sebagai ex user xenia gen 1 XI MT 2008, Avanza G MT 2012 non airbag, Avanza G MT 2015 airbag, dan GNA G MT 2017 saya bantu jawab ya
kalo kriteria om TS 2 itu, xenia sudah memenuhi kriteria kok, punya saya dulu selama make gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang dan kalo om bilang kurang stabil sih memang iya, diatas 100 kpj udh kerasa limbungnya, apalagi kalo di tol, dan kalo konsumsi bbm ya standar lah buat saya (1:10-11 ) dalkot, masih lebih stabil dan lebih irit yg dual vvti , cuma plusnya yg gen ini, tarikan bawah dan tengahnya lebih ngisi dibanding yg dual vvti menurut saya , kalo dual vvti, baru ngisinya di putaran tengah - atas karakternya dan kalo perawatan tergolong murah dan mudah kok, partnya banyak dimana mana dan banyak bengkel yg bisa benerin + bandel dan awet dan juga partnya cukup mudah didapatkan karena tersedia dimana mana
dan kalo soal budget, 80-90 buat xenia R 2012, sepertinya agak mepet ya, apalagi yg om cari xenia R deluxe . secara xenia R tahun segitu ada 4 trim (R STD, R deluxe, R family dan R sporty) kalo lokasi om TS di jatim,paling dapetnya kalo mau yg 2012 dapetnya yg R std (sama persis kek tipe X tampilannya, kecuali spionnya doang yg lebih gede ukurannya , tapi persis kek avanza E, gaada sen di spionnya, kalo yg R deluxe - sporty, udh ada sen di spionnya, dan velgnya juga pake velg alloy dan udh ada foglampnya , bukan kaleng kek di tipe X dan R std, dan blm ada foglampnya juga kalo di tipe X dan R STD, tipe R deluxe keatas baru ada foglampnya kalo di varian 1.3 nya) . kalopun mau yg R deluxe keatas, ya dapetnya yg 2011 akhir paling (itupun masih agak mepet), dan nyarinya kudu sabar secara unitnya cukup jarang (sama kaya GNA GNX 2015 atau ertiga FL tahun 2015 akhir) . dan usahakan nyari di pemakai langsung, bawa kenalan yg ngerti mobil jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan . secara nyari xenia tahun segitu yg masih oke agak susah, secara banyak dipake buat workhorse ownernya, dan banyak juga yg dijadiin armada PT, rental dan taksol, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak. lebih baik harga lebih mahal sedikit tapi kondisi oke daripada asal murah tapi banyak PR nya. dan lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas daripada km rendah tapi history servicenya gajelas dan huntingnya pelan2 , jangan buru2, siapin minimal 2 opsi biar ada pembanding sehingga lebih tau, dari segi harga dan kondisi lebih cocok ke yg mana, dan hal lain yg kudu diperhatiin kalo mau ambil xenia 2012:
- hati2 sama odo puteran (seperti yg saya bilang diatas, mobil xenia banyak yg dijadiin workhorse ownernya, armada PT ,rental dan taksol) . jadi yg kondisinya udh cape dan ga karuan banyak . indikator paling gampang ceknya adalah kondisi kulit jeruk di setir, kondisi doortrim , kondisi pedal, kondisi chrome2an di deket tuas transmisi dan seatbelt . kalo km mobil dibawah 100 rb tapi kulit jeruk di setirnya udh licin , apalagi sampe oglek kalo dipegang, pedal gas dan remnya udh haus,kondisi doortrimnya udh kotor parah (secara warna doortrimnya kalo xenia 2012 itu aslinya warna silver, which is kalo sering disendrin tangan bakal jadi hitam secara perlahan2 hehehe, kondisi chrome2an di deket tuas perenelingnya juga udh pudar atau karatan, dan seatbeltnya udh jamuran mending skip aja, karena besar kemungkinan kalo mobil tersebut udh jalan cukup jauh dan sering dipake tiap hari (atau ada indikasi odometernya sudah dimundurin) . karena saya sendiri pernah ngalamin. dulu akhir tahun lalu juga ada di posisi yg sama seperti om TS, bedanya waktu itu saya nyari kembarannya, avanza G MT 2014-2015 airbag, udh survei belasan bahkan lebih dari 13 unit gaada yg cocok kondisinya, kebetulan saya nyarinya di jabodetabek, sampe akhirnya dapet 1 unit tahun 2015 yg harga dan kondisinya masuk akal, cuma karena masih awam mobekas, saya tergiur dengan km rendah (waktu itu pas saya beli km nya 78rban, ternyata pas dicek ke beres toyota, mobil tersebut sudah pernah servis di km 140 rb

) , dengan indikasi karpet jorok , pedal gas dan rem udh haus, kulit jeruk di setir juga udh licin sebagian , seatbelt tengah berjamur dan kotor parah + rel di kursi driver karatan . plusnya mobil masih full ori luar dalem, naikkan masih lumayan enak dan ac dingin + kaki2nya masih cukup senyap, dan bodi masih lempeng bukan bekas tabrakan maupun banjir , minus buku servis gaada . akhirnya cuma 1 bulan pake, mobil tersebut saya jual karena sudah ga sreg lg dengan mobilnya
- buku manual, buku servis, dan faktur WAJIB ADA.lebih bagus lg kalo dilengkapin sm gantungan oli dan nota perawatan baik beres ataupun spesialis, jadi lebih jelas apa aja yg harus dilakukan kedepannya terhadap mobil tersebut. kalo 3 hal tersebut gaada mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya
- kaki2 dan mesin. jangan takut buat ngolong, cek apakah ada rembesan oli atau tidak , karena 2 bagian ini cukup rawan rembes kalo di xenia 2012 ini ,apalagi umurnya udh 9 tahun dan km nya diatas 150rb
- perkabelan dan elektrikal: coba perhatiin bagian ini kalo nyari xenia 2012, usahain cari yg masih ori dan bagus perkabelannya , secara xenia tahun segitu udh banyak yg jatoh ke tangan yg salah dan dimodif jamet gajelas which is banyak juga yg kabelnya udh akal2an atau ada jumper2an which is ga aman buat jangka panjang , apalagi instalasinya asal asalan menurut saya
kalo budget buat beresin mobilnya ya paling siapin kurleb 5jtan lah diluar harga mobil buat perbaikkan, karena namanya mobil bekas apalagi udh berumur hampir 10 tahun pasti ada aja yg harus diperbaiki
kalo alternatif ya bisa lirik ertiga gen awal GL MT 2012, sepertinya masuk budget, lebih nyaman , lebih empuk dan fiturnya lebih lengkap dibanding xenia. minusnya cuma di tarikan bawahnya aja yg agak kurang dibanding xenia menurut saya hehehe