Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

ginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34
3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55
arfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.

Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
Duo Raize Rocky masih sama pak.
Yang beda itu D-CVT Voxy dan Zenix, itu sudah beda teknologi dan mekanismenya. Itu dari info2 postingan suhu2 SM juga saya baca. CMIIW
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ginting »

AbdulHakim wrote: Sun Dec 18, 2022 0:09
ginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34
3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55

Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasut :big_think:
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
Duo Raize Rocky masih sama pak.
Yang beda itu D-CVT Voxy dan Zenix, itu sudah beda teknologi dan mekanismenya. Itu dari info2 postingan suhu2 SM juga saya baca. CMIIW
terima kasih atas informasinya, oom
really appreciate it.

kemaren nonton yutub ternyata di hybrid toyota maka udah gak ada belt-nya yg menghubungkan motor listrik dan mesin ICE, tapi melalui gear alias lebih awet mustinya.
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

ginting wrote: Mon Dec 19, 2022 9:45
AbdulHakim wrote: Sun Dec 18, 2022 0:09
ginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34

apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?
Duo Raize Rocky masih sama pak.
Yang beda itu D-CVT Voxy dan Zenix, itu sudah beda teknologi dan mekanismenya. Itu dari info2 postingan suhu2 SM juga saya baca. CMIIW
terima kasih atas informasinya, oom
really appreciate it.

kemaren nonton yutub ternyata di hybrid toyota maka udah gak ada belt-nya yg menghubungkan motor listrik dan mesin ICE, tapi melalui gear alias lebih awet mustinya.
Tapi jadi bergantung sama high voltage batere-nya, soalnya butuh power buat muter motor e-CVT-nya, jadi ada batasan minimal itu batere bisa simpan tenaga berapa persen, begitu dinyatakan ndak bisa buat kasih power ke motor e-CVT mobilnya pasti dibikin nge-brick....
Kalo yg hibrid model lama kan pakai diferensial sambung ke CVT biasa, kalo HV batere-nya mati total drawback-nya cuma ICE-nya 100% muter buat penggerak + muter dinamo buat AC+elektrikal2 lainnya...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Mon Dec 19, 2022 9:49
ginting wrote: Mon Dec 19, 2022 9:45
AbdulHakim wrote: Sun Dec 18, 2022 0:09
Duo Raize Rocky masih sama pak.
Yang beda itu D-CVT Voxy dan Zenix, itu sudah beda teknologi dan mekanismenya. Itu dari info2 postingan suhu2 SM juga saya baca. CMIIW
terima kasih atas informasinya, oom
really appreciate it.

kemaren nonton yutub ternyata di hybrid toyota maka udah gak ada belt-nya yg menghubungkan motor listrik dan mesin ICE, tapi melalui gear alias lebih awet mustinya.
Tapi jadi bergantung sama high voltage batere-nya, soalnya butuh power buat muter motor e-CVT-nya, jadi ada batasan minimal itu batere bisa simpan tenaga berapa persen, begitu dinyatakan ndak bisa buat kasih power ke motor e-CVT mobilnya pasti dibikin nge-brick....
Kalo yg hibrid model lama kan pakai diferensial sambung ke CVT biasa, kalo HV batere-nya mati total drawback-nya cuma ICE-nya 100% muter buat penggerak + muter dinamo buat AC+elektrikal2 lainnya...
yep
ini mekanismenya mirip sama honda hybrid pakai e-cvt bikinan mereka
(no cvt belt)





klo batre nya malfungsi, repot nih urusan nya:
1. apakah konsepnya jadi mirip loco diesel electric dengan limited power?
2. atau gak bisa jalan sama sekali / safe mode :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Mon Dec 19, 2022 10:36 klo batre nya malfungsi, repot nih urusan nya:
1. apakah konsepnya jadi mirip loco diesel electric dengan limited power?
2. atau gak bisa jalan sama sekali / safe mode :big_biglaugh:
Setelah berusaha memahami yutub-nya Weber Auto, kayaknya bisa nomor 1 ya ?.

Iseng2 pake simulasi ini : https://www.thecatalystis.com/gears/ buat mensimulasikan CVT-nya.
Nah disitu koneksi e-CVT sbb. :
1. Ring Gear (warna hijau) koneksi ke roda (bareng2 sama motor listrik-nya)
2. Planet Carrier (warna merah muda) koneksi ke mesin ICE
3. Sun Gear (warna biru) koneksi ke generator.

Asumsi operasi batere sehat :
  • Kalo batere penuh maka hanya motor listrik muter, karena planet carrier brenti (ketahan mesin mati) yang muter cuma ring gear (ke roda) sama sun gear (generator).
  • Begitu batere-nya abis generator muter sun gear buat nyalain ICE, begitu ICE nyala dia akan muter planet carrier, karena planet carrier muter maka sun gear-nya otomatis muter alias ngecas batere.
  • Nah, generator ndak jadi cas2an tapi malah jadi motor itu pas mainin ratio gear, misalnya pas mau nyelip (gigi rendah) sun gear muter maju lebih kenceng dari ring gear
  • Sebaliknya ngebut kenceng, biar mesin-nya RPM tetep rendah supaya ring gear bisa muter kenceng tapi planet carrier muter-nya rendah maka sun gear-nya muter mundur.
  • Pas stop go atau creeping di jakarta gimana ?. Umpama batere lagi low maka planet carrier akan muter sun gear kencengan dikit, powernya akan muter moter listrik. Jadi akan jalan di step 2 tapi ring gear yang ijo akan muter-brenti-muter-brenti karena diputer sama motor listrik.
  • Mundur gimana ?, ya motor listriknya dibalik polarisasinya, ring gear mundur pun rotasi planet carrier tetep maju.

Nah yang jadi masalah itu batere ndak boleh mati total, minimal harus ada power buat inital proses nomer 2, muter ICE via generator. Nah kalo soak2 dikit si paling gear-ratio-nya akan jadi aneh, alias mesinnya akan rev tinggi terus mau cepet mau lambat, soalnya tenaganya kan harus jadi listrik dulu buat muter motor listrik.....

Tapi selama sehat 100% ini adalah transmisi otomatis paling badak sedunia, karena sama sekali ndak pake TC atau DCT jadi 100% murni pake gear. Yang saya kagum, itu orang2 Toyota nemu ilham motor listrik + gear2an model2 macam bisa jadi transmisi matic tapa brata dimana ya :big_think: :big_think: :big_think:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Tue Dec 20, 2022 8:03
Suryaputra wrote: Mon Dec 19, 2022 10:36 klo batre nya malfungsi, repot nih urusan nya:
1. apakah konsepnya jadi mirip loco diesel electric dengan limited power?
2. atau gak bisa jalan sama sekali / safe mode :big_biglaugh:
Setelah berusaha memahami yutub-nya Weber Auto, kayaknya bisa nomor 1 ya ?.

Iseng2 pake simulasi ini : https://www.thecatalystis.com/gears/ buat mensimulasikan CVT-nya.
Nah disitu koneksi e-CVT sbb. :
1. Ring Gear (warna hijau) koneksi ke roda (bareng2 sama motor listrik-nya)
2. Planet Carrier (warna merah muda) koneksi ke mesin ICE
3. Sun Gear (warna biru) koneksi ke generator.

Asumsi operasi batere sehat :
  • Kalo batere penuh maka hanya motor listrik muter, karena planet carrier brenti (ketahan mesin mati) yang muter cuma ring gear (ke roda) sama sun gear (generator).
  • Begitu batere-nya abis generator muter sun gear buat nyalain ICE, begitu ICE nyala dia akan muter planet carrier, karena planet carrier muter maka sun gear-nya otomatis muter alias ngecas batere.
  • Nah, generator ndak jadi cas2an tapi malah jadi motor itu pas mainin ratio gear, misalnya pas mau nyelip (gigi rendah) sun gear muter maju lebih kenceng dari ring gear
  • Sebaliknya ngebut kenceng, biar mesin-nya RPM tetep rendah supaya ring gear bisa muter kenceng tapi planet carrier muter-nya rendah maka sun gear-nya muter mundur.
  • Pas stop go atau creeping di jakarta gimana ?. Umpama batere lagi low maka planet carrier akan muter sun gear kencengan dikit, powernya akan muter moter listrik. Jadi akan jalan di step 2 tapi ring gear yang ijo akan muter-brenti-muter-brenti karena diputer sama motor listrik.
  • Mundur gimana ?, ya motor listriknya dibalik polarisasinya, ring gear mundur pun rotasi planet carrier tetep maju.

Nah yang jadi masalah itu batere ndak boleh mati total, minimal harus ada power buat inital proses nomer 2, muter ICE via generator. Nah kalo soak2 dikit si paling gear-ratio-nya akan jadi aneh, alias mesinnya akan rev tinggi terus mau cepet mau lambat, soalnya tenaganya kan harus jadi listrik dulu buat muter motor listrik.....

Tapi selama sehat 100% ini adalah transmisi otomatis paling badak sedunia, karena sama sekali ndak pake TC atau DCT jadi 100% murni pake gear. Yang saya kagum, itu orang2 Toyota nemu ilham motor listrik + gear2an model2 macam bisa jadi transmisi matic tapa brata dimana ya :big_think: :big_think: :big_think:
Improvement dr yg sudah ada:
- loco diesel electric dr jaman jebot
- nissan epowah
- dll

Bukan cuma toyota... honda dan chevrolet do the same thing koq
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
wekiweko
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 178
Joined: Wed Sep 03, 2014 5:49

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by wekiweko »

ChZ wrote: Thu Dec 15, 2022 3:32
grimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.

Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
:big_childish: :big_childish: :big_childish:
lho tenang aja om, itu ionik 5 udah naik berapa puluh juta tuh sekarang :mky_03:

diskon pasti ditahan, indentnya aja ampe beranak dua :mky_03:

tenang saja, di indo diskon diskonan gini pasti udah dinaikin dulu :big_weee: ya minimal nanti nego diskon rada alot lah macem jaman ppnbm 0% :big_weee:
jangan lupa bala2 media otomotif digital (youtuber, instagram influencers) yang akan terdepan menjustifikasi setiap kenaikan harga mobil2 baru di Indonesia walau mereka juga mungkin juga kena imbasnya ga akan bisa beli mobil yang mereka bela (kecuali mungkin emang pentolan2 influencer kaya three stooges) :big_grin:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Cek deh
Kesamaan nya dgn hibrit nya toyota jaman now :big_peace:

In the future, akan bnyk mbl2 hibrit spt ini
Dan cocok buat Indonesia

Loco jenis ini sudah popular used for 60 yrs



Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 15:04 Cek deh
Kesamaan nya dgn hibrit nya toyota jaman now :big_peace:

In the future, akan bnyk mbl2 hibrit spt ini
Dan cocok buat Indonesia

Loco jenis ini sudah popular used for 60 yrs



Bener oom, malah setelah diliat2 secara transmisi kompleksitas jauh lebih rendah. Yg ilang malah part2 yg rentan ambrol, kl di matik konven : torque converter+body valve, kalo di CVT kuno : torque converter+pulley+belt.
Sayang arsitektur masih 200V gara2 nguber pake NiMH (yang memang badak sih :mky_01: :mky_01: :mky_01: ), coba pake arsitektur 400V, kabel2 lebih kecil separuh, batere bisa lebih gede, mesin bisa dikecilin pake WA-VE Daihatsu punya... si kalong merah punya kan dah 400v tuh....

Ini kalo liat belekannya Weber Auto, isinya transmisi kan cuma planetary gear set + 4 gear biasa terus dibungkus case, winding statornya ada di case itu. Kalo cuma begitu, ngerjain begitu doang kan gampang ya, wong sejak Innova Gen 1 launching mesin TR dah dibuat di Indonesia, lha ini koq mesin+transmisi segelundung masih harus impor Jepang ya ?... :big_think: :big_think: :big_think:

Atau jangan2 bener oom NR kalo TMC dah siap2 mau cabut darimari ?.... Kalo iya bener cabut, mah siap2 suka ndak suka kalo duit cekak opsinya cuma BEV-nya Hyundai atau kalo masih cinta ICE ya beli Daihatsu atau Kalong Merah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

Bibieight wrote: Wed Dec 21, 2022 1:17
Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 15:04 Cek deh
Kesamaan nya dgn hibrit nya toyota jaman now :big_peace:

In the future, akan bnyk mbl2 hibrit spt ini
Dan cocok buat Indonesia

Loco jenis ini sudah popular used for 60 yrs



Bener oom, malah setelah diliat2 secara transmisi kompleksitas jauh lebih rendah. Yg ilang malah part2 yg rentan ambrol, kl di matik konven : torque converter+body valve, kalo di CVT kuno : torque converter+pulley+belt.
Sayang arsitektur masih 200V gara2 nguber pake NiMH (yang memang badak sih :mky_01: :mky_01: :mky_01: ), coba pake arsitektur 400V, kabel2 lebih kecil separuh, batere bisa lebih gede, mesin bisa dikecilin pake WA-VE Daihatsu punya... si kalong merah punya kan dah 400v tuh....

Ini kalo liat belekannya Weber Auto, isinya transmisi kan cuma planetary gear set + 4 gear biasa terus dibungkus case, winding statornya ada di case itu. Kalo cuma begitu, ngerjain begitu doang kan gampang ya, wong sejak Innova Gen 1 launching mesin TR dah dibuat di Indonesia, lha ini koq mesin+transmisi segelundung masih harus impor Jepang ya ?... :big_think: :big_think: :big_think:

Atau jangan2 bener oom NR kalo TMC dah siap2 mau cabut darimari ?.... Kalo iya bener cabut, mah siap2 suka ndak suka kalo duit cekak opsinya cuma BEV-nya Hyundai atau kalo masih cinta ICE ya beli Daihatsu atau Kalong Merah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: ...
Perlu Kesiapan dr SDM sampai SOP produksi nya. :mky_03:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by sapifr22 »

Globalisasi, kalau tdk bisa bersaing secara cost, produksi bakal dari negara lain.
TR di Indonesia, GD di Thailand, kabarnya mesin hibrid ini dari India......
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by AbdulHakim »

Bukannya penduduk +62 sangat menghargai tinggi kalo mobilnya CBU Japan, ketimbang produksi Thai, Indo atau bahkan dari Indihe :big_grin:
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2941
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Salvanost »

keseringan denger Zenix 450an juta
pas tau captain seat 620 juta mundur teratur :big_biglaugh:

kayanya harus secepatnya manuver politik beli mobil 300an juta daripada harus direcokin disuruh keluar duit buat mobil impian keluarga 620juta
Fearised
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 90
Joined: Tue Jun 13, 2017 7:27
Location: Semarang
Daily Vehicle: Wagonr

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Fearised »

Mhn izin review dikit om ,alhamdulillah sudah dapat unit innova zenix bensin V putih,sudah 3 hari pakai:

Pros (+)
+model gagah 😍, terutama dari depan dan samping terlihat
mewah, imho ya
+posisi driver sangat commanding, mirip bawa dobel gardan,
macam ford ranger yg dipakai mertua (mobil dines)
+cukup irit dalkot tembus 10-11 an ,lukot blm dicoba ,smg bisa
Lebih,
+mesin dan transmisi halus perpindahan tdk terasa
+ interior row 2 lapang, ,lantai datar ,kaki selonjoran enak, jok kedua bisa rebah pol. Lebar jok juga mumpuni, menyangga paha dengan baik.
+row 3 oke jg untuk lapangnya ,dan bisa diisi 3 orang dewasa
ukuran medium
+suspensi moderate ,ayunan minimal, dibilang keras jg
tidak,lembut jg tidak, masih empukan all new livina (anl) saya
dl pkai sebelumnya. Cocok utk saya, blm cek tekanan angin ban berapa sejak dari dealer. Mgkn berlebih.
+ Kap mesin berat, tdk kopong, beda sama ketebalan plat di sisi samping dan belakang.

Const (-)
-posisi monitor tape ditengah depan terlalu tinggi,cenderung nutupi pandangan.
-desain lampu dan pintu belakang kurang bagus,mirip rush baru,kurang mewah utk mobil seharga hampir 500 jt
- tempat penyimpanan uang receh / dll di row 1 sisi tengah kurang, hanya ada botle holder 2. Tdk ada kompartemen utk taruh uang receh, kartu dll
- row 1 penumpng depan kurang lega vs anl, terasa sempit karena ada pemadam ditaruh di area kaki kiri, dashboard tengah persneling terlalu lebar
- jok cenderung keras, kurang bgt nyaman vs anl,blm lapis kulit, utg dapat bonus sarung jok dari salesnya ,dipasng saat inspeksi 1000 km.
-kualitas plastik interior menyedihkan pada beberapa titik yaitu : handgrip diatas pintu, bottle holder depan kanan kiri, tuas kisi, penutup dan pengarah ac, macam plastik daur ulang.😅.
-rear seat entertainment /rse sisi kiri saat jalan kurang baik, goyang muncul bunyi ala ala didalam bus antar propinsi.mgkn bisa dikencangkan.
-rse jg rawan kena headrest row 2 saat dilipat maju, dan rawan patah bila dikira handgrip, menurut saya lebih aman rse model didalam jok row 1 kanan kiri ,diatas sandaran kepala, dan ditambah car table ,macam innova v lama pada sisi bawahnya.
- kurang tempat akomodasi berupa car table, seperti diinova lama, tdk bisa diakali dengan car table after market ok headrest tertutup rse.
- colokan usb kabel tipe c ke tipe c ,tidak pakai model port usb
-kisi ac row 3 posisi tidak pas, terlalu maju ,disisi kanan kiri. hawa dingin risiko kena kepala penumpang di row 2, terutama saat row 2 dimundurkan maksimal, walaipun sudah ditutup ,tetap ada hawa ac dingin keluar , bikin pusing ( ini paling tdk nyamannya) sepertinya salah desain. Mgkn penempatan karena ada tipe panoramic roof sehingga posisi kisi ac harus disitu.

Mgn sekian review sementara dari saya, nanti bila ada update saya tambahi.

Salam dari Nugroho, semarang. 🙏
esaka
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Sat Jul 24, 2021 9:38

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by esaka »

Suryaputra wrote: Tue Dec 20, 2022 15:04 Cek deh
Kesamaan nya dgn hibrit nya toyota jaman now :big_peace:

In the future, akan bnyk mbl2 hibrit spt ini
Dan cocok buat Indonesia

Loco jenis ini sudah popular used for 60 yrs



Funny thing is...sehari sebelumnya saya juga lihat video ini dan menyimpulkan hal yang sama. Mobil hybrid justru akan mengadopsi teknologi kuno dari lokomotif diesel-electric. Mesin bakarnya untuk menggerakkan generator listrik. Jadi secara fisika praktis, bahan bakar berbasis karbon akan selalu lebih efisien menghasilkan energi listrik daripada baterai (at least for now) :big_exellent:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2285
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ilhami »

esaka wrote: Thu Dec 22, 2022 11:40
Funny thing is...sehari sebelumnya saya juga lihat video ini dan menyimpulkan hal yang sama. Mobil hybrid justru akan mengadopsi teknologi kuno dari lokomotif diesel-electric. Mesin bakarnya untuk menggerakkan generator listrik. Jadi secara fisika praktis, bahan bakar berbasis karbon akan selalu lebih efisien menghasilkan energi listrik daripada baterai (at least for now) :big_exellent:
Saya masih meragukan innova zenix mirip dengan lokomotif diesel electric.
Kalau diesel electric pasti ukuran generator nya juga akan besar. Mungkin tidak akan muat untuk ukuran mesin.

Yang mungkin mirip dengan diesel electric itu nissan e-power
ExorT
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ExorT »

ilhami wrote: Thu Dec 22, 2022 12:14
esaka wrote: Thu Dec 22, 2022 11:40
Funny thing is...sehari sebelumnya saya juga lihat video ini dan menyimpulkan hal yang sama. Mobil hybrid justru akan mengadopsi teknologi kuno dari lokomotif diesel-electric. Mesin bakarnya untuk menggerakkan generator listrik. Jadi secara fisika praktis, bahan bakar berbasis karbon akan selalu lebih efisien menghasilkan energi listrik daripada baterai (at least for now) :big_exellent:
Saya masih meragukan innova zenix mirip dengan lokomotif diesel electric.
Kalau diesel electric pasti ukuran generator nya juga akan besar. Mungkin tidak akan muat untuk ukuran mesin.

Yang mungkin mirip dengan diesel electric itu nissan e-power
Udah ada lebih dari 10 tahun di Europe, diesel hybrid dari peugeot (hybrid4 diesel).
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9716
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Suryaputra »

ilhami wrote: Thu Dec 22, 2022 12:14
esaka wrote: Thu Dec 22, 2022 11:40
Funny thing is...sehari sebelumnya saya juga lihat video ini dan menyimpulkan hal yang sama. Mobil hybrid justru akan mengadopsi teknologi kuno dari lokomotif diesel-electric. Mesin bakarnya untuk menggerakkan generator listrik. Jadi secara fisika praktis, bahan bakar berbasis karbon akan selalu lebih efisien menghasilkan energi listrik daripada baterai (at least for now) :big_exellent:
Saya masih meragukan innova zenix mirip dengan lokomotif diesel electric.
Kalau diesel electric pasti ukuran generator nya juga akan besar. Mungkin tidak akan muat untuk ukuran mesin.

Yang mungkin mirip dengan diesel electric itu nissan e-power
Fundamental nya kurang lebih sama mbah.
Karena motor untuk charge batterynya jinik, itu integrated di dalam girboks ecvtnya dan terhubung dgn drive shaft ke mesin.

Generator besar buat loco
Ya karena kan buat gerakin loco dgn bobot puluhan ton
Dan butuh 2000 HP :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 348
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Taufiq6210 »

ExorT wrote:
ilhami wrote: Thu Dec 22, 2022 12:14
esaka wrote: Thu Dec 22, 2022 11:40
Funny thing is...sehari sebelumnya saya juga lihat video ini dan menyimpulkan hal yang sama. Mobil hybrid justru akan mengadopsi teknologi kuno dari lokomotif diesel-electric. Mesin bakarnya untuk menggerakkan generator listrik. Jadi secara fisika praktis, bahan bakar berbasis karbon akan selalu lebih efisien menghasilkan energi listrik daripada baterai (at least for now) :big_exellent:
Saya masih meragukan innova zenix mirip dengan lokomotif diesel electric.
Kalau diesel electric pasti ukuran generator nya juga akan besar. Mungkin tidak akan muat untuk ukuran mesin.

Yang mungkin mirip dengan diesel electric itu nissan e-power
Udah ada lebih dari 10 tahun di Europe, diesel hybrid dari peugeot (hybrid4 diesel).
Bukannya hybrid4 itu mesin ICE gerakin roda depan sementara motor listrik gerakin roda belakang ya?
User avatar
ecodriver
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 65
Joined: Tue Oct 16, 2018 13:07
Location: ponorogo
Daily Vehicle: Astrea Grand

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ecodriver »

Fearised wrote: Thu Dec 22, 2022 8:15 Mhn izin review dikit om ,alhamdulillah sudah dapat unit innova zenix bensin V putih,sudah 3 hari pakai:

Pros (+)
+model gagah 😍, terutama dari depan dan samping terlihat
mewah, imho ya
+posisi driver sangat commanding, mirip bawa dobel gardan,
macam ford ranger yg dipakai mertua (mobil dines)
+cukup irit dalkot tembus 10-11 an ,lukot blm dicoba ,smg bisa
Lebih,
+mesin dan transmisi halus perpindahan tdk terasa
+ interior row 2 lapang, ,lantai datar ,kaki selonjoran enak, jok kedua bisa rebah pol. Lebar jok juga mumpuni, menyangga paha dengan baik.
+row 3 oke jg untuk lapangnya ,dan bisa diisi 3 orang dewasa
ukuran medium
+suspensi moderate ,ayunan minimal, dibilang keras jg
tidak,lembut jg tidak, masih empukan all new livina (anl) saya
dl pkai sebelumnya. Cocok utk saya, blm cek tekanan angin ban berapa sejak dari dealer. Mgkn berlebih.
+ Kap mesin berat, tdk kopong, beda sama ketebalan plat di sisi samping dan belakang.

Const (-)
-posisi monitor tape ditengah depan terlalu tinggi,cenderung nutupi pandangan.
-desain lampu dan pintu belakang kurang bagus,mirip rush baru,kurang mewah utk mobil seharga hampir 500 jt
- tempat penyimpanan uang receh / dll di row 1 sisi tengah kurang, hanya ada botle holder 2. Tdk ada kompartemen utk taruh uang receh, kartu dll
- row 1 penumpng depan kurang lega vs anl, terasa sempit karena ada pemadam ditaruh di area kaki kiri, dashboard tengah persneling terlalu lebar
- jok cenderung keras, kurang bgt nyaman vs anl,blm lapis kulit, utg dapat bonus sarung jok dari salesnya ,dipasng saat inspeksi 1000 km.
-kualitas plastik interior menyedihkan pada beberapa titik yaitu : handgrip diatas pintu, bottle holder depan kanan kiri, tuas kisi, penutup dan pengarah ac, macam plastik daur ulang.😅.
-rear seat entertainment /rse sisi kiri saat jalan kurang baik, goyang muncul bunyi ala ala didalam bus antar propinsi.mgkn bisa dikencangkan.
-rse jg rawan kena headrest row 2 saat dilipat maju, dan rawan patah bila dikira handgrip, menurut saya lebih aman rse model didalam jok row 1 kanan kiri ,diatas sandaran kepala, dan ditambah car table ,macam innova v lama pada sisi bawahnya.
- kurang tempat akomodasi berupa car table, seperti diinova lama, tdk bisa diakali dengan car table after market ok headrest tertutup rse.
- colokan usb kabel tipe c ke tipe c ,tidak pakai model port usb
-kisi ac row 3 posisi tidak pas, terlalu maju ,disisi kanan kiri. hawa dingin risiko kena kepala penumpang di row 2, terutama saat row 2 dimundurkan maksimal, walaipun sudah ditutup ,tetap ada hawa ac dingin keluar , bikin pusing ( ini paling tdk nyamannya) sepertinya salah desain. Mgkn penempatan karena ada tipe panoramic roof sehingga posisi kisi ac harus disitu.

Mgn sekian review sementara dari saya, nanti bila ada update saya tambahi.

Salam dari Nugroho, semarang. 🙏
nice review om.... :big_okay:
2GD Ven AE
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

jadi apakah zenix overprice?

zenix bisa 1:17, betmen biru 1:13,5

Bibieight
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 441
Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bibieight »

darrelund wrote: Fri Dec 23, 2022 19:52 jadi apakah zenix overprice?

zenix bisa 1:17, betmen biru 1:13,5

Cuma segitu ?, kirain bisa 1:20 - 1:25….. Kalo liat eCVTnya Zenix kan mestinya mesin jalan di RPM paling optimal terus ya ?, kalo cuma dapet segitu berarti yg kerja banyak si mesinnya dong ?. Si kalong juga aneh, batere 2x lebih gede malah FC kalah jauh, belum ngerti juga si model eCVTnya pararel macam Toyota pake planetary gear atau series model Honda…..
User avatar
Bulgogi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 916
Joined: Tue Mar 08, 2016 12:16

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by Bulgogi »

1:17 itupun dites media

Yakin sih, sehari-hari cuma 1:14 normal jakarta

Reborn dieselku aja cuma 1:12 traffic bintaro-jakarta
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1653
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by darrelund »

Bibieight wrote: Fri Dec 23, 2022 23:58
darrelund wrote: Fri Dec 23, 2022 19:52 jadi apakah zenix overprice?

zenix bisa 1:17, betmen biru 1:13,5

Cuma segitu ?, kirain bisa 1:20 - 1:25….. Kalo liat eCVTnya Zenix kan mestinya mesin jalan di RPM paling optimal terus ya ?, kalo cuma dapet segitu berarti yg kerja banyak si mesinnya dong ?. Si kalong juga aneh, batere 2x lebih gede malah FC kalah jauh, belum ngerti juga si model eCVTnya pararel macam Toyota pake planetary gear atau series model Honda…..
ternyata setelah kulik DHT di betmen ini kyknya mirip ama i-mmd oonda, dual mode hybrid (series-parallel)

Image

schaeffler:
Image
Image

honda i-mmd:
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15602
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan

Post by ChZ »

Bulgogi wrote: Sat Dec 24, 2022 0:38 1:17 itupun dites media

Yakin sih, sehari-hari cuma 1:14 normal jakarta

Reborn dieselku aja cuma 1:12 traffic bintaro-jakarta
itu juga type G, ban lebih kecil dan eco tyre (low rolling resistance) :mky_03: jd yang Q jangan2 malah 1:15 juga :mky_03: kalo innivi dizil mitic pake biosolar ya op costnya tetep murah innivi dizil mitic :mky_03: pake dex pun minimal innivi dizil mitic ga perlu ganti batre 30juta :big_biglaugh:

pantes tuh TAM taun depan masarin innivi dizil mitic lagi. ayo angkat suaramu para pecinta innivi dizil mitic :mky_03:

di mobil ukuran gini kayaknya hybrid batre kecil gini udah gak efisien :big_bored: ud berat jatohnya mesin bensin sering nyala. aturan pake plugin hybrid mobil gede. nyala nya luar kota aja.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7