Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Suryaputra wrote: Wed Feb 28, 2024 12:22
Contohnya saya nih.
Pk mbl CVT, klo nanjak terus2an, itu jd mantengin OBD suhu temperatur girboks CVT.
Salah satu contoh itu yaa saya sendiri
Klo mobil batre, aduh anxiety nya poll klo saya.
Mungkin berasa jd pilot pesawat terbang mantau segala macam instrumen
Udah plg bener ipah dijel matic
Tp nanjak mah mending mbah gak ampe beratus ratus km macem transjawabahn. Kepanasan tinggal melipir
Pilot pesawat mantau tuh segitu banyak instrumen aja berdua
Kaga pake acara nyari SPKLU tiap 2 jem kan lbh peace of mind bawa pesawat dong 15 hours flight on autopilot tinggal gantian ma copilot kalo ngantuk. Mantaunya sambil ngopi2 santai
b0ku wrote: Wed Feb 28, 2024 14:24
soalnya mobil bbm selama settingan fuelnya bener mah ud ada maxs consumptionnya jd gak bakalan borosnya ilang 50% kecuali tuh tangki bensin sama saluran bensin bocor
jatohnya pun lebih gampang di prediksi
nyetir pelan bikin ngantuk saya aja pernah microsleep di tol cirebon untung itu freed lurus mulu gak lari pas melek saya cuma nyadar hah gw tidur tapi mobil masih jalan lari 100kmh saking kosong dan jauh jalannya
ev mana seru lagian drag race aja juga gak usah lomba bacain brosur aja juga ud ketauan hasilnya tinggal suruh lawanya kalo mobil bensin run aja sendiri itung waktunya
Gunanya multi gear di ice yg macem 8-10 speed mah gila iritnya. BMW diesel tuh jakarta bali in one tank kalo niat. Makanya europ cinta bgt ama diesel buat long trip bejek2an di autobahn masi irit
Bawa EV sih gak bisa tidur malah liatin range ama speed terus
Last edited by ChZ on Wed Feb 28, 2024 23:44, edited 1 time in total.
linschneider wrote: Wed Feb 28, 2024 17:03
stay ice deh om
gitu aja ngantuk apalagi ini ga ada geter ama bunyinya
diesel biosol spido mentok kanan josssss
Nah makanya om, kl da biasa bawa turbo / cc besar, bawa electrified vehicle kyk ada yang hampa om... Bejek takut batre abis.... Napasnya cuma kuat kalo batre penuh...
Sy bawa kicks aja cuma bisa 1:13 om... Ya bejek 130-140 sih... Tapi itu sama kyk crv turbo 250hp saya jalan santai jg segitu.... Sepanjang jalan itu genset kicks gak berenti nyala....
Tahan 100 kph demi 20 km/l ya bisa... Tp ngapain siksa diri om
Suryaputra wrote: Wed Feb 28, 2024 12:22
Contohnya saya nih.
Pk mbl CVT, klo nanjak terus2an, itu jd mantengin OBD suhu temperatur girboks CVT.
Salah satu contoh itu yaa saya sendiri
Klo mobil batre, aduh anxiety nya poll klo saya.
Mungkin berasa jd pilot pesawat terbang mantau segala macam instrumen
Udah plg bener ipah dijel matic
Tp nanjak mah mending mbah gak ampe beratus ratus km macem transjawabahn. Kepanasan tinggal melipir
Pilot pesawat mantau tuh segitu banyak instrumen aja berdua
Kaga pake acara nyari SPKLU tiap 2 jem kan lbh peace of mind bawa pesawat dong 15 hours flight on autopilot tinggal gantian ma copilot kalo ngantuk. Mantaunya sambil ngopi2 santai
Iya, ngantri KopKen pickup aja masih lbh lama, dibanding ngisi bensin full dr lampu warning nyala
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 3:56
sbux kopinya gak lbh enak dr KopKen.
rugi dong
cuma signature choco nya aja sbux yg debest.
kalo pake ICE.... biasa cuma 2x stop di rest area buat pipis dan beli kopi biar gak ngantuk sisanya gas polll.
susahnya EV tuh bahkan negara maju aja chargernya banyak gak fungsi... kek russian roulette cari charger bawa EV mah. tiap rest area hrs disambangin cari yang nyala... apa tuh namanya kl bukan range anxiety
sayang kl ada reward gak dipake mbah wkwkkwkw... tp ane sekarang jg gak pernah ngopi di sbux biasa beli shaken tea aja
kalo kopi item enak point coffee punya
Last edited by ChZ on Thu Feb 29, 2024 4:05, edited 1 time in total.
Suryaputra wrote: Thu Feb 29, 2024 3:56
sbux kopinya gak lbh enak dr KopKen.
rugi dong
cuma signature choco nya aja sbux yg debest.
kalo pake ICE.... biasa cuma 2x stop di rest area buat pipis dan beli kopi biar gak ngantuk sisanya gas polll.
sayang kl ada reward gak dipake mbah wkwkkwkw... tp ane sekarang jg gak pernah ngopi di sbux biasa beli shaken tea aja
kalo kopi item enak point coffee punya
Bener.
klo jalan santai 120 kph, kayanya gak perlu stop 2x di rest area untuk isi bbm.
paling buat ngilangin ngantuk aja ngopi.
gak perlu sampai nginep hotel.
wkwkwkw.
udah makin sepi jg sbux.
Syukurlah, Bagus jadi ada opportunity untuk brand lokal rising.
klo rewards / point dsb, KopKen ok bingit
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
untuk Jakarta chinese EV bakalan laris, dengan segala keterbatasan nya,
dikarenakan ada plus point :
-bebas ganjil genap
-pajak murah
-tidak kena progresif
-fitur berlimpah
-pulang rumah tinggal colok listrik, tidak perlu antri2 saat isi bensin
Semoga nanti mobil jepang bisa mengeluarkan lineup PHEV nya dengan harga yang kompetitif juga,
sehingga konsumen indonesia bisa punya banyak pilhan.
Last edited by Achien on Thu Feb 29, 2024 5:47, edited 1 time in total.
ChZ wrote: Thu Feb 29, 2024 4:01
kalo kopi item enak point coffee punya
ini betul wkwkw.. dulu ngga percaya, masa iya kopi indomaret enak, begitu coba lah kok mantab, apa lagi dibanding harganya
maap OOT wkwk
menariknya ini point coffee word to word bener promotionnya. banyak denger testi di internet kalo point coffee enak termasuk kemaren ada orang bule bilang point coffee better than starbucks masalahnya orang di sekitar banyak yg bilang doyan point coffee.
KopKen rada berat di lambung kecuali ganti juara beans. murah kopken juara beans jg sih selisih 3 rebu
Last edited by ChZ on Thu Feb 29, 2024 7:39, edited 1 time in total.
ChZ wrote: Thu Feb 29, 2024 4:01
kalo kopi item enak point coffee punya
ini betul wkwkw.. dulu ngga percaya, masa iya kopi indomaret enak, begitu coba lah kok mantab, apa lagi dibanding harganya
maap OOT wkwk
menariknya ini point coffee word to word bener promotionnya. banyak denger testi di internet kalo point coffee enak termasuk kemaren ada orang bule bilang point coffee better than starbucks masalahnya orang di sekitar banyak yg bilang doyan point coffee.
KopKen rada berat di lambung. ane kurang cocok sih biarpun buat melek an cocok point punya lebih light espressonya.
KopKen pilih / nambah opsi: Juwara Beans
itu arabica-beans jd lbh soft di lambung.
hahahaha.
dan pilih kemasan reguler, jd single shot.
Bukan ajakan beli, dan no afiliasi sm KopKen
hidup Pertamax Gaspolll
Last edited by Suryaputra on Thu Feb 29, 2024 7:49, edited 1 time in total.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Seneng sih BYD masuk. kalau liat2, Atto 3 vs Omoda E5 vs ZS EV menarik juga sih persaingannya. soalnya kalau yg ground clearencenya renda2, saya rada waa2..
di luar itu, si pabrikan lama Wuling kan ada Cloud ya.. tapi masih pakai GBT, sebenernya apakah ada yg tau apakah ada konverter atau adapter dari GBT ke CCS Type 2 gak sih? dan apakah masuk dalam paket penjualannyakah? Thank u
ChZ wrote: Wed Feb 28, 2024 3:21
masalah nya EV (dan any battery based termasuk hybrid) performance itu sangat banyak *** nya.
1. kalau batrenya full (battery di bawah sekian persen, power akan dicut supaya batre nggak cepet habis ke SPKLU berikutnya)
2. kalau cuaca gak panas
3. kalau gak dikasih beban (towing atau tanjakan bakal berdampak sangat banyak ke range, makanya di negara bule EV skrg gak laku, terbukti range berkurang banyak ketika dikasih towing)
semua rontok begitu ketiganya nggak terpenuhi om
itu BYD seal, kemaren ada yg cerita 0-100 3.8s itu kalo batrenya full. kalo enggak di cut powernya. Tesla begitu pake ludicrous mode juga langsung panas gak bisa consecutive launch macem Porsche 911. bayangin padahal porsche 911 pake PDK dual clutch yang juga rentan panas.
electric motor itu masalahnya punya kurva efisiensi berbeda dgn bensin. makin digeber efisiensi akan makin rendah beda dgn petrol yang di range 80-120 malah lagi irit-iritnya apalagi kl turbo atau sese besar lari 140-150 masih rpm 2000-3000 itu masih irit. EV begitu digeber segitu range drop udah.
TL,DR;
kalo nggak bisa jaga speed atau tahan iman buat salip-salipan di toll, don't buy any battery powered car
+1 nambahin kalo cuaca ga dingin2 amat, cthnya negara subtropis pas winter sono jg range berkurang drastis blm lg kalo heaternya nyala lebih boros lg drpd nyalain AC, kalo mobil ICE heater dapet panasnya dr panas mesin lewat heater core, lha kalo EV dapetnya dari electric heater, langsung mode aliran siksa diri nyetirnya
Biasanya indonesia itu mengikuti trend di silicon valley.
Contoh:
- 10 tahun lalu terjadi startup bubble di indonesia
- di waktu yg bersamaan, di silicon valley, startup udh seleksi alam
- sekarang startup mulai seleksi alam di indonesia
Questions:
1. Apakah hal yg sama akan terjadi di Indonesia untuk EV battery powered?
2. Apakah powerbank berjalan itu hny FoMo (takut kehilangan trend)??...
Time will tell.
Today di US sono, sbg kiblatnya EV, kondisi Hybrid sales are going up
Biasanya indonesia itu mengikuti trend di silicon valley.
Contoh:
- 10 tahun lalu terjadi startup bubble di indonesia
- di waktu yg bersamaan, di silicon valley, startup udh seleksi alam
- sekarang startup mulai seleksi alam di indonesia
Questions:
1. Apakah hal yg sama akan terjadi di Indonesia untuk EV battery powered?
2. Apakah powerbank berjalan itu hny FoMo (takut kehilangan trend)??...
Time will tell.
Today di US sono, sbg kiblatnya EV, kondisi Hybrid sales are going up
ev 2023 all time high tapi mereka produksi terlalu banyak dan jd stock mati yang laku ya cuma tesla, ini yang saya omong dari dulu terusin aja sampe tinggi banget jualannya ntar suatu hari bakalan jatoh nyungsep karena makin banyak pakai makin banyak tau kekurangannya dan mereka bakalan keabisan konsumen yang fomo ya sekarang ud mulai deh
lagian di awal kemunculan mobil ev itu ud sempet merajai market
Biasanya indonesia itu mengikuti trend di silicon valley.
Contoh:
- 10 tahun lalu terjadi startup bubble di indonesia
- di waktu yg bersamaan, di silicon valley, startup udh seleksi alam
- sekarang startup mulai seleksi alam di indonesia
Questions:
1. Apakah hal yg sama akan terjadi di Indonesia untuk EV battery powered?
2. Apakah powerbank berjalan itu hny FoMo (takut kehilangan trend)??...
Time will tell.
Today di US sono, sbg kiblatnya EV, kondisi Hybrid sales are going up
ev 2023 all time high tapi mereka produksi terlalu banyak dan jd stock mati yang laku ya cuma tesla, ini yang saya omong dari dulu terusin aja sampe tinggi banget jualannya ntar suatu hari bakalan jatoh nyungsep karena makin banyak pakai makin banyak tau kekurangannya dan mereka bakalan keabisan konsumen yang fomo ya sekarang ud mulai deh
lagian di awal kemunculan mobil ev itu ud sempet merajai market
Jaman now gak butuh waktu lama, untuk cycle:
FoMo - mass adoption - sustain - innovate - FoMo - Mass adoption lagi... dan terus menerus dapetin feedback loop
Krn apa2 mudah viral sekarang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
fl4b1e wrote: Thu Feb 29, 2024 8:39
Seneng sih BYD masuk. kalau liat2, Atto 3 vs Omoda E5 vs ZS EV menarik juga sih persaingannya. soalnya kalau yg ground clearencenya renda2, saya rada waa2..
di luar itu, si pabrikan lama Wuling kan ada Cloud ya.. tapi masih pakai GBT, sebenernya apakah ada yg tau apakah ada konverter atau adapter dari GBT ke CCS Type 2 gak sih? dan apakah masuk dalam paket penjualannyakah? Thank u
Adapter yg buat charger AC sih dapet gratis sampe sekarang, nah yg bikin bingung yg DC. Ada sales yg bilang gratis, ada sales yg bilang enggak.... Cuma kalo Binguo DC tapi ndak bisa fast charging ya sama aja ndak bisa dipake jalan jauh
linschneider wrote: Wed Feb 28, 2024 17:03
stay ice deh om
gitu aja ngantuk apalagi ini ga ada geter ama bunyinya
diesel biosol spido mentok kanan josssss
Nah makanya om, kl da biasa bawa turbo / cc besar, bawa electrified vehicle kyk ada yang hampa om... Bejek takut batre abis.... Napasnya cuma kuat kalo batre penuh...
Sy bawa kicks aja cuma bisa 1:13 om... Ya bejek 130-140 sih... Tapi itu sama kyk crv turbo 250hp saya jalan santai jg segitu.... Sepanjang jalan itu genset kicks gak berenti nyala....
Tahan 100 kph demi 20 km/l ya bisa... Tp ngapain siksa diri om
utk saat ini memang ev ga bisa diperlakukan sama dgn ice. ada baiknya klo peminat2 diedukasi dulu dgn adaptasi2 yg hrs dilakukan, ngga cuman torsi instan interior mevvah murah meriah doang. come to terms dgn kelebihan dan kekurangan dr ev. klo tdk cocok atau blm mengerti lebih baik tidak beli, drpd kaget dan potensi ganggu pengguna jalan juga, kecuali nyari mobil sekunder/tersier dan kelebihan wit.
salah satunya cruising highwey antar kota. ev2 skr uda byk yg nunjukin bisa antar kota sampai lintas provinsi disini maupun luar, tp hrs ikutin cara mereka semua yaitu cruising di kecepatan stabil 80-120, mgkn sesekali nyalip boleh. mau zigzag makjleb 0-100 di padat merambat atau pedal rata karpet, yah, walahualam deh. gimana2 klo mau nyetir ala familyman yah paling cocok pake kendaraan yg dipake familyman; mau pentok 200+ irit murah ya diesel, mau pentok dan fun setir ya bavarian or ondah.
jangan mau gaya familyman tapi pake air ev
fl4b1e wrote: Thu Feb 29, 2024 8:39
Seneng sih BYD masuk. kalau liat2, Atto 3 vs Omoda E5 vs ZS EV menarik juga sih persaingannya. soalnya kalau yg ground clearencenya renda2, saya rada waa2..
di luar itu, si pabrikan lama Wuling kan ada Cloud ya.. tapi masih pakai GBT, sebenernya apakah ada yg tau apakah ada konverter atau adapter dari GBT ke CCS Type 2 gak sih? dan apakah masuk dalam paket penjualannyakah? Thank u
nungguin neh suv rwd( or awd) kapan masuk. song L tuh ahaayy. mg4 (xpower) jg asik.
inpo dr sohib di bank tengah asia yg lagi ultah byd ngga nyediain unit buat tes utk kaum sby, cbu arrival on mei all delivery only. sombonk banget dah
fl4b1e wrote: Thu Feb 29, 2024 8:39
Seneng sih BYD masuk. kalau liat2, Atto 3 vs Omoda E5 vs ZS EV menarik juga sih persaingannya. soalnya kalau yg ground clearencenya renda2, saya rada waa2..
di luar itu, si pabrikan lama Wuling kan ada Cloud ya.. tapi masih pakai GBT, sebenernya apakah ada yg tau apakah ada konverter atau adapter dari GBT ke CCS Type 2 gak sih? dan apakah masuk dalam paket penjualannyakah? Thank u
Adapter yg buat charger AC sih dapet gratis sampe sekarang, nah yg bikin bingung yg DC. Ada sales yg bilang gratis, ada sales yg bilang enggak.... Cuma kalo Binguo DC tapi ndak bisa fast charging ya sama aja ndak bisa dipake jalan jauh
DC home charging dapet dan dipasang di rumah oleh PLN Haleyora. Ada opsi antara tambah daya atau pasang meter baru. Semuanya gratis.
Betul, agak miris lihat ground clearance mobil EV seperti MG 4 dan BYD Seal padahal lokasi baterai ada di dek paling bawah mobil.
Screenshot 2024-03-01 043538.jpg
Mobil sedan saya yg gc-nya 13.5cm bolak balik gasruk polisi tidur dan rel kereta api di jalan Sby. Apalagi mobil EV yg gc-nya lebih rendah bakalan kena hantam polisi tidur dan resiko baterai rusak serta mogok di jalan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Sebenarnya EV sekelas Binguo dkk udah amat sangat mumpuni untuk pemakaian dalam kota. Akselerasi dari 0-60 itu naiknya cepet dan smooth banget udah tiba2 di atas 60 kmh. Nyalip, zig-zag, manuever gampang banget karena mobil lainnya terasa lemot.
Dan yang penting saat idle pas macet atau lampu merah tidak ada energi terbuang spt mobil ICE yg membakar BBM 2 liter/jam. Pengeluaran yg biasanya habis 4-5 juta/bulan karena pemakaian antar jemput anak sekolah & les (100% dalam kota) dgn mobil ICE berkurang drastis menjadi 500rb/bulan.
Untuk pemakaian tol lumayan irit juga sesuai perkiraan jarak tempuh. PP ke luar kota jarak tempuh 250kmh turun dari 100% ke 35%. Tapi ya tergantung cara berkendara juga jika stabil di 90kmh itu kecepatan paling irit untuk mobil EV.
Karena motor EV punya rpm juga sebenarnya tapi dengan rentang yg sangat lebar. Semakin tinggi kecepatan semakin tinggi pula RPM berputar. RPM Binguo EV di kecepatan 135kmh itu 10.000 RPM dan sudah mentok. Makanya Porsche sampai keluarin EV yg punya 2-speed. Gigi pertama untuk low speed, gigi kedua untuk high speed.
Untuk umur mobil EV tidak usah takut. Lifespan baterai LiFePo4 (LFP) yg ada di Wuling, BYD, MG, Tesla itu mencapai 3000-5000 cycle. Jika disetrum tiap 3 hari sekali itu bisa dipakai 30-50 tahun. Baterai lithium-ion NMC dgn lifespan 1000-1500 cycle aja banyak yg masih dipakai >10 tahun. Jangan bandingkan dgn baterai lithium-ion polymer (LiPo) yg dipakai di handphone itu cuma bisa 500 cycle.
IMO semua ada plus minusnya antara EV dan ICE. JIka medan yg dilalui sering berhenti, macet, lampu merah, stop n go dgn kecepatan max 50-60kmh, pilihan paling cocok ya EV. Jika sering ke luar kota, roadtrip, kecepatan di atas 80-100 kmh, jarang berhenti kecuali di rest area ya pilihkan mobil ICE.