

Post by hunter »

ifmarch wrote:Memang sekarang tidak keluar cost lagi, tapi cost untuk restrukturisasi dengan pensiun dini ini saya yakin akan keluar cost besar juga, karena butuh cost untuk pesangon yang bisa jadi berlipat-lipat.
saya gak tau ya di jepang. tapi pernah baca2 kayaknya hanya di Indonesia yg pake sistem pesangon. apa jepang dpt pesangon juga? atau ada cost2 lain yg dimaksud, masuk ke pesangon?
conan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2961
Joined: Tue Jul 13, 2004 17:34

Post by conan »

alvika99 wrote:mmmm.. kalo ferrari "halo" productnya apa yah :roll: ? :wink:
Keikutsertaan dalam F1 dan Ferrari Enzo.
User avatar
boilers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1023
Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17

Post by boilers »

Wah, sepertinya nissan memang perlu pembenahan produk lagi ya imho. Altima Hybrid and GTR is a good start. Yang saya heran, sepertinya spy pics GTR sudah lama sekali beredaran di web, tapi sampai sekarang belum di launch2 ya. Yah moga2 saja jadinya begitu di launch akan spectacular :)

Kalau penjualan menurun sih mungkin saja ya. Imo (for US market nih) , begitu pertama revival programnya berjalan, Nissan banyak mengeluarkan produk2 yang di masanya inovatif dan beda. Lihat saja Altima, yang sebelumnya adalah sedan tanggung, diubah total menjadi sekelas Accord & camry dengan 240 hp sewaktu Accord masih hanya 200 hp dan Camry < 200 hp. Styling pun serasa beda di saatnya, dengan modelnya yang terlihat lebih agresif dibanding kompetitornya. Setelah itu disusul lg dengan Murano, Infiniti / Skyline Sedan, Maxima, Quest etc etc...

Meskipun beberapa model ada yang kurang sukses, seperti nissan Quest yang agak quirky. Dan seiring dengan bertambah besarnya Altima & menjadi "sport sedan" , Maxima pun sepertinya jadi sedikit kehilangan arah. Karena sebelumnya posisi ini dipegang oleh Maxima. Will Maxima eventually be a Japanese buick or an Avalon fighter ? I still don't know.

Dan sekarang menurut saya kompetitor sudah mulai mengejar. Accord & Camry juga sudah mulai menawarkan styling yang lebih agresif, output mesin yang besar dan pembawaan yang lebih sport (well, at least for a family car anyway), jadi kelebihan Nissan di masa awal (most powerful in the class & agressive styling) sudah agak hilang imo.

Tapi seiring dengan launching produk2 baru dan program cost cutting, terlihat juga kualitas interior dan buatan nissan yang masih di bawah pemain jepang lain. Ini juga membuat image nissan sedikit terpuruk. Tapi generasi baru mobil Nissan sih sepertinya mulai address masalah ini, e.g: interior Altima, G35 baru sudah jauh improve dibanding generasi sebelumnya. Saya pernah rental Altima 2.5 (not the new model), memang sih kualitas buatan interiornya masih jauh dibanding toyota & honda. Tapi yang model baru sih sepertinya sudah ok & on par dengan kompetitor.

Well, just my 2 cents :P
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kalo saya sih liat nya bukan masalah "produk" tapi masalah "agresifitas".

To be fair, Penjualan domestik Toyota di Jepang jg turun 30 ribu unit. Tapi Toyota menang di global karena memang mereka lebih agresif dan lebih banyak membangun pabrik dan dealer. Terutama di USA dan EROPA. Kalo di ASIA sendiri terjadi kecenderungan yg sama dgn di USA. Mobil merek lokal (Jepang u/ Asia Pacific dan GM/Ford/Jeep di USA) mulai turun dominasi nya.

http://www.toyota.com/about/news/corpor ... sults.html

Tapi walaupun qty turun, untung Toyota Jp malah naik terutama karena export.

IMHO n CMIIW
sukasuka_man
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Sun Apr 22, 2007 16:50

Post by sukasuka_man »

uch wrote:Kalo saya sih liat nya bukan masalah "produk" tapi masalah "agresifitas".

To be fair, Penjualan domestik Toyota di Jepang jg turun 30 ribu unit. Tapi Toyota menang di global karena memang mereka lebih agresif dan lebih banyak membangun pabrik dan dealer. Terutama di USA dan EROPA. Kalo di ASIA sendiri terjadi kecenderungan yg sama dgn di USA. Mobil merek lokal (Jepang u/ Asia Pacific dan GM/Ford/Jeep di USA) mulai turun dominasi nya.

http://www.toyota.com/about/news/corpor ... sults.html

Tapi walaupun qty turun, untung Toyota Jp malah naik terutama karena export.

IMHO n CMIIW
Masalah "agresifitas" berkaitan dengan budget gak yah?