Tentang Engine Swap nih ??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
Tentang Engine Swap nih ??
Apa yang udah modifikasi engine swap tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,
ada yang pernah melakukan engine swap ?? [/b]
ada yang pernah melakukan engine swap ?? [/b]
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
SWAMP THING !
swamp = lumpur/kubangan
swap = tuker
jadi engine swap itu = tuker mesin.
misal, mesin great corolla 1.600cc pakai 4A-FE 118HP di swap pakai 4A-GE 20v 170HP atau 7A-FE 1800cc punya-nya new corolla '98 sama 118HP tapi torsinya lebih gede atau 4A-GZE supercharger punya-nya MR2 atau atau pakai 3S-GTE 3.000cc Turbocharger punya-nya Supra atau pakai 2UZ-GE V8 punya-nya Lexus LX470 (tapi mesti pake sendok sepatu buat masukin mesinnya LX470 ke corolla, spt iklannya VW Golf VR6 3.200cc V6 ke mobil segede Honda Jazz)
swamp = lumpur/kubangan
swap = tuker
jadi engine swap itu = tuker mesin.
misal, mesin great corolla 1.600cc pakai 4A-FE 118HP di swap pakai 4A-GE 20v 170HP atau 7A-FE 1800cc punya-nya new corolla '98 sama 118HP tapi torsinya lebih gede atau 4A-GZE supercharger punya-nya MR2 atau atau pakai 3S-GTE 3.000cc Turbocharger punya-nya Supra atau pakai 2UZ-GE V8 punya-nya Lexus LX470 (tapi mesti pake sendok sepatu buat masukin mesinnya LX470 ke corolla, spt iklannya VW Golf VR6 3.200cc V6 ke mobil segede Honda Jazz)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Setau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).ruthndul wrote:SWAMP THING !
misal, mesin great corolla 1.600cc pakai 4A-FE 118HP di swap pakai 4A-GE 20v 170HP atau 7A-FE 1800cc punya-nya new corolla '98 sama 118HP tapi torsinya lebih gede atau 4A-GZE supercharger punya-nya MR2 atau atau pakai 3S-GTE 3.000cc Turbocharger punya-nya Supra atau pakai 2UZ-GE V8 punya-nya Lexus LX470 (tapi mesti pake sendok sepatu buat masukin mesinnya LX470 ke corolla, spt iklannya VW Golf VR6 3.200cc V6 ke mobil segede Honda Jazz)
4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...
4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.
Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.
Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.
Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.
Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.
3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Kayanya di forum SM belom pernah ada yg melakukan Engine Swap.
Gw sih sempet kepikiran mau pasang Turbo bawaan Lancer Evo IV, cuma masih pikir2 lagi kalau dipake harian bakal boros atau malah jadi rewel. So ... masih di pending ...
Kira2 ganti mesin itu cari spare partnya susah ngga ntar ? Harus dipikirin juga loh... jangan sampe nge-repotin diri sendiri. Mobil tadinya nyaman malah jadi ngga nyaman.
Gw sih sempet kepikiran mau pasang Turbo bawaan Lancer Evo IV, cuma masih pikir2 lagi kalau dipake harian bakal boros atau malah jadi rewel. So ... masih di pending ...
Kira2 ganti mesin itu cari spare partnya susah ngga ntar ? Harus dipikirin juga loh... jangan sampe nge-repotin diri sendiri. Mobil tadinya nyaman malah jadi ngga nyaman.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 273
- Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23
Wah wahSetau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).
4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...
4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.
Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.
Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.
Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.
Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.
3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar..

