Mainland trip - Story of an EV Paradise

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by rechtmasta »

So, setelah sekian lama ga buat thread baru/nge-post, mau share pengalaman saya ketika dipercaya untuk dikirim dinas ke luar negeri untuk keperluan pembukaan outlet pertama di China. Dalam hal ini saya berkesempatan untuk mengunjungi negeri China, lebih tepatnya ke kota GuangZhou, ShenZhen kemudian Shanghai.

Sebagai penggembira otomotif, tentunya niatan lain selain emang karena gawean, ya pengen nyobain penggunaan EV sehari-hari di negara yang katanya sekarang menjadi kiblat EV. Dan memang tujuan itu tepat, karena sehari-hari wara wiri pake Uber nya China, yang namanya DiDi Taxi...dan, yup 100% semuanya menggunakan EV.

Yang sering saya dapet itu dari BYD, GAC dan pas di Shanghai Roewe. Jadi menurut pengamatan saya populasi mobil terbanyak di ketiga kota itu, sesuai dengan urutan:
1. BYD
2. GAC
3. Roewe
4. Tesla (yup, udah jadi kyk mobil rakyat model 3 disini)
5. Mobil Eropa, BMW, VW, ntah kenapa jarang liat Merc disini
6. Toyota (Alphard)
7. Honda (Civid dan Accord)

Review singkat masing-masing mobil yang dinaekin:

BYD: So-so...kenyaman ok, tapi legroom kurang, cuma jambakan emang juara ini.
GAC: Ini yang paling nyaman sih, leg room berlimpah, suspensi enak banget
Roewe: Yang paling biasa dan paling ga enak diantara tiga merek ini

Ketiga kota ini hampir 80-90% sudah EV semua, bahkan tidak satupun saya lihat ada sepeda motor ICE disini. Hal-hal yang menarik dari pemantauan saya:
1. Banyak banget saya lihat mobil2 EV yang udah busuk disini, dengan kata lain umur diatas 5-6 tahunan (semuanya BYD) dan masih baik-baik aja. Artinya, horor durabilitas EV China tampaknya bisa dinafikan.
2. Jarang lihat EV charging station di jalanan (pernah liat satu kali punya Tesla di GuangZhou), jadi mikit apakah mereka memang punya charger station di rumah/apartemen masing-masing. Artinya, mereka ga nunggu dulu buat infrastruktur charging station nyebar baru genjot produksi EV
3. Sepi...sunyi...tenang, ini yang paling buat saya takjub, dengan mayoritas EV, jalanan di ketiga kota itu walaupun padat oleh kendaraan, tapi tetap ambience-nya itu sunyi. Sadar ga sadar, suara yang ditimbulkan oleh mesin ICE itu ternyata sumber polusi suara yang ga bisa diremehkan (belum lagi panas, asap knalpot, dll), saya jadi bener-bener bisa meng-apresiasi keunggulan EV yang membawa ketenangan di suatu lingkungan.

Oh iya, OOT dari topik otomotif, infrastruktur jalan di China, gila sih, saya ga nemu jalan yang kurang dari 4 lajur disini (mungkin karena di kota besar ya) dan aspalnya...wow mulus semua, bawaan tiap di taxi pasti tidur, selain EV enak banget ga ada getaran/bunyi dari mesin, suspensinya enak (apakah karena pengaruh batere yang membuat centre of gravity maksimal), pokoknya impresi saya ketika di ketiga kota sangat positif. Paling minusnya seluruh pembayaran kudu make Alipay atau WeChat pay dan hampir ga ada yang bisa bahasa Inggris, mau di bandara, resepsionis hotel, apalagi cici dan koko penjaga sevel, :big_slap:

Satu lagi, dari China kita masih menang masalah pembayaran tol, mereka masih make kartu yang dikasih sama orang (manual) sedangkan di kita udah full e-money semua, :big_weee:

Saya coba lampirkan sedikit foto dokumentasi perjalanan saya di thread ini ya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
satriakarisma
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 616
Joined: Thu Oct 13, 2016 4:34

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by satriakarisma »

Nice Om,
surganya EV.
btw foto terakhir mantab tuh bendera kecilnya.

hahaha
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3027
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by KielConstantine »

Image

Wkwkwk CCP itu om. Mo bersatu paham komunisma :big_grin:

Btw nice info om. Pernah baca berita gegara hampir 80% penduduk rrc pake EV. Populasi udara disana turun, air quality jg membaik dibanding dulu dulu
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Suryaputra »

Kesimpulan

China akan jd "toyota" versi BEV :big_grin:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
YaS
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 169
Joined: Tue Jan 26, 2016 2:24

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by YaS »

Beberapa bulan yang lalu saya mengunjungi dua kota besar di China selama 2 minggu. Confirmed sesuai pengamatan saya, di Shanghai mayoritas kendaraan EV car dan memang tingkat kecerahan langit jauh berbeda dengan kunjungan saya ke sana beberapa tahun sebelumnya (pra Covid).

