BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 23:29 Sebenarnya EV sekelas Binguo dkk udah amat sangat mumpuni untuk pemakaian dalam kota. Akselerasi dari 0-60 itu naiknya cepet dan smooth banget udah tiba2 di atas 60 kmh. Nyalip, zig-zag, manuever gampang banget karena mobil lainnya terasa lemot.

Dan yang penting saat idle pas macet atau lampu merah tidak ada energi terbuang spt mobil ICE yg membakar BBM 2 liter/jam. Pengeluaran yg biasanya habis 4-5 juta/bulan karena pemakaian antar jemput anak sekolah & les (100% dalam kota) dgn mobil ICE berkurang drastis menjadi 500rb/bulan.

Untuk pemakaian tol lumayan irit juga sesuai perkiraan jarak tempuh. PP ke luar kota jarak tempuh 250kmh turun dari 100% ke 35%. Tapi ya tergantung cara berkendara juga jika stabil di 90kmh itu kecepatan paling irit untuk mobil EV.

Karena motor EV punya rpm juga sebenarnya tapi dengan rentang yg sangat lebar. Semakin tinggi kecepatan semakin tinggi pula RPM berputar. RPM Binguo EV di kecepatan 135kmh itu 10.000 RPM dan sudah mentok. Makanya Porsche sampai keluarin EV yg punya 2-speed. Gigi pertama untuk low speed, gigi kedua untuk high speed.

Untuk umur mobil EV tidak usah takut. Lifespan baterai LiFePo4 (LFP) yg ada di Wuling, BYD, MG, Tesla itu mencapai 3000-5000 cycle. Jika disetrum tiap 3 hari sekali itu bisa dipakai 30-50 tahun. Baterai lithium-ion NMC dgn lifespan 1000-1500 cycle aja banyak yg masih dipakai >10 tahun. Jangan bandingkan dgn baterai lithium-ion polymer (LiPo) yg dipakai di handphone itu cuma bisa 500 cycle.

IMO semua ada plus minusnya antara EV dan ICE. JIka medan yg dilalui sering berhenti, macet, lampu merah, stop n go dgn kecepatan max 50-60kmh, pilihan paling cocok ya EV. Jika sering ke luar kota, roadtrip, kecepatan di atas 80-100 kmh, jarang berhenti kecuali di rest area ya pilihkan mobil ICE.
Bener nih
Best of both worlds ya Hibrit.
Apalagi hibritnya yota itu efisien.

EV bikin anxiety klo road trip emg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 23:54
Bener nih
Best of both worlds ya Hibrit.
Apalagi hibritnya yota itu efisien.

EV bikin anxiety klo road trip emg :big_biglaugh:
apapun yang pake batre gede kelaut aja, ya sebodo amat orang mau pake apa cuma jgn maksain orang pake apa sama pabrikan musti jualan apa :big_bored:



keluar juga :mky_03:

cuma di pikir2x buat apa juga upgrade orang 90% juga nyetirnya pelan2x :big_think:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

b0ku wrote: Fri Mar 01, 2024 0:07
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 23:54
Bener nih
Best of both worlds ya Hibrit.
Apalagi hibritnya yota itu efisien.

EV bikin anxiety klo road trip emg :big_biglaugh:
apapun yang pake batre gede kelaut aja, ya sebodo amat orang mau pake apa engak, cuma jgn maksain orang pake apa, sama pabrikan musti jualan apa :big_bored:



keluar juga :mky_03:

cuma di pikir2x buat apa juga upgrade orang 90% juga nyetirnya pelan2x :big_think:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1657
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by darrelund »

Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 4:04
ChZ wrote: Thu Feb 29, 2024 4:01
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 3:56 sbux kopinya gak lbh enak dr KopKen.
rugi dong :big_biglaugh:

cuma signature choco nya aja sbux yg debest.
kalo kopi item enak point coffee punya :ngacir:

Syukurlah, Bagus jadi ada opportunity untuk brand lokal rising.

klo rewards / point dsb, KopKen ok bingit :big_exellent:
valid um

point coffee emg nampol sih rasanya, aplg kopi itemnya

dare to say, point coffee lebi enak dari mayoritas coffee franchise lainnya

point coffee levelna udah mirip indie coffee shop
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

darrelund wrote: Fri Mar 01, 2024 2:01
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 4:04
ChZ wrote: Thu Feb 29, 2024 4:01

kalo kopi item enak point coffee punya :ngacir:

Syukurlah, Bagus jadi ada opportunity untuk brand lokal rising.

klo rewards / point dsb, KopKen ok bingit :big_exellent:
valid um

point coffee emg nampol sih rasanya, aplg kopi itemnya

dare to say, point coffee lebi enak dari mayoritas coffee franchise lainnya

point coffee levelna udah mirip indie coffee shop
Sbux sepi bener skrg :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39
Bibieight wrote: Thu Feb 29, 2024 12:22
fl4b1e wrote: Thu Feb 29, 2024 8:39 Seneng sih BYD masuk. kalau liat2, Atto 3 vs Omoda E5 vs ZS EV menarik juga sih persaingannya. soalnya kalau yg ground clearencenya renda2, saya rada waa2..

di luar itu, si pabrikan lama Wuling kan ada Cloud ya.. tapi masih pakai GBT, sebenernya apakah ada yg tau apakah ada konverter atau adapter dari GBT ke CCS Type 2 gak sih? dan apakah masuk dalam paket penjualannyakah? Thank u
Adapter yg buat charger AC sih dapet gratis sampe sekarang, nah yg bikin bingung yg DC. Ada sales yg bilang gratis, ada sales yg bilang enggak.... Cuma kalo Binguo DC tapi ndak bisa fast charging ya sama aja ndak bisa dipake jalan jauh
DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.

Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39
Bibieight wrote: Thu Feb 29, 2024 12:22

Adapter yg buat charger AC sih dapet gratis sampe sekarang, nah yg bikin bingung yg DC. Ada sales yg bilang gratis, ada sales yg bilang enggak.... Cuma kalo Binguo DC tapi ndak bisa fast charging ya sama aja ndak bisa dipake jalan jauh
DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.

Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
wkwkwkwkw makin anxiety.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

linschneider wrote: Thu Feb 29, 2024 14:38 utk saat ini memang ev ga bisa diperlakukan sama dgn ice. ada baiknya klo peminat2 diedukasi dulu dgn adaptasi2 yg hrs dilakukan, ngga cuman torsi instan interior mevvah murah meriah doang. come to terms dgn kelebihan dan kekurangan dr ev. klo tdk cocok atau blm mengerti lebih baik tidak beli, drpd kaget dan potensi ganggu pengguna jalan juga, kecuali nyari mobil sekunder/tersier dan kelebihan wit.

salah satunya cruising highwey antar kota. ev2 skr uda byk yg nunjukin bisa antar kota sampai lintas provinsi disini maupun luar, tp hrs ikutin cara mereka semua yaitu cruising di kecepatan stabil 80-120, mgkn sesekali nyalip boleh. mau zigzag makjleb 0-100 di padat merambat atau pedal rata karpet, yah, walahualam deh. gimana2 klo mau nyetir ala familyman yah paling cocok pake kendaraan yg dipake familyman; mau pentok 200+ irit murah ya diesel, mau pentok dan fun setir ya bavarian or ondah.

jangan mau gaya familyman tapi pake air ev :big_biglaugh:
nah justru too much adaptation ini yang bikin EV gak diminati oleh mainstream buyer.

akhirnya ya yg mudah di adaptasi buyer itu hybrid. cara pakenya nggak berubah dari mobil bensin normal. nggak perlu penyesuaian terlalu banyak untuk long trip.

utk negara kayak wakanda yang kemana-mana bergantung transportasi pribadi, hobi long trip rutin (mudik - year end), EV itu nggak works. cuma mainan kelas menengah kek kite2 yang tinggal di kota besar.

amrik ya kulturnya sama. makanya di sana udah ancur pasar EV.
daimler wrote: Thu Feb 29, 2024 9:26 +1 nambahin kalo cuaca ga dingin2 amat, cthnya negara subtropis pas winter sono jg range berkurang drastis :mky_03: blm lg kalo heaternya nyala lebih boros lg drpd nyalain AC, kalo mobil ICE heater dapet panasnya dr panas mesin lewat heater core, lha kalo EV dapetnya dari electric heater, langsung mode aliran siksa diri nyetirnya :mky_03:
itu dia, akhirnya usage kita malah jauh lebih repot kan :big_bored:

EV itu bagus on paper tapi on real world usage nggak semua orang mau adapt dengan segala kerepotan ini.

claimed range di EV itu sama kayak claimed consumption di mbl bensin. dijalankan dgn t&c tertentu. bisa lebih irit bisa lebih boros.

masalahnya 80% lebih orang ane yakin gak baca t&c dalam beli mobil. makanya dulu nissan march boros aja ribut di pengadilan gegara blunder marketing yg kasi claim berdasarkan hasil test media. pdhl media ya ngetestnya berdasarkan t&c tertentu.

skrg bayangin beli BYD seal 0-100 gak 3.8s krn gak dibilangin t&c nya, ribut di pengadilan :mky_03: atau kakinya pedal to the kampret mulu bawa ioniq5 cma dapet 200 km padahal beli yang long range :mky_03:

mending bikin lomba irit iritan deh kek laga pantura isuzu dulu, lebih jelas itu real world usage :big_bored:
Last edited by ChZ on Fri Mar 01, 2024 3:26, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by mobilover »

:big_weee:
linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39
Bibieight wrote: Thu Feb 29, 2024 12:22

Adapter yg buat charger AC sih dapet gratis sampe sekarang, nah yg bikin bingung yg DC. Ada sales yg bilang gratis, ada sales yg bilang enggak.... Cuma kalo Binguo DC tapi ndak bisa fast charging ya sama aja ndak bisa dipake jalan jauh
DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.

Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
Mg 4 GCnya 11.7 om. Memang gak cocok utk jalan indonesia haha

Byd seal jg kerendahan menurut saya di 12 cm. GC utk jalan indonesia paling aman di level 15 cm ke atas lah. GC 13 cm an macam brio juga sering gasruk kena poldur dan jalan lubang haha
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
Jalan rumah saya jelek, waktu bawa palisade aja hampir gasruk, avanza sama ertiga beberapa kali gasruk, etios dulu sampe langganan penyok knalpotnya... 11.7mm? Kalau di tempat saya batre bisa pada penyok nanti. masa tiap ketemu jalan jelek dikit kudu bener2 pelan, siksa diri lagi. :big_biglaugh:
faizzz
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sun Aug 04, 2019 9:28
Location: Yogyakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by faizzz »

ChZ wrote: Fri Mar 01, 2024 3:14

itu dia, akhirnya usage kita malah jauh lebih repot kan :big_bored:

EV itu bagus on paper tapi on real world usage nggak semua orang mau adapt dengan segala kerepotan ini.

claimed range di EV itu sama kayak claimed consumption di mbl bensin. dijalankan dgn t&c tertentu. bisa lebih irit bisa lebih boros.

masalahnya 80% lebih orang ane yakin gak baca t&c dalam beli mobil. makanya dulu nissan march boros aja ribut di pengadilan gegara blunder marketing yg kasi claim berdasarkan hasil test media. pdhl media ya ngetestnya berdasarkan t&c tertentu.

skrg bayangin beli BYD seal 0-100 gak 3.8s krn gak dibilangin t&c nya, ribut di pengadilan :mky_03: atau kakinya pedal to the kampret mulu bawa ioniq5 cma dapet 200 km padahal beli yang long range :mky_03:

mending bikin lomba irit iritan deh kek laga pantura isuzu dulu, lebih jelas itu real world usage :big_bored:
Nanti lama2 T&Cnya :
Range 1000km (*without AC/Heater on, without hard acceleration, in eco mode, at 60km/h, without luggage, without passenger, without driver, no uphill only downhill)
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Bibieight »

Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39
DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.

Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
Yg pake EV udah GC 17cm tapi tetep apes ketemu batu segede helem nyimak di pojokan :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Btw, itu palangan sepur Juwingan ya ?, saya jg dapet disitu tapi kalo cuma poldur speed rendah si battery shield-nya si Ioniq masih aman....
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39 -cut-
Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
faizzz wrote: Fri Mar 01, 2024 5:52
linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
Jalan rumah saya jelek, waktu bawa palisade aja hampir gasruk, avanza sama ertiga beberapa kali gasruk, etios dulu sampe langganan penyok knalpotnya... 11.7mm? Kalau di tempat saya batre bisa pada penyok nanti. masa tiap ketemu jalan jelek dikit kudu bener2 pelan, siksa diri lagi. :big_biglaugh:
mobilover wrote: Fri Mar 01, 2024 3:22 -cut-

Mg 4 GCnya 11.7 om. Memang gak cocok utk jalan indonesia haha

Byd seal jg kerendahan menurut saya di 12 cm. GC utk jalan indonesia paling aman di level 15 cm ke atas lah. GC 13 cm an macam brio juga sering gasruk kena poldur dan jalan lubang haha

Bibieight wrote: Fri Mar 01, 2024 6:12 Yg pake EV udah GC 17cm tapi tetep apes ketemu batu segede helem nyimak di pojokan :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Btw, itu palangan sepur Juwingan ya ?, saya jg dapet disitu tapi kalo cuma poldur speed rendah si battery shield-nya si Ioniq masih aman....
wah turut berduka mbah Bibie 🙏🙏
itu sih 1 dibanding sekian ratus kejadian lah ya.

GC 17 cm mah cukup banget buat di perkotaan.

Actually, yg paling penting itu bukan GC, tapi ini..

Image


Penting banget buat mobil batre nih :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

faizzz wrote: Fri Mar 01, 2024 5:59
Nanti lama2 T&Cnya :
Range 1000km (*without AC/Heater on, without hard acceleration, in eco mode, at 60km/h, without luggage, without passenger, without driver, no uphill only downhill)
terus must be stored on room temperature not exceeding xx Fahrenheit for 24 hours and not overcharged, recommended not to use fast charger.

nyimpen mobil kek nyimpen daging beku aja :mky_07:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1298
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Or4cle »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 6:22
Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39 -cut-
Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
faizzz wrote: Fri Mar 01, 2024 5:52
linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
Jalan rumah saya jelek, waktu bawa palisade aja hampir gasruk, avanza sama ertiga beberapa kali gasruk, etios dulu sampe langganan penyok knalpotnya... 11.7mm? Kalau di tempat saya batre bisa pada penyok nanti. masa tiap ketemu jalan jelek dikit kudu bener2 pelan, siksa diri lagi. :big_biglaugh:
mobilover wrote: Fri Mar 01, 2024 3:22 -cut-

Mg 4 GCnya 11.7 om. Memang gak cocok utk jalan indonesia haha

Byd seal jg kerendahan menurut saya di 12 cm. GC utk jalan indonesia paling aman di level 15 cm ke atas lah. GC 13 cm an macam brio juga sering gasruk kena poldur dan jalan lubang haha

Bibieight wrote: Fri Mar 01, 2024 6:12 Yg pake EV udah GC 17cm tapi tetep apes ketemu batu segede helem nyimak di pojokan :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken:
Btw, itu palangan sepur Juwingan ya ?, saya jg dapet disitu tapi kalo cuma poldur speed rendah si battery shield-nya si Ioniq masih aman....
wah turut berduka mbah Bibie 🙏🙏
itu sih 1 dibanding sekian ratus kejadian lah ya.

GC 17 cm mah cukup banget buat di perkotaan.

Actually, yg paling penting itu bukan GC, tapi ini..

Image


Penting banget buat mobil batre nih :mky_03:
Nahh ini yang bikin Odyssey RB jadi bebek lumpuh di jalanan
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15625
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 6:22 wah turut berduka mbah Bibie 🙏🙏
itu sih 1 dibanding sekian ratus kejadian lah ya.

GC 17 cm mah cukup banget buat di perkotaan.

Actually, yg paling penting itu bukan GC, tapi ini..

Image


Penting banget buat mobil batre nih :mky_03:
tuh kan repot lg artinya EV gak bisa pasang lowering kit :ungg:

kita orang pake mobil bengsin mah kena poldur mentok2 kena juga sasis bagian tengah. EV diceperin kena langsung batre amsiong udah sukur2 gak meledak :upss:

tp yah pan orang pake EV gak demen modip2 kan yak... :upss:

eh lirik air EV pada dikandasin dibikin aneh aneh ... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

Or4cle wrote: Fri Mar 01, 2024 6:58

Nahh ini yang bikin Odyssey RB jadi bebek lumpuh di jalanan
Iyaa GC X wheelbasenya ody emang gak kaleng2 :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9769
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: Fri Mar 01, 2024 7:22

tuh kan repot lg artinya EV gak bisa pasang lowering kit :ungg:

kita orang pake mobil bengsin mah kena poldur mentok2 kena juga sasis bagian tengah. EV diceperin kena langsung batre amsiong udah sukur2 gak meledak :upss:

tp yah pan orang pake EV gak demen modip2 kan yak... :upss:

eh lirik air EV pada dikandasin dibikin aneh aneh ... :ngacir:
Kebakar sih nggak lah ya.
Mbah Bibie aman koq kena batu.

Cuma ya tinggal DC dicover asuransi apa nggak aja, klo batre kejeduk batu :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by ExorT »

mobilover wrote: Fri Mar 01, 2024 3:22 :big_weee:
linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 2:52
Andhyka wrote: Thu Feb 29, 2024 21:39

DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.

Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.

Screenshot 2024-03-01 043538.jpg

Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
loh mg4 14,7 atau 11,7 nih?! :big_chicken:

klo kondisi kosong 11,7 yah sayonara bos ke singapur aja sono :big_dunno:
Mg 4 GCnya 11.7 om. Memang gak cocok utk jalan indonesia haha

Byd seal jg kerendahan menurut saya di 12 cm. GC utk jalan indonesia paling aman di level 15 cm ke atas lah. GC 13 cm an macam brio juga sering gasruk kena poldur dan jalan lubang haha
MG4 Ground clerance, by brochure di 150mm keadaan unladen.

Kalau laden di 117mm. Entah actualnya gimana.

Anyway, paling ideal bagi saya kalau buat harian segala medan, minim ground clerance di 170mm.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Veyron
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 79
Joined: Fri May 07, 2010 9:46

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by Veyron »

Achien wrote: Thu Feb 29, 2024 5:44 untuk Jakarta chinese EV bakalan laris, dengan segala keterbatasan nya,
dikarenakan ada plus point :
-bebas ganjil genap
-pajak murah
-tidak kena progresif
-fitur berlimpah
-pulang rumah tinggal colok listrik, tidak perlu antri2 saat isi bensin


Semoga nanti mobil jepang bisa mengeluarkan lineup PHEV nya dengan harga yang kompetitif juga,
sehingga konsumen indonesia bisa punya banyak pilhan.
Nah, hal2 di atas yang buat orang beli EV kalo di Jakarta. Cuma pemakaian ya sebatas jabodetabek, paling jauh mgkn ke bandung. Kalau buat longtrip ke semarang, surabaya dll, paling aman pakai ICE. Isi BBM penuh, sampe surabaya masih sisa 1/3 tangki. Nggak perlu mikirin nge-charge lama. Bisa gaspol terus :big_grin:
Memang biasanya yang beli EV, kebanyakan pasti punya mobil ICE di rumahnya.
EV sebatas hanya pemakaian dalam kota dan sekitarnya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

bahas gc jgn lupa travel suspensi karena ev berat pasti jaraknya juga lumayan itu :mky_03:

makannya gampang jeder pantesn kek dolphin kemaren saya goyang2x keras amat :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3441
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by kendibocor »

Suryaputra wrote: Fri Mar 01, 2024 8:24
ChZ wrote: Fri Mar 01, 2024 7:22

tuh kan repot lg artinya EV gak bisa pasang lowering kit :ungg:

kita orang pake mobil bengsin mah kena poldur mentok2 kena juga sasis bagian tengah. EV diceperin kena langsung batre amsiong udah sukur2 gak meledak :upss:

tp yah pan orang pake EV gak demen modip2 kan yak... :upss:

eh lirik air EV pada dikandasin dibikin aneh aneh ... :ngacir:
Kebakar sih nggak lah ya.
Mbah Bibie aman koq kena batu.

Cuma ya tinggal DC dicover asuransi apa nggak aja, klo batre kejeduk batu :upss:
Kemaren iseng2 buka web bca expo di bagian simulasi kredit mobilnya uda dibedain asuransi EV ma non-EV. Ga gitu ngutak ngutik sih jd gatau apa beda harga yg pengaruhin cicilan/pembayaran pertama. mungkin insurance company uda pd sadar kalo sampe tuh batere kenapa2 bakalan mahal :big_grin:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
MrRichardhn
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Sun Nov 06, 2016 3:38

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by MrRichardhn »

ChZ wrote: Fri Mar 01, 2024 7:22
tuh kan repot lg artinya EV gak bisa pasang lowering kit :ungg:

kita orang pake mobil bengsin mah kena poldur mentok2 kena juga sasis bagian tengah. EV diceperin kena langsung batre amsiong udah sukur2 gak meledak :upss:

tp yah pan orang pake EV gak demen modip2 kan yak... :upss:

eh lirik air EV pada dikandasin dibikin aneh aneh ... :ngacir:
Saya pake Leaf full load aja udah ambles hahaha, tadinya mau pesen Tein H-Tech gajadi. Serem ternyata bisa ceper gitu, untung yg baterenya 40kWh jendolannya gak terlalu kebawah, kalo yg 62kWh udah deh gasruk hahaha.

