tanya tips cari mobil second yang bagus

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

lavinie
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 15, 2006 14:13

tanya tips cari mobil second yang bagus

Post by lavinie »

tanya donk cara milih mobil second yang bagus thx
frontier

Post by frontier »

budgetnya berapa, peruntukan untuk apa (keluarga yang perlu space atau bujangan yang perlu gaya dan performance, atau sekedar basic transportation)
frontier

Post by frontier »

Kalo sudah jelas jenis mobilnya, berburu mobkas jadi lebih terfokus kan... tinggal bawa mekanik yang paham, check kondisi mesin (mechanical,electrical,) kaki-kaki, body.... kita tak perlu merasa sok ngerti cara menilai kondisi mobil lah... bawa aja montir handal... kasi dia honor untuk melakukan pengecheckan bagi anda...
User avatar
edward
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1640
Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
Location: in the globe

Post by edward »

Good frontier!
Very simple tips....
Lebih gampang begitu...

Avanza@2006>>>
Innova@2010>>>
EcoSport@2014 >>>
Black VRZ@2016
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Post by avansa »

jangan lupa periksa teliti surat suratnya..
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

kalo saya :
check mesin, ada bocor-bocor ngga, terutama di bagian bawah.
check knalpot, apa warna sisi dalamnya ?
check asap, pada saat digas, hitamkah ?
check KM, normalnya 15rbkm / th
check body (pasti)
check no rangka dan no mesin dan stnk dan bpkb dan faktur
check lampu belok, lampu besar, lampu kecil, lampu tinggi, klakson, power mirror, power window, klakson, wiper dll.
tanya orangnya, kapan ganti rem, timing belt, shock breaker, oli transmisi, kalau jawabannya ngga tau semua.... alias mobil ngga terawat...
check kaki-kaki, pinjam mobilnya, masuk ke lubang/polisi ridur, apakah ada bunyi2 ?
check bpkb ke kepolisian, bagian ranmor, apakah barang curian ?
check oriisinalitas seluruh part, misalnya plastik mika lampu, kabel busi dll.
check ketebalan bunga ban.
check ketebalan sisa rem.
check kopling, injakan keras alias sudah mau habis.
check as roda depan & steer khusus buat front wheel drive, belokin pada kecepatan tinggi.
hehe.... mau beli mobil apa mas ?
saya berbusa2, taunya anda mau beli carry pickup '85 atau mercedez S class '03...
mungkin jawaban saya jauh dari nyambung....
Aderaprabu
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Apr 08, 2006 11:45
Location: Jakarta

Post by Aderaprabu »

caranya cek.. kalo ditabrak penyok ga.. hehehehe..

ga deng.. bawa mekanik aja.. apalagi yang bekas orang body works..
I'm a slowmotioned driver...
carlovers
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Mar 25, 2006 17:28

Post by carlovers »

Kalo faktur penjualan hilang gimana caranya untuk dibikin baru lagi yah?
Apa bener2 gak bisa dijual padahal STNK/BPKB udah balik nama ke milik sendiri?
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Kalo tips dari saya sih, kalo mobil bekas, fokus di Body.
Soalnya urusan body mobil kalo dah pernah nyenggol2, apalagi tabrakan(sampe ada yg kelipet), keluar duit berapapun gak akan bisa kembali ke semula.
Sementara kalo yg namanya mesin, tinggal ganti komponen, beres dah........

Jadi kalo ada mobil :
1. Mesin halus, tapi body ada lecet2 & bergelombang

dibanding

2. Body mobil mulus, tapi mesin agak2 kasar

Saya pilih yg no2

Tapi ini saya loo.......
Kalo urusan body, keluar duit 5jt blom tentu beres,
tapi kalo mesin, duit 5jt dah byk yg bisa diganti.

Btw, saya gak tau nih anda mo beli mobil apa,
saya anggap aja anda mo beli Kijang thn 2000
buat mudix :D
Image
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

Dari segi selain body ... ada tips kayak gini :

1. Check Oli mesin. Cabut dipstick oli mesin ... lap ... masukkan lagi dan cabut kembali ... amati level dan warna olinya. Kalau hitam dan levelnya dibawah minimum ... menunjukkan perawatan mesin yang nggak bagus.

2. Check kebocoran Oli mesin dan atau transmisi. Biasanya kalau mobil mau dijual ... mesinnya dibersihin dulu ... khususnya bagian atas sedang bagian bawah sering terlewat. Maka dengan menggunakan lampu senter ... check bagian bawah mesin dan transmisi ... Jika Basah maka ada kebocoran sedang jika kering ... itu tandanya bagus dan ok.

3. Check komponen dalam jika memungkinkan (buka penutup valve). Jika nggak mungkin cukup buka tutup pengisi oli mesin .... dengan menggunakan lampu senter ... lihat dalamnya ... kalau bersih (warna coklat kekuningan) maka mesin dirawat dengan baik ... jika warnanya coklat kehitaman ... maka mesin gak dirawat dengan baik (ada banyak endapan karbon - sludge).

4. Check Tekanan Oli. Caranya dengan menstart mesin ... lihat warning lamp untuk oli di dashboard (meter cluster). Jika lampu mati dalam waktu 1-2 detik setelah mesin bunyi ... maka OK ... jika lebih dari 2 detik ... maka ada problem pada lubricating sistim.

5. Check semua gasket pada mesin. Kadang-kadang jika mesin pernah direparasi ... tapi kurang bagus ... biasanya terlihat dari pemasangan gasket yang gak bener ... nonjol-nonjol keluar ... gak OK.

6. Check Air dalam Reservoir sistem pengingin mesin. Jika ada campuran seperti minyak ... alamat Head Gasket udah gak beres ... atau ATF coolernya ada kebocoran.

7. Check Timing Belt. Biasanya Dealer atau Bengkel yang emngganti Timing Belt akan memasang stiker untuk mencatatkan pada kilometer berapa timing belt diganti ... umur timing belt biasanya antara 100,000 km s/d 160,000 km. Hal ini untuk mengetahui kapan kita mesti ganti timing belt.

8. Check Asap Mesin Melalui Knalpot. Caranya ... start mobil dan tunggu sampai 5-10 menit (idle). Kemudian injak pedal gas sampai ke RPM 4500 - 5000 selama 2-3 detik. Pada saat yang bersamaan lihat warna asap yang keluar dari knalpot ... jika keluar asap biru ... mesin gak OK.

9. Dengerin suara Mesin. Jika terlalu berisik ... ada suara ngelitik ... alamat nggak OK untuk dibeli.

10. Check Instrument Panel (meter Cluster). Pada saat kunci kontak pada posisi ON ... semua warning light akan menyala. Perhatikan Engine Warning Light ... jika setelah mesin distart dan bunyi tapi engine warning light menyala terus ... ada problem mesin.

11. Check STEERING System.

a. Dalam posisi mobil diam dan mesin bunyi (idle), putar kemudi sampai mentok kiri dan mentok kanan. Jikapada saat mentok kekiri dan kekanan ada suara tikus berderit ... alamat Power Steering Pump nya mesti minta diganti.

b. Jalankan mobil secara perlahan dengan steering mentok kekiri ataupun kekanan bergantian. Jika terdengar bunyi yang gak betul ... alamat steering systemnya udah gak bener (ball Joint, Lower and Upper Arm, Tie Rod (Terot), Swaybar link). Untuk FWD ... ada kemungkinan tambahan CV joinnya udah rusak.

