- Dikutip dari salah 1 milis -
Untuk mengetahui konsumsi bbm - kombinasi suatu kendaraan ;ada metode yang diakui secra global ; United Nations Economic Commission for Europe Regulation 101 disingkat UN ECE R 101 ;
Test dilakukan di Laboratory yang dibuat sedemikian rupa sehingga bisa
mendekati mobil pemakaian sehari-hari;
detailnya:
http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/Standard.shtm
Methode ini sudah di pakai di Singapore & semua type mobil baru sudah
menjalani serangkaian test UN ECE R 101 ; Di Singapore hampir
tidak dijual mobil diesel ;jadi hasil test dibawah lebih mewakili
mobil gasoline & hybrid
Selengkapnya (4 pages):
http://www.nccc.gov.sg/fueleconomy/fuellabel.asp
Ada baiknya bila Pemerintah benar-benar ingin memberlakukan pajak yang
lebih rendah pada mobil-mobil hemat energi & memberlakukan pajak lebih
mahal pada mobil-mobil boros energi ;bisa mempertimbangkan metode test
diatas yg notabene "International Recognized"
Tidak dgn hantam rata dari kapasitas / volume mesin kendaraan (sorry
sebelumnya ; menurut saya cara seperti ini sangat gak ilmiah / ngawur)
IMHO :
Jadi kalau ada suatu mobil diklaim oleh pembuatnya bisa 1:sekian ya
perlu dibuktikan dengan metoda baru ini.
Utk gasoline hybrid (lihat hasil test H. Insight & T. Prius), ternyata hasilnya tetap masih jauh dari harapan, dan secara rata2 masih tetap belum menandingi ke efisienan mesin Diesel, apalagi dari segi harga (CMIIW).
Combined Fuel Economy Test Method - UN ECE R 101
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14