Tapi di kota satunya lagi (Xi'an), kendaraan kendaraan besar masih mayoritas ICE, bus, truck, ICE. kendaraan kecil masih imbang jumlah ICE dan EV. Tapi kendaraan kendaraan operasional untuk pemerintahan dan pemeliharaan kota, EV semua. sampai kendaraan penyapu jalan dan penyiram tanamanan sudah EV. Kendaraan untuk monilitas pedagang kecil (mungkin Bentor atau Tosa kalau di tempat kita) sudah EV semua.

Untuk charging station setahu saya di komplek perumahan dan apartemen sudah banyak charging charging station.
Tapi begitu ke daerah yang dataran tinggi, mayoritas masih ICE.

Saya sempatin naik kereta cepat melintasi beberapa kota selama 10 jam. Dan memang luar biasa, sepanjang perjalanan saya tidak menemukan satu daerahpun yang terkesan kumuh atau tidak teratur. semua tempat well developed dan infrastrukturnya keliahtan bagus semua. Bahkan Xi'an ibukota dinasti terakhir China yang banyak daerahnya di preserved sama pemerintah sono untuk menjaga nilai historis dan budayanya, mostly tertata apik, rapi dan well developed.
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by rechtmasta »

Uppsss...dapet aja benderanya.

Iyap, kalau misalkan EV dapat diterima dengan baik, Indonesia bisa ikutan ketularan positifnya ko.

Sebagai gambaran, waktu kunjungan saya itu puanasss luar biasa, sekitar 36-38 derajat celsius. Keringitan sih tetep kuyup, tapi seengganya idung gak pedes ngirup asap knalpot kendaraan ICE.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

rechtmasta wrote: Thu Sep 05, 2024 7:04 Uppsss...dapet aja benderanya.

Iyap, kalau misalkan EV dapat diterima dengan baik, Indonesia bisa ikutan ketularan positifnya ko.

Sebagai gambaran, waktu kunjungan saya itu puanasss luar biasa, sekitar 36-38 derajat celsius. Keringitan sih tetep kuyup, tapi seengganya idung gak pedes ngirup asap knalpot kendaraan ICE.
perasaan dari jaman dulu saya ke shenzen sama macau hongkong emang udaranya enak karena gak banyak debu kayak disini, lagian kalo mau enak gitu gak usah jauh2x di bali juga gitu panas terik tapi enak karena debunya lebih sedikit padahal bali macetnya minta ampun :mky_03:

sebenernya yang banyak pengaruh itu industri dan pembangkitnya bedanya bali sama jawa di bali jarang ada pabrik :mky_03:

oh iya lupa dan belakangan china juga banyak pindah2xin daerah industrinya jauh dari kota2x besar kayak beijing makannya aqinya naek drastis........ jd polusinya pindah ke province laen...... :ngacir:
Bibieight
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 595
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Bibieight »

Benernya ini mimpi saya, gimana2 efisiensi ICE yg lagi idling krn. macet atau cuma jalan < 30km/h sambil stop-go jauh lebih rendah daripada PLTU batubara yg. bakar brown coal.

Mbayangin jalan raya ndak bau asap knalpot tu surga banget ya kayaknya, boro2 jalan raya, kalo pas kepaksa pake ICE pagi2 nyalain mesin kena bau Pasport isi dex atau G20 isi pertabo aja dah gak enak, karena biasa ndak ada bau2 apapun :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Tapi kayaknya pemerintah masih takut2 ama Jepun ya. Padahal kalo itu Jepun2 cabut kan jadi orang ndak da pilihan terpaksa pindah BEV. Saya pribadi si dah cape diakalin jepun jualan barang 2-3x lipat daripada harga jujur-nya, dah mahalnya fantastis gitu fasilitas masih disunat semua :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

Bibieight wrote: Thu Sep 05, 2024 12:47 Benernya ini mimpi saya, gimana2 efisiensi ICE yg lagi idling krn. macet atau cuma jalan < 30km/h sambil stop-go jauh lebih rendah daripada PLTU batubara yg. bakar brown coal.

Mbayangin jalan raya ndak bau asap knalpot tu surga banget ya kayaknya, boro2 jalan raya, kalo pas kepaksa pake ICE pagi2 nyalain mesin kena bau Pasport isi dex atau G20 isi pertabo aja dah gak enak, karena biasa ndak ada bau2 apapun :big_peace: :big_peace: :big_peace:

Tapi kayaknya pemerintah masih takut2 ama Jepun ya. Padahal kalo itu Jepun2 cabut kan jadi orang ndak da pilihan terpaksa pindah BEV. Saya pribadi si dah cape diakalin jepun jualan barang 2-3x lipat daripada harga jujur-nya, dah mahalnya fantastis gitu fasilitas masih disunat semua :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
gimana ya masih pada butuh sih jd susah juga jepang buat cabut soalnya masih ada pasarnya terutama mobil2x yang low tech gampang di maintain dan tahan puluhan tahun..................... :ngacir:

terus kalo nabrak bisa benerin tinggal ketok sana sini tagihan gak sampe 120jt :glodak:
TUFF Stough
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3512
Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
Daily Vehicle: Ipin - Ipah

