Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Permisi om,,
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
menurut saya itu sudah cukup logis pilihannya oom..syaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 11:56 Permisi om,,
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
kalau mau alternative lain bisa pilih juga ertiga generasi awal.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26940
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
duo calya sigra
ga wajip metik kan ???
calsig manual seken ud dibawah 100 banyak
perawatan murah khas taksol
bbm jg irittt, lebi irit dari avxen
ga wajip metik kan ???
calsig manual seken ud dibawah 100 banyak
perawatan murah khas taksol
bbm jg irittt, lebi irit dari avxen
numpang lewat aja....
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Sbnernya ane emg paling demen sama ertiga,ginting wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 12:56menurut saya itu sudah cukup logis pilihannya oom..syaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 11:56 Permisi om,,
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
kalau mau alternative lain bisa pilih juga ertiga generasi awal.
Tp kok ane rasa ertiga blm ada yg dibawah 100 ya om
Last edited by syaifurizal on Sun Jul 11, 2021 13:35, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Ta liat di olx itu ertiga 2012-2013 wil jatim masih manteng 110-120 ya om. Mepet sih kl misal buat budget rapih2 pas udah dapet misal ambil ertiga. Cuman enaknya ertiga itu sangat masih bisa nemu yg serv record lengkap gara2 biaya ragatnya keitung murah banget dan irit apalagi yg manual (dulu saya pake ertiga manual setaun, sekarang ertiga matic dr 2014)syaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 13:32Sbnernya ane emg paling demen sama ertiga,ginting wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 12:56menurut saya itu sudah cukup logis pilihannya oom..syaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 11:56 Permisi om,,
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
kalau mau alternative lain bisa pilih juga ertiga generasi awal.
Tp kok ane rasa ertiga blm ada yg dibawah 100 ya om
Paling ya xenia X 2013 airbag aja sih om, ini masih masuk budget walaupun agak mepet setelah tawar2an, rata2 buka di 105-107an. Naikan sama improvement jaman airbag ini dah lumayan, kaya kursi lebih tebel proper, airbag pastinya, sama lebih nyaman-kedap scr naikan. Hati2 aja kl modelan xenia avansa ya rawan dapet yang barang capek asal2an pakek om. Harus sabar nyarinya, walaupun di jatim tak lihat ya xenia avansa yg tertib servis bengkel resmi itu masih ada aja pasti. Kl soal irit pasti iritan yang udah dual vvti om, ini udah irit dan di tol terhitung stabil digeber sampe 140
Beda kl misal di jakarta itu ertiga 2012-2013 di bawah 100 pasti dapet sih om, cuma ya sikon ndak mendukung ya realistis aja mending cari plat jatim asli biar pas balik nama ndak mahal2 banget+makan waktu dibanding mutasi dari plat lukot/B
Alternatif lain ya budget naik ke 110-120 biar lebih leluasa om cr yang kondisi oke
Contoh unit di sktr surabaya
https://www.olx.co.id/item/xenia-x-2013 ... -833824109
https://www.olx.co.id/item/xenia-13-x-2 ... -829504099
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 792
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Ane make yg gen 1 nya dan sering numpang naik pas mesen taksi onlen jg boleh sharing kan ya?
Naikan sopastie gak enak, sebab budget segitu tahunnya pasti sesuai yg oom bilang yaitu 2012an, msh model pre facelift. Gen 2 yg model pre facelift ini msh bener2 ga enak untuk naikannya (yg udh lbh enak itu yg facelift, walau dibanding kompetitornya tetep gaenak sih ). Untuk peredaman sebenernya gak buruk2 amat, soalnya msh lebih buruk peredamannya mobilio dibanding xenia gen 2 ini, apalagi gen 2 ini udh improve banyak dibanding gen 1 awal2. Paling yg agak annoying cuma suara infinity 'nguuuuuunnggg' dari gardannya aja.
Untuk performa, ane gabisa ngomong banyak soalnya punya ane 1.0, tapi berdasarkan nyicip mobil rental tenaga segitu untuk LMPV cukupanlah. Kalo kata orang2 sih yg model PFL msh make mesin K3-VE ini tenaga bawahnya lbh instan daripada yg 1NR-VE dual vvti karena pedal gas nya msh belum drive by wire. Konsumsi BBM menurut ane biasa aja. Dalam kota sekitar 1:10-11 kayanya msh dapet. Luar kota ane lupa, tapi kayanya 1:15 rasanya msh bisa deh. Pokoknya pesan ane kalo ambil xenia jgn pernah ambil 1.0 deh. Bener2 enggak banget tenaganya, apalagi kalo diajak lari, gasnya diinjek sekarang larinya besok...
Untuk perawatan ya standard lah khas LMPV pada umumnya. Murah, gak nyusahin, parts jg banyak kawe nya. Kalo dibanding lawan2nya paling unggul kaki2 lebih kuat aja. Sbg gambaran, xenia ane shockbreaker mulai lemah setelah penggunaan 8 tahun 80k km dan kaki2 mulai kedengeran orkestra setelah penggunaan 13 tahun 120k km. Kalo seperti misalnya er3 denger2 sharing dari ownernya kebanyakan mulai orkestra di 60-100k km lah. Jd menurut ane emang lebih kuat tapi gak sampe seperti yg diagung2kan fan boy nya yg "gak rusak2 "...
Untuk safety, mobil ini bener2 cuma mengandalkan seat belt di ketiga barisnya doang (untung yg gen 2 ini seatbeltnya dah sampe baris 3 ). Airbag belon ada, apalagi ABS. Airbag baru ada setelah yg improvement Mei 2013 yg model setirnya dipake sama ayla.
Alternatif lain budget segitu, ane nyaranin er3 aja deh yg lebih nyaman, kali2 dapet budget segitu. Ane jg pake yg gen 2 nya, cuma untuk perawatan belon bisa ngomong banyak soalnya baru jalan 40k km jd belon ada masalah samsek, tp ini LMPV sopasti gak nyusahin lah, teknologi jg sama2 tekonologi purbakala. Urusan nyaman enak er3 kemana2 lah daripada xenia. Cuma ertiga kalo yg 2012 resikonya dia AC nya belum double blower ya, kalo mau yg ada double blower mesti yg 2013. Sama sukur2 dapet yg tipe gx karena tipe gx dah ada double airbag dan ABS.
Alternatif lain lagi kalo gak masalah dgn sektor kaki2 yg lebih menantang dan akomodasi yg lebih sempit, ada grand livina. Cuma budget segitu kebanyakan yg jual msh yg OGL, kalo naik budget dikit dapet yg ANGL lbh baik karena konon katanya yg ANGL lebih minim masalah drpd yg OGL
Happy hunting oom
Naikan sopastie gak enak, sebab budget segitu tahunnya pasti sesuai yg oom bilang yaitu 2012an, msh model pre facelift. Gen 2 yg model pre facelift ini msh bener2 ga enak untuk naikannya (yg udh lbh enak itu yg facelift, walau dibanding kompetitornya tetep gaenak sih ). Untuk peredaman sebenernya gak buruk2 amat, soalnya msh lebih buruk peredamannya mobilio dibanding xenia gen 2 ini, apalagi gen 2 ini udh improve banyak dibanding gen 1 awal2. Paling yg agak annoying cuma suara infinity 'nguuuuuunnggg' dari gardannya aja.
