slain nisssin jren lipina berbasis xvender ternyata diem2 ada usulan xvender enjin 1300 cc ke miksubiji jepangJakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Indonesia berniat menambah varian baru Xpander bermesin 1.300 cc. Tambahan opsi tersebut diyakini Mitsubishi dapat mengerek penjualan Xpander hingga mampu mengalahkan rivalnya, Toyota Avanza yang ditawarkan mesin 1.500 cc dan 1.300 cc.
Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya mengatakan pihaknya sudah menyampaikan ide tersebut kepada prinsipal.
"Kami sih menginformasikan ke prinsipal mengenai kondisi pasar yang ada. Dan dari MMC (Mitsubishi Motors Corporation) juga sering turun ke bawah untuk mendengar langsung permintaan seperti apa," kata Imam di BSD, Tangerang, Jumat (25/1).
Imam menyampaikan pilihan mesin lebih kecil perlu buat mendongkrak penjualan Xpander. Hal tersebut berkaca pada penjualan Avanza sebanyak 82.167 unit pada 2018 yang mayoritas 1.300cc.
Sementara itu sepanjang 2018, Xpander terjual 75.075 unit hanya dari satu pilihan mesin, 1.500 cc.
"Kami juga sadar 1.3 ini paling banyak dikonsumsi oleh fleet konsumen. Nah ini cukup banyak dan sudah terdengar oleh prinsipal. Tapi ga tau, masih study," ungkap Imam.
Imam menuturkan dari ide yang sudah disampaikan tersebut, prinsipal hingga kini belum menentukan pilihan. Menurut dia hal tersebut tentu harus dipikirkan matang-matang, mengingat Xpander sudah jadi produk global.
"Respon (prinsipal) masih belum. Peluang ada, tapi tetap yang menentukan prinsipal. Yang jelas kami udah melaporkan, mungkin mereka punya pertimbangan lain, karena Xpander ini global produk," kata Imam.
Sembari menunggu keputusan mesin baru untuk Xpander, pihaknya kini fokus menggarap konsumen 'kasta atas' pada kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV) di Tanah Air.
"Kami masih konsentrasi bagaimana menggarap konsumen 1.5 ini. Walau kami ke fleet, ini segmennya bukan yang low grade, tapi ke medium MPV," ujarnya.
Raja Low MPV 1.500 cc
Kendati kalah keseluruhan dari Avanza, Imam mengatakan Mitsubishi bangga sebab Xpander merupakan mobil 1.500 cc terlaris di Indonesia.
"Kami (pangsa pasar Low MPV) 1.5 hampir 45 persen. Nah kalau dihitung Avanza dan Xenia, mereka itu dihitung punya mesin 1.3 dan 1.5. Nah kue paling banyak dari Toyota ini 1.3. Dan kami tidak punya itu," kata Imam.
Buat tahun ini, Imam mengungkap pihaknya bakal memberi kejutan melalui penyegaran Xpander. Meski begitu belum ada informasi detail yang dibeberkan. (ryh/fea)


kalo usulan miksubiji endo ini dikabulkan oleh prinsipal jepang, wah bener2 smakin seru n sengit pertempuran antara xvender dgn papanja di segmen lou empivi 1300-1500 cc
saat ini utk papanja enjin 1500 cc udah bertekuk lutut di hadapan xvender
papanja cenggo cc hanya terjual sbanyak 18.822 unit vs xvender sebanyak 75.772 unit
yg brarti lou empivi cenggo terlaris di endo adalah xvender


dan bener bahwa papanja 1300 cc manual adalah yg terlaris karna mayoritas fleet konsumen dan ini yg hendak langsung disasar oleh miksubiji endo yg tetapi tetap menunggu respon yes or no dari prinsipal jepang nya
https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1 ... an-xpander
jika xvender bener2 masuk ke 1300 cc , sperti apa langkah toyodai selanjut nya ?:


mungkin harus mempercepat peluncuran unit produksi dn multi 6 utk antisipasi perubahan pasar lou empivi
cmn kalo newbie tok sperti saya berharap enjin xvender jgn downgrade ke 1300 cc, takut nya underpowered dgn body xvender yg jauh lbih berat gede dari papanja


lha wong ol niu ertelu aja naikin semua kubikasi enjin dijel dan bensin ke 1500 cc dari yg semula 1300 cc n 1400 cc
malah lbih berharap kalo dinaikin kubikasi enjin xvender bensin ke 1800 cc ato varian enjin dijel 1500 cc turbo metik


ato jangan2 utk enjin kubkasi di atas 1500 cc akan diambil oleh nissin lavender yg akan meluncur di endo taon ini


bagimana dgn pendapat master2 di sini ?


