Grand Livina Users..! - PART 06

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Wed Dec 09, 2020 6:42
Huss, mentang2 sampeyan ga pake lipindut metik

Btw, d vidio2 doi laen nya, doi blg koq kl filter yg wire mesh, tetep harus d bersihin

Sdgkan kl yg bukan wire mesh wajip d ganti jg kl ud waktu nya


Si mbah suhu propesor mah bentar lg jg ganti filter metik nya, percaya deh, paling lama odo 15 rebu jg bentar lg GK5 nya pasti ganti .. amsoil ama dia cuman buat ngeflush doank katanya
Ahahahaaha...
temen kantor kejadian mbah kemaren...
Pagi mau diajak jalan ngga gerak sama sekali itu Livina 2012 AT..
Ditunggu engine panas baru dah bisa jalan tp start dari 1 dulu.
Buru2 flush oli metic nya habis 8 liter dan skrg sdh normal katanya.
Padahal itu yg AT lho mbah...gmn yg CVT coba kl filter nya ngga diganti :big_cry:
Krn solenoid atau body valve itu kerendem oli jd kl olinya sdh terlalu lama dan kotor pasti nyumbat dan akhirnya macet.
bayangin kl filternya ngga diganti setelah puluhan rb km :big_dunno:

Mbah plop sepertinya sdh mulai parno dan iya sich tebakan juga sama ngga lama lagi bakal ganti semua tu oli matic berikut filter CVTF nya...
padahal mobil baru jalan 2 tahun dan km br 12 rb :big_grin:
nubie in all things - still need to learn
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by arfs »

Buat transmisi CVT lebih perlu ganti rutin filter yang seperti dibawah ini dibanding strainer (filter yg nempel dibawahnya body valvenya)
Image

CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Om @DOHC lagi liburan kayanya...mohon petuah u parts kaki2 ini.
1. Long Tie Rod
2. End Tie Rod
Kl pake yg oem apakah bagus atau ngga?
Di chapter 5 nemu mbah klep bilang kl Link Stabil mesti pake yg ori krn beda gerakannya...
Yg ori ngga banyak gerak sementara yg OEM gerakannya leluasa banget jd ngga awet.
OEM disini maksudnya yg made in Thai atau Indonesia ya Om...
Cari yg 555 ngga nemu ori japan
Btw, kl end tie rod kena mesti ganti 1 set ya dgn Long nya alias Trekstang?
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Thu Dec 10, 2020 14:42 Om @DOHC lagi liburan kayanya...mohon petuah u parts kaki2 ini.
1. Long Tie Rod
2. End Tie Rod
Kl pake yg oem apakah bagus atau ngga?
Di chapter 5 nemu mbah klep bilang kl Link Stabil mesti pake yg ori krn beda gerakannya...
Yg ori ngga banyak gerak sementara yg OEM gerakannya leluasa banget jd ngga awet.
OEM disini maksudnya yg made in Thai atau Indonesia ya Om...
Cari yg 555 ngga nemu ori japan
Btw, kl end tie rod kena mesti ganti 1 set ya dgn Long nya alias Trekstang?
utk terot end ama batang long nya, kl saya saranin sehh tetep yg asli OEM yah

btw, OEM itu kan sebenernya orisinil nya dr manufaktur.. alias yg terpasang di mobil dari fabrikan.. kl sgala 555, sunyco, dkk yah jatoh nya KW namanya, mo itu kw1 ampe kw1000

saya dl pake lipindut malah bagian racksteer ama terot itu paling awet, ga perna di ganti dr baru ampe dijual.. kl nyetir nya ga slonong boy, terot lipindut mustinya awet, toh scara fisik pun malah lebi gede dikit dari inofa lama punya loh

nah kl soal terot, liat dl, kl cuman terot end yg oblak, sdgkan yg batang terot long nya ga oblak yah terot end nya aj yg diganti.. umum koq gt

yg penting rack steer di tembak vet, ama boot2 karet nya diprhatiin, dl pengalaman make lipindut entah ud beberapa kl boot2 sobek.. entah itu boot CV, steering rack, kualitet nya kurang bagus..

kl soal link stabil, seinget saya jaman lipindut dl ada 2 versi yg OEM bawaan, versi paling awal itu kl ga sala buatan thai atau cungkwo, ini jelek, letoy, nah ga lama sejak jaman lipindut feslip versi grill baru (tp masi blom lipindut nya om herman) mreka ud pake link stabil versi baru, buatan nihon.. nah ini yg bagus, kaku keras harga jg ga seberapa mahal , bentuk fisik pun jg beda, yg nihon punya kepala nya ud lebi alus bikinan nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Thu Dec 10, 2020 15:42
blloewy wrote: Thu Dec 10, 2020 14:42 Om @DOHC lagi liburan kayanya...mohon petuah u parts kaki2 ini.
1. Long Tie Rod
2. End Tie Rod
Kl pake yg oem apakah bagus atau ngga?
Di chapter 5 nemu mbah klep bilang kl Link Stabil mesti pake yg ori krn beda gerakannya...
Yg ori ngga banyak gerak sementara yg OEM gerakannya leluasa banget jd ngga awet.
OEM disini maksudnya yg made in Thai atau Indonesia ya Om...
Cari yg 555 ngga nemu ori japan
Btw, kl end tie rod kena mesti ganti 1 set ya dgn Long nya alias Trekstang?
utk terot end ama batang long nya, kl saya saranin sehh tetep yg asli OEM yah

btw, OEM itu kan sebenernya orisinil nya dr manufaktur.. alias yg terpasang di mobil dari fabrikan.. kl sgala 555, sunyco, dkk yah jatoh nya KW namanya, mo itu kw1 ampe kw1000

saya dl pake lipindut malah bagian racksteer ama terot itu paling awet, ga perna di ganti dr baru ampe dijual.. kl nyetir nya ga slonong boy, terot lipindut mustinya awet, toh scara fisik pun malah lebi gede dikit dari inofa lama punya loh

nah kl soal terot, liat dl, kl cuman terot end yg oblak, sdgkan yg batang terot long nya ga oblak yah terot end nya aj yg diganti.. umum koq gt

yg penting rack steer di tembak vet, ama boot2 karet nya diprhatiin, dl pengalaman make lipindut entah ud beberapa kl boot2 sobek.. entah itu boot CV, steering rack, kualitet nya kurang bagus..

kl soal link stabil, seinget saya jaman lipindut dl ada 2 versi yg OEM bawaan, versi paling awal itu kl ga sala buatan thai atau cungkwo, ini jelek, letoy, nah ga lama sejak jaman lipindut feslip versi grill baru (tp masi blom lipindut nya om herman) mreka ud pake link stabil versi baru, buatan nihon.. nah ini yg bagus, kaku keras harga jg ga seberapa mahal , bentuk fisik pun jg beda, yg nihon punya kepala nya ud lebi alus bikinan nya
sdh dicek ama mbah garasi 69 katanya sich lbh baek ganti sepasang aja ama rack end aka long tie rod aka trekstang.
yg buat puyeng ini NIssan skrg ada ORI ama ORI Key Value alias OEM nya...
kaya kampas rem belakang yg ori ama ori key value sama2 dijual Beres tp harganya emang beda.
Istilah mereka Key Value itu second line nya.
https://www.nissan.co.id/service-cost/g ... value.html

sampe parts kopling aja ada cm pas tie rod ngga disebut :big_grin:
Kl nanya seller sich disebut nya OEM itu yg made in Thai ama Indonesia.
yg Ori Made in Japan tp susah barangnya...

Btw, ada lagi nemu link baru spareparts nissan yg dibuat ama Birkens, Heiker dkk
harganya 11-12 ama parts ori di Beres yg made in Japan :weekk:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

Akhirnya ada juga di chanel youtube
yang menjelaskan kenapa mobil Nissan All New Grand Livina yang CVT bisa irit bahan bakar. Silahkan tonton pemilik bengkel Worner Matic yang menjelaskannya. Sama persis seperti yang saya rasakan selama 6 1/2 tahun menggunakan mobil ANGL 1.5 SV CVT tahun 2014,
cuma BBM yg saya gunakan saja selama ini premium ron 88 (Asumsi saya, mas Hermas karena di Jakarta mungkin pakai pertalite or pertamax karena agak sulit sekarang dapat premium di jakarta).