Untuk performa, ane gabisa ngomong banyak soalnya punya ane 1.0, tapi berdasarkan nyicip mobil rental tenaga segitu untuk LMPV cukupanlah. Kalo kata orang2 sih yg model PFL msh make mesin K3-VE ini tenaga bawahnya lbh instan daripada yg 1NR-VE dual vvti karena pedal gas nya msh belum drive by wire. Konsumsi BBM menurut ane biasa aja. Dalam kota sekitar 1:10-11 kayanya msh dapet. Luar kota ane lupa, tapi kayanya 1:15 rasanya msh bisa deh. Pokoknya pesan ane kalo ambil xenia jgn pernah ambil 1.0 deh. Bener2 enggak banget tenaganya, apalagi kalo diajak lari, gasnya diinjek sekarang larinya besok...
Untuk perawatan ya standard lah khas LMPV pada umumnya. Murah, gak nyusahin, parts jg banyak kawe nya. Kalo dibanding lawan2nya paling unggul kaki2 lebih kuat aja. Sbg gambaran, xenia ane shockbreaker mulai lemah setelah penggunaan 8 tahun 80k km dan kaki2 mulai kedengeran orkestra setelah penggunaan 13 tahun 120k km. Kalo seperti misalnya er3 denger2 sharing dari ownernya kebanyakan mulai orkestra di 60-100k km lah. Jd menurut ane emang lebih kuat tapi gak sampe seperti yg diagung2kan fan boy nya yg "gak rusak2 "...
Untuk safety, mobil ini bener2 cuma mengandalkan seat belt di ketiga barisnya doang (untung yg gen 2 ini seatbeltnya dah sampe baris 3 ). Airbag belon ada, apalagi ABS. Airbag baru ada setelah yg improvement Mei 2013 yg model setirnya dipake sama ayla.
Alternatif lain budget segitu, ane nyaranin er3 aja deh yg lebih nyaman, kali2 dapet budget segitu. Ane jg pake yg gen 2 nya, cuma untuk perawatan belon bisa ngomong banyak soalnya baru jalan 40k km jd belon ada masalah samsek, tp ini LMPV sopasti gak nyusahin lah, teknologi jg sama2 tekonologi purbakala. Urusan nyaman enak er3 kemana2 lah daripada xenia. Cuma ertiga kalo yg 2012 resikonya dia AC nya belum double blower ya, kalo mau yg ada double blower mesti yg 2013. Sama sukur2 dapet yg tipe gx karena tipe gx dah ada double airbag dan ABS.
Alternatif lain lagi kalo gak masalah dgn sektor kaki2 yg lebih menantang dan akomodasi yg lebih sempit, ada grand livina. Cuma budget segitu kebanyakan yg jual msh yg OGL, kalo naik budget dikit dapet yg ANGL lbh baik karena konon katanya yg ANGL lebih minim masalah drpd yg OGL
Happy hunting oom
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11044
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 26940
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
murah mbah , kan busi bsa diganti ke yg nikel , murah cuman nobango sebiji
numpang lewat aja....
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 657
- Joined: Tue Dec 08, 2015 16:08
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Xenia 2012 itu kalo gak salah sebelum generasi dual vvti.
Biar nyaman ganti per belakangnya pake Grand Veloz 1.5 generasi yang belum LED. Lalu tambahin strut bar depan.
Shockbreaker stdnya aja.
Bujet per sama strutbar skitar 1,5jt.
selesai pengerjaan diatas: nyaman dapat, stabil dapat, murah perawatan khas xenia dapat, kebandelan khas xenia juga dapat.
Skr ngomongin bensin. Disehatin dulu: carbon cleaner, bersihin throtle body, bersihin intake manifold, bersihin injektor, ganti fitler udara jika kotor
Bujet skitar 500rb - 700rb
Jika dirasa kurang irit lanjut ganjel sensor IAT ganjel dikit pake seal karet regulator tabung gas.
Masih kurang irit lagi, tambahin bujet 2 jutaan buat beli: injektor 12 hole xenia, modul pengapian iforce.
Jadi total anggarkan dana skitar 4 jt utk membuat xenia 2012 jadi nyaman empuk stabil dan irit.
Jadi deh punya mobil yang almost all round: murah perawatan, bandel kaki2, nyaman empuk dan stabil.
Catatan itu semua diatas diluar bujet rekondisi mobilnya.
Next the choice is yours
Biar nyaman ganti per belakangnya pake Grand Veloz 1.5 generasi yang belum LED. Lalu tambahin strut bar depan.
Shockbreaker stdnya aja.
Bujet per sama strutbar skitar 1,5jt.
selesai pengerjaan diatas: nyaman dapat, stabil dapat, murah perawatan khas xenia dapat, kebandelan khas xenia juga dapat.
Skr ngomongin bensin. Disehatin dulu: carbon cleaner, bersihin throtle body, bersihin intake manifold, bersihin injektor, ganti fitler udara jika kotor
Bujet skitar 500rb - 700rb
Jika dirasa kurang irit lanjut ganjel sensor IAT ganjel dikit pake seal karet regulator tabung gas.
Masih kurang irit lagi, tambahin bujet 2 jutaan buat beli: injektor 12 hole xenia, modul pengapian iforce.
Jadi total anggarkan dana skitar 4 jt utk membuat xenia 2012 jadi nyaman empuk stabil dan irit.
Jadi deh punya mobil yang almost all round: murah perawatan, bandel kaki2, nyaman empuk dan stabil.
Catatan itu semua diatas diluar bujet rekondisi mobilnya.
Next the choice is yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4590
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
sebagai ex user xenia gen 1 XI MT 2008, Avanza G MT 2012 non airbag, Avanza G MT 2015 airbag, dan GNA G MT 2017 saya bantu jawab ya
kalo kriteria om TS 2 itu, xenia sudah memenuhi kriteria kok, punya saya dulu selama make gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang dan kalo om bilang kurang stabil sih memang iya, diatas 100 kpj udh kerasa limbungnya, apalagi kalo di tol, dan kalo konsumsi bbm ya standar lah buat saya (1:10-11 ) dalkot, masih lebih stabil dan lebih irit yg dual vvti , cuma plusnya yg gen ini, tarikan bawah dan tengahnya lebih ngisi dibanding yg dual vvti menurut saya , kalo dual vvti, baru ngisinya di putaran tengah - atas karakternya dan kalo perawatan tergolong murah dan mudah kok, partnya banyak dimana mana dan banyak bengkel yg bisa benerin + bandel dan awet dan juga partnya cukup mudah didapatkan karena tersedia dimana mana
dan kalo soal budget, 80-90 buat xenia R 2012, sepertinya agak mepet ya, apalagi yg om cari xenia R deluxe . secara xenia R tahun segitu ada 4 trim (R STD, R deluxe, R family dan R sporty) kalo lokasi om TS di jatim,paling dapetnya kalo mau yg 2012 dapetnya yg R std (sama persis kek tipe X tampilannya, kecuali spionnya doang yg lebih gede ukurannya , tapi persis kek avanza E, gaada sen di spionnya, kalo yg R deluxe - sporty, udh ada sen di spionnya, dan velgnya juga pake velg alloy dan udh ada foglampnya , bukan kaleng kek di tipe X dan R std, dan blm ada foglampnya juga kalo di tipe X dan R STD, tipe R deluxe keatas baru ada foglampnya kalo di varian 1.3 nya) . kalopun mau yg R deluxe keatas, ya dapetnya yg 2011 akhir paling (itupun masih agak mepet), dan nyarinya kudu sabar secara unitnya cukup jarang (sama kaya GNA GNX 2015 atau ertiga FL tahun 2015 akhir) . dan usahakan nyari di pemakai langsung, bawa kenalan yg ngerti mobil jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan . secara nyari xenia tahun segitu yg masih oke agak susah, secara banyak dipake buat workhorse ownernya, dan banyak juga yg dijadiin armada PT, rental dan taksol, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak. lebih baik harga lebih mahal sedikit tapi kondisi oke daripada asal murah tapi banyak PR nya. dan lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas daripada km rendah tapi history servicenya gajelas dan huntingnya pelan2 , jangan buru2, siapin minimal 2 opsi biar ada pembanding sehingga lebih tau, dari segi harga dan kondisi lebih cocok ke yg mana, dan hal lain yg kudu diperhatiin kalo mau ambil xenia 2012:
- hati2 sama odo puteran (seperti yg saya bilang diatas, mobil xenia banyak yg dijadiin workhorse ownernya, armada PT ,rental dan taksol) . jadi yg kondisinya udh cape dan ga karuan banyak . indikator paling gampang ceknya adalah kondisi kulit jeruk di setir, kondisi doortrim , kondisi pedal, kondisi chrome2an di deket tuas transmisi dan seatbelt . kalo km mobil dibawah 100 rb tapi kulit jeruk di setirnya udh licin , apalagi sampe oglek kalo dipegang, pedal gas dan remnya udh haus,kondisi doortrimnya udh kotor parah (secara warna doortrimnya kalo xenia 2012 itu aslinya warna silver, which is kalo sering disendrin tangan bakal jadi hitam secara perlahan2 hehehe, kondisi chrome2an di deket tuas perenelingnya juga udh pudar atau karatan, dan seatbeltnya udh jamuran mending skip aja, karena besar kemungkinan kalo mobil tersebut udh jalan cukup jauh dan sering dipake tiap hari (atau ada indikasi odometernya sudah dimundurin) . karena saya sendiri pernah ngalamin. dulu akhir tahun lalu juga ada di posisi yg sama seperti om TS, bedanya waktu itu saya nyari kembarannya, avanza G MT 2014-2015 airbag, udh survei belasan bahkan lebih dari 13 unit gaada yg cocok kondisinya, kebetulan saya nyarinya di jabodetabek, sampe akhirnya dapet 1 unit tahun 2015 yg harga dan kondisinya masuk akal, cuma karena masih awam mobekas, saya tergiur dengan km rendah (waktu itu pas saya beli km nya 78rban, ternyata pas dicek ke beres toyota, mobil tersebut sudah pernah servis di km 140 rb ) , dengan indikasi karpet jorok , pedal gas dan rem udh haus, kulit jeruk di setir juga udh licin sebagian , seatbelt tengah berjamur dan kotor parah + rel di kursi driver karatan . plusnya mobil masih full ori luar dalem, naikkan masih lumayan enak dan ac dingin + kaki2nya masih cukup senyap, dan bodi masih lempeng bukan bekas tabrakan maupun banjir , minus buku servis gaada . akhirnya cuma 1 bulan pake, mobil tersebut saya jual karena sudah ga sreg lg dengan mobilnya
- buku manual, buku servis, dan faktur WAJIB ADA.lebih bagus lg kalo dilengkapin sm gantungan oli dan nota perawatan baik beres ataupun spesialis, jadi lebih jelas apa aja yg harus dilakukan kedepannya terhadap mobil tersebut. kalo 3 hal tersebut gaada mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya
- kaki2 dan mesin. jangan takut buat ngolong, cek apakah ada rembesan oli atau tidak , karena 2 bagian ini cukup rawan rembes kalo di xenia 2012 ini ,apalagi umurnya udh 9 tahun dan km nya diatas 150rb
- perkabelan dan elektrikal: coba perhatiin bagian ini kalo nyari xenia 2012, usahain cari yg masih ori dan bagus perkabelannya , secara xenia tahun segitu udh banyak yg jatoh ke tangan yg salah dan dimodif jamet gajelas which is banyak juga yg kabelnya udh akal2an atau ada jumper2an which is ga aman buat jangka panjang , apalagi instalasinya asal asalan menurut saya
kalo budget buat beresin mobilnya ya paling siapin kurleb 5jtan lah diluar harga mobil buat perbaikkan, karena namanya mobil bekas apalagi udh berumur hampir 10 tahun pasti ada aja yg harus diperbaiki
kalo alternatif ya bisa lirik ertiga gen awal GL MT 2012, sepertinya masuk budget, lebih nyaman , lebih empuk dan fiturnya lebih lengkap dibanding xenia. minusnya cuma di tarikan bawahnya aja yg agak kurang dibanding xenia menurut saya hehehe
kalo kriteria om TS 2 itu, xenia sudah memenuhi kriteria kok, punya saya dulu selama make gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang dan kalo om bilang kurang stabil sih memang iya, diatas 100 kpj udh kerasa limbungnya, apalagi kalo di tol, dan kalo konsumsi bbm ya standar lah buat saya (1:10-11 ) dalkot, masih lebih stabil dan lebih irit yg dual vvti , cuma plusnya yg gen ini, tarikan bawah dan tengahnya lebih ngisi dibanding yg dual vvti menurut saya , kalo dual vvti, baru ngisinya di putaran tengah - atas karakternya dan kalo perawatan tergolong murah dan mudah kok, partnya banyak dimana mana dan banyak bengkel yg bisa benerin + bandel dan awet dan juga partnya cukup mudah didapatkan karena tersedia dimana mana