12. Test Drive. Low Speed dan belok kiri kanan, lewat polisi tidur (untuk chek kaki-kaki ... High Speed (alignment Checking) ... High to Low Speed braking ... check Sistem Rem dan ABS (jika ada).
Image
erevoz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Fri Jul 14, 2006 17:17

Post by erevoz »

nah kalo situasinya itu mobil kan ada di iklan koran trus byk org yg ngincer jam 9 pagi aj da kjual gmn tu caranya masa pagi2 mau manggil montir bingung jg...
Regards,
erevoz
dado
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
Location: JAKARTA

Post by dado »

klo semuanya sudah di cek, satu lg yg anda harus ingat CEK UANGNYA CUKUP NDA
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

avansa wrote:jangan lupa periksa teliti surat suratnya..
jangan lupa periksa pajaknya, kalo lokasi di jakarta bisa coba kirim sms ke 1717 ketik METRO NOPOLISI

semoga bermanfaat.
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

tambahan.
moga2 ini bisa menjadi pertimbangan juga. kalo gue beli mobil bekas, selain secara teknis udah oke, gue juga coba dengan feeling, coba masuk ke dlm mobil trus duduk dan rasakan auranya. kalo auranya adem dan nyaman (bukan udaranya lho, dan bukan joknya yang nyaman lho) berarti mobil itu cocok dengan aura gue.
(hal yang sama gue lakukan kalo beli rumah, nyewa rumah, ngekos)

kalo bung saptaaji biasanya memperhatikan nomor polisi nya, jangan beli yang nomornya masuk dalam kategori nomor panas.

semoga bermanfaat.
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Ngerasain Aura gimana caranya?
trus nomer panas tuh yg kayak gimana?

Gw sih waktu Indocomtech kemaren, pas Masuk ke cabin New Camry, perasaan Aura-nya cocok....
trus masuk ke Avanza aura-nya bikin bete........

Tapi budget gak cocok ama Camry...
Image
User avatar
biembiru
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30

Post by biembiru »

Mike wrote:Ngerasain Aura gimana caranya?
trus nomer panas tuh yg kayak gimana?

Gw sih waktu Indocomtech kemaren, pas Masuk ke cabin New Camry, perasaan Aura-nya cocok....
trus masuk ke Avanza aura-nya bikin bete........

Tapi budget gak cocok ama Camry...
ember.. biasanya mobil mahal auranya lebih panas... palagi pas SPGnya nempel2... huahuahua... :wink:

masalah nomor tanya ama bung saptaaji aja deh... tp kayakya dia lagi bertapa tuh...
User avatar
PenyuTurbo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1247
Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
Location: Subang

Post by PenyuTurbo »

biembiru wrote:
Mike wrote:Ngerasain Aura gimana caranya?
trus nomer panas tuh yg kayak gimana?

Gw sih waktu Indocomtech kemaren, pas Masuk ke cabin New Camry, perasaan Aura-nya cocok....
trus masuk ke Avanza aura-nya bikin bete........

Tapi budget gak cocok ama Camry...
ember.. biasanya mobil mahal auranya lebih panas... palagi pas SPGnya nempel2... huahuahua... :wink:

masalah nomor tanya ama bung saptaaji aja deh... tp kayakya dia lagi bertapa tuh...
Apalagi kalau SPGnya buka pintu .... hehehehe bukan pintu mobil nih taapi pintu ....
Image
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Apalagi kalau SPGnya buka pintu .... hehehehe bukan pintu mobil nih taapi pintu ....
Pintu bagasi ya Pak agus ?! Atau pintu garasi ?! hehehe.
User avatar
saptaaji
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 806
Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58

Post by saptaaji »

ada yg ngomongin gw yak? kalo konsultasi angka japri aja.. ada biayanya soalnya.. hehehehe...

kasih sedikit cerita deh :

mobil pertama 2163 >> wuidih.. panas bgt auranya, mobil rewel, ekonomi macet kagak tp tersendat2, percintaan satu aja ribet banget.

mobil kedua 8031 >> agak lumayan auranya, tp mobil msh tetep rewel, dikit2 namun nyebelin, ekonomi agak mendingan, percintaan?? ribet tp asik.. cewe2 datang dan pergi

mobil ke tiga 8427 balik nama 8072 >> nomor dibolak balik dikit, mirip mobil ke2, rewel kecil2an namun kontinyu, ekonomi idem, percintaan agak konsisten ga datang dan pergi lg.. itu2 aja cewenya.. tp ada beberapa... bkiakakakak... :e-dance: