tanya tips cari mobil second yang bagus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Newbie
- Posts: 10
- Joined: Wed Mar 15, 2006 14:13
tanya tips cari mobil second yang bagus
tanya donk cara milih mobil second yang bagus thx
Kalo sudah jelas jenis mobilnya, berburu mobkas jadi lebih terfokus kan... tinggal bawa mekanik yang paham, check kondisi mesin (mechanical,electrical,) kaki-kaki, body.... kita tak perlu merasa sok ngerti cara menilai kondisi mobil lah... bawa aja montir handal... kasi dia honor untuk melakukan pengecheckan bagi anda...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Sat Mar 20, 2004 17:59
- Location: in the globe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
kalo saya :
check mesin, ada bocor-bocor ngga, terutama di bagian bawah.
check knalpot, apa warna sisi dalamnya ?
check asap, pada saat digas, hitamkah ?
check KM, normalnya 15rbkm / th
check body (pasti)
check no rangka dan no mesin dan stnk dan bpkb dan faktur
check lampu belok, lampu besar, lampu kecil, lampu tinggi, klakson, power mirror, power window, klakson, wiper dll.
tanya orangnya, kapan ganti rem, timing belt, shock breaker, oli transmisi, kalau jawabannya ngga tau semua.... alias mobil ngga terawat...
check kaki-kaki, pinjam mobilnya, masuk ke lubang/polisi ridur, apakah ada bunyi2 ?
check bpkb ke kepolisian, bagian ranmor, apakah barang curian ?
check oriisinalitas seluruh part, misalnya plastik mika lampu, kabel busi dll.
check ketebalan bunga ban.
check ketebalan sisa rem.
check kopling, injakan keras alias sudah mau habis.
check as roda depan & steer khusus buat front wheel drive, belokin pada kecepatan tinggi.
hehe.... mau beli mobil apa mas ?
saya berbusa2, taunya anda mau beli carry pickup '85 atau mercedez S class '03...
mungkin jawaban saya jauh dari nyambung....
check mesin, ada bocor-bocor ngga, terutama di bagian bawah.
check knalpot, apa warna sisi dalamnya ?
check asap, pada saat digas, hitamkah ?
check KM, normalnya 15rbkm / th
check body (pasti)
check no rangka dan no mesin dan stnk dan bpkb dan faktur
check lampu belok, lampu besar, lampu kecil, lampu tinggi, klakson, power mirror, power window, klakson, wiper dll.
tanya orangnya, kapan ganti rem, timing belt, shock breaker, oli transmisi, kalau jawabannya ngga tau semua.... alias mobil ngga terawat...
check kaki-kaki, pinjam mobilnya, masuk ke lubang/polisi ridur, apakah ada bunyi2 ?
check bpkb ke kepolisian, bagian ranmor, apakah barang curian ?
check oriisinalitas seluruh part, misalnya plastik mika lampu, kabel busi dll.
check ketebalan bunga ban.
check ketebalan sisa rem.
check kopling, injakan keras alias sudah mau habis.
check as roda depan & steer khusus buat front wheel drive, belokin pada kecepatan tinggi.
hehe.... mau beli mobil apa mas ?
saya berbusa2, taunya anda mau beli carry pickup '85 atau mercedez S class '03...
mungkin jawaban saya jauh dari nyambung....
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Apr 08, 2006 11:45
- Location: Jakarta
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Sat Mar 25, 2006 17:28
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
Kalo tips dari saya sih, kalo mobil bekas, fokus di Body.
Soalnya urusan body mobil kalo dah pernah nyenggol2, apalagi tabrakan(sampe ada yg kelipet), keluar duit berapapun gak akan bisa kembali ke semula.
Sementara kalo yg namanya mesin, tinggal ganti komponen, beres dah........
Jadi kalo ada mobil :
1. Mesin halus, tapi body ada lecet2 & bergelombang
dibanding
2. Body mobil mulus, tapi mesin agak2 kasar
Saya pilih yg no2
Tapi ini saya loo.......
Kalo urusan body, keluar duit 5jt blom tentu beres,
tapi kalo mesin, duit 5jt dah byk yg bisa diganti.