dan kalo soal budget, 80-90 buat xenia R 2012, sepertinya agak mepet ya, apalagi yg om cari xenia R deluxe . secara xenia R tahun segitu ada 4 trim (R STD, R deluxe, R family dan R sporty) kalo lokasi om TS di jatim,paling dapetnya kalo mau yg 2012 dapetnya yg R std (sama persis kek tipe X tampilannya, kecuali spionnya doang yg lebih gede ukurannya , tapi persis kek avanza E, gaada sen di spionnya, kalo yg R deluxe - sporty, udh ada sen di spionnya, dan velgnya juga pake velg alloy dan udh ada foglampnya , bukan kaleng kek di tipe X dan R std, dan blm ada foglampnya juga kalo di tipe X dan R STD, tipe R deluxe keatas baru ada foglampnya kalo di varian 1.3 nya) . kalopun mau yg R deluxe keatas, ya dapetnya yg 2011 akhir paling (itupun masih agak mepet), dan nyarinya kudu sabar secara unitnya cukup jarang (sama kaya GNA GNX 2015 atau ertiga FL tahun 2015 akhir) . dan usahakan nyari di pemakai langsung, bawa kenalan yg ngerti mobil jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan . secara nyari xenia tahun segitu yg masih oke agak susah, secara banyak dipake buat workhorse ownernya, dan banyak juga yg dijadiin armada PT, rental dan taksol, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak. lebih baik harga lebih mahal sedikit tapi kondisi oke daripada asal murah tapi banyak PR nya. dan lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas daripada km rendah tapi history servicenya gajelas dan huntingnya pelan2 , jangan buru2, siapin minimal 2 opsi biar ada pembanding sehingga lebih tau, dari segi harga dan kondisi lebih cocok ke yg mana, dan hal lain yg kudu diperhatiin kalo mau ambil xenia 2012:
- hati2 sama odo puteran (seperti yg saya bilang diatas, mobil xenia banyak yg dijadiin workhorse ownernya, armada PT ,rental dan taksol) . jadi yg kondisinya udh cape dan ga karuan banyak . indikator paling gampang ceknya adalah kondisi kulit jeruk di setir, kondisi doortrim , kondisi pedal, kondisi chrome2an di deket tuas transmisi dan seatbelt . kalo km mobil dibawah 100 rb tapi kulit jeruk di setirnya udh licin , apalagi sampe oglek kalo dipegang, pedal gas dan remnya udh haus,kondisi doortrimnya udh kotor parah (secara warna doortrimnya kalo xenia 2012 itu aslinya warna silver, which is kalo sering disendrin tangan bakal jadi hitam secara perlahan2 hehehe, kondisi chrome2an di deket tuas perenelingnya juga udh pudar atau karatan, dan seatbeltnya udh jamuran mending skip aja, karena besar kemungkinan kalo mobil tersebut udh jalan cukup jauh dan sering dipake tiap hari (atau ada indikasi odometernya sudah dimundurin) . karena saya sendiri pernah ngalamin. dulu akhir tahun lalu juga ada di posisi yg sama seperti om TS, bedanya waktu itu saya nyari kembarannya, avanza G MT 2014-2015 airbag, udh survei belasan bahkan lebih dari 13 unit gaada yg cocok kondisinya, kebetulan saya nyarinya di jabodetabek, sampe akhirnya dapet 1 unit tahun 2015 yg harga dan kondisinya masuk akal, cuma karena masih awam mobekas, saya tergiur dengan km rendah (waktu itu pas saya beli km nya 78rban, ternyata pas dicek ke beres toyota, mobil tersebut sudah pernah servis di km 140 rb ) , dengan indikasi karpet jorok , pedal gas dan rem udh haus, kulit jeruk di setir juga udh licin sebagian , seatbelt tengah berjamur dan kotor parah + rel di kursi driver karatan . plusnya mobil masih full ori luar dalem, naikkan masih lumayan enak dan ac dingin + kaki2nya masih cukup senyap, dan bodi masih lempeng bukan bekas tabrakan maupun banjir , minus buku servis gaada . akhirnya cuma 1 bulan pake, mobil tersebut saya jual karena sudah ga sreg lg dengan mobilnya
- buku manual, buku servis, dan faktur WAJIB ADA.lebih bagus lg kalo dilengkapin sm gantungan oli dan nota perawatan baik beres ataupun spesialis, jadi lebih jelas apa aja yg harus dilakukan kedepannya terhadap mobil tersebut. kalo 3 hal tersebut gaada mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya
- kaki2 dan mesin. jangan takut buat ngolong, cek apakah ada rembesan oli atau tidak , karena 2 bagian ini cukup rawan rembes kalo di xenia 2012 ini ,apalagi umurnya udh 9 tahun dan km nya diatas 150rb
- perkabelan dan elektrikal: coba perhatiin bagian ini kalo nyari xenia 2012, usahain cari yg masih ori dan bagus perkabelannya , secara xenia tahun segitu udh banyak yg jatoh ke tangan yg salah dan dimodif jamet gajelas which is banyak juga yg kabelnya udh akal2an atau ada jumper2an which is ga aman buat jangka panjang , apalagi instalasinya asal asalan menurut saya
kalo budget buat beresin mobilnya ya paling siapin kurleb 5jtan lah diluar harga mobil buat perbaikkan, karena namanya mobil bekas apalagi udh berumur hampir 10 tahun pasti ada aja yg harus diperbaiki
kalo alternatif ya bisa lirik ertiga gen awal GL MT 2012, sepertinya masuk budget, lebih nyaman , lebih empuk dan fiturnya lebih lengkap dibanding xenia. minusnya cuma di tarikan bawahnya aja yg agak kurang dibanding xenia menurut saya hehehe
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 111
- Joined: Fri Feb 12, 2016 7:50
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Yak sudah bener om pilihannya irit badak ya emng tuh model lah yg memenuhin syarat he....cmn ya dg budget segitu jngn harap dapat kondisi yg baik, py ortu 2013 udh glodakan kaki nya dg KM udh 140.000 aj ada yg nawar 120 jt ha... Dan lucunya gk mau di lepas krn gak mau gnti katanya ha.....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4590
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
wadow, lumayan tinggi juga ya tawarannya. saya aja dulu jual avanza g mt 2015 akhir tahun lalu lakunya di angka 107 apa 108 jt gitu ke pemakai wkwkwk sm dulu sempet beli GNA G MT 2017 km 78 rb asli record A2K juga di harga 125 apa 126 jt gitu akhir tahun lalu buat gantiin avanza 2015 saya yg ternyata km nya puteran 2x lipetaryoajiwibowo wrote: ↑Mon Jul 12, 2021 6:09 Yak sudah bener om pilihannya irit badak ya emng tuh model lah yg memenuhin syarat he....cmn ya dg budget segitu jngn harap dapat kondisi yg baik, py ortu 2013 udh glodakan kaki nya dg KM udh 140.000 aj ada yg nawar 120 jt ha... Dan lucunya gk mau di lepas krn gak mau gnti katanya ha.....