4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m
coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
Bung ruthndul juga hebat, bisa dapat sumber di situs itu segala...cukup lengkap....ruthndul wrote: Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar..![]()
4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m
coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
Panduan saya itu brosur resmi keluaran Toyota Astra Motor untuk New Corolla....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
Re: Tentang Engine Swamp nih ??
4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?Wahyu_D wrote:Apa yang udah modifikasi engine swamp tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,
ada yang pernah melakukan engine swamp ?? [/b]
turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play
lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
Re: Tentang Engine Swamp nih ??
bung dhejay, walaupun cuma bedA embel2 "T" pada kode mesin, bukan berarti masang turbonya tinggal plug & play begitu..........biasanya perlu modifikasi pada kepala silinder atau piston untuk menurunkan perbandingan kompresi mesin.......karena dengan dipasangnya turbo, mesin akan mendapat tekanan kompresi tambahan yang cukup besar........jadi kalau perbandingan kompresinya tidak diturunkan dahulu, yang akan terjadi adalah pecahnya blokmesin atau piston karena tekanan yang sangat tinggi.....dhejay wrote:4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?Wahyu_D wrote:Apa yang udah modifikasi engine swamp tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,
ada yang pernah melakukan engine swamp ?? [/b]
turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play
lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh
saran saya, daripada beli perangkat turbo baru, mendingan ganti mesin ex.jepun......(4D56T) jatoh2nya harganya ngga beda jauh koq.......malah kalo engine swap pake ex.jepun, biasanya udah di kasih berikut transmisi matic dan transfer case 4X4..........setau saya di indomesin harganya 7-8jutaan berikut transmisi matic......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
itu spek di luar.. khusus indo 7A-FE 120 hp @ 6000 rpm (SAE NET)ruthndul wrote:Wah wahSetau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).
4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...
4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.
Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.
Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.
Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.
Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.
3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar..![]()
4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m
coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
torsi 16 kgm @ 4400 rpm (jarang2 kan Indo dapet spek mesin terkencang? di aussie aja cuma 116 hp tuh)
di luar rata2 torsi max di 2800 rpm
4A-FE sendiri torsinya 15 kgm @ 4800 rpm
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2010
- Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
- Location: Casablanca
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Fri Mar 23, 2007 10:18
Buat yang lg cari mesin2 buat swap engine, salah satu yang jual di indo:
http://www.indomesin.com
enjoy...
http://www.indomesin.com
enjoy...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 299
- Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51
Si Bos yg Satu ini sekarang lg Fall in Love sm New Coroola nya yg udah JDM bgt, tampang di luar Beringas, di bawah kap mesin apalagi,..hehehesatyr wrote:itu spek di luar.. khusus indo 7A-FE 120 hp @ 6000 rpm (SAE NET)ruthndul wrote:Wah wahSetau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).
4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...
4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.
Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.
Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.
Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.
Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.
3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar..![]()
4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m
coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
torsi 16 kgm @ 4400 rpm (jarang2 kan Indo dapet spek mesin terkencang? di aussie aja cuma 116 hp tuh)
di luar rata2 torsi max di 2800 rpm
4A-FE sendiri torsinya 15 kgm @ 4800 rpm
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 154
- Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32
satyr bisa aja nih merendah terus, kan udh dikorek2 tuh mesinnya
Std abis
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
buset...Mike wrote:Wah saling memuji, lama2 jatuh cinta....WP wrote:Bung ruthndul juga hebat, bisa dapat sumber di situs itu segala...cukup lengkap....ruthndul wrote: Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar..![]()
......![]()
![]()
buruan tukeran no HP![]()
J/K

Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
banyak yg tau tapi gw belon tau... bro satyr make apaan? modifin apa aja?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 142
- Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08
Re: Tentang Engine Swamp nih ??
tapi temen gue is-pan nya dipasang turbo tanpa nurunin kompresi lagi, gue liat baik2 aja tuh ampe sekarang. tapi memang boostnya std banget alias cuma 5-7psiween wrote:bung dhejay, walaupun cuma bedA embel2 "T" pada kode mesin, bukan berarti masang turbonya tinggal plug & play begitu..........biasanya perlu modifikasi pada kepala silinder atau piston untuk menurunkan perbandingan kompresi mesin.......karena dengan dipasangnya turbo, mesin akan mendapat tekanan kompresi tambahan yang cukup besar........jadi kalau perbandingan kompresinya tidak diturunkan dahulu, yang akan terjadi adalah pecahnya blokmesin atau piston karena tekanan yang sangat tinggi.....dhejay wrote:
4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?
turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play
lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh
7-8jt? wah lucu juga kali yee kalo pake 4D56T + maticsaran saya, daripada beli perangkat turbo baru, mendingan ganti mesin ex.jepun......(4D56T) jatoh2nya harganya ngga beda jauh koq.......malah kalo engine swap pake ex.jepun, biasanya udah di kasih berikut transmisi matic dan transfer case 4X4..........setau saya di indomesin harganya 7-8jutaan berikut transmisi matic......
kalo mesin beli di indomesin bisa diurus rubah surat2nya ya kalo nggak salah denger.
soalnya kalo enggak gue bingung mo simpen dimana lagi bangke mesin yg lama, ini aja sekarang gue punya bangke mesin curut yg tiga baterei gue titipin di rumah temen hanya biar tetep bisa buat gesek no mesin kalau perpanjang STNK.
gue pikirin deh usul boss ween.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3721
- Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
- Location: Bdg
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2695
- Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19
haha, pake malu2 segala
gak mungkin kan corolla lagi jalan nyante belon2 uda mepetin VIOS yg lagi jalan 200 


Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah