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by TUFF Stough »

rechtmasta wrote: Thu Sep 05, 2024 7:04 Iyap, kalau misalkan EV dapat diterima dengan baik, Indonesia bisa ikutan ketularan positifnya ko.
you wish. :big_bored:

mbenahi infrastruktur yg dibangun pake prinsip bapak2 kebelet beli mainan: lebih baik minta maaf daripada minta ijin, lebih susah dari bangun seribu pabrik ev.

selama itu gak dibenahi ya jangan harap jalanan kota punya non-tol 4 jalur.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

TUFF Stough wrote: Thu Sep 05, 2024 13:41
you wish. :big_bored:

mbenahi infrastruktur yg dibangun pake prinsip bapak2 kebelet beli mainan: lebih baik minta maaf daripada minta ijin, lebih susah dari bangun seribu pabrik ev.

selama itu gak dibenahi ya jangan harap jalanan kota punya non-tol 4 jalur.


kita mah ambil hikmahnya aja :wkkk:
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1702
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by lemonadelovers »

saran aja sih klo disini semua migrasi ke ev ya berat jg :big_childish:

kasih kesempatan jg ke hybrid minimal polusi dah berkurang setengahnya, perlu jg untuk PHEV kasih insentif jg spt full ev :big_think:

yg ICE kasih kemudahan dan fasilitas convert ke CNG :big_smoking:
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

lemonadelovers wrote: Fri Sep 06, 2024 0:46 saran aja sih klo disini semua migrasi ke ev ya berat jg :big_childish:

kasih kesempatan jg ke hybrid minimal polusi dah berkurang setengahnya, perlu jg untuk PHEV kasih insentif jg spt full ev :big_think:

yg ICE kasih kemudahan dan fasilitas convert ke CNG :big_smoking:
LAGIAN kagak ngepek juga om china itu kata TS 80% 90% ev tapi global emission naek mulu :mky_07:

dikira bikin batre gitu banyak gak butuh energi dan energinya itu dari bautbara sama nuklir :mky_03:

ditambah tahon ini katanya record suhu terpanas di china dengan ev jualan segitu banyak harusnya ud nolong turunin dikit tapi ini tambah panas :wkkk:

artinya EV itu gak ngaruh sama sekali wong biang kerok itu industri pembangkit sama kapal kargo yang gede2x emisinya aja bisa setara jutaan mobil satu kapal........kenapa kita yang di bikin susah....... :ngacir:
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by rechtmasta »

Yes setuju, untuk full gas pindah ke EV bakal susah, pake banget. Selain faktor teknis, banyak juga faktor non-teknis yang mati-matian ngejegal perkembangan EV di Indonesia. Mulai dari yang paling akrab sama telinga kita: "harga jualnya turun ga yah?" (believe it or not, jargon ini mulai dipakai secara resmi sebagai campaign H tegak di akun IG mereka - yang kebetulan saya komen juga - mereka menekankan resale value yang nahan dari mobil-mobil mereka) dan yang paling penting: "kuat nanjak ga?" dua parameter absolut yang udah paten tertanam di kepala orang Indonesia, yang bahkan jadi parameter review2 otomotif..., bahkan masih dipake juga di SM :big_smoking: .

Paling masuk akal memang jor-joran di Hybrid atau PHEV, karena Jepun masih unggul dalam teknologi ini, jadi setidaknya batu sandungan dari Jepun bakal minimal, tapi...tampaknya Hybrid atau PHEV ga seksi di mata pemerintah saat ini dan di masa depan. Menurut saya Indonesia lagi di persimpangan jalan untuk otomotif...apakah akan full gas ke teknologi (means EV, Hybrid, PHEV dsb) atau kekeuh tetap di ICE (means, kalau saya liat kita akan berkiblat ke India nantinya, IMHO :big_weee: ).
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

rechtmasta wrote: Fri Sep 06, 2024 1:38 Yes setuju, untuk full gas pindah ke EV bakal susah, pake banget. Selain faktor teknis, banyak juga faktor non-teknis yang mati-matian ngejegal perkembangan EV di Indonesia. Mulai dari yang paling akrab sama telinga kita: "harga jualnya turun ga yah?" (believe it or not, jargon ini mulai dipakai secara resmi sebagai campaign H tegak di akun IG mereka - yang kebetulan saya komen juga - mereka menekankan resale value yang nahan dari mobil-mobil mereka) dan yang paling penting: "kuat nanjak ga?" dua parameter absolut yang udah paten tertanam di kepala orang Indonesia, yang bahkan jadi parameter review2 otomotif..., bahkan masih dipake juga di SM :big_smoking: .