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Makasih banyak om atas komennya yg banyakrakyatwkwkland wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 14:30 Ane make yg gen 1 nya dan sering numpang naik pas mesen taksi onlen jg boleh sharing kan ya?
Naikan sopastie gak enak, sebab budget segitu tahunnya pasti sesuai yg oom bilang yaitu 2012an, msh model pre facelift. Gen 2 yg model pre facelift ini msh bener2 ga enak untuk naikannya (yg udh lbh enak itu yg facelift, walau dibanding kompetitornya tetep gaenak sih ). Untuk peredaman sebenernya gak buruk2 amat, soalnya msh lebih buruk peredamannya mobilio dibanding xenia gen 2 ini, apalagi gen 2 ini udh improve banyak dibanding gen 1 awal2. Paling yg agak annoying cuma suara infinity 'nguuuuuunnggg' dari gardannya aja.
Untuk performa, ane gabisa ngomong banyak soalnya punya ane 1.0, tapi berdasarkan nyicip mobil rental tenaga segitu untuk LMPV cukupanlah. Kalo kata orang2 sih yg model PFL msh make mesin K3-VE ini tenaga bawahnya lbh instan daripada yg 1NR-VE dual vvti karena pedal gas nya msh belum drive by wire. Konsumsi BBM menurut ane biasa aja. Dalam kota sekitar 1:10-11 kayanya msh dapet. Luar kota ane lupa, tapi kayanya 1:15 rasanya msh bisa deh. Pokoknya pesan ane kalo ambil xenia jgn pernah ambil 1.0 deh. Bener2 enggak banget tenaganya, apalagi kalo diajak lari, gasnya diinjek sekarang larinya besok...
Untuk perawatan ya standard lah khas LMPV pada umumnya. Murah, gak nyusahin, parts jg banyak kawe nya. Kalo dibanding lawan2nya paling unggul kaki2 lebih kuat aja. Sbg gambaran, xenia ane shockbreaker mulai lemah setelah penggunaan 8 tahun 80k km dan kaki2 mulai kedengeran orkestra setelah penggunaan 13 tahun 120k km. Kalo seperti misalnya er3 denger2 sharing dari ownernya kebanyakan mulai orkestra di 60-100k km lah. Jd menurut ane emang lebih kuat tapi gak sampe seperti yg diagung2kan fan boy nya yg "gak rusak2 "...
Untuk safety, mobil ini bener2 cuma mengandalkan seat belt di ketiga barisnya doang (untung yg gen 2 ini seatbeltnya dah sampe baris 3 ). Airbag belon ada, apalagi ABS. Airbag baru ada setelah yg improvement Mei 2013 yg model setirnya dipake sama ayla.
Alternatif lain budget segitu, ane nyaranin er3 aja deh yg lebih nyaman, kali2 dapet budget segitu. Ane jg pake yg gen 2 nya, cuma untuk perawatan belon bisa ngomong banyak soalnya baru jalan 40k km jd belon ada masalah samsek, tp ini LMPV sopasti gak nyusahin lah, teknologi jg sama2 tekonologi purbakala. Urusan nyaman enak er3 kemana2 lah daripada xenia. Cuma ertiga kalo yg 2012 resikonya dia AC nya belum double blower ya, kalo mau yg ada double blower mesti yg 2013. Sama sukur2 dapet yg tipe gx karena tipe gx dah ada double airbag dan ABS.
Alternatif lain lagi kalo gak masalah dgn sektor kaki2 yg lebih menantang dan akomodasi yg lebih sempit, ada grand livina. Cuma budget segitu kebanyakan yg jual msh yg OGL, kalo naik budget dikit dapet yg ANGL lbh baik karena konon katanya yg ANGL lebih minim masalah drpd yg OGL
Happy hunting oom
Sungguh bermanfaat
Btw masih mending om klo gasnya diinjek skrg larinya besok
Yg lebih bahaya klo diinjek remnya skrg berhentinya besok
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
rakyatwkwkland wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 14:30 Ane make yg gen 1 nya dan sering numpang naik pas mesen taksi onlen jg boleh sharing kan ya?
Naikan sopastie gak enak, sebab budget segitu tahunnya pasti sesuai yg oom bilang yaitu 2012an, msh model pre facelift. Gen 2 yg model pre facelift ini msh bener2 ga enak untuk naikannya (yg udh lbh enak itu yg facelift, walau dibanding kompetitornya tetep gaenak sih ). Untuk peredaman sebenernya gak buruk2 amat, soalnya msh lebih buruk peredamannya mobilio dibanding xenia gen 2 ini, apalagi gen 2 ini udh improve banyak dibanding gen 1 awal2. Paling yg agak annoying cuma suara infinity 'nguuuuuunnggg' dari gardannya aja.
Untuk performa, ane gabisa ngomong banyak soalnya punya ane 1.0, tapi berdasarkan nyicip mobil rental tenaga segitu untuk LMPV cukupanlah. Kalo kata orang2 sih yg model PFL msh make mesin K3-VE ini tenaga bawahnya lbh instan daripada yg 1NR-VE dual vvti karena pedal gas nya msh belum drive by wire. Konsumsi BBM menurut ane biasa aja. Dalam kota sekitar 1:10-11 kayanya msh dapet. Luar kota ane lupa, tapi kayanya 1:15 rasanya msh bisa deh. Pokoknya pesan ane kalo ambil xenia jgn pernah ambil 1.0 deh. Bener2 enggak banget tenaganya, apalagi kalo diajak lari, gasnya diinjek sekarang larinya besok...
Untuk perawatan ya standard lah khas LMPV pada umumnya. Murah, gak nyusahin, parts jg banyak kawe nya. Kalo dibanding lawan2nya paling unggul kaki2 lebih kuat aja. Sbg gambaran, xenia ane shockbreaker mulai lemah setelah penggunaan 8 tahun 80k km dan kaki2 mulai kedengeran orkestra setelah penggunaan 13 tahun 120k km. Kalo seperti misalnya er3 denger2 sharing dari ownernya kebanyakan mulai orkestra di 60-100k km lah. Jd menurut ane emang lebih kuat tapi gak sampe seperti yg diagung2kan fan boy nya yg "gak rusak2 "...
Untuk safety, mobil ini bener2 cuma mengandalkan seat belt di ketiga barisnya doang (untung yg gen 2 ini seatbeltnya dah sampe baris 3 ). Airbag belon ada, apalagi ABS. Airbag baru ada setelah yg improvement Mei 2013 yg model setirnya dipake sama ayla.
Alternatif lain budget segitu, ane nyaranin er3 aja deh yg lebih nyaman, kali2 dapet budget segitu. Ane jg pake yg gen 2 nya, cuma untuk perawatan belon bisa ngomong banyak soalnya baru jalan 40k km jd belon ada masalah samsek, tp ini LMPV sopasti gak nyusahin lah, teknologi jg sama2 tekonologi purbakala. Urusan nyaman enak er3 kemana2 lah daripada xenia. Cuma ertiga kalo yg 2012 resikonya dia AC nya belum double blower ya, kalo mau yg ada double blower mesti yg 2013. Sama sukur2 dapet yg tipe gx karena tipe gx dah ada double airbag dan ABS.
Alternatif lain lagi kalo gak masalah dgn sektor kaki2 yg lebih menantang dan akomodasi yg lebih sempit, ada grand livina. Cuma budget segitu kebanyakan yg jual msh yg OGL, kalo naik budget dikit dapet yg ANGL lbh baik karena konon katanya yg ANGL lebih minim masalah drpd yg OGL
Happy hunting oom
Last edited by syaifurizal on Mon Jul 12, 2021 12:02, edited 1 time in total.
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Mantapp ommmquyquy wrote: ↑Mon Jul 12, 2021 3:06 Xenia 2012 itu kalo gak salah sebelum generasi dual vvti.
Biar nyaman ganti per belakangnya pake Grand Veloz 1.5 generasi yang belum LED. Lalu tambahin strut bar depan.
Shockbreaker stdnya aja.
Bujet per sama strutbar skitar 1,5jt.
selesai pengerjaan diatas: nyaman dapat, stabil dapat, murah perawatan khas xenia dapat, kebandelan khas xenia juga dapat.
Skr ngomongin bensin. Disehatin dulu: carbon clea ner, bersihin throtle body, bersihin intake manifold, bersihin injektor, ganti fitler udara jika kotor
Bujet skitar 500rb - 700rb
Jika dirasa kurang irit lanjut ganjel sensor IAT ganjel dikit pake seal karet regulator tabung gas.
Masih kurang irit lagi, tambahin bujet 2 jutaan buat beli: injektor 12 hole xenia, modul pengapian iforce.
Jadi total anggarkan dana skitar 4 jt utk membuat xenia 2012 jadi nyaman empuk stabil dan irit.
Jadi deh punya mobil yang almost all round: murah perawatan, bandel kaki2, nyaman empuk dan stabil.
Catatan itu semua diatas diluar bujet rekondisi mobilnya.
Next the choice is yours
Makasih banyak om
-
- Visitor
- Posts: 6
- Joined: Wed Jul 07, 2021 7:55
- Location: Surabaya
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Pboyz97 wrote: ↑Mon Jul 12, 2021 5:57 sebagai ex user xenia gen 1 XI MT 2008, Avanza G MT 2012 non airbag, Avanza G MT 2015 airbag, dan GNA G MT 2017 saya bantu jawab ya
kalo kriteria om TS 2 itu, xenia sudah memenuhi kriteria kok, punya saya dulu selama make gaada masalah yg aneh2, cuma servis rutin dan ganti oli doang dan kalo om bilang kurang stabil sih memang iya, diatas 100 kpj udh kerasa limbungnya, apalagi kalo di tol, dan kalo konsumsi bbm ya standar lah buat saya (1:10-11 ) dalkot, masih lebih stabil dan lebih irit yg dual vvti , cuma plusnya yg gen ini, tarikan bawah dan tengahnya lebih ngisi dibanding yg dual vvti menurut saya , kalo dual vvti, baru ngisinya di putaran tengah - atas karakternya dan kalo perawatan tergolong murah dan mudah kok, partnya banyak dimana mana dan banyak bengkel yg bisa benerin + bandel dan awet dan juga partnya cukup mudah didapatkan karena tersedia dimana mana
dan kalo soal budget, 80-90 buat xenia R 2012, sepertinya agak mepet ya, apalagi yg om cari xenia R deluxe . secara xenia R tahun segitu ada 4 trim (R STD, R deluxe, R family dan R sporty) kalo lokasi om TS di jatim,paling dapetnya kalo mau yg 2012 dapetnya yg R std (sama persis kek tipe X tampilannya, kecuali spionnya doang yg lebih gede ukurannya , tapi persis kek avanza E, gaada sen di spionnya, kalo yg R deluxe - sporty, udh ada sen di spionnya, dan velgnya juga pake velg alloy dan udh ada foglampnya , bukan kaleng kek di tipe X dan R std, dan blm ada foglampnya juga kalo di tipe X dan R STD, tipe R deluxe keatas baru ada foglampnya kalo di varian 1.3 nya) . kalopun mau yg R deluxe keatas, ya dapetnya yg 2011 akhir paling (itupun masih agak mepet), dan nyarinya kudu sabar secara unitnya cukup jarang (sama kaya GNA GNX 2015 atau ertiga FL tahun 2015 akhir) . dan usahakan nyari di pemakai langsung, bawa kenalan yg ngerti mobil jadi potensi dapet unit jelek bisa diminimalkan . secara nyari xenia tahun segitu yg masih oke agak susah, secara banyak dipake buat workhorse ownernya, dan banyak juga yg dijadiin armada PT, rental dan taksol, jadi yg kondisinya cape dan ga karuan juga banyak. lebih baik harga lebih mahal sedikit tapi kondisi oke daripada asal murah tapi banyak PR nya. dan lebih baik km tinggi tapi history servicenya jelas daripada km rendah tapi history servicenya gajelas dan huntingnya pelan2 , jangan buru2, siapin minimal 2 opsi biar ada pembanding sehingga lebih tau, dari segi harga dan kondisi lebih cocok ke yg mana, dan hal lain yg kudu diperhatiin kalo mau ambil xenia 2012:
- hati2 sama odo puteran (seperti yg saya bilang diatas, mobil xenia banyak yg dijadiin workhorse ownernya, armada PT ,rental dan taksol) . jadi yg kondisinya udh cape dan ga karuan banyak . indikator paling gampang ceknya adalah kondisi kulit jeruk di setir, kondisi doortrim , kondisi pedal, kondisi chrome2an di deket tuas transmisi dan seatbelt . kalo km mobil dibawah 100 rb tapi kulit jeruk di setirnya udh licin , apalagi sampe oglek kalo dipegang, pedal gas dan remnya udh haus,kondisi doortrimnya udh kotor parah (secara warna doortrimnya kalo xenia 2012 itu aslinya warna silver, which is kalo sering disendrin tangan bakal jadi hitam secara perlahan2 hehehe, kondisi chrome2an di deket tuas perenelingnya juga udh pudar atau karatan, dan seatbeltnya udh jamuran mending skip aja, karena besar kemungkinan kalo mobil tersebut udh jalan cukup jauh dan sering dipake tiap hari (atau ada indikasi odometernya sudah dimundurin) . karena saya sendiri pernah ngalamin. dulu akhir tahun lalu juga ada di posisi yg sama seperti om TS, bedanya waktu itu saya nyari kembarannya, avanza G MT 2014-2015 airbag, udh survei belasan bahkan lebih dari 13 unit gaada yg cocok kondisinya, kebetulan saya nyarinya di jabodetabek, sampe akhirnya dapet 1 unit tahun 2015 yg harga dan kondisinya masuk akal, cuma karena masih awam mobekas, saya tergiur dengan km rendah (waktu itu pas saya beli km nya 78rban, ternyata pas dicek ke beres toyota, mobil tersebut sudah pernah servis di km 140 rb ) , dengan indikasi karpet jorok , pedal gas dan rem udh haus, kulit jeruk di setir juga udh licin sebagian , seatbelt tengah berjamur dan kotor parah + rel di kursi driver karatan . plusnya mobil masih full ori luar dalem, naikkan masih lumayan enak dan ac dingin + kaki2nya masih cukup senyap, dan bodi masih lempeng bukan bekas tabrakan maupun banjir , minus buku servis gaada . akhirnya cuma 1 bulan pake, mobil tersebut saya jual karena sudah ga sreg lg dengan mobilnya
