Tentang Engine Swap nih ??

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Tentang Engine Swap nih ??

Post by Wahyu_D »

Apa yang udah modifikasi engine swap tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,

ada yang pernah melakukan engine swap ?? [/b]
frontier

Post by frontier »

hehehe.... mungkin maksudnya SWAP ya.... kalo SWAMP itu tempat favoritnya si Dark Lord hehehehe..............
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

SWAMP THING !

swamp = lumpur/kubangan
swap = tuker

jadi engine swap itu = tuker mesin.

misal, mesin great corolla 1.600cc pakai 4A-FE 118HP di swap pakai 4A-GE 20v 170HP atau 7A-FE 1800cc punya-nya new corolla '98 sama 118HP tapi torsinya lebih gede atau 4A-GZE supercharger punya-nya MR2 atau atau pakai 3S-GTE 3.000cc Turbocharger punya-nya Supra atau pakai 2UZ-GE V8 punya-nya Lexus LX470 (tapi mesti pake sendok sepatu buat masukin mesinnya LX470 ke corolla, spt iklannya VW Golf VR6 3.200cc V6 ke mobil segede Honda Jazz)
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

ruthndul wrote:SWAMP THING !

misal, mesin great corolla 1.600cc pakai 4A-FE 118HP di swap pakai 4A-GE 20v 170HP atau 7A-FE 1800cc punya-nya new corolla '98 sama 118HP tapi torsinya lebih gede atau 4A-GZE supercharger punya-nya MR2 atau atau pakai 3S-GTE 3.000cc Turbocharger punya-nya Supra atau pakai 2UZ-GE V8 punya-nya Lexus LX470 (tapi mesti pake sendok sepatu buat masukin mesinnya LX470 ke corolla, spt iklannya VW Golf VR6 3.200cc V6 ke mobil segede Honda Jazz)
Setau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).

4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...

4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.

Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.

Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.

Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.

3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
Wahyu_D
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 355
Joined: Wed Nov 16, 2005 6:14

Post by Wahyu_D »

hehehehehe...sorry salah spelling ,...wah mantap donk...kalau mau rubah enaknya toyota corona 91 twincam 1.6 atau toyota corolla liftback 89..enaknya pake 7A-FE atau 4AGE -20V...??
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kayanya di forum SM belom pernah ada yg melakukan Engine Swap.

Gw sih sempet kepikiran mau pasang Turbo bawaan Lancer Evo IV, cuma masih pikir2 lagi kalau dipake harian bakal boros atau malah jadi rewel. So ... masih di pending ...

Kira2 ganti mesin itu cari spare partnya susah ngga ntar ? Harus dipikirin juga loh... jangan sampe nge-repotin diri sendiri. Mobil tadinya nyaman malah jadi ngga nyaman.
frontier

Post by frontier »

Fenomena engine swap ini kayaknya marak setelah banyak mesin bekas ex Singgapur / Jepun masuk ke Indo yaa..... Kayaknya sangat menarik bagi para hobbyist DIY (do it your self)... kalo untuk yang awam kayak gue gini, belum terbayang untuk melakukannya....
frontier

Post by frontier »

Gue pernah mbaca di Otomotif.... dan kayaknya itu adalah contoh engine swap paling extreme : mazda kotak B600 (owned and done by Nurik) dijejali dengan mesin V-6 plus Turbo lagi... hehehehe......
User avatar
ruthndul
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 273
Joined: Sun Sep 11, 2005 8:23

Post by ruthndul »

Setau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).

4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...

4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.

Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.

Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.

Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.

3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:

4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m

coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

ruthndul wrote: Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:

4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m

coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
Bung ruthndul juga hebat, bisa dapat sumber di situs itu segala...cukup lengkap....

Panduan saya itu brosur resmi keluaran Toyota Astra Motor untuk New Corolla....
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
dhejay
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08

Re: Tentang Engine Swamp nih ??

Post by dhejay »

Wahyu_D wrote:Apa yang udah modifikasi engine swamp tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,

ada yang pernah melakukan engine swamp ?? [/b]
4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?

turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play

lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh :D
ween
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1355
Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
Location: jkt

Re: Tentang Engine Swamp nih ??