Btw, saya gak tau nih anda mo beli mobil apa,
saya anggap aja anda mo beli Kijang thn 2000
buat mudix
Soalnya urusan body mobil kalo dah pernah nyenggol2, apalagi tabrakan(sampe ada yg kelipet), keluar duit berapapun gak akan bisa kembali ke semula.
Sementara kalo yg namanya mesin, tinggal ganti komponen, beres dah........
Jadi kalo ada mobil :
1. Mesin halus, tapi body ada lecet2 & bergelombang
dibanding
2. Body mobil mulus, tapi mesin agak2 kasar
Saya pilih yg no2
Tapi ini saya loo.......
Kalo urusan body, keluar duit 5jt blom tentu beres,
tapi kalo mesin, duit 5jt dah byk yg bisa diganti.
Btw, saya gak tau nih anda mo beli mobil apa,
saya anggap aja anda mo beli Kijang thn 2000
buat mudix


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Dari segi selain body ... ada tips kayak gini :
1. Check Oli mesin. Cabut dipstick oli mesin ... lap ... masukkan lagi dan cabut kembali ... amati level dan warna olinya. Kalau hitam dan levelnya dibawah minimum ... menunjukkan perawatan mesin yang nggak bagus.
2. Check kebocoran Oli mesin dan atau transmisi. Biasanya kalau mobil mau dijual ... mesinnya dibersihin dulu ... khususnya bagian atas sedang bagian bawah sering terlewat. Maka dengan menggunakan lampu senter ... check bagian bawah mesin dan transmisi ... Jika Basah maka ada kebocoran sedang jika kering ... itu tandanya bagus dan ok.
3. Check komponen dalam jika memungkinkan (buka penutup valve). Jika nggak mungkin cukup buka tutup pengisi oli mesin .... dengan menggunakan lampu senter ... lihat dalamnya ... kalau bersih (warna coklat kekuningan) maka mesin dirawat dengan baik ... jika warnanya coklat kehitaman ... maka mesin gak dirawat dengan baik (ada banyak endapan karbon - sludge).
4. Check Tekanan Oli. Caranya dengan menstart mesin ... lihat warning lamp untuk oli di dashboard (meter cluster). Jika lampu mati dalam waktu 1-2 detik setelah mesin bunyi ... maka OK ... jika lebih dari 2 detik ... maka ada problem pada lubricating sistim.
5. Check semua gasket pada mesin. Kadang-kadang jika mesin pernah direparasi ... tapi kurang bagus ... biasanya terlihat dari pemasangan gasket yang gak bener ... nonjol-nonjol keluar ... gak OK.
6. Check Air dalam Reservoir sistem pengingin mesin. Jika ada campuran seperti minyak ... alamat Head Gasket udah gak beres ... atau ATF coolernya ada kebocoran.
7. Check Timing Belt. Biasanya Dealer atau Bengkel yang emngganti Timing Belt akan memasang stiker untuk mencatatkan pada kilometer berapa timing belt diganti ... umur timing belt biasanya antara 100,000 km s/d 160,000 km. Hal ini untuk mengetahui kapan kita mesti ganti timing belt.
8. Check Asap Mesin Melalui Knalpot. Caranya ... start mobil dan tunggu sampai 5-10 menit (idle). Kemudian injak pedal gas sampai ke RPM 4500 - 5000 selama 2-3 detik. Pada saat yang bersamaan lihat warna asap yang keluar dari knalpot ... jika keluar asap biru ... mesin gak OK.
9. Dengerin suara Mesin. Jika terlalu berisik ... ada suara ngelitik ... alamat nggak OK untuk dibeli.
10. Check Instrument Panel (meter Cluster). Pada saat kunci kontak pada posisi ON ... semua warning light akan menyala. Perhatikan Engine Warning Light ... jika setelah mesin distart dan bunyi tapi engine warning light menyala terus ... ada problem mesin.
11. Check STEERING System.
a. Dalam posisi mobil diam dan mesin bunyi (idle), putar kemudi sampai mentok kiri dan mentok kanan. Jikapada saat mentok kekiri dan kekanan ada suara tikus berderit ... alamat Power Steering Pump nya mesti minta diganti.
b. Jalankan mobil secara perlahan dengan steering mentok kekiri ataupun kekanan bergantian. Jika terdengar bunyi yang gak betul ... alamat steering systemnya udah gak bener (ball Joint, Lower and Upper Arm, Tie Rod (Terot), Swaybar link). Untuk FWD ... ada kemungkinan tambahan CV joinnya udah rusak.
12. Test Drive. Low Speed dan belok kiri kanan, lewat polisi tidur (untuk chek kaki-kaki ... High Speed (alignment Checking) ... High to Low Speed braking ... check Sistem Rem dan ABS (jika ada).
1. Check Oli mesin. Cabut dipstick oli mesin ... lap ... masukkan lagi dan cabut kembali ... amati level dan warna olinya. Kalau hitam dan levelnya dibawah minimum ... menunjukkan perawatan mesin yang nggak bagus.
2. Check kebocoran Oli mesin dan atau transmisi. Biasanya kalau mobil mau dijual ... mesinnya dibersihin dulu ... khususnya bagian atas sedang bagian bawah sering terlewat. Maka dengan menggunakan lampu senter ... check bagian bawah mesin dan transmisi ... Jika Basah maka ada kebocoran sedang jika kering ... itu tandanya bagus dan ok.
3. Check komponen dalam jika memungkinkan (buka penutup valve). Jika nggak mungkin cukup buka tutup pengisi oli mesin .... dengan menggunakan lampu senter ... lihat dalamnya ... kalau bersih (warna coklat kekuningan) maka mesin dirawat dengan baik ... jika warnanya coklat kehitaman ... maka mesin gak dirawat dengan baik (ada banyak endapan karbon - sludge).
4. Check Tekanan Oli. Caranya dengan menstart mesin ... lihat warning lamp untuk oli di dashboard (meter cluster). Jika lampu mati dalam waktu 1-2 detik setelah mesin bunyi ... maka OK ... jika lebih dari 2 detik ... maka ada problem pada lubricating sistim.
5. Check semua gasket pada mesin. Kadang-kadang jika mesin pernah direparasi ... tapi kurang bagus ... biasanya terlihat dari pemasangan gasket yang gak bener ... nonjol-nonjol keluar ... gak OK.
6. Check Air dalam Reservoir sistem pengingin mesin. Jika ada campuran seperti minyak ... alamat Head Gasket udah gak beres ... atau ATF coolernya ada kebocoran.
7. Check Timing Belt. Biasanya Dealer atau Bengkel yang emngganti Timing Belt akan memasang stiker untuk mencatatkan pada kilometer berapa timing belt diganti ... umur timing belt biasanya antara 100,000 km s/d 160,000 km. Hal ini untuk mengetahui kapan kita mesti ganti timing belt.
8. Check Asap Mesin Melalui Knalpot. Caranya ... start mobil dan tunggu sampai 5-10 menit (idle). Kemudian injak pedal gas sampai ke RPM 4500 - 5000 selama 2-3 detik. Pada saat yang bersamaan lihat warna asap yang keluar dari knalpot ... jika keluar asap biru ... mesin gak OK.
9. Dengerin suara Mesin. Jika terlalu berisik ... ada suara ngelitik ... alamat nggak OK untuk dibeli.
10. Check Instrument Panel (meter Cluster). Pada saat kunci kontak pada posisi ON ... semua warning light akan menyala. Perhatikan Engine Warning Light ... jika setelah mesin distart dan bunyi tapi engine warning light menyala terus ... ada problem mesin.
11. Check STEERING System.
a. Dalam posisi mobil diam dan mesin bunyi (idle), putar kemudi sampai mentok kiri dan mentok kanan. Jikapada saat mentok kekiri dan kekanan ada suara tikus berderit ... alamat Power Steering Pump nya mesti minta diganti.
b. Jalankan mobil secara perlahan dengan steering mentok kekiri ataupun kekanan bergantian. Jika terdengar bunyi yang gak betul ... alamat steering systemnya udah gak bener (ball Joint, Lower and Upper Arm, Tie Rod (Terot), Swaybar link). Untuk FWD ... ada kemungkinan tambahan CV joinnya udah rusak.
12. Test Drive. Low Speed dan belok kiri kanan, lewat polisi tidur (untuk chek kaki-kaki ... High Speed (alignment Checking) ... High to Low Speed braking ... check Sistem Rem dan ABS (jika ada).

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Fri Jul 14, 2006 17:17
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30
tambahan.
moga2 ini bisa menjadi pertimbangan juga. kalo gue beli mobil bekas, selain secara teknis udah oke, gue juga coba dengan feeling, coba masuk ke dlm mobil trus duduk dan rasakan auranya. kalo auranya adem dan nyaman (bukan udaranya lho, dan bukan joknya yang nyaman lho) berarti mobil itu cocok dengan aura gue.
(hal yang sama gue lakukan kalo beli rumah, nyewa rumah, ngekos)
kalo bung saptaaji biasanya memperhatikan nomor polisi nya, jangan beli yang nomornya masuk dalam kategori nomor panas.
semoga bermanfaat.
moga2 ini bisa menjadi pertimbangan juga. kalo gue beli mobil bekas, selain secara teknis udah oke, gue juga coba dengan feeling, coba masuk ke dlm mobil trus duduk dan rasakan auranya. kalo auranya adem dan nyaman (bukan udaranya lho, dan bukan joknya yang nyaman lho) berarti mobil itu cocok dengan aura gue.
(hal yang sama gue lakukan kalo beli rumah, nyewa rumah, ngekos)
kalo bung saptaaji biasanya memperhatikan nomor polisi nya, jangan beli yang nomornya masuk dalam kategori nomor panas.
semoga bermanfaat.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 157
- Joined: Wed Jun 14, 2006 4:30
ember.. biasanya mobil mahal auranya lebih panas... palagi pas SPGnya nempel2... huahuahua...Mike wrote:Ngerasain Aura gimana caranya?
trus nomer panas tuh yg kayak gimana?
Gw sih waktu Indocomtech kemaren, pas Masuk ke cabin New Camry, perasaan Aura-nya cocok....
trus masuk ke Avanza aura-nya bikin bete........
Tapi budget gak cocok ama Camry...
masalah nomor tanya ama bung saptaaji aja deh... tp kayakya dia lagi bertapa tuh...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Apalagi kalau SPGnya buka pintu .... hehehehe bukan pintu mobil nih taapi pintu ....biembiru wrote:ember.. biasanya mobil mahal auranya lebih panas... palagi pas SPGnya nempel2... huahuahua...Mike wrote:Ngerasain Aura gimana caranya?
trus nomer panas tuh yg kayak gimana?
Gw sih waktu Indocomtech kemaren, pas Masuk ke cabin New Camry, perasaan Aura-nya cocok....
trus masuk ke Avanza aura-nya bikin bete........
Tapi budget gak cocok ama Camry...![]()
masalah nomor tanya ama bung saptaaji aja deh... tp kayakya dia lagi bertapa tuh...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 806
- Joined: Thu Jun 15, 2006 3:58
ada yg ngomongin gw yak? kalo konsultasi angka japri aja.. ada biayanya soalnya.. hehehehe...
kasih sedikit cerita deh :
mobil pertama 2163 >> wuidih.. panas bgt auranya, mobil rewel, ekonomi macet kagak tp tersendat2, percintaan satu aja ribet banget.
mobil kedua 8031 >> agak lumayan auranya, tp mobil msh tetep rewel, dikit2 namun nyebelin, ekonomi agak mendingan, percintaan?? ribet tp asik.. cewe2 datang dan pergi
mobil ke tiga 8427 balik nama 8072 >> nomor dibolak balik dikit, mirip mobil ke2, rewel kecil2an namun kontinyu, ekonomi idem, percintaan agak konsisten ga datang dan pergi lg.. itu2 aja cewenya.. tp ada beberapa... bkiakakakak...
kasih sedikit cerita deh :
mobil pertama 2163 >> wuidih.. panas bgt auranya, mobil rewel, ekonomi macet kagak tp tersendat2, percintaan satu aja ribet banget.
mobil kedua 8031 >> agak lumayan auranya, tp mobil msh tetep rewel, dikit2 namun nyebelin, ekonomi agak mendingan, percintaan?? ribet tp asik.. cewe2 datang dan pergi
mobil ke tiga 8427 balik nama 8072 >> nomor dibolak balik dikit, mirip mobil ke2, rewel kecil2an namun kontinyu, ekonomi idem, percintaan agak konsisten ga datang dan pergi lg.. itu2 aja cewenya.. tp ada beberapa... bkiakakakak...