- buku manual, buku servis, dan faktur WAJIB ADA.lebih bagus lg kalo dilengkapin sm gantungan oli dan nota perawatan baik beres ataupun spesialis, jadi lebih jelas apa aja yg harus dilakukan kedepannya terhadap mobil tersebut. kalo 3 hal tersebut gaada mending tinggalin aja, karena kemungkinan besar gaberes mobilnya
- kaki2 dan mesin. jangan takut buat ngolong, cek apakah ada rembesan oli atau tidak , karena 2 bagian ini cukup rawan rembes kalo di xenia 2012 ini ,apalagi umurnya udh 9 tahun dan km nya diatas 150rb
- perkabelan dan elektrikal: coba perhatiin bagian ini kalo nyari xenia 2012, usahain cari yg masih ori dan bagus perkabelannya , secara xenia tahun segitu udh banyak yg jatoh ke tangan yg salah dan dimodif jamet gajelas which is banyak juga yg kabelnya udh akal2an atau ada jumper2an which is ga aman buat jangka panjang , apalagi instalasinya asal asalan menurut saya
kalo budget buat beresin mobilnya ya paling siapin kurleb 5jtan lah diluar harga mobil buat perbaikkan, karena namanya mobil bekas apalagi udh berumur hampir 10 tahun pasti ada aja yg harus diperbaiki
kalo alternatif ya bisa lirik ertiga gen awal GL MT 2012, sepertinya masuk budget, lebih nyaman , lebih empuk dan fiturnya lebih lengkap dibanding xenia. minusnya cuma di tarikan bawahnya aja yg agak kurang dibanding xenia menurut saya hehehe
Ini lebih detaill
Mantull
Makasih banyak om
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 337
- Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Ertiga GL atau GA th 2012 dapet om rasanya, GA walaupun trim terbawah tp masih enak naikannya cuman aksesorisnya kopongan. Justru kalau demen modif2 ambil yg tipe basic malah asik, ganti ban & velg ke ring 16 & upgrade audio dijamin bakal betah di mobil. Apalagi kalo ditambahin bodykit bawaannya, begh masih cakep diliatnya.
Oiya untuk gen awal perhatikan racksteernya ya om, apakah uda bener perbaikannya atau cm akal2an bengkel pinggir jalan raya. Krn kalau rusak lumayan jg gantinya segelondong.
Sisanya ini mobil enak & badak kok, servis di beres jg murah itungannya
Oiya untuk gen awal perhatikan racksteernya ya om, apakah uda bener perbaikannya atau cm akal2an bengkel pinggir jalan raya. Krn kalau rusak lumayan jg gantinya segelondong.
Sisanya ini mobil enak & badak kok, servis di beres jg murah itungannya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1094
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
sy barusan jual ertiga GL AT 2013 cm 69 juta ke pedagang.. tapi bekas banjir wkwkwksyaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 13:32Sbnernya ane emg paling demen sama ertiga,ginting wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 12:56menurut saya itu sudah cukup logis pilihannya oom..syaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 11:56 Permisi om,,
Ane rencana mau ambil xenia 2012 type R dg harga 90-100jt
Tp denger2 mobil ini ada beberapa kelemahan diantaranya seperti kurang stabil di kecepatan tinggi dan masih blm tergolong irit,padahal ane pengennya yg irit
Minta masukannya om tentang mobil ini, syukur2 ada yg pernah sbg user mobil ini dan mau berbagi pengalaman suka dukanya
Sekalian saya jg minta saran mobil dikisaran 80-90jt dg kriteria :
1. perawatannya mudah dan murah
2. Irit bbm
kalau mau alternative lain bisa pilih juga ertiga generasi awal.
Tp kok ane rasa ertiga blm ada yg dibawah 100 ya om
sy tanya jg ke pdg nya, klo ngga bekas banjir berani berapa, dia blg msh berani 80 jt
dan jual nya msh bs buka di 90an kecil
jgn terlalu patokan sm OLX, suka ngaco harga nya..
banyak org pribadi yg jual mobil ngga tau harga jadi asal pasang aja sesuai ekspektasi mereka
sy jg pas mau jual ertiga sy patokan OLX buat nawar2in, ngga laku2, sm pedagang (bbrp tmn juga) malah diketawain,, ketinggian buka harga nya
jd jgn terlalu patokam sm OLX, better keliling ke pusat mobkas, klo ngga berani beli di pdg ya plg ngga kiter2 aja cari patokan harga buat nanti nawar ke yg punya perorangan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4590
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
mobekas itu gabisa dipukul rata om. banyak faktor yg mempengaruhi harganya, mulai dari banyaknya peminat dan kondisi barangnya seperti apa. dan juga tiap daerah harganya juga beda beda, dan kondisi juga ga boong, ada harga ada barang. jangan terpaku sama harga di marketplace, coba aja om kurangin 5-10 jt untuk case avxen or ertiga ini kalo dari harga pembukaannya berapa (contohnya, kalo si penjual buka harganya 102 jt , berarti harga paling rendah yg bisa om dapet ya 92 jt) , kecuali lagi hoki dapet yg lg BU ya , mungkin bisa beda ceritasyaifurizal wrote: ↑Sun Jul 11, 2021 13:32
Sbnernya ane emg paling demen sama ertiga,
Tp kok ane rasa ertiga blm ada yg dibawah 100 ya om
di jkt sih emg segituan om bukanya, mungkin kalo dijual ke daerah, buka harganya bisa 100 kecil hehehe, secara harga pasaran sekennya antara daerah dan jkt bedanya agak lumayan. dan pdg emg kalo segmen LMPV sih ngambil marginnya antara 5-15 jt, jadi ya wajar kalo dia beli dari om 80jt, terus jualnya 90an kecil, mentoknya paling 85 menurut pengamatan sotoy sayakenop wrote: ↑Tue Jul 13, 2021 3:27
sy barusan jual ertiga GL AT 2013 cm 69 juta ke pedagang.. tapi bekas banjir wkwkwk
sy tanya jg ke pdg nya, klo ngga bekas banjir berani berapa, dia blg msh berani 80 jt
dan jual nya msh bs buka di 90an kecil
jgn terlalu patokan sm OLX, suka ngaco harga nya..