[attachment=0]IMG_20190608_095020.jpg[/attachment]
IMG_20190706_184828.jpg
IMG_20190608_084741.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:56 Akhirnya ada juga di chanel youtube
yang menjelaskan kenapa mobil Nissan All New Grand Livina yang CVT bisa irit bahan bakar. Silahkan tonton pemilik bengkel Worner Matic yang menjelaskannya. Sama persis seperti yang saya rasakan selama 6 1/2 tahun menggunakan mobil ANGL 1.5 SV CVT tahun 2014,
cuma BBM yg saya gunakan saja selama ini premium ron 88 (Asumsi saya, mas Hermas karena di Jakarta mungkin pakai pertalite or pertamax karena agak sulit sekarang dapat premium di jakarta).

ngeliat kondisi ruang engine nya kok jd ragu dibilang irit.
itu ruang engine kotor banget entah gmn ruang bakarnya :big_cry:
kl L11 bisa irit murni krn perbaikan di sisi engine dgn twin injector nya lalu rasio gigi yg lbh baik...
cm perlu diingat u dpt irit bukan cm CVT aja tp perlu juga dicek kondisi engine, BBM, oli yg dipakai dan terakhir kondisi jalan yg dilalui :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

blloewy wrote:
Herman7103 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:56 Akhirnya ada juga di chanel youtube
yang menjelaskan kenapa mobil Nissan All New Grand Livina yang CVT bisa irit bahan bakar. Silahkan tonton pemilik bengkel Worner Matic yang menjelaskannya. Sama persis seperti yang saya rasakan selama 6 1/2 tahun menggunakan mobil ANGL 1.5 SV CVT tahun 2014,
cuma BBM yg saya gunakan saja selama ini premium ron 88 (Asumsi saya, mas Hermas karena di Jakarta mungkin pakai pertalite or pertamax karena agak sulit sekarang dapat premium di jakarta).

ngeliat kondisi ruang engine nya kok jd ragu dibilang irit.
itu ruang engine kotor banget entah gmn ruang bakarnya :big_cry:
kl L11 bisa irit murni krn perbaikan di sisi engine dgn twin injector nya lalu rasio gigi yg lbh baik...
cm perlu diingat u dpt irit bukan cm CVT aja tp perlu juga dicek kondisi engine, BBM, oli yg dipakai dan terakhir kondisi jalan yg dilalui :big_peace:
Menurut pendapat pribadi saya ya Om, kita tidak bisa menilai dari tampilan luar enginenya saja yg berdebu tapi harus melihatnya secara result juga setelah mobil dikendarai dari Ciputat ke Semarang hasilnya biaya bensinnya cuma 240 ribu saja yah memang faktanya irit
(bandingkan dengan mobil 7 seater yg lain dengan BBM yg sama saat menempuh rute Ciputat ke Semarang biaya BBM nya berapa? ) dan lagi pula Hermas Prabowo ini merupakan  Teknisi ahli dan pendiri Worner Matic, Bengkel Spesialis Transmisi Otomatis & Mobil Matic di Indonesia. Diagnostic & Repair Specialist AT/CVT Cars. Trainer gearbox AT/CVT serta pernah menjadi wartawan di Harian Umum Kompas (2002 - 2017). Kalau Engine HR15DE Twin VTC mobil saya memang Kinclong (terlampir photonya)
JPEG_20201212_062410_5364092018749580140.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:glodak:
HR15DE 2014
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by uchychan »

:big_weee: Wahh udah chapter 6 aja... numpang absen dimarih. Vivin ane semenjak ane tinggal 5th an ke negeri asalnya masih awet mulus n nyaman.
ya iyalah sama emak ane si vivin jadi garage queen mulu plakk :big_slap: So far sampai skrg jarang ada masalah itu si vivin. paling harus ganti ban bawaan pabrik ke ban yg bagusan tapi emak mageran..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Fri Dec 11, 2020 12:17
Herman7103 wrote: Fri Dec 11, 2020 6:56 Akhirnya ada juga di chanel youtube
yang menjelaskan kenapa mobil Nissan All New Grand Livina yang CVT bisa irit bahan bakar. Silahkan tonton pemilik bengkel Worner Matic yang menjelaskannya. Sama persis seperti yang saya rasakan selama 6 1/2 tahun menggunakan mobil ANGL 1.5 SV CVT tahun 2014,
cuma BBM yg saya gunakan saja selama ini premium ron 88 (Asumsi saya, mas Hermas karena di Jakarta mungkin pakai pertalite or pertamax karena agak sulit sekarang dapat premium di jakarta).

ngeliat kondisi ruang engine nya kok jd ragu dibilang irit.
itu ruang engine kotor banget entah gmn ruang bakarnya :big_cry:
kl L11 bisa irit murni krn perbaikan di sisi engine dgn twin injector nya lalu rasio gigi yg lbh baik...
cm perlu diingat u dpt irit bukan cm CVT aja tp perlu juga dicek kondisi engine, BBM, oli yg dipakai dan terakhir kondisi jalan yg dilalui :big_peace:
Yah kan si hermas buka bengkel metik, tentu pasti dia bangga2 in metik nya donk om


Btw, kl mnurut saya seh, cvt itu emg sudah kodrat nya dan wajip irit.. kl ampe boros yah brarti ad cacAt design

Dan stuju, L11 itu irit krn paket lengkap dr enjin + cvt nya

enjin hr15de itu scara default emg jg diciptain utk irit, malah gen awal OGL itu sebenernya paling irit dbanding OGL feslip, despite speedo nya yg deviasi yah.. nah ditandem ama cvt yah makin irit harusnya

Lagian enjin HR15DE itu aseli made in nihon loh, jaminan resing dahh :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

Om Klep...@DOHC
Itu TB emang beneran mahluk yg buat kesel ya...dibanding EGR.
Dibersihkan aja dan sdh cabut aki tetep aja rpm dangdutan setelahnya jd kudu reset...trs idle learn lagi.
Setelah reset pun kdg msh suka lambat idlenya...
Tp skrg ajaib sich sejak pake 0W-30 PTT API SP ditowel dikit ngacir...
Di 100 kpj bs dpt di 3000 rpm yg mana biasanya butuh 3000 rpm lbh kl 100 kpj di speedo...
Cuma ngeselin kl di rpm bawah dan gigi rendah gt jd ngelitik kl nginjek gasnya ngga pas.
Misalkan di tanjakan miring 30 derajat pendek kl dr bwh ngga siap jd kaya kurang power dan ngelitik...
Konsumsi BBM emang beda sich jd lbh irit dan mobil jd lbh power ditowel dikit sejak bersihkan TB ama EGR.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sat Dec 12, 2020 5:22 Om Klep...@DOHC
Itu TB emang beneran mahluk yg buat kesel ya...dibanding EGR.
Dibersihkan aja dan sdh cabut aki tetep aja rpm dangdutan setelahnya jd kudu reset...trs idle learn lagi.
Setelah reset pun kdg msh suka lambat idlenya...
Tp skrg ajaib sich sejak pake 0W-30 PTT API SP ditowel dikit ngacir...
Di 100 kpj bs dpt di 3000 rpm yg mana biasanya butuh 3000 rpm lbh kl 100 kpj di speedo...
Cuma ngeselin kl di rpm bawah dan gigi rendah gt jd ngelitik kl nginjek gasnya ngga pas.
Misalkan di tanjakan miring 30 derajat pendek kl dr bwh ngga siap jd kaya kurang power dan ngelitik...
Konsumsi BBM emang beda sich jd lbh irit dan mobil jd lbh power ditowel dikit sejak bersihkan TB ama EGR.
makanya kan dr awal ud ta bilangin jgn di sentuh2 tuh TB kl ga perlu

idle learning nya rese.. suhu mesin musti ideal, makanya pas mau di reset, ntuh mobil dipake jalan dl 5 minit, abis itu lakukan di jgn dibawah terik matahari, ac off

kcuali kl punya ODB reader kaya si mbah prop omni punya tuh, atau skalian Consult II kaya beres punya.. nah itu gampang deh reset nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by Herman7103 »

uchychan wrote::big_weee: Wahh udah chapter 6 aja... numpang absen dimarih. Vivin ane semenjak ane tinggal 5th an ke negeri asalnya masih awet mulus n nyaman.
ya iyalah sama emak ane si vivin jadi garage queen mulu plakk :big_slap: So far sampai skrg jarang ada masalah itu si vivin. paling harus ganti ban bawaan pabrik ke ban yg bagusan tapi emak mageran..
Salam kenal Om dari sesama karyawan perusahaan Jepang juga. Semoga mobilnya tetap awet dan nyaman.

日本企業の仲間からのご挨拶。丈夫で快適な車になりますように。
:glodak:
HR15DE 2014
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 8:12
blloewy wrote: Sat Dec 12, 2020 5:22 Om Klep...@DOHC
Itu TB emang beneran mahluk yg buat kesel ya...dibanding EGR.
Dibersihkan aja dan sdh cabut aki tetep aja rpm dangdutan setelahnya jd kudu reset...trs idle learn lagi.
Setelah reset pun kdg msh suka lambat idlenya...
Tp skrg ajaib sich sejak pake 0W-30 PTT API SP ditowel dikit ngacir...
Di 100 kpj bs dpt di 3000 rpm yg mana biasanya butuh 3000 rpm lbh kl 100 kpj di speedo...
Cuma ngeselin kl di rpm bawah dan gigi rendah gt jd ngelitik kl nginjek gasnya ngga pas.
Misalkan di tanjakan miring 30 derajat pendek kl dr bwh ngga siap jd kaya kurang power dan ngelitik...
Konsumsi BBM emang beda sich jd lbh irit dan mobil jd lbh power ditowel dikit sejak bersihkan TB ama EGR.
makanya kan dr awal ud ta bilangin jgn di sentuh2 tuh TB kl ga perlu

idle learning nya rese.. suhu mesin musti ideal, makanya pas mau di reset, ntuh mobil dipake jalan dl 5 minit, abis itu lakukan di jgn dibawah terik matahari, ac off

kcuali kl punya ODB reader kaya si mbah prop omni punya tuh, atau skalian Consult II kaya beres punya.. nah itu gampang deh reset nya
Iya sich kudu fan sdh muter atau minimal.suhu mesin 65 deg C.
Dah tu kudu nunggu dulu u bisa idle rpm nya diturunin per 50 rpm pelan2.
Btw TB nya kl ngga disentuh emang gpp? Krn setahun dr saya ambil meskipun pake Ron 92, Ron 95 dan Ron 98 tetep aja kotor tu TB.
TB perlu disentuh kl gejalanya apa Om?
Ini saya sdh beli carbon clean malahan u semprot2 tu TB ama EGT per 6 bln dikerjain sendiri.
Tp kl ngeselin dangdutan begini mah males bener dah maenan ama tu Instrumen 😏😏
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sat Dec 12, 2020 15:00
DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 8:12
blloewy wrote: Sat Dec 12, 2020 5:22 Om Klep...@DOHC
Itu TB emang beneran mahluk yg buat kesel ya...dibanding EGR.
Dibersihkan aja dan sdh cabut aki tetep aja rpm dangdutan setelahnya jd kudu reset...trs idle learn lagi.
Setelah reset pun kdg msh suka lambat idlenya...
Tp skrg ajaib sich sejak pake 0W-30 PTT API SP ditowel dikit ngacir...
Di 100 kpj bs dpt di 3000 rpm yg mana biasanya butuh 3000 rpm lbh kl 100 kpj di speedo...
Cuma ngeselin kl di rpm bawah dan gigi rendah gt jd ngelitik kl nginjek gasnya ngga pas.
Misalkan di tanjakan miring 30 derajat pendek kl dr bwh ngga siap jd kaya kurang power dan ngelitik...
Konsumsi BBM emang beda sich jd lbh irit dan mobil jd lbh power ditowel dikit sejak bersihkan TB ama EGR.
makanya kan dr awal ud ta bilangin jgn di sentuh2 tuh TB kl ga perlu

idle learning nya rese.. suhu mesin musti ideal, makanya pas mau di reset, ntuh mobil dipake jalan dl 5 minit, abis itu lakukan di jgn dibawah terik matahari, ac off

kcuali kl punya ODB reader kaya si mbah prop omni punya tuh, atau skalian Consult II kaya beres punya.. nah itu gampang deh reset nya
Iya sich kudu fan sdh muter atau minimal.suhu mesin 65 deg C.
Dah tu kudu nunggu dulu u bisa idle rpm nya diturunin per 50 rpm pelan2.
Btw TB nya kl ngga disentuh emang gpp? Krn setahun dr saya ambil meskipun pake Ron 92, Ron 95 dan Ron 98 tetep aja kotor tu TB.
TB perlu disentuh kl gejalanya apa Om?
Ini saya sdh beli carbon clean malahan u semprot2 tu TB ama EGT per 6 bln dikerjain sendiri.
Tp kl ngeselin dangdutan begini mah males bener dah maenan ama tu Instrumen 😏😏
lah beres aj bertaon2 boro2 sentuh tuh TB, d buka aj kaga

kl saya dl, biasa saya cuman lap2 kering aj pake kaen majun, sekedar bersih tp ga ampe bersih2 gmana banget.. aman seh, rpm ga goyang dangdut

lagian sebenernya yg bkin cepet kotor itu di intake manifold nya, itu yg musti dicpotin, bersihin bener2 pake brake cleaner, pake oli bagusan, dan ngisi oli nya 75% dipstik aj.. djamin ntuh TB ga cepet kotor

atau, pake cara satu lg, ntuh selang yg dr PCV ke selang hawa depan TB, dibuntuin ama dipakein filter udara motor yg kecil.. resing look tp TB lebi bersih cuman resiko rpm mendadak bsa goyang dombret jg
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 16:18

lah beres aj bertaon2 boro2 sentuh tuh TB, d buka aj kaga

kl saya dl, biasa saya cuman lap2 kering aj pake kaen majun, sekedar bersih tp ga ampe bersih2 gmana banget.. aman seh, rpm ga goyang dangdut

lagian sebenernya yg bkin cepet kotor itu di intake manifold nya, itu yg musti dicpotin, bersihin bener2 pake brake cleaner, pake oli bagusan, dan ngisi oli nya 75% dipstik aj.. djamin ntuh TB ga cepet kotor

atau, pake cara satu lg, ntuh selang yg dr PCV ke selang hawa depan TB, dibuntuin ama dipakein filter udara motor yg kecil.. resing look tp TB lebi bersih cuman resiko rpm mendadak bsa goyang dombret jg
Pantes aja di beres itu Tune Up kagak pernah dilakuin tiap servis rutin.
Bersihkan TB ama EGR itu ngga ada dalam item servis rutin 10k ama 20k km.
Itu selang maksudnya buat OCT ya om?

Om Klep @DOHC
barusan beli rack end aka long tie rod di champion motor kok dikasinya beda ya kanan ama kiri?
:big_cry: :big_cry:
WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.07 AM.jpeg
WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.34 AM.jpeg
yg kiri ujung item gede made in thai sementara yg kanan ujung kecil made in Japan
WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.11.55 AM.jpeg
Ini mana yg bener aslinya ya? :big_cry:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 2:17
DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 16:18

lah beres aj bertaon2 boro2 sentuh tuh TB, d buka aj kaga

kl saya dl, biasa saya cuman lap2 kering aj pake kaen majun, sekedar bersih tp ga ampe bersih2 gmana banget.. aman seh, rpm ga goyang dangdut

lagian sebenernya yg bkin cepet kotor itu di intake manifold nya, itu yg musti dicpotin, bersihin bener2 pake brake cleaner, pake oli bagusan, dan ngisi oli nya 75% dipstik aj.. djamin ntuh TB ga cepet kotor

atau, pake cara satu lg, ntuh selang yg dr PCV ke selang hawa depan TB, dibuntuin ama dipakein filter udara motor yg kecil.. resing look tp TB lebi bersih cuman resiko rpm mendadak bsa goyang dombret jg
Pantes aja di beres itu Tune Up kagak pernah dilakuin tiap servis rutin.
Bersihkan TB ama EGR itu ngga ada dalam item servis rutin 10k ama 20k km.
Itu selang maksudnya buat OCT ya om?

Om Klep @DOHC
barusan beli rack end aka long tie rod di champion motor kok dikasinya beda ya kanan ama kiri?
:big_cry: :big_cry:

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.07 AM.jpeg

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.34 AM.jpeg
yg kiri ujung item gede made in thai sementara yg kanan ujung kecil made in Japan

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.11.55 AM.jpeg

Ini mana yg bener aslinya ya? :big_cry:
Loh td waktu beli ga dicek om ?tuker aj ama ybs
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 2:39
blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 2:17
DOHC wrote: Sat Dec 12, 2020 16:18

lah beres aj bertaon2 boro2 sentuh tuh TB, d buka aj kaga

kl saya dl, biasa saya cuman lap2 kering aj pake kaen majun, sekedar bersih tp ga ampe bersih2 gmana banget.. aman seh, rpm ga goyang dangdut

lagian sebenernya yg bkin cepet kotor itu di intake manifold nya, itu yg musti dicpotin, bersihin bener2 pake brake cleaner, pake oli bagusan, dan ngisi oli nya 75% dipstik aj.. djamin ntuh TB ga cepet kotor

atau, pake cara satu lg, ntuh selang yg dr PCV ke selang hawa depan TB, dibuntuin ama dipakein filter udara motor yg kecil.. resing look tp TB lebi bersih cuman resiko rpm mendadak bsa goyang dombret jg
Pantes aja di beres itu Tune Up kagak pernah dilakuin tiap servis rutin.
Bersihkan TB ama EGR itu ngga ada dalam item servis rutin 10k ama 20k km.
Itu selang maksudnya buat OCT ya om?

Om Klep @DOHC
barusan beli rack end aka long tie rod di champion motor kok dikasinya beda ya kanan ama kiri?
:big_cry: :big_cry:

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.07 AM.jpeg

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.34 AM.jpeg
yg kiri ujung item gede made in thai sementara yg kanan ujung kecil made in Japan

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.11.55 AM.jpeg

Ini mana yg bener aslinya ya? :big_cry:
Loh td waktu beli ga dicek om ?tuker aj ama ybs
belinya dikirim krn kesana males om lumayan 40 km dari rumah :big_cry:
itu bingung saya bisa beda ukuran begitu.
paling ya nanti dituker kesana u mastiin jadi bawa keduanya.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 2:42
DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 2:39
blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 2:17

Pantes aja di beres itu Tune Up kagak pernah dilakuin tiap servis rutin.
Bersihkan TB ama EGR itu ngga ada dalam item servis rutin 10k ama 20k km.
Itu selang maksudnya buat OCT ya om?

Om Klep @DOHC
barusan beli rack end aka long tie rod di champion motor kok dikasinya beda ya kanan ama kiri?
:big_cry: :big_cry:

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.07 AM.jpeg

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.09.34 AM.jpeg
yg kiri ujung item gede made in thai sementara yg kanan ujung kecil made in Japan

WhatsApp Image 2020-12-13 at 9.11.55 AM.jpeg

Ini mana yg bener aslinya ya? :big_cry:
Loh td waktu beli ga dicek om ?tuker aj ama ybs
belinya dikirim krn kesana males om lumayan 40 km dari rumah :big_cry:
itu bingung saya bisa beda ukuran begitu.
paling ya nanti dituker kesana u mastiin jadi bawa keduanya.
Saya kl beli parts yg bukan fast moving makanya lebi demen ke toko lgs.. yg kaya gini suka rawan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 2:43
blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 2:42
DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 2:39

Loh td waktu beli ga dicek om ?tuker aj ama ybs
belinya dikirim krn kesana males om lumayan 40 km dari rumah :big_cry:
itu bingung saya bisa beda ukuran begitu.
paling ya nanti dituker kesana u mastiin jadi bawa keduanya.
Saya kl beli parts yg bukan fast moving makanya lebi demen ke toko lgs.. yg kaya gini suka rawan..
rada konyolnya ini dia jual satuan bukan 1 set kaya yg end tie rodnya.
yo wes lah terpaksa kesana kl begini
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

Itu yg jepun ama thailand punya rada beda yah

Coba liat nanti tie rod end nya mana yg bsa masuk, feeling saya kayanya batu makam diem2 ad ganti vendor deh (kl beneran tu 2 barang asli oem yah), sama kaya link stabil nya..

OGL itu seinget saya mayoritas kaki2 masi made in thailand, yg versi om herman punya tuh baru campursari jepun punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 5:21 Itu yg jepun ama thailand punya rada beda yah

Coba liat nanti tie rod end nya mana yg bsa masuk, feeling saya kayanya batu makam diem2 ad ganti vendor deh (kl beneran tu 2 barang asli oem yah), sama kaya link stabil nya..

OGL itu seinget saya mayoritas kaki2 masi made in thailand, yg versi om herman punya tuh baru campursari jepun punya
Iya om.
Kl yg ori bawaan Mobil dari lahir emang msh Nihon pny.
Kl parts sdh dilempar ke Thai ama Indonesia.
Kl ngga gt itu harga parts bisa buat stress abis...
Lower Arm sebiji aja kena 850 rb yg Nihon...yg thai 400-475 rb.

Nanti kl sdh ganti bakal ketauan parts asli buatan Nihon gmn krn ni mobil blm peremajaan kaki2 dari lahir di Desember 2012.
Btw, ganti bushing lower arm aja kira2 oke ngga ya om?
Iseng pengen ngetes kl ganti bushing lower arm aja beli di beres gmn hasil dan daya tahannya ketimbang ganti 1 set lower arm.
Kata mbah marmut, bushing lower arm aja yg sobek kl ball joint msh bagus.
nubie in all things - still need to learn
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26936
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by DOHC »

blloewy wrote: Sun Dec 13, 2020 8:18
DOHC wrote: Sun Dec 13, 2020 5:21 Itu yg jepun ama thailand punya rada beda yah

Coba liat nanti tie rod end nya mana yg bsa masuk, feeling saya kayanya batu makam diem2 ad ganti vendor deh (kl beneran tu 2 barang asli oem yah), sama kaya link stabil nya..

OGL itu seinget saya mayoritas kaki2 masi made in thailand, yg versi om herman punya tuh baru campursari jepun punya
Iya om.
Kl yg ori bawaan Mobil dari lahir emang msh Nihon pny.
Kl parts sdh dilempar ke Thai ama Indonesia.
Kl ngga gt itu harga parts bisa buat stress abis...
Lower Arm sebiji aja kena 850 rb yg Nihon...yg thai 400-475 rb.

Nanti kl sdh ganti bakal ketauan parts asli buatan Nihon gmn krn ni mobil blm peremajaan kaki2 dari lahir di Desember 2012.
Btw, ganti bushing lower arm aja kira2 oke ngga ya om?
Iseng pengen ngetes kl ganti bushing lower arm aja beli di beres gmn hasil dan daya tahannya ketimbang ganti 1 set lower arm.
Kata mbah marmut, bushing lower arm aja yg sobek kl ball joint msh bagus.
Lower arm lipindut emg slalu masalah nya d bushing nya om

Balljoint umumnya gapapa

Bole2 aj koq mo ganti bushing nya doank, namanya jg coba2 ini

Lagian parts lipindut mah skrg ud murah pake banget.. coba2 jg g rugi
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
draxx13
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Fri Dec 27, 2019 14:02
Location: indonesia
Daily Vehicle: HR15DE

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by draxx13 »

Rekan2 sekalian, low & high fan radiator nyala saat temperatur berapa ya?
Thanks
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Grand Livina Users..! - PART 06

Post by blloewy »

draxx13 wrote: Tue Dec 22, 2020 15:43 Rekan2 sekalian, low & high fan radiator nyala saat temperatur berapa ya?
Thanks
Maksudnya gmn ini Om?
nubie in all things - still need to learn