Electronic Power Steering Honda
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sat Feb 08, 2025 3:50
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Freed
Electronic Power Steering Honda
Halo halo
Honda terkenal dengan kaki-kaki yang ringkih, tidak terkecuali komponen yang sangat vital yaitu power steering.
Yuk sharing pengalaman ngeberesin power steering honda!
Pengalaman ane di freed tahun 2014, stir menjadi berat di kecepatan 80-100. Kaya ada mengganjal ketika di kecepatan tersebut sehingga harus sedikit di sentak.
Scan DTC ternyata ada error code yang intinya power steering kekurangan power supply.
Kira-kira yang kena dimananya ya? Module atau sensor torsi power steering?
Ada bengkel rekomendasi yang paham mengenai kelistrikan power steering?
Mohon bantuannya suhu-suhu
Honda terkenal dengan kaki-kaki yang ringkih, tidak terkecuali komponen yang sangat vital yaitu power steering.
Yuk sharing pengalaman ngeberesin power steering honda!
Pengalaman ane di freed tahun 2014, stir menjadi berat di kecepatan 80-100. Kaya ada mengganjal ketika di kecepatan tersebut sehingga harus sedikit di sentak.
Scan DTC ternyata ada error code yang intinya power steering kekurangan power supply.
Kira-kira yang kena dimananya ya? Module atau sensor torsi power steering?
Ada bengkel rekomendasi yang paham mengenai kelistrikan power steering?
Mohon bantuannya suhu-suhu
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3027
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Electronic Power Steering Honda
Domisili dimana om?
Kalo area jakarta, paling banter bawa ke botak seng. Ahli repair steering rack jebol mereka . Electronic PS bisa hydraulic PS bisa
Alphard vellfire rack steer jebol banyak yg masuk jg kesana. Parah tuh metromini. Ud racksteer gampang jebol; CVT ikutan hobby jebol pula. Mobil milyaran apa econobox seh
Kalo area jakarta, paling banter bawa ke botak seng. Ahli repair steering rack jebol mereka . Electronic PS bisa hydraulic PS bisa
Alphard vellfire rack steer jebol banyak yg masuk jg kesana. Parah tuh metromini. Ud racksteer gampang jebol; CVT ikutan hobby jebol pula. Mobil milyaran apa econobox seh

S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure
Sheer Repairing Pleasure

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1221
- Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: w205 money pit
Re: Electronic Power Steering Honda
jangan jangan memang resing om, kan kalo dikecepatan tinggi makin berat makin mantep
jokes aside, yes bisa bawa ke botak seng. jangan lupa cari cari referensi harga dulu untuk assy nya di toko ijo biar ga diketok. ntar bisa bisa repair jatohnya lebih mahal dr assy (tapi harusnya unlikely)
saya jg lagi was was nih blkgn banjir mulu, takut eps kena. uda 2x trobos banjir 15-20cman

jokes aside, yes bisa bawa ke botak seng. jangan lupa cari cari referensi harga dulu untuk assy nya di toko ijo biar ga diketok. ntar bisa bisa repair jatohnya lebih mahal dr assy (tapi harusnya unlikely)
saya jg lagi was was nih blkgn banjir mulu, takut eps kena. uda 2x trobos banjir 15-20cman
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Electronic Power Steering Honda
Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.
Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.
Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.
Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.
Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.
Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.
Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.
Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.
Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 69
- Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
- Location: Denpasar
- Daily Vehicle: Honda Freed
Re: Electronic Power Steering Honda
Wah, ini kalau saya kemarin gak ganti assy juga, bisa ada risiko seperti ini ya, baru tahusaturday wrote: Sat Feb 08, 2025 5:49 Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.
Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.
Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.
Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.
Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta.

Tapi saya mantepin, kalau sekali lagi muncul tanda2 kerusakan EPS, sepertinya itu artinya ganti mobil

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Electronic Power Steering Honda
Tergantung siapa yang reparasi. Mungkin yang bongkar racksteer saya monyet.tohpati wrote: Sat Feb 08, 2025 18:40Wah, ini kalau saya kemarin gak ganti assy juga, bisa ada risiko seperti ini ya, baru tahusaturday wrote: Sat Feb 08, 2025 5:49 Racksteer Civic FD2 berisik dan sudah mulai ada free-play. Saya servis dan hasilnya setir lebih berat dan tidak mudah kembali ke posisi tengah ketika selesai di servis.
Beberapa bulan kemudian EPS mati total. Setir sangat berat dalam segala kondisi; lebih berat daripada mobil non EPS.
Ketika mesin awal dinyalakan, setir normal tapi beberapa menit kemudian EPS mati total.
Diagnosa bengkel resmi Honda: torque angle sensor rusak, motor EPS normal. Confirmed dengan hasil scanner. Kata montir kemungkinan ada malpraktik ketika proses bongkar/pasang untuk servis.
Malas bolak-balik bengkel; saya beli racksteer assy di bengkel resmi dengan total barang + jasa 17 juta..
Tapi saya mantepin, kalau sekali lagi muncul tanda2 kerusakan EPS, sepertinya itu artinya ganti mobil(preventif sudah dilakukan dengan menambah grease di awal instalasi).
Kasus saya termasuk jarang menurut montir bengkel resmi dan spesialis reparasi racksteer karena bukan mobil ex-banjir/menerjang genangan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Electronic Power Steering Honda
Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electronic Power Steering Honda
apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrrzonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Electronic Power Steering Honda
Link stabil beda sama orinya?b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 4:46apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrrzonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa![]()
Ganti ukuran velg&ban aja ngaruh juga sama kinerja EPS kok
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electronic Power Steering Honda
beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sihzonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 5:15Link stabil beda sama orinya?b0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 4:46apakabar saya kemaren baru upgrade link stabil 2jt setirnya lsg berat sama understerrrzonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa![]()
Ganti ukuran velg&ban aja ngaruh juga sama kinerja EPS kok
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 621
- Joined: Mon Dec 19, 2016 8:39
Re: Electronic Power Steering Honda
RE R20A kelahiran 2008, eps nya kena di 2018 odo 120ribuan, keluhan suara gluduk2 dan ada sedikit kerasa getaran di setir di jalan jelek, rute saat itu lagi jaman proyek plbc kilang ru iv cilacap jd sering pp solo - cilacap yg jalan deandles, petanahan dsb ancur2
biaya repair saat itu 1.2jutaan
Sampe skrg kembali normal, feel natural feedback ada penurunan klo perkiraan saya dari 100% jadi 80% saja, putaran setir tetap kembali lurus pasca belok
Racksteer di crv re r20 sama fd2 k20 tergolong generasi2 awal eps honda sih, masih ringkih dan posisi motor dibawah (nyatu sama racksteer)
Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah
Tapi ya penyakit eps pasti lebih cepat kemakan usia dan aus, secara teori pelumasannya minim dan pasif (mengandalkan grease)
biaya repair saat itu 1.2jutaan
Sampe skrg kembali normal, feel natural feedback ada penurunan klo perkiraan saya dari 100% jadi 80% saja, putaran setir tetap kembali lurus pasca belok
Racksteer di crv re r20 sama fd2 k20 tergolong generasi2 awal eps honda sih, masih ringkih dan posisi motor dibawah (nyatu sama racksteer)
Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah
Tapi ya penyakit eps pasti lebih cepat kemakan usia dan aus, secara teori pelumasannya minim dan pasif (mengandalkan grease)
Present
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
R20A 5AT 08 / Aspira Oil SN 0w20 / Mobil ATF Dexron VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco Plus 0w20 / Shell CVT X
Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 724
- Joined: Fri Sep 28, 2018 1:31
Re: Electronic Power Steering Honda
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.ariswp wrote: Sun Feb 09, 2025 5:47 Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah
Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 943
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Electronic Power Steering Honda
Nah berarti itu masalahnyab0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 5:28
beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sih
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electronic Power Steering Honda
masalahnya itu ban ud 10thn jutsru berasa berat baru pas ganti link stabilnya doankzonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 6:44Nah berarti itu masalahnyab0ku wrote: Sun Feb 09, 2025 5:28
beda om upgrade lebih tebel jauh, velg saya malah ring 15 ori om bannya aja lebih tebel pake 190 60 15, sejauh ini eps saya aman sih

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1327
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Electronic Power Steering Honda
Ud berapa lama di ganti heiker om? Masih awet? Gmn review nya om?saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 6:26
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.
Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
- Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760
Re: Electronic Power Steering Honda
Racksteer alphard untung nya mah ga mahal, 1.5-2 jtan. Cm ya plg 1-2 tahun ganti wkwkKielConstantine wrote: Sat Feb 08, 2025 5:04 Domisili dimana om?
Kalo area jakarta, paling banter bawa ke botak seng. Ahli repair steering rack jebol mereka . Electronic PS bisa hydraulic PS bisa
Alphard vellfire rack steer jebol banyak yg masuk jg kesana. Parah tuh metromini. Ud racksteer gampang jebol; CVT ikutan hobby jebol pula. Mobil milyaran apa econobox seh![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: Electronic Power Steering Honda
Botak seng juga ngk bisa benerin semua kerusakan rekstir om. Sy pernah bawa mau svc rekstir 212 sy, krn ada speleng/kosongan, kata bossnya, kalo ada speleng ngk bisa dibenerin, percuma krn gigi nanasnya itu artinya udah kemakan, kalo dibubut kasih daging, umumnya daging baru ngk nempel dgn daging lama, yg ada malah resiko dijalan tiba2 daging barunya copot, jadi ngunci itu stir. Solusi buat si om yah cari copotan yg bagus kondisinya atau maungk mau ganti baru. Kecuali eps2 gitu bisa ganti teflon, tp kalo yg kena gigi nanas yah sama juga mending cari copotan bagus atau ganti baru.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6197
- Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
- Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY
Re: Electronic Power Steering Honda
sebeenrnya cuma lagi mikir aja sih emang gak ada ya yang bikin RACK buat balapan tipe universal gitu bisa nempel di semua mobil sama motor2xnya 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Electronic Power Steering Honda
Kalau liat dari diagram, DTC seperti itu biasanya di control unit. Soalnya Transistor yang supply power ke rack adanya di dalem modulnya.Wadikara wrote: Sat Feb 08, 2025 3:55 Halo halo
Honda terkenal dengan kaki-kaki yang ringkih, tidak terkecuali komponen yang sangat vital yaitu power steering.
Yuk sharing pengalaman ngeberesin power steering honda!
Pengalaman ane di freed tahun 2014, stir menjadi berat di kecepatan 80-100. Kaya ada mengganjal ketika di kecepatan tersebut sehingga harus sedikit di sentak.
Scan DTC ternyata ada error code yang intinya power steering kekurangan power supply.
Kira-kira yang kena dimananya ya? Module atau sensor torsi power steering?
Ada bengkel rekomendasi yang paham mengenai kelistrikan power steering?
Mohon bantuannya suhu-suhu
Coba dicek dulu dia ada short atau ga di kabel motor eps. Siapa tau ada short.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 180
- Joined: Mon Nov 27, 2017 3:18
Re: Electronic Power Steering Honda
Yang motornya misah hanya di honda2 yg termasuk murahnya aja(HRV ke bawah) Jadi rack bawahnya kosong (mirip2 avanza) motor ada di kolom stirariswp wrote: Sun Feb 09, 2025 5:47 RE R20A kelahiran 2008, eps nya kena di 2018 odo 120ribuan, keluhan suara gluduk2 dan ada sedikit kerasa getaran di setir di jalan jelek, rute saat itu lagi jaman proyek plbc kilang ru iv cilacap jd sering pp solo - cilacap yg jalan deandles, petanahan dsb ancur2
biaya repair saat itu 1.2jutaan
Sampe skrg kembali normal, feel natural feedback ada penurunan klo perkiraan saya dari 100% jadi 80% saja, putaran setir tetap kembali lurus pasca belok
Racksteer di crv re r20 sama fd2 k20 tergolong generasi2 awal eps honda sih, masih ringkih dan posisi motor dibawah (nyatu sama racksteer)
Klo honda2 baru udah ada yg motornya di atas terpisah dengan racksteer, jadi barunya jauh lebih murah
Tapi ya penyakit eps pasti lebih cepat kemakan usia dan aus, secara teori pelumasannya minim dan pasif (mengandalkan grease)
Accord, crv, civic, odyssey yg generasi2 terakhir malah pakai motor listrik yang di sisi kebalikan as stir. Jadi di as rack giginya ada di sisi kiri dan kanan.