banyak org pribadi yg jual mobil ngga tau harga jadi asal pasang aja sesuai ekspektasi mereka
sy jg pas mau jual ertiga sy patokan OLX buat nawar2in, ngga laku2, sm pedagang (bbrp tmn juga) malah diketawain,, ketinggian buka harga nya
jd jgn terlalu patokam sm OLX, better keliling ke pusat mobkas, klo ngga berani beli di pdg ya plg ngga kiter2 aja cari patokan harga buat nanti nawar ke yg punya perorangan
pengalaman saya jual Avanza G MT 2015 akhir tahun lalu juga mirip2 kaya om. mobil saya cuma ditawar pedagang 90 jt (minus buku servis hilang sm odo puteran 2x lipet), akhirnya saya hold dan besoknya dateng lg pedagang dari jateng apa jatim gitu, berani nawar 102 apa 103 jt gitu, masih saya hold sampe akhirnya laku ke pemakai di karawang di angka 107 apa 108 jt gitu
dan bener om, OLX gabisa dijadiin patokan, harganya emg kadang suka suka yg jual. kalo saya pribadi sih kalo mau jual mobil di OLX, cari mayoritas pasang buka harganya berapa terus kurangin antara 5-10 jt buat segmen LMPV (avxen, ertiga dll) buat patokan harganya . dan juga, selain ke pusat mobekas, bisa juga ke mediator yg bisa kita percaya buat nyari patokan harga menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 792
- Joined: Sun Sep 01, 2019 9:45
- Location: Jekardah
- Daily Vehicle: K15B-4AT
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Wah, kalo perkara diinjek remnya skrg berhentinya besok agak2nya xenia gen 1 sih remnya rada begitu ya oom. Kalo yg gen 2 ane lupa, tapi kayanya tetep kalah ngegigit kl dibanding er3.syaifurizal wrote: ↑Mon Jul 12, 2021 11:55 Makasih banyak om atas komennya yg banyak
Sungguh bermanfaat
Btw masih mending om klo gasnya diinjek skrg larinya besok
Yg lebih bahaya klo diinjek remnya skrg berhentinya besok
Kalo kelas LMPV kayanya belon boleh ngomong rem yg gradual atau tidak ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1094
- Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
iya om, meluruskan aja klo dibilang ertiga ngga dapet di bawah 100 jt ya ngga juga, tergantung kondisi..Pboyz97 wrote: ↑Tue Jul 13, 2021 4:37
di jkt sih emg segituan om bukanya, mungkin kalo dijual ke daerah, buka harganya bisa 100 kecil hehehe, secara harga pasaran sekennya antara daerah dan jkt bedanya agak lumayan. dan pdg emg kalo segmen LMPV sih ngambil marginnya antara 5-15 jt, jadi ya wajar kalo dia beli dari om 80jt, terus jualnya 90an kecil, mentoknya paling 85 menurut pengamatan sotoy saya
pengalaman saya jual Avanza G MT 2015 akhir tahun lalu juga mirip2 kaya om. mobil saya cuma ditawar pedagang 90 jt (minus buku servis hilang sm odo puteran 2x lipet), akhirnya saya hold dan besoknya dateng lg pedagang dari jateng apa jatim gitu, berani nawar 102 apa 103 jt gitu, masih saya hold sampe akhirnya laku ke pemakai di karawang di angka 107 apa 108 jt gitu
dan bener om, OLX gabisa dijadiin patokan, harganya emg kadang suka suka yg jual. kalo saya pribadi sih kalo mau jual mobil di OLX, cari mayoritas pasang buka harganya berapa terus kurangin antara 5-10 jt buat segmen LMPV (avxen, ertiga dll) buat patokan harganya . dan juga, selain ke pusat mobekas, bisa juga ke mediator yg bisa kita percaya buat nyari patokan harga menurut saya
tapi GX 2013 kondisi bagus pun msh di bawah 100 jt kok.. klo di atas 100 jt mgkn taon 2014/201 dapet nya dan kondisi msh oke bgt
hahaha enak nya avanza gt om.. bukan yg jual yg nawarin, tapi yg mau beli yg nyamperin
kakak ipar sy jual avanza nya jg gt, cepet bgt dan harga nya jg jauh lebih bagus dari pada ertiga,, klo soal harga jual lagi sih avanza ngga ada lawan haha
makanya agak rugi juga klo cari avanza/xenia 2nd buat pake sendiri, harga masih lebih tinggi dibanding tmn2 nya dan jarang bgt yg bukan mobil cape
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4590
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
memang, selain kondisi, lokasi juga berpengaruh, karena harga pasaran di tiap daerah juga beda beda hehehe. kalo di jakarta sih, memang iya, GX 2013 kondisi bagus dapet dibawah 100, cuma kalo di luar jakarta sih, sepertinya masih diatas 100 pasarannya buat yg tahun 2013.kenop wrote: ↑Thu Jul 15, 2021 3:15
iya om, meluruskan aja klo dibilang ertiga ngga dapet di bawah 100 jt ya ngga juga, tergantung kondisi..
tapi GX 2013 kondisi bagus pun msh di bawah 100 jt kok.. klo di atas 100 jt mgkn taon 2014/201 dapet nya dan kondisi msh oke bgt
hahaha enak nya avanza gt om.. bukan yg jual yg nawarin, tapi yg mau beli yg nyamperin
kakak ipar sy jual avanza nya jg gt, cepet bgt dan harga nya jg jauh lebih bagus dari pada ertiga,, klo soal harga jual lagi sih avanza ngga ada lawan haha
makanya agak rugi juga klo cari avanza/xenia 2nd buat pake sendiri, harga masih lebih tinggi dibanding tmn2 nya dan jarang bgt yg bukan mobil cape
memang om, masih banyak peminatnya kalo avanza , terutama di daerah wkwk. cukup mudah jualnya, terutama yg manual, dan harganya ya memang lebih bagus dibanding ertiga, walaupun kenyamanan, fitur dan bantingan suspensinya ga seenak ertiga menurut saya
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Feb 08, 2017 3:33
- Location: Tangerang
- Daily Vehicle: Thunder
Re: Mobil 80-90jt, Xenia 2012 type R
Budget segitu Ertiga GL 2013 spare dana 5-7 jt beres beres minor. Begitu masuk ke dalam dan jalan berasa lebih mahal daripada Avanza Xenia.