Paling masuk akal memang jor-joran di Hybrid atau PHEV, karena Jepun masih unggul dalam teknologi ini, jadi setidaknya batu sandungan dari Jepun bakal minimal, tapi...tampaknya Hybrid atau PHEV ga seksi di mata pemerintah saat ini dan di masa depan. Menurut saya Indonesia lagi di persimpangan jalan untuk otomotif...apakah akan full gas ke teknologi (means EV, Hybrid, PHEV dsb) atau kekeuh tetap di ICE (means, kalau saya liat kita akan berkiblat ke India nantinya, IMHO :big_weee: ).
gak usah di jegal juga turun sendiri wong jualan aja gak pernah ngomongin minusnya, yang bakalan expose kan ya kalo gak konsumen ya competitor kalo emang perfect bakalan susah ngejegalnya kayak mesin ICE ini not perfect tapi orang masih bisa nerima kekurangnya mau di jegal kayak apa ya tetep laku ............ :ngacir:

malah sampe banyak bule bodoh ngomong mesin ice gak tahan sampe 200-300 rb ganti mesin buat jatohin image durabilitynya padahal, di mobil ice itu ganti mesin ud kayak cerita dongeng yang ada tuh cuma turun mesin itupun bisa tahan ratusan rb km dan puluhan tahun sebelom turun mesin...... :drinking:

belom ongomongin "kan pompa bensin butuh listrik" padahal di pinggir jalan banyak jualan bensin eceran di taro di botol :big_bored:
Ibet
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon Mar 23, 2015 0:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Ibet »

rechtmasta wrote: Fri Sep 06, 2024 1:38 Yes setuju, untuk full gas pindah ke EV bakal susah, pake banget. Selain faktor teknis, banyak juga faktor non-teknis yang mati-matian ngejegal perkembangan EV di Indonesia. Mulai dari yang paling akrab sama telinga kita: "harga jualnya turun ga yah?" (believe it or not, jargon ini mulai dipakai secara resmi sebagai campaign H tegak di akun IG mereka - yang kebetulan saya komen juga - mereka menekankan resale value yang nahan dari mobil-mobil mereka) dan yang paling penting: "kuat nanjak ga?" dua parameter absolut yang udah paten tertanam di kepala orang Indonesia, yang bahkan jadi parameter review2 otomotif..., bahkan masih dipake juga di SM :big_smoking: .

Paling masuk akal memang jor-joran di Hybrid atau PHEV, karena Jepun masih unggul dalam teknologi ini, jadi setidaknya batu sandungan dari Jepun bakal minimal, tapi...tampaknya Hybrid atau PHEV ga seksi di mata pemerintah saat ini dan di masa depan. Menurut saya Indonesia lagi di persimpangan jalan untuk otomotif...apakah akan full gas ke teknologi (means EV, Hybrid, PHEV dsb) atau kekeuh tetap di ICE (means, kalau saya liat kita akan berkiblat ke India nantinya, IMHO :big_weee: ).
thank you liputan di China nya om, emang enaknya lingkungan jadi berkurang panasnya + noisenya, tinggal sisa suara ban aja kali ya?

--------
anyway
ya semua karena subsidi bensin & solar yg bikin boncos terus, switch ke BEV akan hilangin ini
tapi ga diimbangi sama infra + transum, sementara timelinenya pengennya sesegera mungkin wkwk

disisi lain
tempo hari ikutan diskusi soal ethanol itu, idenya bagus, less fuel less pollution
asosiasi pembuat ethanol pada bilang siap, eh nanya ke gov kapan implementasinya, ga ada yg bisa pastiin
ada info juga kalo bahan ethanol yg dari tebu itu juga masih mau buat konsumsi dalam negri dulu,
lha terus gimana
padahal taun depan mandatory E20, ini selang ungu jualan E10 juga entah diserap bener ga sama pasar? wkwk

lanjut lagi baca regulasi emisinya, taun depan ketar - ketir kita mau ke EURO5, tapi ya ga ada info apa - apalagi
jangan ke EURO5 dulu deh, fuel RON90/92 yg dijual di sini aja ga masuk EURO4 kok

lha terus menuju net zero nya gmn? saya juga gatau jujur wkwk

*disclaimer
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

Ibet wrote: Fri Sep 06, 2024 2:23 thank you liputan di China nya om, emang enaknya lingkungan jadi berkurang panasnya + noisenya, tinggal sisa suara ban aja kali ya?