Post by ween »

dhejay wrote:
Wahyu_D wrote:Apa yang udah modifikasi engine swamp tapi only for Old Mobile only, dulu pernah rubah mercy mini pake 4D56T... mesin L300 tapi turbo diesel + matic pula....puas sih pakenya...sekarang mau ambil mercy tiger 240D rubah lagi pake 4D56T....lagi.....,

ada yang pernah melakukan engine swamp ?? [/b]
4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?

turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play

lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh :D
bung dhejay, walaupun cuma bedA embel2 "T" pada kode mesin, bukan berarti masang turbonya tinggal plug & play begitu..........biasanya perlu modifikasi pada kepala silinder atau piston untuk menurunkan perbandingan kompresi mesin.......karena dengan dipasangnya turbo, mesin akan mendapat tekanan kompresi tambahan yang cukup besar........jadi kalau perbandingan kompresinya tidak diturunkan dahulu, yang akan terjadi adalah pecahnya blokmesin atau piston karena tekanan yang sangat tinggi.....

saran saya, daripada beli perangkat turbo baru, mendingan ganti mesin ex.jepun......(4D56T) jatoh2nya harganya ngga beda jauh koq.......malah kalo engine swap pake ex.jepun, biasanya udah di kasih berikut transmisi matic dan transfer case 4X4..........setau saya di indomesin harganya 7-8jutaan berikut transmisi matic......
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

ruthndul wrote:
Setau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).

4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...

4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.

Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.

Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.

Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.

3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:

4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m

coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
itu spek di luar.. khusus indo 7A-FE 120 hp @ 6000 rpm (SAE NET)
torsi 16 kgm @ 4400 rpm (jarang2 kan Indo dapet spek mesin terkencang? di aussie aja cuma 116 hp tuh)

di luar rata2 torsi max di 2800 rpm

4A-FE sendiri torsinya 15 kgm @ 4800 rpm
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

WP wrote:
ruthndul wrote: Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:
......
Bung ruthndul juga hebat, bisa dapat sumber di situs itu segala...cukup lengkap....
Wah saling memuji, lama2 jatuh cinta.... :lol: :lol:
buruan tukeran no HP :e-dance:

J/K
Image
rizkyw
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Fri Mar 23, 2007 10:18

Post by rizkyw »

Buat yang lg cari mesin2 buat swap engine, salah satu yang jual di indo:
http://www.indomesin.com

enjoy...
Danny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Thu Sep 15, 2005 16:51

Post by Danny »

satyr wrote:
ruthndul wrote:
Setau saya, mesin Toyota 4A-FE itu powernya 115hp, 7A-FE di New Corolla itu 120hp (source: brosur New Corolla).

4A-GE juga ada di Corolla GTi (di Indo 1989-1992), 140hp dari 1600cc DOHC EFI 16v, jauh lebih bertenaga dari saudaranya, yg memakai 4A-F 90hp dari kapasitas sama namun Twincam dan karburator. Generasi Corolla ini di Indo terkenal dengan nama "TWINCAM"...

4A-GE 20v DOHC EFI ada di Corolla Levin dan Sprinter Trueno.

Di MR2 dan MR-S, dipakai 4A-GZE, 1600cc supercharged DOHC EFI.

Semua mesin seri "A" diatas dapat mudah dimasukkan ke ruang mesin mobil2 Toyota yg juga mesin aslinya seri "A", misal Great Corolla yg standarnya 4A-FE, kecuali eks MR2 atau MR-S yg pemasangannya pasti terbalik, karena MR2/MR-S mengadopsi layout mid-engine.

Juga 3S-GTE bukan 3000cc, tapi 2000cc. Ada di Celica GT-Four dan Supra juga, mungkin pak ruthndul ketuker sama Supra Turbo yg 3000cc. Power di Celica GT-Four sekitar 265hp.

Ada juga 3S-GE hampir serupa 3S-GTE namun non-turbo, ada di Celica GT-R dan Corona Exiv, powernya 177hp.

3S-GTE dan 3S-GE dapat mudah dimasukkan ruang mesin sedan Toyota yg ada di sini, yaitu misal di Corona Absolute, yg standarnya 3S-FE 2000cc Twincam EFI 126hp.
Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:

4A-FE & 7A-FE tenaganya sama sama 115 HP
hanya beda di torsinya 10,9 vs 11,4 Kg.m

coba check ke
http://www.geocities.com/MotorCity/Pit/ ... gines.html
itu spek di luar.. khusus indo 7A-FE 120 hp @ 6000 rpm (SAE NET)
torsi 16 kgm @ 4400 rpm (jarang2 kan Indo dapet spek mesin terkencang? di aussie aja cuma 116 hp tuh)

di luar rata2 torsi max di 2800 rpm

4A-FE sendiri torsinya 15 kgm @ 4800 rpm
Si Bos yg Satu ini sekarang lg Fall in Love sm New Coroola nya yg udah JDM bgt, tampang di luar Beringas, di bawah kap mesin apalagi,..hehehe
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

buset... jauhhhhhhhhh dari JDM... masi BDM alias bandung domestic market :D :D

di bawah kap mesin jg boyo :(
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
mazonka
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Sat Apr 29, 2006 18:32