Oiya dan BYD ini dibanding semuanya enak sih bawanya, paling refined rasanya. Tapi ya MG4 juga gak kalah bagus, di Aussie sama UK sana laris manisss, walaupun aftersales agak nganu. Overall mau dibilang Tesla killer kek Ioniq 5 killer kek, tetep yang primadona ya yang dikenal orang banyak a.k.a. Ioniq 5 sama Air EV. Sampe sekarang masih ada aja yang beli Air EV baru, kalo Ioniq 5 mungkin udah agak pelan dikit penjualannya. Tapi liat-liat di grup FB merk-merk ini banyak yang komplain udah taro duit SPK dari lama kok unitnya gak dateng-dateng. Alhasil balik lagi ke Wuling sama Hyundai karena ready stock dan dealernya lebih banyak.
1973 Volkswagen Super Beetle
2003 Honda Fit
2023 Nissan Leaf 40kWh
linschneider
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Thu Dec 08, 2022 8:18

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by linschneider »

MrRichardhn wrote: Fri Mar 01, 2024 14:05
ChZ wrote: Fri Mar 01, 2024 7:22
tuh kan repot lg artinya EV gak bisa pasang lowering kit :ungg:

kita orang pake mobil bengsin mah kena poldur mentok2 kena juga sasis bagian tengah. EV diceperin kena langsung batre amsiong udah sukur2 gak meledak :upss:

tp yah pan orang pake EV gak demen modip2 kan yak... :upss:

eh lirik air EV pada dikandasin dibikin aneh aneh ... :ngacir:
Saya pake Leaf full load aja udah ambles hahaha, tadinya mau pesen Tein H-Tech gajadi. Serem ternyata bisa ceper gitu, untung yg baterenya 40kWh jendolannya gak terlalu kebawah, kalo yg 62kWh udah deh gasruk hahaha.

Oiya dan BYD ini dibanding semuanya enak sih bawanya, paling refined rasanya. Tapi ya MG4 juga gak kalah bagus, di Aussie sama UK sana laris manisss, walaupun aftersales agak nganu. Overall mau dibilang Tesla killer kek Ioniq 5 killer kek, tetep yang primadona ya yang dikenal orang banyak a.k.a. Ioniq 5 sama Air EV. Sampe sekarang masih ada aja yang beli Air EV baru, kalo Ioniq 5 mungkin udah agak pelan dikit penjualannya. Tapi liat-liat di grup FB merk-merk ini banyak yang komplain udah taro duit SPK dari lama kok unitnya gak dateng-dateng. Alhasil balik lagi ke Wuling sama Hyundai karena ready stock dan dealernya lebih banyak.
ioniq 5n masukin sini ngepot kenceng klo harga puyeng jamin sales kenceng :mky_02:

endorse drift king jg :big_exellent:

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: BYD launching di Indonesia, akankah jadi EV terlaris?

Post by b0ku »

linschneider wrote: Fri Mar 01, 2024 16:25
ioniq 5n masukin sini ngepot kenceng klo harga puyeng jamin sales kenceng :mky_02:

endorse drift king jg :big_exellent:

saya amaze liat video speedonya 68-64% dalam 30detik 4% kalo di itung2x 100-0% dalam 12 menitan bisa record tuh :mky_03:


masa cuma setara type R kalah pula katanya 0-100 3.8 det mustinya setara GTR donk mana lebih mahal dari type r lagi masih kencengan type r yang cuma 5.4 det :big_bored:

ud lah seruan ini lagian padahal lebih lemot :mky_03:



soalnya keliatan tuh hyundai di tikungan waktunya abis buat benerin setir terus dia recovery pas lurus :big_biglaugh:
Last edited by b0ku on Fri Mar 01, 2024 23:12, edited 1 time in total.