--------
anyway
ya semua karena subsidi bensin & solar yg bikin boncos terus, switch ke BEV akan hilangin ini
tapi ga diimbangi sama infra + transum, sementara timelinenya pengennya sesegera mungkin wkwk

disisi lain
tempo hari ikutan diskusi soal ethanol itu, idenya bagus, less fuel less pollution
asosiasi pembuat ethanol pada bilang siap, eh nanya ke gov kapan implementasinya, ga ada yg bisa pastiin
ada info juga kalo bahan ethanol yg dari tebu itu juga masih mau buat konsumsi dalam negri dulu,
lha terus gimana
padahal taun depan mandatory E20, ini selang ungu jualan E10 juga entah diserap bener ga sama pasar? wkwk

lanjut lagi baca regulasi emisinya, taun depan ketar - ketir kita mau ke EURO5, tapi ya ga ada info apa - apalagi
jangan ke EURO5 dulu deh, fuel RON90/92 yg dijual di sini aja ga masuk EURO4 kok

lha terus menuju net zero nya gmn? saya juga gatau jujur wkwk

*disclaimer
ya namanya juga dongeng buat fearmongering wong kentut sapi aja ud di bilang emisi gimana mau net zero :big_bored:

kalo mau net zero ledakin nuklir aja di semua tempat biar pada tewas biar ni planet kosong kayak mars itupun nanti juga nyari2x lagi katanya gunung berapi ngeluarin emisi karbon lah :big_dunno:

namanya juga politikus gak bisa kerja tapi pengen keliatan bisa kerja akhirnya nyari2x terus yang gak ada di cari2x, EV sendiri aja ud mulai di incer emisi bannya setelah katanya mobil ud gak keluarin karbon emisi dicari lagi emisi laen emsii ban ntar ban ud pada di ganti pake ban besi gak ada emisinya di cari2x lagi yang laen sampe balik ke jalan kaki :glodak:

ditambah aktifisnya juga nyari duit ud deh capee dicari2x mulu salahnya....... :big_bored:



ya kayak kasus dam aja ini contohnya suruh ramah lingkungan tapi suruh matiin PLTA yang reliable dan ramah lingkungan :big_bored:
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Suryaputra »

b0ku wrote: Fri Sep 06, 2024 2:53
Ibet wrote: Fri Sep 06, 2024 2:23 thank you liputan di China nya om, emang enaknya lingkungan jadi berkurang panasnya + noisenya, tinggal sisa suara ban aja kali ya?

--------
anyway
ya semua karena subsidi bensin & solar yg bikin boncos terus, switch ke BEV akan hilangin ini
tapi ga diimbangi sama infra + transum, sementara timelinenya pengennya sesegera mungkin wkwk

disisi lain
tempo hari ikutan diskusi soal ethanol itu, idenya bagus, less fuel less pollution
asosiasi pembuat ethanol pada bilang siap, eh nanya ke gov kapan implementasinya, ga ada yg bisa pastiin
ada info juga kalo bahan ethanol yg dari tebu itu juga masih mau buat konsumsi dalam negri dulu,
lha terus gimana
padahal taun depan mandatory E20, ini selang ungu jualan E10 juga entah diserap bener ga sama pasar? wkwk

lanjut lagi baca regulasi emisinya, taun depan ketar - ketir kita mau ke EURO5, tapi ya ga ada info apa - apalagi
jangan ke EURO5 dulu deh, fuel RON90/92 yg dijual di sini aja ga masuk EURO4 kok

lha terus menuju net zero nya gmn? saya juga gatau jujur wkwk

*disclaimer
ya namanya juga dongeng buat fearmongering wong kentut sapi aja ud di bilang emisi gimana mau net zero :big_bored:

kalo mau net zero ledakin nuklir aja di semua tempat biar pada tewas biar ni planet kosong kayak mars itupun nanti juga nyari2x lagi katanya gunung berapi ngeluarin emisi karbon lah :big_dunno:

namanya juga politikus gak bisa kerja tapi pengen keliatan bisa kerja akhirnya nyari2x terus yang gak ada di cari2x, EV sendiri aja ud mulai di incer emisi bannya setelah katanya mobil ud gak keluarin karbon emisi dicari lagi emisi laen emsii ban ntar ban ud pada di ganti pake ban besi gak ada emisinya di cari2x lagi yang laen sampe balik ke jalan kaki :glodak:

ditambah aktifisnya juga nyari duit ud deh capee dicari2x mulu salahnya....... :big_bored:


ya kayak kasus dam aja ini contohnya suruh ramah lingkungan tapi suruh matiin PLTA yang reliable dan ramah lingkungan :big_bored:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Suryaputra »

Indonesia mau full EV? artinya mayoritas mobil utama adalah EV juga
Yakin?
Dgn kondisi transum spt ini, dan tradisi mudik untuk transjawabahn dan lintas sumatra untuk sebagian orang

Blm lagi klo kondisinya spt ini:
- Rumah ngontrak / dinas / gak bisa nambah MCB listrik
- or... Tinggal di Kosan
- Let say ada antrian 10 mobil aja per satu colokan SPKLU dgn kondisi peak
- Per antrian butuh waktu 30 menit untuk ngisi sampai 80%
- 30 menit x 10 mobil x tambahan waktu dll 5% = 315 menit

come-on man, 315 menit nunggu buat ngisi / ngecharge mobil ?
apalagi budak korporat yg kerjanya dikejar deadline atas bawah kiri kanan

Itu baru 10 mobil, klo X 2 atau X3.
oke lah lebay,.. misal cuma 1-2 mobil, itu juga habis waktu 1 jam plus plus

Benerin dulu transum ajah.. wkwkwkwkwkwk
mau listrik jg gpp selama transumnya mumpuni
Last edited by Suryaputra on Fri Sep 06, 2024 4:13, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Fri Sep 06, 2024 3:04
b0ku wrote: Fri Sep 06, 2024 2:53
Ibet wrote: Fri Sep 06, 2024 2:23 thank you liputan di China nya om, emang enaknya lingkungan jadi berkurang panasnya + noisenya, tinggal sisa suara ban aja kali ya?

