Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 204
- Joined: Thu Apr 25, 2013 20:47
- Location: jakarta
- Daily Vehicle: xpander sport AT 2020
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
ini insentif sebentaran doang apa terus2an dalam jangka waktu yg lama ?
kalo seterusnya kayaknya nanti bisa bermunculan LMPV hybrid
kalo ada varian V HV TSS kayaknya menarik nih
soalnya itu ottoman nanggung kakinya gak bisa bener2 rebah kecuali duduk di kursi penumpang kiri + kursi penumpang depan di majuin full
kalo seterusnya kayaknya nanti bisa bermunculan LMPV hybrid
kalo ada varian V HV TSS kayaknya menarik nih
soalnya itu ottoman nanggung kakinya gak bisa bener2 rebah kecuali duduk di kursi penumpang kiri + kursi penumpang depan di majuin full
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Bisa jadialexand wrote: Wed Dec 14, 2022 20:14 ini insentif sebentaran doang apa terus2an dalam jangka waktu yg lama ?
kalo seterusnya kayaknya nanti bisa bermunculan LMPV hybrid
kalo ada varian V HV TSS kayaknya menarik nih
soalnya itu ottoman nanggung kakinya gak bisa bener2 rebah kecuali duduk di kursi penumpang kiri + kursi penumpang depan di majuin full
Klopun muncul, TAM akan jd pioneer
https://otodriver.com/berita/2022/jawab ... awcjgbcrid
hibrit2an di ertelu gak masuk kategori ya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Pasti akan banyak persyaratannya sih kayak kandungan lokal berapa % dan subsidi nilainya berdasarkan harga mobilnya. Yang hybrid palsu macam ertiga kayaknya gak masuk. Boros bensin malah dibanding yg versi bensin biasa. Subsidi mobil listrik ini kan konsepnya pindahin subsidi BBM ke subsidi harga mobil. Jadi minimal kl hybrid dapat subsidi pun harus yg pure hybrid supaya benefit irit BBM nya dapet
Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2080
- Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
- Location: CGK-BDO-JOG
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Masuk juga ni barang wkwk, akhirnya Toyota bisa tertawa kembali sementara Hyundai hmmmgrimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).
https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.
Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
![]()
![]()
![]()

Rocky R ADS CVT 2021
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
lho tenang aja om, itu ionik 5 udah naik berapa puluh juta tuh sekaranggrimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).
https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.
Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
![]()
![]()
![]()

diskon pasti ditahan, indentnya aja ampe beranak dua

tenang saja, di indo diskon diskonan gini pasti udah dinaikin dulu


1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 380
- Joined: Mon Dec 20, 2021 17:17
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males yaalvin23 wrote: Thu Dec 15, 2022 3:09Masuk juga ni barang wkwk, akhirnya Toyota bisa tertawa kembali sementara Hyundai hmmmgrimjow wrote: Wed Dec 14, 2022 14:41 Jumlah dari subsidinya ini akan kami hitung, tapi kira-kira untuk pembelian mobil listrik akan diberikan insentif sebesar Rp 80 juta, untuk pembelian mobil listrik berbasis hybrid akan diberikan insentif sebesar Rp 40 juta," kata Agus dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).
https://finance.detik.com/industri/d-64 ... -rp-8-juta.
Zenix hybrid subsidi 40 juta dong ya.
Asal harga ga dinaikin 50 juta taon depan.
![]()
![]()
![]()
![]()

Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.
Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 123
- Joined: Thu Mar 28, 2013 4:53
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Mgkn kemenperin toyodai fanboy dah ga sabar kasih subsidi, kemenkeu honda fnboy nunggu crv hrv haibritmobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 0:49
Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 770
- Joined: Wed Sep 18, 2019 16:52
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Voxy
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Harusnya hyundai memang lebih gercep untuk nyetok nya. Jangan ditahan, tahun kemarin dan awal tahun 2023 awal yang pas buat jor2an, mumpung pasar ev kompetisi nya masih sedikit. Wuling air ev aja laku, karena di harga 200-300 tidak ada pilihan lain.ExorT wrote: Thu Dec 15, 2022 3:35
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males ya![]()
Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.
Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan![]()
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
jadi subsidi hybrid sama saja dengan harga baterai nya...gratis baterai gitu ..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekatheiituaku wrote: Thu Dec 15, 2022 4:38Mgkn kemenperin toyodai fanboy dah ga sabar kasih subsidi, kemenkeu honda fnboy nunggu crv hrv haibritmobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 0:49
Tapi katanya masih alot antara kemenkeu dan kemenperin. Sepertinya masih butuh waktu sampai kebijakannya beneran jadi diimplementasikan
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 615
- Joined: Sun Apr 03, 2011 14:25
- Daily Vehicle: 205系電車
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasutarfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.
Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.

Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Itu yg di-bold udah pasti om?mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 859
- Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Iya pasti om. Udah diumumin sm honda jg mau masukin mobil hybrid 2 type tahun depan. Dugaan terkuat di crv dan accord hybrid yg dipajang di giias tahun ini. Cuma yah harganya entah yah mungkin 700 juta ke atas
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ahun-depanAbdulHakim wrote: Thu Dec 15, 2022 13:05Itu yg di-bold udah pasti om?mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
Siap2 nih mbah Abdul kayanyaHanya saja, sebagaimana dikatakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, produk terkait belum bisa diungkapkan. Begitu pula terkait jadwal pasti peluncuran, apakah di semester pertama atau kedua.
"Tahun depan kami berkomitmen untuk memperkenalkan dua mobil hybrid. Lalu pada tahun-tahun berikutnya dikenalkan mobil listrik lainnya termasuk yang akan diproduksi lokal," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/8/2022).
"Tujuan kita full electric vehicle. Tetapi untuk menuju ke sana kita menilai butuh transisi atau jembatan yakni melalui teknologi hybrid," ucap Billy.
Sebelumnya pada ajang GIIAS 2022, HPM memperkenalkan CR-V hybrid dan Accord hybrid ke khalayak ramai. Sayangnya, kedua mobil itu masih dalam tahap pengenalan saja, belum diproduksi dan dijual secara massal di Indonesia.
Kendaraan tersebut, akan menjadi suksesor langkah elektrifikasi perseroan di Tanah Air.
“Jadi untuk menuju elektrifikasi itu ada jembatannya, untuk membuat konsumen familiar apa sih elektrifikasi. Kami menganggap hybrid itu jembatannya, sambil melihat infrastruktur ke depan. Itu paling penting, karena teknologi yang sesungguhnya adalah yang membuat konsumen senang,” lanjutnya.


Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 176
- Joined: Tue May 17, 2016 4:16
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Bener sih ini. Daripada bikin sang bintang nggak laku.timbermaniac123 wrote: Thu Dec 15, 2022 5:22Harusnya hyundai memang lebih gercep untuk nyetok nya. Jangan ditahan, tahun kemarin dan awal tahun 2023 awal yang pas buat jor2an, mumpung pasar ev kompetisi nya masih sedikit. Wuling air ev aja laku, karena di harga 200-300 tidak ada pilihan lain.ExorT wrote: Thu Dec 15, 2022 3:35
Kalau indennya tetap 18 bulan, mau beli juga males ya![]()
Hyundai harus gercep ini kalau mau kebagian kue nya.
Thailand tahun ini menggiurkan sekali pilihan mobil listrik baru2nya dari merk non mainstream. Semoga Indo segera kecipratan![]()
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10470
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Ini pasti dalam rangka veloz hybrid tahun depan launching ya? Hahah, tahun lalu booming dapet free ppnbm, taun depan free senilai batre 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1755
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Amiin, semoga nanti ada rejekinya buat tuker ke gen 6 Hybrid.. AmiinSuryaputra wrote: Thu Dec 15, 2022 15:00https://otomotif.kompas.com/read/2022/0 ... ahun-depanAbdulHakim wrote: Thu Dec 15, 2022 13:05Itu yg di-bold udah pasti om?mobilover wrote: Thu Dec 15, 2022 6:03 Nah yg jadi issue itu kalau mobil CBU tapi punya pabrik di indo gimana ceritanya? Soalnya honda udah mutusin utk impor utuh CBU CRV hybrid dr thai. Apakah tetap dapat insentif? Yg udah pasti dapat insentif sih macam toyota, hyundai, wuling yg udah produksi lokal di sini. Mobil listrik cbu terus gimana? Kl nunggu bisa produksi lokal sih bakal lama sih baru bisa. Kayaknya pasti ada grace period di mana mobil cbu masih bisa dapat insentif asalkan ada komitmen / mou untuk produksi lokal dalam jangka waktu dekat
Maksudnya CRV Hybrid bakal masuk indo? Tumben..
Siap2 nih mbah Abdul kayanyaHanya saja, sebagaimana dikatakan Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, produk terkait belum bisa diungkapkan. Begitu pula terkait jadwal pasti peluncuran, apakah di semester pertama atau kedua.
"Tahun depan kami berkomitmen untuk memperkenalkan dua mobil hybrid. Lalu pada tahun-tahun berikutnya dikenalkan mobil listrik lainnya termasuk yang akan diproduksi lokal," ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Senin (15/8/2022).
"Tujuan kita full electric vehicle. Tetapi untuk menuju ke sana kita menilai butuh transisi atau jembatan yakni melalui teknologi hybrid," ucap Billy.
Sebelumnya pada ajang GIIAS 2022, HPM memperkenalkan CR-V hybrid dan Accord hybrid ke khalayak ramai. Sayangnya, kedua mobil itu masih dalam tahap pengenalan saja, belum diproduksi dan dijual secara massal di Indonesia.
Kendaraan tersebut, akan menjadi suksesor langkah elektrifikasi perseroan di Tanah Air.
“Jadi untuk menuju elektrifikasi itu ada jembatannya, untuk membuat konsumen familiar apa sih elektrifikasi. Kami menganggap hybrid itu jembatannya, sambil melihat infrastruktur ke depan. Itu paling penting, karena teknologi yang sesungguhnya adalah yang membuat konsumen senang,” lanjutnya.![]()
![]()
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Sat Jan 02, 2016 11:03
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Kuliah umum profesor Kelly dr Weber Univ. :
Agak berat, butuh dengerin 3-4 kali, tapi kalo bener ini transmisinya Zenix = RAV4, berarti CVT-nya sama sekali tidak pakai belt. Jadi variabilitasnya disediakan sama motor #2 via planetary gear set yg nyambung langsung ke ICEnya. Kuncinya itu ada di planetary gear set yg menghubungkan antara ICE dengan motor #2. Nah rotational speed motor #2 + rotasi ICE ini yg kerjasama ngatur berapa banyak torsi dr ICE yg pergi ke final drive. Untuk EVnya disediakan dr motor #1 yg ambil power langsung dr batere. Kurlebnya, 100% gear tanpa belt.
Kalo ada yg kuatir jalan 60 km/h tau2 mesin nyala RPM tinggi, harusnya si enggak, bisa lompat ke mode 3, kalo mesin mati, motor #2 akan muter pelan dulu baru pelan2 naik sesuai kecepatan dan driving mode.
Nah kalo butuh torsi (buat nyelip/nguber cumi2 darat, bisa pergi ke bagian underdrive, disitu motor #2 muter lebih cepet cepet, controller ICE akan ngimbangin naik in RPM, jadi tenaga keluar lebih banyak.
Kesimpulan pertama : ini benernya akhirnya sama ama EV, all in kontrol 100% elektronik, ICE cuma kerja tergantung pesanan kebutuhan tenaga, terus HV batere 100% penting buat atur putaran motor #2, jadi ndak bisa pake batere yg 100% soak (yakin ada cutoff voltase, dibawah itu mobil ngebrick kyk EV). Terus durabilitynya ya tergantung ama seberapa durabel si inverter, kontroler+motor #2 baru kontroler+motor #2.
Kesimpulan kedua : transmission wise, ini badak bener, kayak balik kucing ke transmisi manual. Selama proses bikinnya ndak kayak si jedug, dijamin lebih awet daripada transmisi matic TC apalagi CVT.
Dibandingin ama pure EV gimana ?, ini jauh lebih kompleks, point of failure jauh banyak, tapi berhubung Toyota ya ndak mungkin ada failure kan ?. Item to maintain ada 2, ICE ama EV. Di EV ada motor 2 biji sama inverternya.
Kalo EV mechanical wise far less complex, tapi tiji-tibeh, batere dut ya dut betulan, selain inverter, point of failure terbesar di batere, tapi degradasinya linear, jd tergantung ama manufaktur baterenya siapa.
Agak berat, butuh dengerin 3-4 kali, tapi kalo bener ini transmisinya Zenix = RAV4, berarti CVT-nya sama sekali tidak pakai belt. Jadi variabilitasnya disediakan sama motor #2 via planetary gear set yg nyambung langsung ke ICEnya. Kuncinya itu ada di planetary gear set yg menghubungkan antara ICE dengan motor #2. Nah rotational speed motor #2 + rotasi ICE ini yg kerjasama ngatur berapa banyak torsi dr ICE yg pergi ke final drive. Untuk EVnya disediakan dr motor #1 yg ambil power langsung dr batere. Kurlebnya, 100% gear tanpa belt.
Kalo ada yg kuatir jalan 60 km/h tau2 mesin nyala RPM tinggi, harusnya si enggak, bisa lompat ke mode 3, kalo mesin mati, motor #2 akan muter pelan dulu baru pelan2 naik sesuai kecepatan dan driving mode.
Nah kalo butuh torsi (buat nyelip/nguber cumi2 darat, bisa pergi ke bagian underdrive, disitu motor #2 muter lebih cepet cepet, controller ICE akan ngimbangin naik in RPM, jadi tenaga keluar lebih banyak.
Kesimpulan pertama : ini benernya akhirnya sama ama EV, all in kontrol 100% elektronik, ICE cuma kerja tergantung pesanan kebutuhan tenaga, terus HV batere 100% penting buat atur putaran motor #2, jadi ndak bisa pake batere yg 100% soak (yakin ada cutoff voltase, dibawah itu mobil ngebrick kyk EV). Terus durabilitynya ya tergantung ama seberapa durabel si inverter, kontroler+motor #2 baru kontroler+motor #2.
Kesimpulan kedua : transmission wise, ini badak bener, kayak balik kucing ke transmisi manual. Selama proses bikinnya ndak kayak si jedug, dijamin lebih awet daripada transmisi matic TC apalagi CVT.
Dibandingin ama pure EV gimana ?, ini jauh lebih kompleks, point of failure jauh banyak, tapi berhubung Toyota ya ndak mungkin ada failure kan ?. Item to maintain ada 2, ICE ama EV. Di EV ada motor 2 biji sama inverternya.
Kalo EV mechanical wise far less complex, tapi tiji-tibeh, batere dut ya dut betulan, selain inverter, point of failure terbesar di batere, tapi degradasinya linear, jd tergantung ama manufaktur baterenya siapa.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
klo melihat spec oli girboks CVT nya; sangat beda yah dgn CVT toyota jaman now yg menggunakan (physically there) CVT belt.Bibieight wrote: Sat Dec 17, 2022 3:12 Kuliah umum profesor Kelly dr Weber Univ. :
Agak berat, butuh dengerin 3-4 kali, tapi kalo bener ini transmisinya Zenix = RAV4, berarti CVT-nya sama sekali tidak pakai belt. Jadi variabilitasnya disediakan sama motor #2 via planetary gear set yg nyambung langsung ke ICEnya. Kuncinya itu ada di planetary gear set yg menghubungkan antara ICE dengan motor #2. Nah rotational speed motor #2 + rotasi ICE ini yg kerjasama ngatur berapa banyak torsi dr ICE yg pergi ke final drive. Untuk EVnya disediakan dr motor #1 yg ambil power langsung dr batere. Kurlebnya, 100% gear tanpa belt.
Kalo ada yg kuatir jalan 60 km/h tau2 mesin nyala RPM tinggi, harusnya si enggak, bisa lompat ke mode 3, kalo mesin mati, motor #2 akan muter pelan dulu baru pelan2 naik sesuai kecepatan dan driving mode.
Nah kalo butuh torsi (buat nyelip/nguber cumi2 darat, bisa pergi ke bagian underdrive, disitu motor #2 muter lebih cepet cepet, controller ICE akan ngimbangin naik in RPM, jadi tenaga keluar lebih banyak.
Kesimpulan pertama : ini benernya akhirnya sama ama EV, all in kontrol 100% elektronik, ICE cuma kerja tergantung pesanan kebutuhan tenaga, terus HV batere 100% penting buat atur putaran motor #2, jadi ndak bisa pake batere yg 100% soak (yakin ada cutoff voltase, dibawah itu mobil ngebrick kyk EV). Terus durabilitynya ya tergantung ama seberapa durabel si inverter, kontroler+motor #2 baru kontroler+motor #2.
Kesimpulan kedua : transmission wise, ini badak bener, kayak balik kucing ke transmisi manual. Selama proses bikinnya ndak kayak si jedug, dijamin lebih awet daripada transmisi matic TC apalagi CVT.
Dibandingin ama pure EV gimana ?, ini jauh lebih kompleks, point of failure jauh banyak, tapi berhubung Toyota ya ndak mungkin ada failure kan ?. Item to maintain ada 2, ICE ama EV. Di EV ada motor 2 biji sama inverternya.
Kalo EV mechanical wise far less complex, tapi tiji-tibeh, batere dut ya dut betulan, selain inverter, point of failure terbesar di batere, tapi degradasinya linear, jd tergantung ama manufaktur baterenya siapa.
sederhana nya gini:
1. emang ini girboks nya mensimulasikan cara kerja CVT
2. secara fisik mekanikal gak menggunakan CVT belt
3. jadi mesin berfungsi juga layaknya genset yg cara kerjanya seperti loko electric
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 43
- Joined: Sun Oct 28, 2018 0:53
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..
Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12527
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
Melihat previous gen...Donadoni1717 wrote: Sat Dec 17, 2022 11:57 Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..
Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
Beda G ke V sangat worth.
Selain perbedaan yg nampak di brosur, sound insulation jg berasa bedanya

Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
wah kalau era ribon sih kerasa bangetSuryaputra wrote: Sat Dec 17, 2022 12:08Melihat previous gen...Donadoni1717 wrote: Sat Dec 17, 2022 11:57 Denger2 inden hybrid bs sampe bln 8 tahun depan apa bner..lama jg ya klo gitu..
Lalu klo ambil tipe bensin v apa worth it beda sama g ga terlalu signifikan
Beda G ke V sangat worth.
Selain perbedaan yg nampak di brosur, sound insulation jg berasa bedanya![]()
kontur joknya aja ada beda kan antara g sm v

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4384
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasutarfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.
Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.![]()
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 803
- Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
mungking maksutnya riil Toyota dan Toyota-daihatsuginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasutarfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.
Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.![]()
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt

It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 795
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Pada Akhirnya Toyota Innova Akan Monokok Dan Penggerak Roda Depan
TeeRDe (toyota rakitan daihatsu) msh daihatsu omginting wrote: Sat Dec 17, 2022 15:34apakah CVT Raize (toyota) beda sama CVT Rocky (daihatsu) oom ?3mul wrote: Thu Dec 15, 2022 10:55Hmmm.... Serupa tapi tak sama dgn D-CVT nya diahasutarfs wrote: Wed Dec 14, 2022 8:13
Penasaran juga sama gearbox CVT Toyota yang baru ada launch first gear nya buat hilangin kesan rubber-band effect nya.
Jadi setelah mencapai kecepatan tertentu baru switch ke belt drive CVTnya.
Kalau info dari mbah wikipedia, zenix non-hybrid juga sudah memakai CVT generasi terbaru itu.![]()
Diahasut: low speed on CVT belt, hi speed on gear
Atoyot: low speed on gear, hi speed on CVT belt