Post by mazonka »

satyr bisa aja nih merendah terus, kan udh dikorek2 tuh mesinnya
Std abis

bantu sodara jual tanah, ayo dicek ayo dicek
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=4572
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Mike wrote:
WP wrote:
ruthndul wrote: Wah wah
Bung WP expert banget.... saya mesti banyak belajar.. :lol:
......
Bung ruthndul juga hebat, bisa dapat sumber di situs itu segala...cukup lengkap....
Wah saling memuji, lama2 jatuh cinta.... :lol: :lol:
buruan tukeran no HP :e-dance:

J/K
buset... :e-naughty:
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

satyr wrote:buset... jauhhhhhhhhh dari JDM... masi BDM alias bandung domestic market :D :D

di bawah kap mesin jg boyo :(
Tau nih... udah banyak yg tau mobilnya Satyr...
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

banyak yg tau tapi gw belon tau... bro satyr make apaan? modifin apa aja?
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

Toyota Corolla 1800cc.... modif silakan yg bersangkutan yg jawab
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
dhejay
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Mon Apr 24, 2006 9:08

Re: Tentang Engine Swamp nih ??

Post by dhejay »

ween wrote:
dhejay wrote:
4D56T itu kalau di indo yg dipake di L200 D-Cab kan ya?

turbonya 4D56T (seperti exhaust, turbo, intercooler) bisa dipasangin di 4D56 (non turbo) nggak? maksud gue langsung plug n' play

lucu juga kali ya kalo kuda diesel gue yg mesinnya 4D56 N/A di turbo-in, makin ngacir deh :D
bung dhejay, walaupun cuma bedA embel2 "T" pada kode mesin, bukan berarti masang turbonya tinggal plug & play begitu..........biasanya perlu modifikasi pada kepala silinder atau piston untuk menurunkan perbandingan kompresi mesin.......karena dengan dipasangnya turbo, mesin akan mendapat tekanan kompresi tambahan yang cukup besar........jadi kalau perbandingan kompresinya tidak diturunkan dahulu, yang akan terjadi adalah pecahnya blokmesin atau piston karena tekanan yang sangat tinggi.....
tapi temen gue is-pan nya dipasang turbo tanpa nurunin kompresi lagi, gue liat baik2 aja tuh ampe sekarang. tapi memang boostnya std banget alias cuma 5-7psi
saran saya, daripada beli perangkat turbo baru, mendingan ganti mesin ex.jepun......(4D56T) jatoh2nya harganya ngga beda jauh koq.......malah kalo engine swap pake ex.jepun, biasanya udah di kasih berikut transmisi matic dan transfer case 4X4..........setau saya di indomesin harganya 7-8jutaan berikut transmisi matic......
7-8jt? wah lucu juga kali yee kalo pake 4D56T + matic
kalo mesin beli di indomesin bisa diurus rubah surat2nya ya kalo nggak salah denger.
soalnya kalo enggak gue bingung mo simpen dimana lagi bangke mesin yg lama, ini aja sekarang gue punya bangke mesin curut yg tiga baterei gue titipin di rumah temen hanya biar tetep bisa buat gesek no mesin kalau perpanjang STNK.
gue pikirin deh usul boss ween.
User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3721
Joined: Tue Feb 06, 2007 8:17
Location: Bdg

Post by satyr »

StRaDe_Jazz wrote:banyak yg tau tapi gw belon tau... bro satyr make apaan? modifin apa aja?
iya g pake corolla 1800 bos.. hehhe.. mesin? std2 aja kok :oops: :oops:
Corolla AE111, AE112, ZZE122, ZRE211
4A-FE, 7A-FE, 1ZZ-FE, 2ZR-FE
User avatar
StRaDe_Jazz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2695
Joined: Fri Feb 09, 2007 16:19

Post by StRaDe_Jazz »

haha, pake malu2 segala :lol: gak mungkin kan corolla lagi jalan nyante belon2 uda mepetin VIOS yg lagi jalan 200 :)
Bro2 sekalian nemu double post? atau ada spam?
Post aja di sini: http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=6739
MOD akan SEGERA menuju lokasi dan mengusut masalah :D