Katanya seh biar fell mengemudinya lebih presisi daripada yg motor dan as stirnya di sisi yang sama.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 347
- Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
- Location: Bekasi, Jawa Barat
Re: Electronic Power Steering Honda
sorry chip in, saya juga ganti ke heiker buat ru1 saya ..mr_mytplx wrote: Sun Feb 09, 2025 12:15Ud berapa lama di ganti heiker om? Masih awet? Gmn review nya om?saturday wrote: Sun Feb 09, 2025 6:26
Tidak juga. HRV 1.5 2017 saya odometer 45 ribu racksteer sudah geluduk-geluduk. Biaya beli racksteer assy. dari bengkel resmi 14 jutaan padahal dinamo EPS terpisah. Hanya selisih 2 jutaan dari FD2.
Akhirnya saya gantikan racksteernya saja pakai merk Heiker seharga 2 jutaan![]()
2 tahun sampe dijual aman sentosa sih, tapi memang rasio steeringnya beda dengan original.
yang original bisa 1.5-2x putaran baru mentok, sementara si heiker cuman 1-1.5x putaran sudah mentok, jadi pas putar balik feelnya beda haha
curiga saya, si heiker pake worm gear / steering rack gear yang rasio berbeda, mungkin ini yg bikin awet, gigi jadi gede - gede
asli honda mungkin kecil - kecil, jadi gampang wear juga (?)
ya intinya di indonesia ini kan jalannya banyak belok, banyak parkir, banyak putbal, pasti si racksteer eps ini cepet mati, secara grease dari pabrik pasti ya segitu - gitu aja ga dibedain negara frekuensi belok banyak kaya indonesia vs misal USA yang jalan nya banyakan lurus - lurus aja
ditambah bannya kan makin gede, si honda brio 'cuman' 14 inch 175/65 .. sementara hrv udah 18 inch 225/50, makin cepet modar lah itu eps pake ban gede
kalo bicara yg original, hrv ru1 memang mahal sekali belasan juta, tapi yg rv3 ato gen barunya malah cuman 6.1jt sudah berikut pasang di bengkel resmi, kenapa beda? saya juga gatau, dan kata orang bengkel sih interchangeable antara ru1 dan rv3 (dudukan baut sama, dudukan yoke jg sama)
cuman kalo di beres kan gabisa mobilnya ru1 beli racksteer rv3, pasti dicek stnknya
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Electronic Power Steering Honda
ada pengalaman gini di bengkel onderstell terkenal di kota ane... memang di bengkel rame sekali dan kerjanya cepet... tapi karena asal cepet jadi itu jadi masalah.zonepublic wrote: Sun Feb 09, 2025 3:21 Setahu saya dari semua perbaikan EPS pada ngeluh setir jadi lebih berat,jadi solusi satu2nya ya ganti EPS karena memang buatan pabrik beda dengan buatan orang biasa
pengalamn di civic FK kemaren... taon pertama keluar setelah repair steer malah bunyi "dug" waktu steer diputar saat berenti.
setelah di bongkar...
1. setelan kekencangan di motornya ngga pas alias cuma asal dikencengin, jadi steer berat banget nggak wajar sampe nggak ada spelengnya blas.
2. karena return springnya diganti lebih keras ini juga bikin berat
3. karet pelindung debu ngebukanya dicongkel, balikinnya asal.
4. grease motornya dikasih banyak banget... alhasil di mobil ane yang koit ya seal motornya.
klo kata mekanik yang inspeksi juga ngga bisa beli part ketengan jadi harus beli 1 assy. ya akhirnya diperbaiki sebisanya, dibersihin, so far blom ada bunyi lagi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7