Electronic Power Steering Honda

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Wadikara
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Feb 08, 2025 3:50
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Freed

Electronic Power Steering Honda

Post by Wadikara »

Halo halo

Honda terkenal dengan kaki-kaki yang ringkih, tidak terkecuali komponen yang sangat vital yaitu power steering.

Yuk sharing pengalaman ngeberesin power steering honda!

Pengalaman ane di freed tahun 2014, stir menjadi berat di kecepatan 80-100. Kaya ada mengganjal ketika di kecepatan tersebut sehingga harus sedikit di sentak.

Scan DTC ternyata ada error code yang intinya power steering kekurangan power supply.

Kira-kira yang kena dimananya ya? Module atau sensor torsi power steering?

Ada bengkel rekomendasi yang paham mengenai kelistrikan power steering?

Mohon bantuannya suhu-suhu
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by KielConstantine »

Domisili dimana om?

Kalo area jakarta, paling banter bawa ke botak seng. Ahli repair steering rack jebol mereka . Electronic PS bisa hydraulic PS bisa

Alphard vellfire rack steer jebol banyak yg masuk jg kesana. Parah tuh metromini. Ud racksteer gampang jebol; CVT ikutan hobby jebol pula. Mobil milyaran apa econobox seh :big_biglaugh:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1221
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: w205 money pit

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by ctopher7 »

jangan jangan memang resing om, kan kalo dikecepatan tinggi makin berat makin mantep :mky_02:

jokes aside, yes bisa bawa ke botak seng. jangan lupa cari cari referensi harga dulu untuk assy nya di toko ijo biar ga diketok. ntar bisa bisa repair jatohnya lebih mahal dr assy (tapi harusnya unlikely)

saya jg lagi was was nih blkgn banjir mulu, takut eps kena. uda 2x trobos banjir 15-20cman
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by saturday »

Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.

Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.

Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.

Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.

Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.
tohpati
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by tohpati »

saturday wrote: Sat Feb 08, 2025 5:49 Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.

Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.

Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.

Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.

Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.
Wah, ini kalau saya kemarin gak ganti assy juga, bisa ada risiko seperti ini ya, baru tahu :big_chicken: .

Tapi saya mantepin, kalau sekali lagi muncul tanda2 kerusakan EPS, sepertinya itu artinya ganti mobil :big_biglaugh: (preventif sudah dilakukan dengan menambah grease di awal instalasi).
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by saturday »

tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:40
saturday wrote: Sat Feb 08, 2025 5:49 Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.

Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.

Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.

Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.

Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.
Wah, ini kalau saya kemarin gak ganti assy juga, bisa ada risiko seperti ini ya, baru tahu :big_chicken: .

Tapi saya mantepin, kalau sekali lagi muncul tanda2 kerusakan EPS, sepertinya itu artinya ganti mobil :big_biglaugh: (preventif sudah dilakukan dengan menambah grease di awal instalasi).
Tergantung siapa yang reparasi. Mungkin yang bongkar racksteer saya monyet.

Kasus saya termasuk jarang menurut montir bengkel resmi dan spesialis reparasi racksteer karena bukan mobil ex-banjir/menerjang genangan.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by zonepublic »

Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrr :wkkk:
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 4:46
zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrr :wkkk:
Link stabil beda sama orinya?
Ganti ukuran velg&ban aja ngaruh juga sama kinerja EPS kok
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 5:15
b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 4:46
zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrr :wkkk:
Link stabil beda sama orinya?
Ganti ukuran velg&ban aja ngaruh juga sama kinerja EPS kok
beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sih
ariswp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by ariswp »

RE R20A kelahiran 2008, eps nya kena di 2018 odo 120ribuan, keluhan suara gluduk2 dan ada sedikit kerasa getaran di setir di jalan jelek, rute saat itu lagi jaman proyek plbc kilang ru iv cilacap jd sering pp solo - cilacap yg jalan deandles, petanahan dsb ancur2
biaya repair saat itu 1.2jutaan
Sampe skrg kembali normal, feel natural feedback ada penurunan klo perkiraan saya dari 100% jadi 80% saja, putaran setir tetap kembali lurus pasca belok

Racksteer di crv re r20 sama fd2 k20 tergolong generasi2 awal eps honda sih, masih ringkih dan posisi motor dibawah (nyatu sama racksteer)
Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah

Tapi ya penyakit eps pasti lebih cepat kemakan usia dan aus, secara teori pelumasannya minim dan pasif (mengandalkan grease)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
saturday
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 724
Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by saturday »

ariswp wrote: Sun Feb 09, 2025 5:47 Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.

Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan 😁
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 943
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by zonepublic »

b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 5:28

beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sih
Nah berarti itu masalahnya
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by b0ku »

zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 6:44
b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 5:28

beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sih
Nah berarti itu masalahnya
masalahnya itu ban ud 10thn jutsru berasa berat baru pas ganti link stabilnya doank :mky_03:
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1327
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by mr_mytplx »

saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 6:26
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.

Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan 😁
Ud berapa lama di ganti heiker om? Masih awet? Gmn review nya om?
farizfsa
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by farizfsa »

KielConstantine wrote: Sat Feb 08, 2025 5:04 Domisili dimana om?

Kalo area jakarta, paling banter bawa ke botak seng. Ahli repair steering rack jebol mereka . Electronic PS bisa hydraulic PS bisa

Alphard vellfire rack steer jebol banyak yg masuk jg kesana. Parah tuh metromini. Ud racksteer gampang jebol; CVT ikutan hobby jebol pula. Mobil milyaran apa econobox seh :big_biglaugh:
Racksteer alphard untung nya mah ga mahal, 1.5-2 jtan. Cm ya plg 1-2 tahun ganti wkwk
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 822
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by Asfur »

Botak seng juga ngk bisa benerin semua kerusakan rekstir om. Sy pernah bawa mau svc rekstir 212 sy, krn ada speleng/kosongan, kata bossnya, kalo ada speleng ngk bisa dibenerin, percuma krn gigi nanasnya itu artinya udah kemakan, kalo dibubut kasih daging, umumnya daging baru ngk nempel dgn daging lama, yg ada malah resiko dijalan tiba2 daging barunya copot, jadi ngunci itu stir. Solusi buat si om yah cari copotan yg bagus kondisinya atau maungk mau ganti baru. Kecuali eps2 gitu bisa ganti teflon, tp kalo yg kena gigi nanas yah sama juga mending cari copotan bagus atau ganti baru.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by b0ku »

sebeenrnya cuma lagi mikir aja sih emang gak ada ya yang bikin RACK buat balapan tipe universal gitu bisa nempel di semua mobil sama motor2xnya :mky_03:
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by cybrid »

Wadikara wrote: Sat Feb 08, 2025 3:55 Halo halo

Honda terkenal dengan kaki-kaki yang ringkih, tidak terkecuali komponen yang sangat vital yaitu power steering.

Yuk sharing pengalaman ngeberesin power steering honda!

Pengalaman ane di freed tahun 2014, stir menjadi berat di kecepatan 80-100. Kaya ada mengganjal ketika di kecepatan tersebut sehingga harus sedikit di sentak.

Scan DTC ternyata ada error code yang intinya power steering kekurangan power supply.

Kira-kira yang kena dimananya ya? Module atau sensor torsi power steering?

Ada bengkel rekomendasi yang paham mengenai kelistrikan power steering?

Mohon bantuannya suhu-suhu
Kalau liat dari diagram, DTC seperti itu biasanya di control unit. Soalnya Transistor yang supply power ke rack adanya di dalem modulnya.
Coba dicek dulu dia ada short atau ga di kabel motor eps. Siapa tau ada short.
cybrid
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by cybrid »

ariswp wrote: Sun Feb 09, 2025 5:47 RE R20A kelahiran 2008, eps nya kena di 2018 odo 120ribuan, keluhan suara gluduk2 dan ada sedikit kerasa getaran di setir di jalan jelek, rute saat itu lagi jaman proyek plbc kilang ru iv cilacap jd sering pp solo - cilacap yg jalan deandles, petanahan dsb ancur2
biaya repair saat itu 1.2jutaan
Sampe skrg kembali normal, feel natural feedback ada penurunan klo perkiraan saya dari 100% jadi 80% saja, putaran setir tetap kembali lurus pasca belok

Racksteer di crv re r20 sama fd2 k20 tergolong generasi2 awal eps honda sih, masih ringkih dan posisi motor dibawah (nyatu sama racksteer)
Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah

Tapi ya penyakit eps pasti lebih cepat kemakan usia dan aus, secara teori pelumasannya minim dan pasif (mengandalkan grease)
Yang motornya misah hanya di honda2 yg termasuk murahnya aja(HRV ke bawah) Jadi rack bawahnya kosong (mirip2 avanza) motor ada di kolom stir
Accord, crv, civic, odyssey yg generasi2 terakhir malah pakai motor listrik yang di sisi kebalikan as stir. Jadi di as rack giginya ada di sisi kiri dan kanan.
Katanya seh biar fell mengemudinya lebih presisi daripada yg motor dan as stirnya di sisi yang sama.
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 346
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by Ibet »

mr_mytplx wrote: Sun Feb 09, 2025 12:15
saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 6:26
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.

Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan 😁
Ud berapa lama di ganti heiker om? Masih awet? Gmn review nya om?
sorry chip in, saya juga ganti ke heiker buat ru1 saya ..
2 tahun sampe dijual aman sentosa sih, tapi memang rasio steeringnya beda dengan original.
yang original bisa 1.5-2x putaran baru mentok, sementara si heiker cuman 1-1.5x putaran sudah mentok, jadi pas putar balik feelnya beda haha

curiga saya, si heiker pake worm gear / steering rack gear yang rasio berbeda, mungkin ini yg bikin awet, gigi jadi gede - gede
asli honda mungkin kecil - kecil, jadi gampang wear juga (?)
ya intinya di indonesia ini kan jalannya banyak belok, banyak parkir, banyak putbal, pasti si racksteer eps ini cepet mati, secara grease dari pabrik pasti ya segitu - gitu aja ga dibedain negara frekuensi belok banyak kaya indonesia vs misal USA yang jalan nya banyakan lurus - lurus aja
ditambah bannya kan makin gede, si honda brio 'cuman' 14 inch 175/65 .. sementara hrv udah 18 inch 225/50, makin cepet modar lah itu eps pake ban gede

kalo bicara yg original, hrv ru1 memang mahal sekali belasan juta, tapi yg rv3 ato gen barunya malah cuman 6.1jt sudah berikut pasang di bengkel resmi, kenapa beda? saya juga gatau, dan kata orang bengkel sih interchangeable antara ru1 dan rv3 (dudukan baut sama, dudukan yoke jg sama)

cuman kalo di beres kan gabisa mobilnya ru1 beli racksteer rv3, pasti dicek stnknya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16665
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Electronic Power Steering Honda

Post by ChZ »

zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
ada pengalaman gini di bengkel onderstell terkenal di kota ane... memang di bengkel rame sekali dan kerjanya cepet... tapi karena asal cepet jadi itu jadi masalah.

pengalamn di civic FK kemaren... taon pertama keluar setelah repair steer malah bunyi "dug" waktu steer diputar saat berenti.

setelah di bongkar...

1. setelan kekencangan di motornya ngga pas alias cuma asal dikencengin, jadi steer berat banget nggak wajar sampe nggak ada spelengnya blas.
2. karena return springnya diganti lebih keras ini juga bikin berat
3. karet pelindung debu ngebukanya dicongkel, balikinnya asal.
4. grease motornya dikasih banyak banget... alhasil di mobil ane yang koit ya seal motornya.

klo kata mekanik yang inspeksi juga ngga bisa beli part ketengan jadi harus beli 1 assy. ya akhirnya diperbaiki sebisanya, dibersihin, so far blom ada bunyi lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7