--------
anyway
ya semua karena subsidi bensin & solar yg bikin boncos terus, switch ke BEV akan hilangin ini
tapi ga diimbangi sama infra + transum, sementara timelinenya pengennya sesegera mungkin wkwk

disisi lain
tempo hari ikutan diskusi soal ethanol itu, idenya bagus, less fuel less pollution
asosiasi pembuat ethanol pada bilang siap, eh nanya ke gov kapan implementasinya, ga ada yg bisa pastiin
ada info juga kalo bahan ethanol yg dari tebu itu juga masih mau buat konsumsi dalam negri dulu,
lha terus gimana
padahal taun depan mandatory E20, ini selang ungu jualan E10 juga entah diserap bener ga sama pasar? wkwk

lanjut lagi baca regulasi emisinya, taun depan ketar - ketir kita mau ke EURO5, tapi ya ga ada info apa - apalagi
jangan ke EURO5 dulu deh, fuel RON90/92 yg dijual di sini aja ga masuk EURO4 kok

lha terus menuju net zero nya gmn? saya juga gatau jujur wkwk

*disclaimer
ya namanya juga dongeng buat fearmongering wong kentut sapi aja ud di bilang emisi gimana mau net zero :big_bored:

kalo mau net zero ledakin nuklir aja di semua tempat biar pada tewas biar ni planet kosong kayak mars itupun nanti juga nyari2x lagi katanya gunung berapi ngeluarin emisi karbon lah :big_dunno:

namanya juga politikus gak bisa kerja tapi pengen keliatan bisa kerja akhirnya nyari2x terus yang gak ada di cari2x, EV sendiri aja ud mulai di incer emisi bannya setelah katanya mobil ud gak keluarin karbon emisi dicari lagi emisi laen emsii ban ntar ban ud pada di ganti pake ban besi gak ada emisinya di cari2x lagi yang laen sampe balik ke jalan kaki :glodak:

ditambah aktifisnya juga nyari duit ud deh capee dicari2x mulu salahnya....... :big_bored:


ya kayak kasus dam aja ini contohnya suruh ramah lingkungan tapi suruh matiin PLTA yang reliable dan ramah lingkungan :big_bored:
:big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
SAYA tambahin om misalnya mereka bilang masalahnya A solusinya B setelah B ud jalan dengan bikin banyak orang sengsara dan gak solved problem mereka akan nyari blame laen dan bilang lagi masalahnya C terus2xan aja sampe bego :big_dunno:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3906
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by kendibocor »

rechtmasta wrote: Thu Sep 05, 2024 4:45 So, setelah sekian lama ga buat thread baru/nge-post, mau share pengalaman saya ketika dipercaya untuk dikirim dinas ke luar negeri untuk keperluan pembukaan outlet pertama di China. Dalam hal ini saya berkesempatan untuk mengunjungi negeri China, lebih tepatnya ke kota GuangZhou, ShenZhen kemudian Shanghai.

Sebagai penggembira otomotif, tentunya niatan lain selain emang karena gawean, ya pengen nyobain penggunaan EV sehari-hari di negara yang katanya sekarang menjadi kiblat EV. Dan memang tujuan itu tepat, karena sehari-hari wara wiri pake Uber nya China, yang namanya DiDi Taxi...dan, yup 100% semuanya menggunakan EV.

Yang sering saya dapet itu dari BYD, GAC dan pas di Shanghai Roewe. Jadi menurut pengamatan saya populasi mobil terbanyak di ketiga kota itu, sesuai dengan urutan:
1. BYD
2. GAC
3. Roewe
4. Tesla (yup, udah jadi kyk mobil rakyat model 3 disini)
5. Mobil Eropa, BMW, VW, ntah kenapa jarang liat Merc disini
6. Toyota (Alphard)
7. Honda (Civid dan Accord)

Review singkat masing-masing mobil yang dinaekin:

BYD: So-so...kenyaman ok, tapi legroom kurang, cuma jambakan emang juara ini.
GAC: Ini yang paling nyaman sih, leg room berlimpah, suspensi enak banget
Roewe: Yang paling biasa dan paling ga enak diantara tiga merek ini

