tenaga bebek 125 vs sport 125

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

tenaga bebek 125 vs sport 125

Post by anak_singkong »

Kebetulan motor inventaris yg sy pakai harian adalah Honda GL-MAX 125cc dan motor pribadi sy Shogun 125.
Sy perbandingan soal akselerasi maupun tenaga sepertinya GL-MAX kalah dgn Shogun. Padahal diatas kertas GL-MAX tenaga maksimum 12.5hp torsi 1.3 kg/cm sedangkan Shogun 125 cuma 9hp dgn torsi 1 kg/cm.
Begitu jg dgn Honda Karisma vs GL-MAX. Gak jauh beda. Contohnya GL-MAX kalah akselerasi waktu menyalib sedang bebek 125cc enteng2 aja nyalibnya. Apalagi kalo pake GL-MAX sambil boncengan; mesin sampe 'ngeden' rpm udah masuk 10.000 masih aja GL-MAX kedodoran.

Shogun 125 vs. Thunder 125 jg gitu. Sejauh ini sy tarik2an sama Thunder 125 selalu menang. apa mungkin spek Thunder 125 jg gitu?

Setahu sy motor sport dirancang 'born to run' tp kenapa koq keok sama bebek2 125? :oops:



PS. to bung yoyo; problem solved; masalah di GL-MAX sy persis spt yg Anda utarakan ditopic problem GL-MAX yg pernah sy tulis.




Image
User avatar
wedewe
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 161
Joined: Wed Oct 12, 2005 5:58

Post by wedewe »

kali yang rada2 nyambung adalah perbedaan bobot. jelas kan bobot glmax lebih berat dari shogun.
dan yang sedikit ga nyambung, status glmax tuh, kan motor inventaris, you know laaah, gimana perawatan motor dengan status inventaris dibandingkan motor dengan status motor pribadi.. :D

glmax and thunder125 motor sport? hmmmm... perlu diperdebatkan..menurutku sih motor dengan mesin teknologi tahun 70an yang di make up baru hehe peace bro yang pake 2 motor itu....
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

salah satunya pasti disebabkan oleh bobot kendaraan yang lebih berat motor sport pak. itu pasti heheheh
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Re: tenaga bebek 125 vs sport 125

Post by yoyoyo »

anak_singkong wrote: Setahu sy motor sport dirancang 'born to run' tp kenapa koq keok sama bebek2 125? :oops:

PS. to bung yoyo; problem solved; masalah di GL-MAX sy persis spt yg Anda utarakan ditopic problem GL-MAX yg pernah sy tulis.
really?
bagus lah. Dgn begitu kita tahu satu lagi 'penyakit tipikal' Honda :)

Menurut gw, GLMax itu selain berat, rasio2 daleman gearbox nya lebih diarahkan ke tenaga daripada kecepatan, juga gear depan&belakang. Coba aja diganti gear depan&belakang, tapi jgn asal, obrolin aja ke mekanik kepercayaan bro. ok?
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

mau tanya nih...
suzuki kan ngeluarin thunder 125 dan Shogun SP 125
yang mengusung teknologi 125 cc
kalau masalah harga sih relatif beda lagi dikit aja.

kalau diminta untuk memilih diantara nih dua motor, bro akan milih yang mana?
terus apa alasan bro?
(mungkin alasannya kayak gini:
- shogun SP ada bagasinya + cakram belakang
- kalau thunder tampang dah motor cowok harga motor bebek
atau ada alasan yang lain sehingga bro bisa merekomendasikan salah satu motor untuk dibeli.
soalnya kadang user juga bingung milih)

kalau saya alasan milih SP :
- ada bagasinya
- ada cakramnya
- tampang untuk bebek paling keren
- sparepart lebih murah dibanding thunder (cmiiw) karena masih type bebek
- perawatan lebih mudah
- kagak cerewet dibanding motor cowok (cmiiw again)

Trims
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

koq bingung bro? kan dah keliatan kalo bro sebenernya lebih berat ke shogun ketimbang thunder, hehe...liat lagi deh diatas, keunggulan thunder di mata bro cuma satu, yaitu tampang thunder yg tampang motor cowo dgn harga bebek...sedangkan keunggulan shogunnya banyak banget..dah keliatan kan kalo bro lebih mau pake shogun, hehe..pake shogun aja, drpada nyesel nantinya krn menolak hati nurani...

kalo tanya pendapat gue pribadi..berhubung cc nya sama, gw sih lebih milih shogun krn masalahnya kalo bro pake shogun terus ada yg nyalip waktu ngebut, pasti gak se-malu kalo pake thunder, krn kalo pake thunder bro disalip pas ngebut bakal lebih malu lagi lantaran tampang motor sport tapi tenaga kurang..apalagi yg nyalip bebek juga...kalo yg nyalip ninja, maklum aja, pake apa juga kalah... :p
Just Call Me Nichol !!!
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Dari Milisnya Thunder 125.... banyak yang nyesel ambil thunder 125, soalnya motor laki laki tapi kaki belakangnya kecil sekali.....plus ngga ada tarikannya ...kalau mau harus rpm tinggi dulu baru lari......... + spare partnya susah bgt... dulu pernah denger ada yang tabrakan mau pesen fork depannya berikut shocknya itu aja harus pesen hampir 3 bulan katanya..........

Jadi intinya kalau mau ngambil motor laki2 jgn nanggung2 ambil... kalau mau ambil SZ atau Tigi
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

nichol wrote:koq bingung bro? kan dah keliatan kalo bro sebenernya lebih berat ke shogun ketimbang thunder, hehe...liat lagi deh diatas, keunggulan thunder di mata bro cuma satu, yaitu tampang thunder yg tampang motor cowo dgn harga bebek...sedangkan keunggulan shogunnya banyak banget..dah keliatan kan kalo bro lebih mau pake shogun, hehe..pake shogun aja, drpada nyesel nantinya krn menolak hati nurani...

kalo tanya pendapat gue pribadi..berhubung cc nya sama, gw sih lebih milih shogun krn masalahnya kalo bro pake shogun terus ada yg nyalip waktu ngebut, pasti gak se-malu kalo pake thunder, krn kalo pake thunder bro disalip pas ngebut bakal lebih malu lagi lantaran tampang motor sport tapi tenaga kurang..apalagi yg nyalip bebek juga...kalo yg nyalip ninja, maklum aja, pake apa juga kalah... :p
betul juga bro.
tapi saya kan juga mau cari pertimbangan ma bro2 yang lain.
tapi untunglah saya tidak salah pilih.. hehe..
apakah ada bro2 yang telah kecewa dengan thunder 125 hehe
bukan ngeledek ya..
tapi share pengalamannya juga ya.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
su_minson
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
Location: Jakarta

Thunder 125

Post by su_minson »

Halo bro,

menurut gw , iklan thunder 125 kuno banget. masa suzuki bangga dengan penambahan kick starter haaaaa.haaaaa.aaahaaaaa. emangnya Honda C-800 ngak ada kick starternya?
no one's perfect
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

ibarat orang, thunder 125 itu ibarat pria arab ber-pen*s kecil....lari dari kenyataan....utk motor tipe semi sport tanggung, masih mending mega pro kalo gw bilang...gitu2 mesinnya 160 cc (cmiiw), tenaga lumayan lha gak malu2in, harga juga gak mahal2 banget.
Just Call Me Nichol !!!
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Post by pitbull »

gue sering ketemu thunder yang pasang fairing, biker yg bawa kaki ngangkakng semua. emang enak ya bawa motor ngangkang?
tuperware
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 146
Joined: Mon Mar 28, 2005 4:52

Post by tuperware »

makanya kalo mau ambil motor laki, ambil yang bener2 sejati, jangan yang setengah gityu.....
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Bro Pitbull iya gue juga sering liat..., Motor 125CC maksa pingin kaya CBR 150 .....hahahaha kalau diliat culun...udah pake fairing eh liat belakangnya ...kecil amat tuh kaki2nya......pas jalan cuma segitu aja larinya yang gede cuma suara knalpornya aja hahahahahaaha
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

tp kalo motor laki harga bebek gtu enaknya di modif abies lah. semua bodi diganti di krum lah up side down lah dll. pasti ujungnya masuk M+ itu sih gpp, truz ikut kontes n menang itu masih wajar

tp yg dijalan gmana? pake fairing maksa kegedean ngarep GSX 500. hahahha
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
anak_singkong
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1028
Joined: Thu Nov 03, 2005 8:11
Location: Indonesia

Post by anak_singkong »

wah..
Berarti Thunder 125 kalah jauh dong sama GL-MAX. Punya sy bs tembus 130kpj. Sedangkan Thunder 125 spidometernya cuma sampe 110kpj. Udah gitu bodynya berat lg. :P
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

Kalau nggak salah ada perbedaan antara speedometer motor bebek ma motor laki.

kalau motor bebek sengaja di tinggiin biar pengedaranya dah kelihatan ngebut, tapi sebenarnya kecepatannya standar aja (cmiiw)
lain ma motor laki
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
andryans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 271
Joined: Sun Jul 24, 2005 13:24
Location: Jakarta

Post by andryans »

gw sih pilih sp.... remnya dah double disk :)
A/T vehicle.....
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Wahyu_D wrote:Dari Milisnya Thunder 125.... banyak yang nyesel ambil thunder 125, soalnya motor laki laki tapi kaki belakangnya kecil sekali.....plus ngga ada tarikannya ...kalau mau harus rpm tinggi dulu baru lari.........
utk yg terakhir ,thundie masih bisa di-tweak ..
GANTI SPUYER DONGKRAK LIMITER
dan memang akselerasinya juga terdongkrak. Nih lihat tabel..

kemudian di edisi berikutnya
Jangan-jangan, pada Thunder 125 atau Scorpio, limiter CDI-nya memang bekerja di atas 10 ribu rpm. Putaran mesin tersendat sebelum 10 ribu rpm karena kemampuan setting mesinnya segitu. So, begitu spuyer diatur ulang kemampuannya menjadi meningkat. Tembuslah putaran mesin hingga di atas 10 ribu rpm tadi.
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

Jadinya harus mainnya diatas 10ribu rpm yaa, ...wah kalau dijakarta yg tiap hari biasanya type jalannya yg Stop N Go....... main diatas 10rpm bisa diliatin orang bro yoyoyo.......apalagi udah diganti knalpot.......
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

Sori lagi bro, link diatas gak valid. Payah nih struktur webnya otomotif. Masak mesti masuk dulu ke edisi yg dimaksud (edisi 42), baru link tersebut valid, jadi gak bisa direct (mereka pakai cookies gitu...blearghhh)

Masih mendingan motorplus, walaupun rada berat juga & searchengine nya sucks.. hehe

Wah, bro Wahyu_D, bukan harus diatas 10.000 RPM. Tapi maksudnya, waktu pake jet standar, naek ke 9700-an aja kayak susah dan mentok. Tapi setelah ganti, jadi gampang (akselerasi bertambah) dan bisa sampai 11.700 (artinya naik 2000 RPM) .

Kondisi standar
0 - 60 km/jam : 6,35 detik
0 - 80 km/jam : 13,39 detik

setelah pakai RMG
0 - 60 km/jam : 4,73 detik
0 - 80 km/jam : 7,97 detik
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3454
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Post by TUFF Stough »

Apakah konfigurasi mesin SP yang 'tidur' dan Thunder 125 yang 'berdiri' juga mempengaruhi tenaga yang dihasilkan?
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

so pasti bro..
satria aja mesinnya dah dibikin berdiri.
tapi kenapa SP nggak berdiri ya?
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

itukan dilihat dari kapasitas silinder. pas ane bongkar F150 tuh silindernya gede lagi pula F150 pnya 2 cam kalo mesinya tidur tar kedua cam itu taro dimana? mungkin thunder 125 emang slindernya sama aja. but kalo ane pikir2 thundie 125 kan harus meliohat kesan LAKI-LAKI jadinya di buat berdiri sekalian diatasnya kasi tanki biar orang liatnya "nih motor cowo banget" jadi utk shogun ato bebek2 4tak lainya kecuali F150 dibuat tidur karena 1 hal. biar ini motor memang dibilang bebek kwek kwek. sekalian deh tuih ama spakbor/sayapnya
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
desuk
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:00

Post by desuk »

tapi kok pas motor ngeluarin iklan bebek
yang ditonjolin di brosurnya tuh bahwa mesinnya ada sudutnya (nggak datar)

mungkin itu juga sebagai peminat konsumen.
tapi bagi saya sih itu nggak ngaruh juga.
yang penting body OK and tarikan yahud, masalah sudut mesin nggak masalah.
-------------------------
Shogun SP 125 Fans & User
-------------------------
keren...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

pengaruh donk, kalo mesin berdiri khan intake manifold nya bisa lebih pendek... jadi flow nya ke ruang bakar lebih dekat....