Combined Fuel Economy Test Method - UN ECE R 101

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Combined Fuel Economy Test Method - UN ECE R 101

Post by Turboman »

- Dikutip dari salah 1 milis -


Untuk mengetahui konsumsi bbm - kombinasi suatu kendaraan ;ada metode yang diakui secra global ; United Nations Economic Commission for Europe Regulation 101 disingkat UN ECE R 101 ;
Test dilakukan di Laboratory yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa
mendekati mobil pemakaian sehari-hari;
detailnya:

http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/Standard.shtm

Methode ini sudah di pakai di Singapore & semua type mobil baru sudah
menjalani serangkaian test UN ECE R 101 ; Di Singapore hampir
tidak dijual mobil diesel ;jadi hasil test dibawah lebih mewakili
mobil gasoline & hybrid
Selengkapnya (4 pages):

http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/fuellabel.asp

Ada baiknya bila Pemerintah benar-benar ingin memberlakukan pajak yang
lebih rendah pada mobil-mobil hemat energi & memberlakukan pajak lebih
mahal pada mobil-mobil boros energi ;bisa mempertimbangkan metode test
diatas yg notabene "International Recognized"


Tidak dgn hantam rata dari kapasitas / volume mesin kendaraan (sorry
sebelumnya ; menurut saya cara seperti ini sangat gak ilmiah / ngawur)


IMHO :

Jadi kalau ada suatu mobil diklaim oleh pembuatnya bisa 1:sekian ya
perlu dibuktikan dengan metoda baru ini.

Utk gasoline hybrid (lihat hasil test H. Insight & T. Prius), ternyata hasilnya tetap masih jauh dari harapan, dan secara rata2 masih tetap belum menandingi ke efisienan mesin Diesel, apalagi dari segi harga (CMIIW).