Ketiga kota ini hampir 80-90% sudah EV semua, bahkan tidak satupun saya lihat ada sepeda motor ICE disini. Hal-hal yang menarik dari pemantauan saya:
1. Banyak banget saya lihat mobil2 EV yang udah busuk disini, dengan kata lain umur diatas 5-6 tahunan (semuanya BYD) dan masih baik-baik aja. Artinya, horor durabilitas EV China tampaknya bisa dinafikan.
2. Jarang lihat EV charging station di jalanan (pernah liat satu kali punya Tesla di GuangZhou), jadi mikit apakah mereka memang punya charger station di rumah/apartemen masing-masing. Artinya, mereka ga nunggu dulu buat infrastruktur charging station nyebar baru genjot produksi EV
3. Sepi...sunyi...tenang, ini yang paling buat saya takjub, dengan mayoritas EV, jalanan di ketiga kota itu walaupun padat oleh kendaraan, tapi tetap ambience-nya itu sunyi. Sadar ga sadar, suara yang ditimbulkan oleh mesin ICE itu ternyata sumber polusi suara yang ga bisa diremehkan (belum lagi panas, asap knalpot, dll), saya jadi bener-bener bisa meng-apresiasi keunggulan EV yang membawa ketenangan di suatu lingkungan.

Oh iya, OOT dari topik otomotif, infrastruktur jalan di China, gila sih, saya ga nemu jalan yang kurang dari 4 lajur disini (mungkin karena di kota besar ya) dan aspalnya...wow mulus semua, bawaan tiap di taxi pasti tidur, selain EV enak banget ga ada getaran/bunyi dari mesin, suspensinya enak (apakah karena pengaruh batere yang membuat centre of gravity maksimal), pokoknya impresi saya ketika di ketiga kota sangat positif. Paling minusnya seluruh pembayaran kudu make Alipay atau WeChat pay dan hampir ga ada yang bisa bahasa Inggris, mau di bandara, resepsionis hotel, apalagi cici dan koko penjaga sevel, :big_slap:

Satu lagi, dari China kita masih menang masalah pembayaran tol, mereka masih make kartu yang dikasih sama orang (manual) sedangkan di kita udah full e-money semua, :big_weee:

Saya coba lampirkan sedikit foto dokumentasi perjalanan saya di thread ini ya.
Nice om..
ane ke baru 2x ke china, kebetulan dua2nya sama2 ke guangzhou, tahun 2012 sama 2016. 2016 cuman sehari doang karena nemenin sodara mo berobat besokannya saya plg. Yg agak lama 2012 sampe hampir 2 minggu nemenin bokap nyari urusan bisnis. Seinget ane jaman 2012 kesana berasa bener itu di tengah kota jarak panjang jauh lebih pendek dari jkt dan polusinya berasa bener, ternyata sekarang sudah jauh lebih membaik ya.

Soal infrastruktur yg paling amaze pas liat the grand tour di china sih. Gila itu jalanan di permukaan geografis kaya gimanapun bisa tetep dibangun. Itu lah hasilnya dari bangsa yg konsen memajukan dirinya sendiri ga banyak ngomong, nyinyirin orng dan kepo ngurusin bangsa laen.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1212
Joined: Wed Dec 07, 2016 9:34

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Zaxis »

Haters gonna hate
Yang ada duit dan butuh yah beli ev
Yang ga mau yah uda nyinyir aja
Hidup dah susah kok dibuat ribet sendiri
User avatar
rechtmasta
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Mon Jan 11, 2010 10:50

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by rechtmasta »

Yaa, yang namanya jualan apapun itu, ga bakal ada yang ngomongin minus barangn jualannya lah. Emang ada sales mobil H tegak yang bilang: "Tapi ini kalo ujan bapak/ibu bisa denger suara konser aer dari atap, soalnya peredaman mobil kita tipis" - ga bakalan kan, hehehe...semua penjual pasti bakal ngecap kelebihan produknya lah.

Ya itu kata saya, kita di persimpangan jalan, selama mesin ICE belum ada evolusi yang signifikan, baik dari mulai hulu ke hilir, proses evolusi masuk akal selanjutnya dalah, either full Hybrid, PHEV, full EV atau Hidrogen. Tinggal pilih sebetulnya, stay still atau mau coba maju, regardless kebijakan pemerintah atau apapun itu yang kadang-kadang (seringnya) nyeleneh.

Sama aja kyk taun 90an, transmisi otomatis banyak banget yang nyinyirin, boroslah, ga durable lah, dll. Nyatanya, makin kesini makin banyak yang make transmisi otomatis. Siklus teknologi memang selalu seperti itu, akan selalu ada cabang, satu yang skeptis, satu yang memang mau ikut, thats it.

---

Masalah infrastruktur, ada satu yang bener-bener bikin amaze, jadi saya ada perjalanan ke ujung profinsi Shen Zhen, itu nembus gunung, sampe ada 8 terowongan berurutan yang nembus gunung. Gila sih mereka masalah infrastruktur ini, angkat topi bener dah.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12525
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by Suryaputra »

rechtmasta wrote: Fri Sep 06, 2024 4:19 Yaa, yang namanya jualan apapun itu, ga bakal ada yang ngomongin minus barangn jualannya lah. Emang ada sales mobil H tegak yang bilang: "Tapi ini kalo ujan bapak/ibu bisa denger suara konser aer dari atap, soalnya peredaman mobil kita tipis" - ga bakalan kan, hehehe...semua penjual pasti bakal ngecap kelebihan produknya lah.

Ya itu kata saya, kita di persimpangan jalan, selama mesin ICE belum ada evolusi yang signifikan, baik dari mulai hulu ke hilir, proses evolusi masuk akal selanjutnya dalah, either full Hybrid, PHEV, full EV atau Hidrogen. Tinggal pilih sebetulnya, stay still atau mau coba maju, regardless kebijakan pemerintah atau apapun itu yang kadang-kadang (seringnya) nyeleneh.

Sama aja kyk taun 90an, transmisi otomatis banyak banget yang nyinyirin, boroslah, ga durable lah, dll. Nyatanya, makin kesini makin banyak yang make transmisi otomatis. Siklus teknologi memang selalu seperti itu, akan selalu ada cabang, satu yang skeptis, satu yang memang mau ikut, thats it.

---

Masalah infrastruktur, ada satu yang bener-bener bikin amaze, jadi saya ada perjalanan ke ujung profinsi Shen Zhen, itu nembus gunung, sampe ada 8 terowongan berurutan yang nembus gunung. Gila sih mereka masalah infrastruktur ini, angkat topi bener dah.
agree

Mainland angkat topi buat mereka dalam hal penerapan infra struktur dan transum nya :big_exellent:
jadi no issue mau implement EV di sana, even ICE or hybrid masih dijual.

but.. PHEV or Hybrid ini plg make sense saat ini untuk kondisi Wakanda jika dijadikan mobil utama
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6197
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mainland trip - Story of an EV Paradise

Post by b0ku »

rechtmasta wrote: Fri Sep 06, 2024 4:19 Yaa, yang namanya jualan apapun itu, ga bakal ada yang ngomongin minus barangn jualannya lah. Emang ada sales mobil H tegak yang bilang: "Tapi ini kalo ujan bapak/ibu bisa denger suara konser aer dari atap, soalnya peredaman mobil kita tipis" - ga bakalan kan, hehehe...semua penjual pasti bakal ngecap kelebihan produknya lah.

Ya itu kata saya, kita di persimpangan jalan, selama mesin ICE belum ada evolusi yang signifikan, baik dari mulai hulu ke hilir, proses evolusi masuk akal selanjutnya dalah, either full Hybrid, PHEV, full EV atau Hidrogen. Tinggal pilih sebetulnya, stay still atau mau coba maju, regardless kebijakan pemerintah atau apapun itu yang kadang-kadang (seringnya) nyeleneh.

Sama aja kyk taun 90an, transmisi otomatis banyak banget yang nyinyirin, boroslah, ga durable lah, dll. Nyatanya, makin kesini makin banyak yang make transmisi otomatis. Siklus teknologi memang selalu seperti itu, akan selalu ada cabang, satu yang skeptis, satu yang memang mau ikut, thats it.

---

Masalah infrastruktur, ada satu yang bener-bener bikin amaze, jadi saya ada perjalanan ke ujung profinsi Shen Zhen, itu nembus gunung, sampe ada 8 terowongan berurutan yang nembus gunung. Gila sih mereka masalah infrastruktur ini, angkat topi bener dah.
ya makannya lagian salesnya EV ud nyebar kemana2x black campaign mobil jepang jadi ya impas2x aja :mky_03:

ICE itu yang butuh evolusi bukan mesinnya tapi bahan bakarnya, alternatifnya ud banyak tapi gak niat ya susah :big_dunno:

ini gak solve mau semua EV juga tetep aja bakarin minyak buat nambang, kapal kargo, pembangkit dan aviasi :big_bored:

mau semua di batrein ekonomi kagak jalan :big_bored:

masalahnya matic gak pake mandat suruh orang pake matic gak bikin mobilnya isi bensin jadi lama boros mah urusan kantong punya duit ya isi :big_biglaugh:

coba deh kalo pemerintah gak ribut kalo emang tuh EV bagus ntar juga kayak matic masalahnya ud gak lebih praktis ngerusak juga maksa orang pake malah bikin orang aware makannya ya yang gak suka pada omongin jelek2xnya :big_bored:

ya china kan pokoknya disitu ada infrasturktur disitu bisnis ngikut jd gak itung untung ruginya bangun tuh jalan, yang penting connect dulu itulah hebatnya china, lebih hebat lagi barat mati2xan turunin emisi yang bikin cost mereka naek dia malah hajar abis2xan naekin emisinya biar evnya murah, giliran barat nyadar ud telat :big_biglaugh: